Sukarno : Kehidupan & Perjuangan Sang Pendiri Bangsa

Oke guys, dari judulnya aja lo pasti udah bisa nebak apa isi artikel ini. Yak, setelah sebelumnya zenius blog pernah nulis biografi singkat dari Mohammad Hatta, Sutan Sjahrir, Tan Malaka, dan Kartini. Tepat hari ini tanggal 6 Juni 2016, sebagai bentuk peringatan kelahiran Bapak Bangsa kita, zenius blog mempersembahkan tulisan biografi singkat dari Ir. Sukarno, seorang pejuang revolusi, salah seorang pendiri negara kita, sekaligus presiden pertama Republik Indonesia. Siapa sih warga negara …

Sutan Sjahrir: Arsitek di Balik Layar Kemerdekaan

Halo semua, pada artikel blog zenius kali ini, lagi-lagi gue mau bahas topik sejarah. Buat lo yang belum tau, hari ini tanggal 5 Maret, tepat 107 tahun yang lalu telah lahir salah satu Bapak pendiri bangsa kita. Bukan Sukarno, bukan juga Hatta, tapi seseorang yang berjuang di garis belakang dengan jalan kaderisasi kaum pergerakan bawah tanah, serta jago banget berdiplomasi agar Indonesia mendapat pengakuan dari dunia internasional. Siapa tuh? Beliau adalah seorang bertubuh …

Gandhi: Bapak Anti-Kekerasan yang Menginspirasi Dunia

Abad 20 memang sudah berlalu 15 tahun yang lalu, tapi sejarah yang ditinggalkan masih sangat berpengaruh hingga saat ini. Kalo sekarang kita merefleksi apa sih kejadian luar biasa yang dialami umat manusia pada abad 20? Menurut gua pribadi, salah satu hal yang paling pantas dikenang dan menandai sejarah abad 20 adalah perjuangan anti-kolonial di berbagai belahan dunia yang melahirkan banyak negara baru yang merdeka hingga membentuk peta dunia seperti yang kita kenal saat …