struktur sosial dan stratifikasi sosial dalam kelompok sosial

Struktur Sosial: Materi Sosiologi Kelas 11

Artikel ini akan membahas tentang struktur sosial, mulai dari pengertiannya, ciri-ciri, fungsi, hingga bentuk-bentuknya..

Hi, guys! Masih semangat ‘kan menjalani sekolah meskipun daring? Harus donk. Apapun rintangannya, belajar harus menjadi nomor satu. Nah, kali ini aku akan mengajak kamu untuk belajar tentang materi sosiologi kelas 11, yaitu struktur sosial. Kamu udah tau belum apa yang dimaksud dengan struktur sosial? Buat kamu yang belum tau, tenang dan gak perlu risau, guys. Karena, aku akan membahasnya lengkap di sini. Yuk, langsung aja kita bahas satu persatu!

Apa Itu Struktur Sosial?

Hal pertama yang perlu kita ketahui untuk memperdalam struktur sosial adalah tau pengertiannya. Jadi, struktur sosial itu apa sih? Menurut Soerjono Soekanto, penulis buku Sosiologi Suatu Pengantar, struktur sosial adalah hubungan timbal balik antar posisi sosial dan peranan yang dimiliki oleh masing-masing individu atau kelompok di dalam struktur tersebut. Simpelnya, struktur sosial adalah pengelompokkan masyarakat terkait dengan peran (hak dan kewajiban).

struktur sosial dan stratifikasi sosial dalam kelompok sosial
Struktur sosial di suatu anggota masyarakat (sumber gambar: ancient-egypt-online.com)

Di dalam suatu kelompok sosial, tentu sudah kita ketahui bahwa ada peran, hak, dan kewajiban yang harus dilengkapi satu sama lain agar terjadi keteraturan dan tujuan dapat tercapai. Meskipun ada banyak perbedaan di dalam kelompok sosial tersebut, namun perbedaan tersebut harus diintegrasikan agar tidak terjadi konflik. Nah, struktur sosial memegang peranan penting untuk mempermudah proses integrasi tersebut.

Fungsi Struktur Sosial

Apa aja sih fungsi dari struktur sosial yang berhubungan dengan peran kelompok masyarakat? Ini dia fungsi-fungsinya:

  1. Sebagai kontrol sosial. Dengan adanya struktur sosial, maka ada antisipasi adanya pelanggaran terhadap nilai/peraturan di dalam kelompok masyarakat, sehingga tercipta keteraturan di dalam masyarakat.
  2. Sebagai identitas bagi kelompok masyarakat. Struktur sosial berfungsi sebagai penegas adanya identitas/karakteristik yang khas di suatu kelompok masyarakat.
  3. Menanamkan disiplin bagi kelompok masyarakat. Struktur sosial juga membantu masyarakat dalam penanaman disiplin, sehingga setiap masyarakatnya memiliki kesadaran dan perilaku yang mencerminkan kelompok masyarakatnya.
  4. Sebagai pembeda fungsi dan kelas suatu kelompok masyarakat. Struktur sosial juga berperan dalam pengelompokkan fungsi dan peran suatu anggota masyarakat.

Ciri-ciri Struktur Sosial

Nah, tadi kamu udah tau pengertian dan fungi dari struktur sosial. Sekarang, untuk mengetahui struktur sosial di dalam masyarakat, perlu diketahui dulu ciri-cirinya. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari struktur sosial.

  • Bersifat dinamis

Maksudnya adalah struktur sosial ini ‘kan terdiri dari kelompok-kelompok masyarakat. Ketika kita berhubungan dengan masyarakat atau sosial, tentu tidak ada yang stagnan, pasti ada perubahan dan perkembangan. Bisa dikarenakan berbagai faktor. Itulah mengapa ciri-ciri pertama struktur sosial adalah bersifat dinamis.

  • Memiliki dimensi vertikal dan horizontal

Ini akan kita bahas lengkap di poin berikutnya tentang bentuk struktur sosial. Jadi, di dalam struktur sosial itu ada dimensi vertikal dan horizontal. Untuk yang vertikal, posisi anggota masyarakat di tiap lapisannya tidak setara, terdapat tingkatan-tingkatan di dalamnya. Sedangkan, untuk dimensi horizontal meskipun ada perbedaan, tetap dianggap setara atau sejajar. Jadi, gak ada kelompok yang lebih unggul dan lebih rendah.

  • Memiliki cakupan yang luas

Yap, struktur sosial memiliki cakupan yang luas, guys. Sebelumnya kita udah bahas tentang fungsi struktur sosial, salah satunya adalah sebagai kontrol sosial. Nah, cakupan ini tentu saja luas. Karena, memuat hubungan antar kelompok masyarakat yang mencakup norma dan nilai sosial di masyarakat.

  • Membentuk kesatuan kelompok masyarakat

Dalam struktur sosial masyarakat, ketika setiap individu masyarakat membentuk suatu sosial berdasarkan kesamaan ciri dan karakteristiknya. Kemudian, dari situ juga akan terbentuk banyak kelompok-kelompok sosial lainnya. Sehingga, terbentuklah kesatuan kelompok sosial/masyarakat.

  • Meliputi kebudayaan di dalam masyarakat

Adanya kelompok sosial, maka ada interaksi yang dilakukan secara terus menerus antar anggota masyarakat. Sehingga, tercipta kebiasaan, perilaku, rasa, dan kepercayaan dalam kebudayaan mereka.

Bentuk Struktur Sosial

Berbicara mengenai struktur sosial, berarti berbicara juga mengenai kedudukan masyarakat. Nah, kedudukan itu ada yang sifatnya vertikal, ada juga yang horizontal. Berikut ini adalah bentuk dari struktur sosial yang ada di dalam masyarakat kita.

Diferensiasi Sosial

Dilihat dari namanya, berarti bentuk ini menjelaskan tentang perbedaan (different). Sehingga, diferensiasi sosial adalah bentuk struktur sosial yang bersifat horizontal atau sejajar dengan perbedaan-perbedaan tertentu. Jadi, gak ada tuh yang namanya tingkatan atau kasta antara kelompok masyarakat yang satu dengan lainnya. Contohnya apa? Suku, agama, ras, profesi, dan jenis kelamin.

Stratifikasi Sosial

Agar lebih mudah, kita ambil kata pertamanya, yaitu strata. Strata itu berarti ada tingkatan-tingkatan kekayaan, kekuasaan, atau pendidikan. Nah, stratifikasi sosial ini merupakan bentuk struktur sosial yang sifatnya vertikal. Jadi, ada tingkatan atau kasta di dalamnya. Misalnya, presiden lebih tinggi tingkatannya dibandingkan dengan kelompok masyarakat lainnya.

Stratifikasi sosial sifatnya ada yang tertutup dan terbuka, guys. Maksudnya apa? Untuk stratifikasi tertutup berarti tidak adanya perpindahan posisi antar anggota masyarakat. Sedangkan, stratifikasi terbuka berarti  memungkinkan adanya perpindahan posisi ke tingkatan lainnya (naik atau turun).

Nah, itu dia pembahasan mengenai struktur sosial. Gimana, guys, udah paham belum sama materi yang barusan disampaikan? Kalau kamu masih bingung, kamu bisa tonton video materi pembelajaran dari Zenius di sini. Semoga artikel ini bermanfaat ya buat kamu. Have a nice day, guys!

Baca Juga Artikel Lainnya

Materi Nilai dan Norma Sosial

Sosialisasi

Apa sih Perbedaan Sistem Ekonomi Sosialis, Kapitalis, dan Campuran?

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini