Rumus Tekanan Udara

Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung

Artikel ini mempelajari rumus tekanan udara disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Haloo temen-temen Zenius! Kalian udah tau belum sih tentang tekanan? Sebenernya tekanan ini ada berbagai jenis, kali ini kita cukup bahas tekanan udara dulu aja biar temen-temen ga pusing. Tenang aja, sadar atau ga sadar pasti kita semua udah pernah ngadepin tekanan udara dalam kehidupan. Jadi bakalan gampang deh pahamin konsepnya.

Temen-temen yang pernah naik pesawat atau mendaki gunung, ada yang pernah telinganya kaya aneh-aneh gitu ga sih? Kalau gua biasa sebut fenomena ini kuping pengang, dan ternyata ada kaitannya sama tekanan udara loh. Mau tau lebih lanjut? Kalau gitu dibaca sampai abis ya artikelnya!

Tekanan Udara Itu Apa Sih?

Tekanan udara adalah sebuah tenaga yang menggerakkan massa partikel udara menekan searah gaya gravitasi bumi. Kalau kita ngomongin tekanan udara, yang paling penting temen-temen tau itu tempat yang tinggi memiliki tekanan udara yang lebih rendah daripada tempat yang rendah. Oleh karena itu, tempat seperti puncak gunung memiliki tekanan udara yang lebih rendah dibandingkan di pantai.

Udara ini mengalir dari tempat yang bertekanan tinggi ke tempat ke tempat yang tekanannya lebih rendah. Hal inilah yang menjelaskan fenomena angin. Terus fungsinya tekanan udara itu apa ya? 

Rumus Tekanan Udara
Dok: Unsplash

Banyak banget sebenernya guys, ada berbagai macam peralatan yang memanfaatkan tekanan udara. Alat suntik itu salah satu contohnya, ketika dia ditarik, tekanan udara di dalam alat suntik diperkecil sehingga bisa menarik masuk cairan obat atau darah. Selain itu, ada alat-alat lainnya seperti penghisap debu dan kompresor. 

Kenapa Kuping Berdengung di Ketinggian?

Setelah belajarin tentang tekanan udara, sekarang kita tau kalau tekanan udara di tempat tinggi dan rendah itu berbeda. Ketika kita berada di ketinggian seperti saat mendaki gunung atau naik pesawat, tekanan udara di dalam dan luar telinga itu berbeda loh.

Rumus Tekanan Udara
Dok: Pexels

Perubahan tekanan udara ini dapat menyebabkan saluran tuba eustachius di telinga kita terutup, terutama ketika terjadi perubahan secara tiba-tiba. Saluran tuba ini memiliki fungsi sebagai penyeimbang tekanan udara di dalam dan luar telinga. Hal inilah yang menyebabkan rasa pengang atau berdengung di telinga kita guys.

Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung 49
Dok: Unsplash

Kalau dari pengalaman gua, solusi terbaik untuk ngadepin kuping pengang ini adalah menguap. Waktu di pesawat gua paksain deh untuk menguap, padahal mah belum ngantuk sama sekali. Mungkin di gunung bakalan lebih gampang ya berhubung udah cape nanjak?

Rumus Tekanan Udara

Rumus tekanan udara ini biasa kita pakai untuk mencari tahu tekanan udara pada ketinggian tertentu. Rumus pertama adalah sebagai berikut:

Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung 50

Keterangan:

Ph = Tekanan udara pada ketinggian h

Pu = Tekanan udara permukaan air laut

h = Tinggi tempat

Selain itu, temen-temen juga bisa langsung memakai rumus berikut untuk mencari ketinggian suatu tempat jika diketahui tekanan udaranya.

h = (Pu – Ph) x 100 m

Keterangan:

Ph = Tekanan udara pada ketinggian h

Pu = Tekanan udara permukaan air laut

h = Tinggi tempat

Sebelum kita lompat ke contoh soal dan pembahasan, gua mau elaborasiin dikit nih tentang tekanan udara permukaan air laut. Jika di soal tidak diberi informasi lain mengenai tekanan udara permukaan air laut, maka besarnya adalah 1 atm (Atmosfer) atau sebesar 101.300 Pascal. Karena kita biasa menggunakan barometer raksa dalam mengukur tekanan udara, maka 1 atm = 76 cmHg. 

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1 

Sebuah kota memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan air laut. Berapakah tekanan udara di kota tersebut?. 

Jawab 

Diketahui:

h = 300 m

Pu = 76 cmHg

Ditanya: Ph

Jawab:

Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung 50

Ph = Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung 52

Ph = 76 – 3 = 73 cmHg

Jadi tekanan udara di kota tersebut adalah 73 cmHg.

Contoh Soal 2

Anton sedang mendaki sebuah gunung yang diketahui tekanan udara pada puncaknya sebesar 60 cmHg. Berapakah ketinggian gunung yang sedang Anton daki?

Pembahasan:

Diketahui:

Ph = 60 cmHg

Pu = 76 cmHg

Ditanya: h

Jawab:

h = (Pu – Ph) .100

h = (76 – 60) . 100

h = 16 . 100

h = 1600 m

Jadi tinggi gunung yang didaki Anton adalah 1600 meter.

Contoh Soal 3

Budi tinggal di desa yang memiliki ketinggian di atas permukaan air laut sebesar 200 m. Berapakah tekanan udara di desa Budi?

Pembahasan

Diketahui:

h = 200 m

Pu = 76 cmHg

Ditanya: Ph

Jawab:

Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung 50 Rumus Tekanan Udara dan Hubungannya dengan Telinga Berdengung 54

Ph = 76 – 2 

Ph = 74 cmHg

Jadi tekanan udara di desa Budi adalah 74 cmHg.

Itu dia rumus tekanan udara temen-temen, kira-kira udah pada paham belum nih? Kalau ada pertanyaan atau mau ngobrol kalian bisa langsung tulis di kolom komentar ya! Semoga materinya bisa ngebantu pemahaman kalian. Jangan lupa juga untuk cek materi-materi Zenius berikut ini, salah satunya ngebahas apa yang terjadi ke tubuh manusia saat mendaki gunung loh. Yuk kita lanjut belajar!

Baca Juga:

Tekanan Udara dan Dilema Para Pendaki Gunung 

Mengenal Rumus Tekanan Hidrostatis dalam Fisika

Materi Fisika SMA: Hukum Gravitasi Newton

Bagikan Artikel Ini!