Segienam Beraturan – Rumus Luas dan Keliling

segienam beraturan

Artikel ini membahas tentang rumus luas dan keliling segienam beraturan beserta contoh soalnya.

Mungkin lo sudah terbiasa menemui segitiga atau segiempat. Bagaimana dengan segienam? Apakah pernah menemukannya dalam kehidupan sehari-hari? Well, mungkin jarang ya, tetapi gue yakin lo pernah menemuinya. Sarang lebah adalah salah satu contohnya. Penasaran nggak sih sama rumus mencari luas dan keliling segienam? Selama ini lo mungkin belajarnya segitiga atau segiempat mulu, kali ini gue mau sharing tentang apa sih rumus luas dan keliling dari segienam. Sebelum itu, seperti biasa, ada beberapa hal yang perlu lo ketahui dulu nih. 

Definisi Segienam

Segienam adalah sebuah bangun datar yang memiliki enam sisi. Segienam ini ada dua jenis, beraturan dan tidak beraturan. Untuk artikel ini, gue akan bahas regular hexagon, yaitu segienam yang semua sisinya sama dan semua sudutnya pun sama besar atau disebut segienam beraturan. 

segienam beraturan
Dok. penulis by Google Docs

Dari gambar di atas, bisa kita lihat, titik O jika ditarik ke masing-masing sudut, akan membentuk panjang OA, OB, OC, OD, OE, dan OF. Sisi-sisi yang disebutkan itu semuanya sama panjang. Maka dapat disimpulkan bahwa untuk mencari luas segienam dapat memecah bagian-bagiannya menjadi segitiga sama kaki karena semua sisinya kongruen. 

segienam beraturan contoh
Dok. penulis by Google Docs

Gambar di atas menunjukkan bahwa salah satu sisi segienam dapat kita ubah membentuk segitiga. Berdasarkan gambar tersebut, untuk mencari luas segienam bisa dicari dahulu dari luas segitiganya.

Rumus mencari luas segitiga adalah ½ x alas x tinggi

Dengan diketahuinya masing-masing sudut, kita dapat mengetahui berapa sisinya. Di bawah ini merupakan cara mencari tinggi dari sebuah segienam beraturan, didapat dari bentuk sisi segienam yang diubah menjadi segitiga.

Segienam Beraturan - Rumus Luas dan Keliling 17

Segienam Beraturan - Rumus Luas dan Keliling 18

Begitu sudah didapatkan luas satu buah segitiganya, karena ada enam potongan, jangan lupa dikalikan 6 untuk rumus luas segitiga yang sudah ada.

Rumus Luas dan Keliling Segienam Beraturan

Rumus luas segienam beraturan

L = (32√3) s²

Rumus Keliling Segienam

Seperti biasa, rumus keliling segi-n adalah hasil penjumlahan seluruh sisinya. Begitu juga dengan segienam, cukup menjumlahkan ke-6 sisinya atau sisinya dikalikan 6.

K = 6 x s

Contoh Soal dan Pembahasan

  1. Jika sebuah segienam memiliki panjang sisi 8 cm, berapakah luas dan kelilingnya?
soal segienam beraturan
Dok. penulis by Google Docs

K = 6 x s = 6 x 8 = 48 cm

Yow, apakah udah paham soal mencari luas dan keliling segienam beraturan? Semoga dapat dipahami ya. Kalau lo mau liat hasil penjelasannya, bisa langsung klik di sini ya! Untuk kritik dan saran, dapat lo tulis di kolom komentar di bawah artikel ini.

Referensi:
Khan Academy. 2011. Area of regular hexagon. Diakses dari laman https://www.youtube.com/watch?v=LrxZMdQ6tiw.

Baca Artikel Lainnya di Bawah Ini

  1. Segitiga Sembarang – Rumus Luas dan Keliling
  2. Setengah Lingkaran – Rumus Luas, Keliling, dan Contoh Soal
Bagikan Artikel Ini!