Rumus GNP

Perbedaan Rumus GNP dan GDP

Artikel ini mempelajari pengertian dan rumus GDP dan GNP dengan contoh soal dan pembahasannya.

Halo sobat Zenius! Pada artikel ini kita bakalan ngebahas tentang rumus GNP dan GDP. Tentunya sebelum masuk ke rumus kita harus memahami konsepnya dulu nih. Sebenarnya GNP dan GDP ini termasuk ke materi pendapatan nasional, tapi pada artikel ini kita fokus bahas mereka berdua aja ya! 

Untuk temen-temen yang belum tau tentang pendapatan nasional, kalian bisa cek dulu ya di artikel yang udah gua cantumin sebelumnya. Kalo udah tau, yuk kita pelajarin GNP dan GDP ini!

GDP dan GNP itu apa sih?

Oke gua udah nyebutin GNP dan GDP berkali-kali tapi gua sadar gua belum ngejelasin ke temen-temen mereka ini apa. Gua mulai dari jelasin singkatannya dulu ya. GNP adalah singkatan dari Gross National Product, sementara GDP ini adalah singkatan dari Gross Domestic Product.

Rumus GNP
Dok: Pexels

Pertama-tama kita bakalan ngebahas lebih lanjut tentang GNP. GNP atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai Produk Nasional Bruto (PNB) merupakan jumlah seluruh produk dan jasa suatu negara yang dihasilkan oleh seluruh warga negaranya. Karena GNP melihat kewarganegaraan, seorang karyawan berkewarganegaraan Indonesia yang bekerja di Jepang juga dihitung pendapatannya ke dalam GNP Indonesia.

Rumus GNP
Dok: Pixabay

Selanjutnya, GDP dalam bahasa indonesia sering juga disebut sebagai Produk Domestik Bruto (PDB). GDP ini adalah jumlah seluruh produk dan jasa yang dihasilkan oleh masyarakat di suatu negara dalam periode tertentu. Dalam GDP, semua warga negara di suatu negara dihitung, termasuk warga negara asing (WNA) yang tinggal di negara tersebut. Sebagai contoh, pendapatan perusahaan asing yang bekerja di Indonesia juga dihitung dalam GDP Indonesia. 

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa lihat perbedaan utama dari GNP dan GDP. GNP menggunakan konsep kewarganegaraan, sementara GDP menggunakan konsep geografis atau wilayah suatu negara.

Rumus GNP

Rumus GNP dapat dicari dengan menjumlahkan pendapatan warga negara suatu negara, oleh karena itu rumus GNP untuk Indonesia adalah sebagai berikut:

GNP = Pendapatan WNI Dalam Negeri + Pendapatan WNI Luar Negeri

Selain itu, kita juga dapat mencari GNP dengan cara berikut ini:

GNP = GDP + Pendapatan WNI Luar Negeri – Pendapatan WNA Dalam Negeri

Rumus GDP

Rumus GDP dapat dicari dengan menjumlahkan total pendapatan suatu negara, baik warga negara negara tersebut atau warga negara asing. Oleh karena itu, untuk mencari GDP Indonesia rumusnya adalah: 

GDP = Pendapatan WNI Dalam Negeri + Pendapatan WNA Dalam Negeri

Fungsi GNP dan GDP

Kita udah ngebahas pengertian dan rumus GNP dan GDP nih, tapi sebenernya mereka itu untuk apa sih? Ternyata fungsi utamanya adalah untuk mengukur kekayaan dan kesehatan ekonomi suatu negara. Kalau GDP atau GNP suatu negara anjlok, tentu kita tau kondisi ekonomi di negara tersebut ya… kurang baik lah.

Menurut ekonom Paul Krugman, secara umum ekonom dan investor lebih memperhatikan GDP daripada GNP karena dianggap memberikan gambaran lebih akurat tentang aktivitas ekonomi dalam suatu batasan geografis negara. Tetapi itu tidak berarti GNP ga dipake ya guys! GDP dan GNP bisa dibandingkan untuk memberi gambaran kesehatan ekonomi suatu negara.

Rumus GNP
Dok: Pixabay

Kita bikin contoh deh, negara Yunani mengalami masalah keuangan. Kalau kita lihat, ternyata GNP Yunani lebih besar dari GDP. Ini mengindikasikan masalah keuangan di Yunani menyebabkan rendahnya pendapatan warga negara Yunani dan tidak banyak warga negara asing bisa bekerja di Yunani.

Contoh Soal dan Pembahasan

Diketahui pada tahun 2030 Warga Negara Wakanda memiliki pendapatan dalam Negeri sebesar Rp 90.000.000.000 dan Warga Negara Wakanda yang tinggal di luar negeri memiliki pendapatan sebesar Rp 50.000.000.000. Jika Warga Negara Asing yang tinggal di Wakanda memiliki pendapatan sebesar Rp 30.000.000.000, maka berapakah GDP dan GNP Wakanda pada tahun 2030?

Pembahasan:

GDP = Pendapatan Warga Negara Wakanda Dalam Negeri + Pendapatan WNA Dalam Negeri

GDP = 90.000.000.000 + 30.000.000.000

GDP = 120.000.000.000

GNP = Pendapatan Warga Negara Wakanda Dalam Negeri + Pendapatan Warga Negara Wakanda Luar Negeri

GNP = 90.000.000.000 + 50.000.000.000

GNP = 140.000.000.000

Jadi GDP Wakanda adalah Rp 120.000.000.000 dan GNP Wakanda adalah Rp 140.000.000.000

Itu dia rumus GDP dan GNP guys, semoga bisa kalian pahami dan bermanfaat ya. Untuk temen-temen yang mau bertanya langsung aja ditulis di kolom komentar. Jangan lupa untuk cek materi-materi ekonomi lainnya di Zenius seperti yang berikut ini.

Video Materi

Mengenal Pendapatan Nasional

Baca Juga

Materi Ekonomi: Pembangunan Ekonomi

Bener Ga Sih Kalau Dunia Makin Membaik?

Materi Ekonomi: Lembaga Jasa Keuangan