reaksi benzena zenius education

Reaksi Benzena dan Sifat Kimianya – Materi Kimia Kelas 12

Reaksi benzena ternyata punya banyak manfaat dalam kehidupan kita, salah satunya sebagai pengawet makanan. Cari tahu pengertian, sifat, dan senyawa turunannya, yuk!

Ceritanya elo lagi jalan-jalan ke supermarket. Terus elo berhenti di tempat makanan kemasan atau kaleng, pandangan elo tertuju ke arah sarden di dalam kaleng. Di situ elo mikir, makanannya awet di dalam kemasan, kok bisa ya?

aplikasi senyawa benzena zenius education
Ilustrasi senyawa benzena sebagai pengawet makanan. (Arsip Zenius)

Makanan kemasan atau kaleng biasanya bisa disimpan dalam jangka waktu yang panjang. Hal itu karena di dalam makanan tersebut ada senyawa kimia yang biasanya digunakan sebagai pengawet makanan. Senyawa tersebut adalah natrium benzoat yang merupakan turunan dari senyawa benzena.

Baca juga: Garam: Bahan Pengawet, Mata Uang, hingga Pemicu Gerakan Revolusi

Apa Itu Benzena?

Senyawa benzena merupakan salah satu jenis senyawa aromatik yang memiliki rumus kimia C6H6 dengan struktur sebagai berikut.

struktur benzena zenius education
Struktur benzena. (Arsip Zenius)

Coba elo perhatikan struktur di atas, ada ikatan rangkapnya kan? Nah, ikatan rangkap pada struktur tersebut bisa berpindah-pindah, guys. Perpindahan ikatan rangkap disebut dengan delokalisasi elektron atau resonansi. Itulah yang membuat sifat kimia benzena sulit untuk diadisi dan semua ikatan antara C dan C memiliki panjang yang sama.

Mengapa benzena sukar mengalami reaksi adisi? Jawabannya bisa elo temukan pada video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini!

belajar materi pelajaran kimia di zenius

Baca juga: Senyawa Aromatik Benzena – Materi Kimia Kelas 12

Reaksi Benzena dan Senyawa Turunannya

Seperti yang udah gue sebutkan di awal, reaksi benzena sulit untuk melakukan reaksi adisi, tetapi bisa lebih mudah dalam melakukan reaksi substitusi. Nah, pada reaksi substitusi, reaksi benzena akan menghasilkan beberapa senyawa turunan yang terbagi menjadi tiga, yaitu monosubstituen, disubstituen, dan trisubstituen.

Monosubstituen

Kelompok ini merupakan turunan benzena dengan satu gugus fungsi yang tersubstitusi pada benzena. Contohnya toluena, fenol, anilin, asam benzoat, dan benzaldehid.

senyawa turunan benzena monosubstituen zenius education
Senyawa turunan benzena dalam kelompok monosubstituen. (Arsip Zenius)

Disubstituen

Kelompok selanjutnya adalah disubstituen yang merupakan dua gugus fungsi yang tersubstitusi pada benzena. Contohnya orto (1,2), meta (1,3), dan para (1,4).

senyawa turunan benzena disubstituen zenius education
Senyawa turunan benzena dalam kelompok disubstituen. (Arsip Zenius)

Trisubstituen

Kelompok ini merupakan tiga gugus fungsi yang tersubstitusi pada benzena. Contohnya 1,2,3 dan 1,3,5.

senyawa turunan benzena trisubstituen zenius education
Senyawa turunan benzena dalam kelompok trisubstituen. (Arsip Zenius)

Untuk menentukan nama senyawa dari suatu reaksi benzena, perlu diperhatikan juga urutan gugus fungsinya. Nah, urutan prioritas gugus fungsi adalah sebagai berikut.

COOH > SO3H > CHO > CN > OH > NH2 > R > NO2 > X (Halogen)

Berdasarkan urutan di atas, maka gugus OH lebih prioritas dibandingkan dengan NO2. Sehingga, NO2 dianggap sebagai cabang. Misalnya pada struktur senyawa di bawah ini.

contoh kasus tata nama senyawa benzena zenius education

Jelas ya, antara OH dan NO2 lebih prioritas OH. Sehingga penamaan senyawa tersebut yaitu 2-nitrofenol atau orto-nitrofenol.

Baca juga: Kegunaan dan Tata Nama Senyawa Turunan Alkana Menurut IUPAC – Materi Kimia Kelas 12

Contoh Soal Benzena dan Pembahasannya

Untuk menguji sejauh mana pemahaman elo mengenai materi reaksi benzena, gue ada beberapa contoh soal kimia tentang benzena dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi. Cekidot!

Contoh Soal 1

Perhatikan struktur senyawa benzena di bawah ini!

Contoh soal reaksi benzena 1

Tentukan nama senyawa tersebut!

Jawab: 3,5-dinitrotoluena.

Pembahasan: Di antara CH3 dan NO2, manakah yang urutannya lebih prioritas? Yap, CH3 lebih prioritas, sehingga CH3 merupakan satu kesatuan dengan benzena (toluena), sedangkan NO2 menjadi cabangnya.

contoh soal dan pembahasan reaksi benzena 1

Oleh karena itu, nama dari senyawa di atas adalah 3,5-dinitrotoluena.

Contoh Soal 2

Perhatikan senyawa berikut ini.

contoh soal 2 reaksi benzena zenius

Berdasarkan struktur senyawa di atas, sebutkan nama yang tepat untuk ketiganya!

Jawab: Anilin, fenol, dan toluena.

Pembahasan: Elo bisa lihat nama IUPAC dari senyawa tersebut berurutan, yaitu fenilamina, metil benzena, dan benzanol. Sehingga, nama trivia dari ketiganya adalah anilin, fenol, dan toluena.

Elo juga bisa mempelajari materi reaksi benzena untuk persiapan UTBK pada video belajar Zenius di sini.

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang reaksi benzena? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca juga: Kegunaan, Sifat, dan Contoh Haloalkana – Materi Kimia Kelas 12

Bagikan Artikel Ini!