peradaban india kuno zenius education

Peninggalan Peradaban India Kuno dan Peninggalannya – Materi Sejarah Kelas 10

India Kuno merupakan salah satu peradaban awal dalam sejarah peradaban dunia.

Peradaban India Kuno merupakan peradaban yang terletak di sepanjang sungai Indus dan Gangga.

Secara etimologi, kata India berasal dari nama sungai Sindhu atau Sungai Indus yang telah digunakan dalam bahasa Yunani sejak Herodotus (abad ke-4 SM). Bisa dibilang, nama India berasal dari bahasa Yunani. Istilah tersebut muncul dalam bahasa Inggris Kuno pada awal abad ke-9 dan muncul kembali dalam bahasa Inggris Modern pada abad ke-17.

Jadi, ceritanya gini. Dulu ada pemimpin Yunani bernama Aleksander Agung. Setelah menaklukan wilayah kekuasaannya, ia kemudian melancarkan rencana militer untuk ekspansi yang sebelumnya dijalankan oleh ayahnya. Karena berusaha mencapai “ujung dunia”, Aleksander pun menginvasi India pada tahun 326 SM. Sayangnya, ia terpaksa mundur karena pasukannya nyaris menjadi pemberontak. Hingga akhirnya, ia berhasil menaklukan wilayah dari Semenanjung Yunani hingga Sungai Indus.

Dengan begitu, lokasi peradaban India Kuno yang akan kita bicarakan di sini adalah lembah di antara sungai Indus dan Gangga. Bisa dikatakan juga sebagai peradaban lembah Sungai Indus atau peradaban Harappa. Pusat peradaban ini ada di kota Mohenjodaro dan Harappa.

peta peradaban india kuno zenius
Peta peradaban India Kuno. (dok. Wikimedia Commons)

Baca juga: Patung Sphinx, Peninggalan Peradaban Mesir Kuno yang Terkenal

Sosial dan Kebudayaan India Kuno

Pada peninggalan peradaban India Kuno ditemukan pernak-pernik ala perundagian. Hayo … masih ingat nggak perundagian itu apa? Yap, masa perundagian adalah zaman logam. Nah, pada peninggalannya ditemukan barang-barang seperti kalung dan patung. Dari situ bisa kita nilai bahwa udah ada nilai estetika pada saat itu. Selain pernak-pernik ala perundagian, ditemukan juga aksara di Dholavira.

Baca juga: Hasil Kebudayaan Masa Perundagian dan Kehidupan Ekonominya – Materi Sejarah Kelas 10

Sistem Pemerintahan India Kuno

Agak sulit untuk mengurai kehidupan pada peradaban India kuno, karena nggak ada bukti arkeologis dan historisnya. Tapi, kita bisa melihatnya dari peninggalan reruntuhan bangunan di Kota Mohenjodaro dan Harappa.

sistem pemerintahan peradaban india kuno zenius
Peninggalan peradaban India Kuno di kota Mohenjodaro. (dok. The Better India)

Peninggalan peradaban India Kuno tersebut menggambarkan suatu tatanan kota yang modern dan memiliki sistem pemerintahan yang teratur, maju, dan makmur. Itulah mengapa kota Mohenjodaro dan Harappa dipercaya sebagai pusat pemerintahan.

Nah, untuk bidang ekonomi, peradaban India kuno nggak jauh-jauh dari agraris dan perdagangan. Masyarakatnya pada masa itu bertani gandum dan jelai/barley (sejenis sereal anggota padi-padian). Selain bertani, mereka juga beternak sapi Zebu. Kemudian, untuk perdagangannya mereka berdagang dengan orang Mesopotamia.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem pemerintahan India Kuno dan peninggalan peradaban India Kuno bisa elo tonton di video belajar Zenius dengan klik banner di bawah ini.

belajar materi pelajaran sejarah di zenius

Sistem Kepercayaan India Kuno

Kepercayaan yang dianut oleh masyarakat di lembah sungai Indus adalah politeisme, yaitu mengakui adanya lebih dari satu Tuhan. Jadi, mereka itu menyembah banyak dewa. Contohnya pemujaan kepada Dewi Alam (Nature Goddess) atau Dewi Ibu (Mother Goddess). Nah, persembahan atau pemujaan itu disertai dengan ritual berupa upacara keagamaan.

patung mother goddess zenius
Patung Dewi Ibu atau Mother Goddess. (dok. Wikimedia Commons)

Baca juga: Merayakan Keberagaman Agama Lewat Hari Besar Nasional – Serba-serbi Hari Besar

Contoh Soal dan Pembahasan Peradaban India Kuno

Gimana, udah paham kan dengan materi peradaban India Kuno? Nah, gue ada beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Contoh Soal 1

Peradaban India Kuno terletak di antara Sungai … dan ….

Jawab: Indus dan Gangga.

Pembahasan: Peradaban India Kuno berlangsung di sekitar aliran Sungai Indus dan Gangga. Mereka udah mengenal sistem pemerintahan, tata kota, sanitasi, dan kegiatan politik ekonomi.

Contoh Soal 2

Pusat peradaban India Kuno terletak di kota yang bernama ….

Jawab: Mohenjodaro dan Harappa.

Pembahasan: Berdasarkan penemuan situs dari sisa-sisa permukiman terbesar dari kebudayaan lembah sungai Indus di Mohenjodaro, maka dipercaya pusat peradaban ini terletak di Mohenjodaro dan Harappa.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimalin persiapan lo sekarang juga!

download aplikasi zenius play store
download aplikasi zenius app store
download aplikasi zenius app gallery

*****

Gimana nih, sampai sini udah paham kan tentang peradaban India kuno? Buat yang lebih menyukai belajar dengan nonton video, elo bisa mengakses materi ini di video belajar Zenius menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website dan aplikasi Zenius sebelumnya, ya!

Baca juga: Jenis dan Ciri-Ciri Manusia Purba di Afrika – Materi Sejarah Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!