Info lengkap perkuliahan di Jurusan Hubungan Internasional UGM (HI UGM)

Info Perkuliahan, Tips Masuk, dan Jalur Masuk HI UGM

Buat elo yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang hubungan internasional, Jurusan HI UGM bisa jadi salah satu pilihan elo. Kali ini, gue mau mengenalkan jurusan ini ke elo. Di akhir artikel, gue juga akan berbagi tips masuk HI UGM. Jadi, baca sampai habis, ya!

Sobat Zenius, pernah ngebayangin nggak sih, suatu hari nanti elo kerja, terus karena urusan kerjaan elo bisa jalan-jalan ke luar negeri? Nggak hanya itu, elo juga berkesempatan buat belajar bahasa, budaya, dan adat istiadat negara-negara yang elo kunjungi.

Menarik banget, kan? Kalau elo berminat, elo bisa coba memasukkan “menjadi diplomat atau duta besar di Kementerian Luar Negeri” ke daftar cita-cita elo!

Lantas, kalau udah bercita-cita demikian, gimana cara mencapainya? Elo bisa mulai dengan berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional. Jurusan ini lumayan populer di ranah Soshum, jadi pasti udah banyak yang pernah denger, ya.

Tapi, udah tahu belum kuliahnya ngapain aja? 

Langsung aja gue mau mulai berbagi hal penting yang perlu elo ketahui tentang perkuliahan di sini.

Take notes and make sure you don’t miss out any important details!

Tentang Jurusan Hubungan Internasional UGM

Departemen yang sudah ada dari tahun 1957 ini sekarang sudah menaungi dua program studi (prodi), yakni prodi sarjana (S1) dan magister (S2). Di artikel ini, gue akan secara khusus mengulas program studi atau jurusan S1 yang ditawarkan Jurusan Hubungan Internasional UGM.

Oh iya, departemen ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. Kampusnya beralamat di Jl. Sosio-Justisia No. 1 Bulaksumur, Yogyakarta. Kalau elo jadi kuliah di sini, jangan lupa makan ayam geprek, ya. Hehe.

Akreditasi dan Daya Tampung Jurusan HI UGM

Jurusan S1 HI UGM akreditasinya udah di peringkat A, lho. Makanya nggak heran kalau peminat jurusan ini juga banyak. Siapa sih, yang nggak pengen berkuliah di jurusan berkualitas? 

Untuk menunjukkan seberapa besar jumlah peminatnya, coba simak tabel daya tampung Jurusan HI UGM berikut ini.

Daya Tampung SBMPTNDaya Tampung TotalPeminat 2021
24801.829

Sumber Data: sidata-ptn.ltmpt.ac.id

Dengan daya tampung total yang hanya puluhan aja peminatnya bisa hampir dua ribuan, lho! Apakah elo juga akan bergabung dengan sekian banyak peminat Jurusan HI UGM? Berarti, persiapan elo harus matang banget, nih. 

Baca Juga: Info Perkuliahan di Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik UGM (Fisipol UGM)

Kurikulum Jurusan HI UGM

Ini nih, yang paling bikin kepo, kayak gimana sih, perkuliahan di Jurusan HI UGM? Elo akan belajar apa aja kalau masuk jurusan ini?

Sebelum kita lihat mata kuliah HI UGM yang akan elo dapat, kita lihat dulu lulusan seperti apa sih, yang ingin dicetak oleh HI UGM?

Lulusan Jurusan S1 HI UGM diharapkan bisa berprofesi di salah satu dari beberapa bidang meliputi: diplomatic affairs, academia, transnational affairs, dan journalism.

Buat mengasah semua kemampuan tersebut, elo juga akan dibekali konsep-konsep dasar dan perkembangan di bidang hubungan internasional, mengembangkan kesadaran dan solusi terhadap isu-isu dalam praktik hubungan internasional, melakukan interaksi multikultural, dan mempraktikkan diplomasi, negosiasi, mediasi, dan fasilitasi.

Nah, setelah lulus, elo akan memperoleh gelar Sarjana Ilmu Politik (S.I.P.). Eits, tapi tunggu dulu. Elo harus menyelesaikan 144 satuan kredit semester (SKS) paling lambat dalam lima tahun.

Dalam kurun waktu tersebut, ada beberapa mata kuliah yang ditawarkan, mulai dari matkul wajib sampai pilihan. Gimana susunan mata kuliahnya, tuh? Gue udah siapin daftarnya di gambar berikut.

Rangkuman struktur kurikulum Jurusan S1 HI UGM
Rangkuman struktur kurikulum Jurusan S1 HI UGM (Arsip Zenius)

Di tahun pertama, elo akan mengambil mata kuliah wajib fakultas dan mata kuliah wajib departemen. Di kurun waktu ini, elo juga akan diberi mata kuliah pengantar konsentrasi atau peminatan dan pengantar gugus kawasan.

Nah, baru di tahun kedua, elo memilih salah satu dari tiga konsentrasi yang ditawarkan:

  1. Politik Keamanan Global
  2. Studi Perdamaian dan Konflik
  3. Ekonomi Politik dan Pembangunan Internasional

Elo juga akan memilih lima dari tujuh belas mata kuliah kawasan yang disediakan oleh gugus kawasan: AMEURO (The Americas and Europe), AFROMEAS (Africa, Middle East, Central and South Asia, dan ASPAC (Asia Pacific). Gugus kawasan ini merupakan pilihan bagi elo mau lebih fokus mempelajari isu-isu internasional di kawasan mana.

Memasuki tahun ketiga, elo bisa ambil mata kuliah lintas konsentrasi (enam mata kuliah dari delapan belas yang ditawarkan konsentrasi lain) dan dua mata kuliah lintas departemen.

Itu untuk yang program S1 reguler. Kalau elo pilih program S1 internasional, elo akan mengikuti program student exchange, double degree, atau study abroad di salah satu universitas mitra seperti Melbourne University, Aoyama Gakuin University, University of Glasgow, dan lain-lain.

Nah, di tahun terakhir, elo akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan mulai mengerjakan skripsi.

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional (HI), Belajar Apa Saja Sih?

Syarat Masuk HI UGM

Gimana, udah tambah kepengen masuk Jurusan HI UGM, belum, habis lihat-lihat perkuliahannya? Yaudah, yuk, siap-siap buat bergabung dengan jurusan ini! Syaratnya apa aja dan jalurnya dari mana aja, sih?

Syarat umum buat elo yang ingin melanjutkan studi ke Jurusan S1 HI UGM adalah elo merupakan lulusan pendidikan SMA atau sederajat dan lulus seleksi berbagai jalur yang disediakan oleh HI UGM. Apa aja tuh, jalurnya?

Untuk program sarjana reguler, elo bisa simak daftar berikut ini.

Ragam Jalur Masuk HI UGM Reguler
Mau masuk Program Sarjana Reguler HI UGM bisa lewat jalur apa aja, sih? (Arsip Zenius)

Untuk program sarjana internasional, ada tiga gelombang yang diadakan oleh HI UGM (Intake 1, Intake 2, dan Intake 3), dengan rangkaian tes penerimaan sebagai berikut:

Rangkaian Tes Penerimaan Program Sarjana Internasional HI UGM
Rangkaian Tes Penerimaan Program Sarjana Internasional HI UGM (Arsip Zenius)

Biaya Kuliah Jurusan HI UGM

Nah, ini juga jadi hal penting yang perlu elo catat dan laporkan ke orang tua elo, yaitu tentang berapa biaya kuliah UGM Jurusan HI.

Kelompok Uang Kuliah Tunggal (Rp)
IIIIIIIVVVIVIIVIII
500.0001.000.0002.900.0004.350.0005.800.0006.500.0007.500.0009.000.000

Sumber: ugm.ac.id

Baca Juga: Profil Lengkap dan Jurusan Fakultas Ilmu Sosial & Politik UI (FISIP UI)

Penutup

Wah, kita udah sampai di penghujung artikel, nih! Hmm, kok kayaknya ada yang ketinggalan, ya …? Oh iya, gue kan tadi janjiin elo tips masuk Jurusan HI UGM!

Tadi kan elo udah mengumpulkan semua informasi penting tentang jurusan ini. Langkah berikutnya adalah mempersiapkan diri untuk bergabung dengan HI UGM melalui jalur-jalur yang disediakan.

Karena UTBK 2022 Gelombang 1 udah lewat, waktunya siap-siap buat elo yang ikutan Gelombang 2! Tips dari gue, elo pelajari lagi materi-materi yang akan keluar dalam UTBK dengan baik sampai elo benar-benar yakin bisa jawabnya nanti. Ini bisa elo lakukan dengan nonton playlist UTBK persembahan Zenius, lho!

Persiapan UTBK: Materi Ujian, Latihan Soal, Try Out, dan Live Class

Jangan lupa untuk persiapkan diri mengikuti UTUL UM UGM seumpama elo belum lolos UTBK. Zenius punya sekumpulan latihan soal UTUL UM UGM buat elo, nih! Yuk langsung aja klik banner di bawah!

Info Perkuliahan, Tips Masuk, dan Jalur Masuk HI UGM 9

Selamat berjuang, sampai jumpa di artikel Zenius lainnya!

Referensi

Daftar Prodi SBMPTN Universitas Gadjah Mada – Sidata PTN

International Undergraduate Program: Tes Penerimaan – Departemen Ilmu Hubungan Internasional (2022)

Program Studi dan Daya Tampung Sarjana dan Sarjana Terapan – Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (2022)

Ragam Seleksi Sarjana dan Sarjana Terapan – Ujian Masuk Universitas Gadjah Mada (2022)

Sambutan Ketua Departemen  – Departemen Ilmu Hubungan Internasional

Spesifikasi Program dan Panduan Kurikulum – Program Studi S1 Ilmu Hubungan Internasional FISIPOL UGM (2019)

Bagikan Artikel Ini!