Peradaban Amerika Kuno, Peninggalan, dan Kebudayaannya

Peradaban Amerika Kuno, Peninggalan, dan Kebudayaannya – Materi Sejarah Kelas 10

Peradaban Amerika kuno merupakan salah satu peradaban maju yang pernah ada di dunia. Itulah mengapa, banyak sekali film-film yang mengambil latar cerita peradaban Amerika kuno ini. 

Elo tahu film Apocalypto, kan? 

Nah, Apocalypto merupakan salah satu contoh film yang mengambil latar cerita tentang suku Maya. Nggak cuma itu aja, kalau elo pernah nonton Doraemon: Nobita dan Legenda Raja Matahari, mereka juga mengambil latar cerita tentang suku Maya, lho.

Tapi, sebenarnya bagaimana sih, awal mula peradaban di Benua Amerika ini? Yuk, cari tahu!

Peradaban Amerika Kuno

Jadi, peradaban di Benua Amerika bermula dari 15.000 tahun lalu nih, guys. Kenapa gue bisa bilang gitu? Sebab, 15.000 tahun lalu ada sekelompok orang berasal dari Siberia (Rusia) yang melakukan perjalanan menuju Benua Amerika. 

Mereka melakukan perjalanan dengan cara melewati jembatan selat bering yang menghubungkan antara Siberia dengan Alaska. Tapi sayangnya, jembatan selat bering ini tuh sekarang udah nggak ada lagi ya, guys. 

Selat Bering
Selat Bering. (Dok. Wikimedia Commons)

Kemudian, setelah sampai di Alaska sekelompok orang-orang ini pun menyebar ke beberapa bagian di Benua Amerika. Ada yang pergi ke Amerika Utara yang saat ini kita kenal Amerika Serikat, lalu ada juga yang pergi ke Amerika Tengah seperti Meksiko dan Peru. 

Singkat cerita, orang-orang di Amerika Utara ini dikenal dengan sebutan orang-orang Indian nih, guys. Ya, elo pasti udah sering dengar kan tentang suku Indian ini?

suku indian pada peradaban amerika kuno
Suku Indian. (Dok. Wikimedia Commons)

Suku Indian tidak mempunyai peradaban yang besar karena mereka hidup sebagai pemburu-pengumpul. 

Pemburu-pengumpul merupakan sekelompok masyarakat yang cara bertahan hidupnya dengan memburu dan mengumpulkan hewan dan tumbuhan secara langsung, tanpa membudidayakannya terlebih dahulu.

Itulah mengapa suku Indian ini nggak punya wilayah-wilayah besar, sehingga mereka hidup berkelompok dan tersebar dimana-mana. 

Menariknya, meskipun hidup dengan kelompok-kelompok kecil, tapi jumlah suku Indian ini banyak banget, lho. Bayangkan aja, ada sekitar 5 juta-10 juta orang Indian yang tersebar di seluruh bagian Amerika Utara. 

Sementara itu, di bagian Amerika Tengah dan Amerika Selatan terdapat tiga kelompok besar yang mendirikan suatu peradaban Mesoamerika atau yang kita kenal sebagai peradaban kuno Amerika. Peradaban Amerika kuno ini meliputi suku Aztec, Maya, dan Inca. 

1. Peradaban Suku Maya

Suku Maya terletak di wilayah Meksiko dan Amerika Tengah. Wilayahnya meliputi Semenanjung Yucatan Meksiko, Guatemala, Belize, El Salvador, dan Honduras. 

peta wilayah suku maya peradaban amerika kuno
Peta wilayah persebaran peradaban suku maya. (Dok. Wikimedia Commons)

Peradaban suku Maya hidup dengan cara bertani. Banyak dari mereka yang menanam jagung, kacang-kacangan, labu, dan singkong. Selain itu, peradaban suku Maya juga unggul dalam banyak hal seperti aksara hieroglif, seni rupa, arsitektur, matematika, kalender, hingga astronomi.

Suku Maya juga telah mengembangkan dua sistem kalender yakni kalender tzolkin yang berlangsung selama 260 hari dan kalender haab yang berlangsung selama 365 hari. Adapun peninggalan peradaban suku Maya yang disebut Tikal. Tikal merupakan reruntuhan kota kuno yang terletak di Guatemala. 

Lantas, apakah keturunan suku Maya masih ada sampai saat ini? 

Ya, pastinya ada dong. Banyak keturunan suku Maya yang masih tinggal di Guatemala, Honduras, El Salvador, dan sebagian wilayah Meksiko. Bahkan, sekitar 40% orang Guatemala itu merupakan keturunan suku Maya, lho. 

2. Peradaban Suku Aztec

Lanjut, ke peradaban Amerika kuno selanjutnya yakni suku Aztec. Suku Aztec terletak di wilayah Tenochtitlan, Meksiko. Dahulunya, kota ini hanyalah berupa rawa-rawa hingga kemudian diubah menjadi lahan yang subur.

Peradaban suku Aztec juga dikenal akan kemajuannya di bidang pertanian dan perdagangan. Itulah mengapa masyarakat yang hidup pada peradaban ini banyak yang hidup dengan cara berdagang dan bertani. Adapun tanaman pertanian khas suku Aztec yaitu jagung, labu, kentang, kacang-kacangan, dan alpukat.

 kota tenochtitlan suku aztec peradaban amerika kuno
Ilustrasi kota tenochtitlan, Meksiko. (Dok. Wikimedia Commons)

Nah, suku Aztec ini bisa dikatakan sangat unik, karena mereka mempunyai sistem pemerintahan yang pendekatannya militeristik.

Maksudnya gimana, tuh?

Jadi, orang-orang yang berada di posisi atas atau strata atas itu dilihat dari kemampuannya dalam berperang. 

Suku Aztec sendiri memiliki empat strata, di mana strata pertama diduduki oleh eagle warriors, kedua jaguar warriors, dan yang ketiga otomies. Sedangkan yang keempat disebut sebagai the shorn ones. Jadi, the shorn ones inilah yang maju paling depan ketika ada peperangan. 

3. Peradaban Suku Inca

Peradaban suku Inca terletak di wilayah Peru, Amerika Selatan. Tepatnya di sekitar danau Titicaca, dekat pegunungan Andes. Nah, suku Inca ini memiliki kepercayaan kalau semakin tinggi tempat tinggal mereka, maka akan semakin dekat dengan tempat tinggal para dewa. Jadi, jangan heran ya, kalau suku Inca banyak tinggal di daerah-daerah tinggi. 

 wilayah suku inca peradaban amerika kuno
Wilayah peradaban suku inca. (Dok. Wikimedia Commons)

Masyarakat suku inca banyak yang bekerja sebagai petani dengan menanam jagung, ubi, labu, tomat, kacang, cabai, dan singkong. Selain itu banyak juga yang memelihara alpaca, anjing, bebek, dan marmut.

Suku Inca juga mempunyai banyak peninggalan lho, salah satunya komplek bangunan Machu Picchu. 

Machu Picchu terletak di Lembah Urubamba (Peru) dengan ketinggian 2.350 meter di atas permukaan laut. Bahkan, Machu Picchu ini telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983. 

Selain itu, dalam bidang pertanian suku Inca telah mengembangkan semacam laboratorium pertanian yang disebut sebagai Moray. Laboratorium ini digunakan oleh bangsa Inca untuk membudidayakan varietas yang cocok untuk ditanam di wilayah dataran tinggi Andes.

Lalu, kalau ngomongin kepercayaan dan agama. Suku Inca menyembah dewa matahari atau disebut juga sebagai Viracocha. 

Kondisi Sosial Politik Amerika Kuno

Nah, tadi kan gue udah jelasin tuh keadaan sosial politik per masing-masing suku. Kali ini, gue mau jelasin kondisi sosial politik Amerika kuno secara garis besarnya. 

  • Bentuk pemerintahan peradaban Amerika kuno 

Jadi, mayoritas pemerintahan pada peradaban Amerika kuno itu menganut sistem monarki. Di mana, para penguasa memiliki daerahnya sendiri-sendiri sehingga dapat diklasifikasikan juga sebagai feodalisme. 

  • Sistem kepercayaan peradaban Amerika kuno 

Sama seperti mayoritas peradaban kuno lainnya, masyarakat Amerika kuno menganut sistem politeisme. Politeisme merupakan bentuk kepercayaan yang menyembah banyak dewa.

Namun, masing-masing kerajaan di peradaban Amerika kuno memiliki dewanya sendiri-sendiri. Misalnya saja, dalam peradaban suku Maya ada dewa Itzamna, yakni penguasa surga. Lalu, pada peradaban suku Aztec ada Quetzalcoatl yakni dewa angin dan hujan.

  • Kehidupan masyarakat peradaban Amerika kuno 

Mayoritas penduduk Amerika kuno hidup dengan cara bercocok tanam. Selain itu, mereka juga biasanya hidup di suatu daerah yang diperintah oleh seorang pemimpin. 

Baca Juga: Peninggalan Peradaban India Kuno dan Peninggalannya 

Peninggalan dan Hasil Kebudayaan Peradaban Amerika Kuno

Meskipun peninggalan dan hasil kebudayaan peradaban Amerika kuno udah gue singgung di atas, tapi gue mau sebutin ulang nih beberapa peninggalannya. 

Berikut ini merupakan rangkuman peninggalan dan hasil kebudayaan peradaban Amerika kuno:

1. Peninggalan dan Hasil Kebudayaan Peradaban Suku Inca

  • Machu Picchu
machi picchu peninggalan dan kebudayaan peradaban amerika kuno
Kota Machu Picchu di Peru. (Dok. Wikimedia Commons)
  • Moray
moray peninggalan dan kebudayaan peradaban amerika kuno
Moray yang terletak di Peru. (Dok. Wikimedia Commons)

2. Peninggalan dan Hasil Kebudayaan Peradaban Suku Maya

  • Tikal
 tikal peninggalan dan kebudayaan peradaban amerika kuno
Tikal di Guatemala. (Dok. Wikimedia Commons)

3. Peninggalan dan Hasil Kebudayaan Peradaban Suku Aztec

  • Situs piramida aztec
piramida aztec peninggalan dan kebudayaan peradaban amerika kuno
Situs piramida aztec. (Dok. Wikimedia Commons)

Baca Juga: Patung Sphinx, Peninggalan Peradaban Mesir Kuno yang Terkenal

Contoh Soal Peradaban Amerika Kuno

Nah, untuk menguji pemahaman elo tentang peradaban Amerika kuno, gimana kalau elo kerjakan contoh soal di bawah ini? 

  1. Peradaban Maya dikenal telah memiliki sains dan teknologi berikut ini, kecuali ….

A. angka

B. tulisan

C. bubuk mesiu

D. arsitektur 

E. waktu

Jawaban dan Pembahasan:

Bubuk mesiu ditemukan pada peradaban cina kuno. Sehingga jawaban yang tepat adalah C. 

2. Bangunan di Peru yang merupakan peninggalan dari peradaban Amerika kuno bernama ….

A. Cuzco

B. Pachacuti

C. Quechuan

D. Machu Picchu

E. Yupanqui

Jawaban dan Pembahasan:

Machu Picchu merupakan peninggalan peradaban Amerika kuno yang letaknya di Lembah Urubamba, Peru. Sehingga jawaban yang tepat adalah D. 

Baca Juga: Peradaban Cina Kuno Beserta Kebudayaannya

Oke deh, segitu dulu ya guys, contoh soal dan pembahasan yang bisa gue kasih. Kalau elo masih mau ngerjain soal-soal try out UTBK bisa langsung kunjungi aplikasi Zenius, ya!

By the way, kalau elo merasa artikel ini kurang lengkap dan masih penasaran dengan kisah peradaban Amerika kuno, bisa banget nih nonton video lengkapnya dengan cara tinggal klik banner di bawah ini!

sejarah zenius

Referensi: 

Sejarah Amerika Serikat – Heryati, S.Pd., M.Hum 

Maya Civilization – World History (2012)

Maya – History (2021)

Maya – Britannica (2020)

Inca – Britannica (2021)

Inca Civilization – World History (2014)

Aztecs – History (2020)

Bagikan Artikel Ini!