Silsilah Pendiri dan Peninggalan Kerajaan Singasari

Silsilah, Pendiri, dan Peninggalan Kerajaan Singasari – Materi Sejarah Kelas 10

Hai, Sobat Zenius! Seperti yang elo tahu, zaman dahulu banyak sekali kerajaan yang berdiri di Indonesia. Mulai dari Majapahit, Singasari, Kutai, dan lainnya. Nah, salah satu yang menarik dibahas yakni Kerajaan Singasari nih, guys.

So, bagaimana kisah Kerajaan Singasari? Kapan berdirinya Kerajaan Singasari? Siapa pendiri Kerajaan Singasari?? Yuk, temukan jawabannya di bawah!

Sejarah Kerajaan Singasari

Kerajaan Singasari merupakan salah satu kerajaan bercorak Hindu-Buddha yang berdiri sejak tahun tahun 1222 M-1292 M. Kerajaan yang pada mulanya bernama Tumapel ini terletak di Malang, Jawa Timur. 

Nah, kalau bicara tentang Kerajaan Singasari maka nggak akan lepas dengan Kerajaan Kediri nih, guys. 

Jadi, Kerajaan Kediri dipimpin oleh seorang raja yang bernama Kertajaya. Nah, Kertajaya ini ingin sekali dirinya disembah seolah-olah ia adalah seorang dewa. Keinginan Kertajaya ini pun memicu kemarahan para kaum Brahmana. Sehingga, kaum Brahmana meminta tolong kepada Ken Arok untuk melawan Kertajaya. Hingga akhirnya, Ken Arok dan kaum Brahmana berhasil mengalahkan Kertajaya.

So, pertanyaannya siapa sih, Ken Arok? Jadi, Ken Arok ini merupakan Bupati dari Tumapel. Tumapel merupakan salah satu wilayah kekuasaan Kerajaan Kediri. 

pendiri kerajaan singasari adalah ken arok
Patung Ken Arok di GOR Ken Arok, Malang. (Dok. Wikimedia Commons)

Karena telah membantu kaum Brahmana untuk menyingkirkan Kertajaya, akhirnya Ken Arok dijadikan raja Kerajaan Tumapel. Oh iya, Kerajaan Tumapel ini sama yang dengan Kerajaan Singasari ya, guys. So, bisa dikatakan juga kalau Ken Arok ini merupakan pendiri Kerajaan Singasari sekaligus raja pertamanya. 

Terus, seberapa besar sih wilayah dari Kerajaan Singasari?

Nah, perluasan wilayah kekuasan Kerajaan Singasari sendiri nggak akan bisa lepas dari peranan raja terakhir Singasari yakni Kertanegara. Sebab, pada masa pemerintahannya, Kertanegara memberlakukan cakrawala mandala. Apa itu cakrawala mandala?

Jadi, arti dari cakrawala mandala yakni keinginan Kerajaan Singasari untuk melebarkan kekuasaan kerajaannya. Bukan hanya di pulau Jawa saja, tapi juga di luar pulau Jawa. Bahkan, wilayah kekuasaan Kerajaan Singasari sampai ke Pahang, Malaysia juga, lho.

Peta wilayah Kerajaan Singasari
Peta wilayah Kerajaan Singasari. (Dok. Wikimedia Commons)

So, apa sumber sejarah Kerajaan Singasari yang membuktikan bahwa kerajaan ini ada? Nah, sumber-sumber yang membuktikan Kerajaan Singasari antara lain prasasti Kudadu dan kitab Negarakertagama.

Kerajaan Singasari termasuk dalam materi Kerajaan Hindu Buddha. Kamu bisa pelajari sejarah kerajaan lainnya di sini: Daftar Kerajaan Maritim Hindu Buddha di Indonesia.

Penyebab Runtuhnya Kerajaan Singasari dan Kehidupan Politiknya

Lanjut, ke penyebab runtuhnya Kerajaan Singasari. Nah, penyebab runtuhnya kerajaan ini nantinya akan berkaitan nih dengan kehidupan politik Kerajaan Singasari. Runtuhnya Kerajaan Singasari berawal dari konflik antara Kertanegara dengan Jayakatwang dan Arya Wiraraja. 

Kertanegara sendiri merupakan raja terakhir Singasari yang sempat membawa Kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaannya. 

Jayakatwang yang merupakan keturunan Kertajaya (Raja Kediri) melakukan perlawanan terhadap Kerajaan Singasari karena ingin mendirikan Kerajaan Kediri kembali. Soalnya, dulu Kerajaan Kediri ini sempat direbut oleh Kerajaan Singasari. 

Dalam melakukan aksinya ini, Jayakatwang tidak sendiri nih guys, melainkan dibantu oleh Arya Wiraraja. Perlawanan Jayakatwang ini pun membuahkan hasil, akhirnya Kerajaan Singasari berhasil jatuh ke tangan Jayakatwang. 

Namun, kemenangan Jayakatwang tidak bertahan lama. Sebab, Raden Wijaya (menantu dari Kertanegara) meminta bantuan Arya Wiraraja untuk mengambil alih kembali Kerajaan Singasari dari tangan Jayakatwang. 

Hingga akhirnya Raden Wijaya berhasil mengambil alih Kerajaan Singasari. Namun, ia tidak meneruskan Kerajaan Singasari melainkan mendirikan kerajaan baru bernama Majapahit.

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Kehidupan Kerajaan Singasari

1. Kehidupan Ekonomi Kerajaan Singasari

Kalau ngomongin kehidupan ekonomi Kerajaan Singasari, maka nggak akan lepas dengan letak wilayahnya nih, guys. Letak Kerajaan Singasari sendiri dekat dengan Sungai Brantas, sehingga perekonomiannya fokus pada bidang pelayaran dan perdagangan. 

2. Kehidupan Sosial Kerajaan Singasari

Sementara itu, kehidupan sosial Kerajaan Singasari selalu berubah-ubah bergantung pada raja yang memimpin saat itu. Kalau pada masa kerajaan Ken Arok, kehidupan rakyatnya sangat makmur dan terjamin. Well, ini mungkin disebabkan juga karena Ken Arok awalnya merupakan rakyat biasa sehingga mengerti apa yang diinginkan rakyatnya. 

Kemudian, pada masa pemerintahan Anusapati, kehidupan rakyat mulai tidak mendapat perhatian. Namun, saat Kertanegara memerintah setelahnya, kehidupan rakyat kembali teratur dan makmur. 

3. Kehidupan Agama Kerajaan Singasari

Terus bagaimana nih dengan kehidupan agama Kerajaan Singasari? Nah, agama yang paling berkembang di Kerajaan Singasari adalah agama Buddha. 

Tapi, kenapa ya agama Buddha bisa sangat populer saat itu? Well, alasannya karena agama Buddha merupakan agama yang dianut oleh raja, sekaligus agama resmi kerajaan. 

Silsilah Kerajaan Singasari

Nah, berikut ini merupakan silsilah Kerajaan Singasari nih, guys! Dimulai dari Ken Arok hingga raja terakhirnya yakni Kertanegara.

  • Ken Arok (1222 M-1227M)
  • Anusapati (1227 M-1248M)
  • Tohjaya (1248 M)
  • Ranggawuni (1248 M-1268M)
  • Kertanegara (1268 M-1292 M)

Tapi, kenapa ya kerajaan sebesar Singasari ini hanya 5 raja saja yang sempat memerintah? Well, kalau elo mau tahu jawabannya bisa langsung tonton videonya di aplikasi Zenius. Caranya? Klik aja banner di bawah ini!

Pelajari materi Sejarah di video materi belajar Zenius

Biar makin mantap, Zenius punya beberapa paket belajar yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan lo. Di sini lo nggak cuman mereview materi aja, tetapi juga ada latihan soal untuk mengukur pemahaman lo. Yuk langsung aja klik banner di bawah ini!

Silsilah, Pendiri, dan Peninggalan Kerajaan Singasari - Materi Sejarah Kelas 10 9

Peninggalan Kerajaan Singasari

Adapun bukti-bukti peninggalan Kerajaan Singasari. Kalau elo tinggal di Malang, nggak ada salahnya nih untuk berkunjung ke peninggalan-peninggalan Kerajaan Singasari di bawah ini!

  1. Candi Singasari di Malang, Jawa Timur
  2. Candi Jago di Malang, Jawa Timur
  3. Candi Kidal di Malang, Jawa Timur
  4. Candi Jawi di Pasuruan, Jawa Timur
  5. Candi Sumberawan di Malang, Jawa Timur
  6. Candi Kangenan di Malang, Jawa Timur
  7. Candi Katang Lumbang di Malang, Jawa Timur
Candi Singasari di Malang, bukti peninggalan Kerajaan Singasari
Candi Singasari di Malang, bukti peninggalan Kerajaan Singasari. (Dok. Wikimedia Commons)

Pelajari selengkapnya tentang Pengaruh Peradaban Hindu Buddha di Indonesia lainnya di artikel ini: Pengaruh Peradaban Hindu-Buddha di Indonesia di Berbagai Bidang.

Contoh Soal Kerajaan SIngasari

Nah, setelah menyimak sejarah Kerajaan Singasari di atas, gue yakin nih elo pasti bisa ngerjain soal di bawah ini! 

  1. Kerajaan Singasari mencapai puncak kejayaan pada masa raja ….

A. Tohjaya
B. Kertajaya
C. Anusapati
D. Mpu Sindok
E. Kertanegara

Jawaban:

Pada masa pemerintahan Kertanegara, ia berhasil membangun hubungan antar kerajaan baik di dalam maupun luar Nusantara. Sehingga jawaban yang tepat adalah E. 

So, itu dia guys pembahasan tentang Kerajaan Singasari. Kalau elo masih mau tahu kelanjutan Kerajaan Singasari dan juga kerajaan lainnya elo bisa tonton videonya di aplikasi Zenius

Bagikan Artikel Ini!