Pengertian Tenaga Eksogen, Penyebab, dan Dampaknya – Materi Geografi Kelas 10

Tenaga Eksogen

Hai Sobat Zenius! Tentu elo udah tau kan kalau permukaan bumi itu bentuknya tidak rata, dan selalu berubah tiap waktu? Bentuk bumi yang beragam tersebut biasa dikenal dengan relief bumi. Tentunya pembentukan relief bumi ini tidak terjadi begitu aja dong. Ada dua energi yang menyebabkan terjadinya proses pembentukan relief bumi tersebut. Apa aja sih emang? Kedua energi ini berasal dari bumi, yaitu tenaga endogen dan tenaga eksogen. 

Nah, kali ini gue akan ngajak elo buat ngebahas dulu nih tentang tenaga eksogen. Apa sih tenaga eksogen itu? Terus kira-kira dampaknya apa ya? Oke, yuk kita langsung aja simak penjelasan berikut ya!

Tenaga eksogen
Potret Bumi (Dok. Wikimedia Commons) 

Baca Juga: Metode Konservasi Tanah dan Contohnya – Materi Geografi Kelas 10

Pengertian Tenaga Eksogen

Tenaga eksogen merupakan tenaga yang asalnya adalah dari gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi dan mempengaruhi bentuk permukaan bumi itu sendiri. Apa aja sih gejala-gejala tersebut? Ada beberapa nih guys, antara lain adalah gejala atmosfer (angin, suhu), air (air hujan, aliran air permukaan, pasang surut), dan aktivitas makhluk hidup (mikroorganisme, hewan, tumbuhan, manusia). 

Jenis-Jenis Tenaga Eksogen

Oke, lanjut kita bahas nih jenis-jenis tenaga eksogen. Ada tiga jenis tenaga eksogen yang akan gue bahasa disini, antara lain:

1. Pelapukan

Pelapukan merupakan suatu proses penghancuran batuan yang berukuran besar menjadi batuan yang lebih kecil bahkan hingga menjadi tanah. Misalnya nih batuan yang kemudian berubah menjadi pasir. 

Kalau dilihat dari faktor penyebabnya, pelapukan ini dibagi jadi tiga jenis, yaitu:

  • Pelapukan mekanik, yaitu pelapukan yang terjadi tanpa disertai perubahan susunan kimia batuan. Pelapukan ini disebabkan oleh pengaruh suhu, pancaran sinar matahari, daya erosi dan lain-lain. 
  • Pelapukan kimiawi, yaitu pelapukan yang disertasi dengan perubahan susunan kimia batuannya.
  • Pelapukan biologis, yaitu pelapukan yang disebabkan oleh aktivitas makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.
Hasil tenaga eksogen
Gambaran Hasil Pelapukan (Arsip Zenius)

 

2. Pengikisan

Pengikisan atau erosi, merupakan proses pengikisan dan pemindahan partikel batuan atau tanah dengan suatu perantara media kayak angin, aliran sungai, atau gelombang laut. Kalau dilihat dari faktor penyebabnya, erosi ini dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 

  • Erosi air (korasi) merupakan suatu proses pengikisan tanah oleh air yang mengangkut batu-batuan yang telah hancur.
  • Erosi es (erosi glasial) merupakan suatu proses pengikisan tanah yang terjadi di daerah pegunungan tinggi dengan diselimuti salju.
  • Erosi angin merupakan suatu proses pengikisan tanah yang terjadi karena pergerakan angin.
  • Erosi gelombang laut (abrasi pantai atau erosi pantai) merupakan suatu proses pengikisan tanah oleh kecepatan angin laut dan gelombang laut sehingga dapat mengubah bentuk pantai. Bentangan alam yang muncul karena erosi gelombang laut meliputi cliff, relung, morena, dan ngarai.
Erosi merupakan contoh dari adanya tenaga eksogen
Erosi (Dok. Wikimedia Commons)

3. Pengendapan

Pengendapan atau sering juga disebut sedimentasi, merupakan proses pengendapan atau penumpukan partikel-partikel batuan atau material yang terbawa karena erosi oleh angin, air atau es. Berdasarkan tempat mengendapnya, sedimentasi terbagi atas tiga, yaitu:

  • Sedimentasi fluvial adalah sedimentasi yang terjadi di sungai dan disebabkan oleh air sungai sehingga menyebabkan pendangkalan sungai.
  • Sedimentasi eloise terjadi karena angin sehingga menghasilkan bentangan alam berupa gumuk pasir. 
  • Sedimentasi marine yakni sedimentasi yang terjadi karena abrasi oleh air laut dan menghasilkan bentangan alam seperti tombolo, spit, gosong, beach, dan bar.

Dampak Tenaga Eksogen

Kira-kira apa aja ya dampak yang dihasilkan oleh tenaga eksogen itu? Nah, gue akan ngasih elo informasi tentang dampak positif dan negatif dari tenaga eksogen. Kita mulai dulu kali ya dari dampak positifnya dulu. 

Dampak Positif Tenaga Eksogen 

  1. Aktivitas pelapukan dapat menghasilkan bentuk permukaan bumi yang unik, yang kemudian bisa dimanfaatkan sebagai obyek wisata yang dapat dijadikan sumber penghasilan oleh masyarakat sekitar. 
  2. Memunculkan habitat. Dengan adanya pelapukan terhadap batuan, terbentuklah tanah sehingga memungkinkan tumbuh- tumbuhan hidup di atas tanah tersebut. Dengan adanya kehidupan tumbuh-tumbuhan di atas tanah, telah menyebabkan adanya kehidupan hewan dan manusia.
  3. Proses sedimentasi bisa menghasilkan daratan baru yang subur.

Dampak Negatif Tenaga Eksogen 

  1. Erosi pada tanah akan mengangkut humus pada lapisan tanah atas sehingga kesuburan tanah berkurang.
  2. Erosi pada daerah pantai menyebabkan berkurangnya luas lahan pantai.
  3. Hasil-hasil erosi yang diendapkan (sedimentasi) di muara-muara sungai menyebabkan pendangkalan di muara sungai, akibatnya sungai menjadi mudah mengalami banjir ketika musim hujan.

Itu tadi guys, dampak dari tenaga eksogen. Mungkin elo kepikiran dampak lainnya? Boleh dong kalau gitu coba share di kolom komentar di bawah ya!

Contoh Soal dan Pembahasan

Nah, sekarang gue akan ngasih elo contoh soal nih, buat menguji tingkat pemahaman elo terhadap materi tenaga eksogen!

  1. Perbedaan utama antara pelapukan fisik dengan pelapukan kimiawi adalah ….

A. Pelapukan fisik mengubah susunan kimia batuan.

B. Pelapukan kimia tidak mengubah susunan kimia batuan.

C. Pelapukan fisik dapat diamati secara fisik sedangkan pelapukan kimia tidak bisa diamati secara fisik.

D. Pelapukan kimia dapat diamati secara fisik sedangkan pelapukan fisik tidak bisa diamati secara fisik.

E. Pelapukan kimia mengubah susunan kimia batuan sedangkan pelapukan fisik tidak mengubah susunan kimia batuan.

Jawaban: E. Pelapukan kimia mengubah susunan kimia batuan sedangkan pelapukan fisik tidak mengubah susunan kimia batuan.

Pembahasan: Pelapukan merupakan proses penghancuran batuan menjadi ukuran yang lebih kecil lagi dalam waktu yang lama. Dalam proses pelapukan kita mengenal tiga jenis, yaitu:

  1. Pelapukan Fisik/Mekanis = Proses penghancuran batuan menjadi ukuran yang lebih kecil tanpa mengubah susunan kimianya.
  2. Pelapukan Kimiawi = Penghancuran batuan yang mana susunan kimianya berubah.
  3. Pelapukan Organik = Penghancuran batuan karena aktivitas organisme atau mikroorganisme seperti bakteri.

Sehingga perbedaan antara pelapukan fisik dan kimia adalah kalau fisik tidak mengubah susunan kimia dan kalau kimiawi mengubah susunan kimia.

Well, itu tadi guys materi yang bisa gue sampaikan kali ini, elo bisa ngepoin lebih banyak lagi dengan klik banner di bawah ini ya, dan jangan lupa buat daftarin akun elo ya! See you!

Pelajari materi Geografi di video materi belajar Zenius

Baca Juga: Fungsi dan Permasalahan Daerah Aliran Sungai – Materi Geografi Kelas 10

Bagikan Artikel Ini!