Materi Ekonomi

Pengertian Neraca Lajur, Fungsi, dan Contohnya – Materi Ekonomi Kelas 12

Materi Ekonomi kelas 12 dan Gap Year ini membahas Neraca Lajur, Fungsi, dan Contohnya. Yuk Kenali lebih dalam lagi tentang Neraca Lajur bareng-bareng!

Hai, guys! Elo pernah nggak sih berandai-andai jadi pengusaha dan punya perusahaan sendiri? Nah, kali ini gue mau ngajak elo buat belajar dulu nih salah satu hal yang penting ketika kita punya usaha atau perusahaan. Yup, kali ini gue mau ngenalin kalian sama salah satu hal yang memudahkan kita ketika akan membuat laporan keuangan, yaitu neraca lajur. 

Dalam sebuah perusahaan, tentu aja laporan keuangan adalah hal yang paling penting untuk diketahui, supaya kita bisa mengetahui dengan baik siklus keuangan yang ada di perusahaan tersebut. Nah, kalau kita bikin catatan keuangannya rapi, pasti akan mempermudah kita juga dong untuk mengevaluasi dan menganalisis keuangan, salah satunya ya dengan neraca lajur ini guys … 

Yuk, kita cari tahu bareng tentang neraca lajur!

Baca juga: Pengertian dan Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas – Materi Ekonomi Kelas 12

Apa Itu Neraca Lajur?

Neraca lajur adalah suatu lembaran kertas kerja berlajur atau berkolom yang isinya semua data keuangan atau data akuntansi suatu perusahaan dalam satu periode tertentu.

Nah, meskipun kayaknya cuma kertas kerja, tapi aplikasi ini sangat membantu lho, apalagi untuk perusahaan yang besar. Neraca lajur ini dapat digunakan suatu perusahaan untuk merekap data keuangan dengan lebih mudah, sebelum kemudian dilakukan penyesuaian. Secara akuntansi, neraca lajur dibuat setelah perusahaan membuat jurnal penyesuaian dan sebelum membuat laporan keuangan.

Sebenernya neraca lajur ini optional guys, boleh dibikin atau nggak. Untuk perusahaan kecil sih emang nggak terlalu penting, tapi buat perusahaan besar hal ini akan sangat membantu, seperti yang gue bilang sebelumnya. Jadi nggak ada salahnya nih buat kita kenalan sama jenis neraca satu ini.

Baca juga: Cara Hitung Harga Pokok Penjualan (HPP) – Materi Ekonomi Kelas 12

Fungsi Neraca Lajur 

Kalau kita pikirin lagi, sebenarnya udah banyak kan jurnal akuntansi yang dibikin sama suatu perusahaan, apalagi ada neraca saldo dan jurnal penyesuaian. Terus buat apa lagi sih ada neraca lajur?

Jadi gini guys, gue umpamakan elo pergi ke mall yang sebelumnya belum pernah nih disinggahi. Itu mall gede banget, sedangkan waktu yang elo punya terbatas dan harus beli tiket bioskop yang lagi trending. Tentu elo butuh waktu cepet kan buat ke bioskop itu biar nggak kehabisan tiket. Terus apa dong yang elo lakuin? 

Cara yang paling mudah dan efisien adalah lihat denah mall, dengan begitu elo bisa langsung tahu di mana letak bioskop itu. Neraca lajur ini gue ibaratin sebagai denah mall yang memuat semua informasi yang ada dalam mall tersebut. Kalau dalam konteks perusahaan, neraca lajur yang berisi semua informasi akuntansi di suatu perusahaan. Nah, lebih detailnya fungsinya adalah :

  1. Memudahkan Laporan Keuangan 

Laporan keuangan akan lebih mudah saat neraca lajur telah dibuat terlebih dahulu. Ini karena semua nominal yang ada pada buku besar bisa langsung terlihat di neraca, tanpa kita harus mencari dalam buku besar yang memiliki kolom dan juga jumlah yang terbilang banyak dari neraca lajur.

  1. Menggolongkan dan Meringkas Informasi Neraca Saldo

Pembuatan neraca lajur akan membantu perusahaan untuk meringkas informasi neraca saldo agar lebih sederhana, karena membantu menggolongkan akun-akun di dalam neraca saldo sesuai dengan kelompoknya, sehingga penyusunannya akan berurutan.

  1. Meminimalisir Adanya Laporan yang Salah

Format neraca lajur yang ringkas akan memudahkan penggunanya memahami data di dalamnya. Di samping itu, susunan neraca lajur yang lebih sederhana juga membantu perusahaan menemukan data dengan lebih cepat.

  1. Menunjukkan perusahaan telah menjalankan prosedur

Adanya neraca lajur juga akan mengungkapkan bahwa suatu perusahaan sudah  menjalankan prosedur pencatatan keuangan yang seharusnya dilakukan, sehingga hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kredibilitas dalam mencatat dan mengelola keuangan dengan benar.

Cara Membuat Neraca Lajur

Cara Membuat Neraca Lajur

Hal yang nggak kalah penting buat elo ketahui adalah, gimana sih cara membuat neraca lajur?

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam pembuatannya, antara lain:

  1. Membuat Format Neraca
Pengertian Neraca Lajur, Fungsi, dan Contohnya - Materi Ekonomi Kelas 12 9
Format Neraca Lajur (Arsip: Zenius)

                 

Neraca lajur punyai format sendiri dalam pembuatannya supaya terlihat lebih ringkas. Contohnya kayak gambar di atas, ya. Kolom debit kredit ini dibuat berpasangan untuk setiap komponen laporan keuangan. Terdapat 4 komponen yang ada di dalamnya, yaitu neraca saldo, penyesuaian, neraca setelah penyesuaian, dan laba rugi.

  1. Mengisi Nomor Akun dan Nama Akun

Setelah format neraca selesai dibuat, kita bisa isikan kolom nomor dan nama akun transaksi yang sudah terjadi. Nama akun ini akan jadi penentu apakah akun selanjutnya masuk dalam kategori debit atau kredit pada setiap lajur.     

  1. Mengisi Kolom Jurnal Penyesuaian

Nah, langkah selanjutnya adalah mengisi bagian kolom jurnal penyesuaian. Komponen jurnal penyesuaian ini terdiri dari dua kolom, yaitu debit dan kredit. Letak dari kolom jurnal penyesuaian adalah di samping neraca saldo.

  1. Menambahkan Nominal pada Neraca Saldo setelah Penyesuaian

Ketika sudah ditemukan saldo antara neraca saldo dan juga jurnal penyesuaian, langkah berikutnya adalah menjumlahkan atau mengurangi antar keduanya dan tulis pada kolom neraca saldo setelah penyesuaian.

  1. Mengisi Kolom Neraca dan Laba Rugi

Nah, yang terakhir, untuk mengisi kolom yang satu ini adalah dengan memindahkan antara akun-akun neraca yang tersedia dalam neraca saldo setelah penyesuaian, taruhlah akun tersebut sesuai dengan debit maupun kredit yang ada. 

Gimana? Udah jelas belum? Tenang aja, kalau elo masih bingung atau pengen cari tahu lebih jelas lagi, elo bisa banget liat video pembelajaran dari Zenius dengan klik banner di bawah ini!

materi pelajaran ekonomi zenius

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Kolom neraca saldo setelah penyesuaian diisi oleh ….

A. Hasil pemindahan dari neraca saldo

B. Hasil pemindahan dari jurnal penyesuaian

C. Hasil pemindahan dari buku besar

D. Hasil perhitungan antara kolom neraca saldo dan ayat jurnal penyesuaian

E. Hasil pengurangan antara kolom neraca saldo dan ayat jurnal penyesuaian

Jawaban: D. Hasil perhitungan antara kolom neraca saldo dan ayat jurnal penyesuaian

Pembahasan: Kolom neraca saldo setelah penyesuaian diisi oleh hasil perhitungan antara kolom neraca saldo dan ayat jurnal penyesuaian.

2. Di bawah ini yang merupakan fungsi neraca lajur adalah ….

A. Menunjukan besar kecilnya suatu perusahaan

B. Memanipulasi sistem keuangan 

C. Meminimalisir adanya laporan yang salah

D. Menggantikan tugas akuntan

E. Menghitung kerugian perusahaan 

Jawaban: C. Meminimalisir adanya laporan yang salah

Pembahasan: Fungsinya adalah sebagai berikut:

  1. Memudahkan laporan keuangan 
  2. Menggolongkan dan meringkas informasi neraca saldo
  3. Meminimalisir adanya laporan yang salah
  4. Menunjukkan perusahaan telah menjalankan prosedur

Nah, segitu dulu ya guys pembahasan materi kita kali ini.

Buat yang masih pada ingin belajar banyak hal lain, jangan lupa ya buat kunjungi aplikasi Zenius. Selain ekonomi, elo bakal banyak belajar pelajaran lain, kayak Sosiologi, Matematika, Biologi, Kimia, Sejarah, dan yang lainnya. Buat yang belum punya akun atau aplikasinya buruan daftar ya!

Bagikan Artikel Ini!