akun perusahaan dagang

Karakteristik dan Jenis Akun Perusahaan Dagang – Materi Ekonomi Kelas 12

Hai, Sobat Zenius! Apa kabar nih? Elo pernah coba-coba jualan barang atau menjadi seorang dropshipper? Kali ini gue mau sharing mengenai karakteristik dan jenis akun perusahaan dagang. Apakah itu?

Kalau elo jawab, pernah. Seperti jualan baju, celana, atau sepatu ke temen-temen di sekolah elo? Well, sebenarnya apa yang elo lakukan ini termasuk ke dalam perusahaan dagang, lho! 

Nah, sebagai penjual, memahami karakteristik dan jenis akun perusahaan dagang menjadi hal yang penting. Sebab, dengan adanya pencatatan ini kita dapat mengetahui berapa modal usaha yang telah dikeluarkan. Apalagi, ketika usaha elo sudah semakin besar, tentu saja pencatatan menjadi hal yang wajib dilakukan. 

Lantas seperti apa sih, karakteristik dan jenis akun yang ada di perusahaan dagang? Yuk, kita bahas bersama!

Karakteristik Perusahaan Dagang

Bicara tentang karakteristik perusahan dagang, kira-kira menurut elo perusahaan dagang itu apa, sih? Well, jika dilihat dari namanya, elo pasti sudah bisa menebaknya, dong?

Jadi, perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak dalam jual beli barang dagang tanpa mengubah bentuk barang tersebut. Sebagai contoh elo membeli baju dari supplier kemudian menjual baju tersebut kembali dalam bentuk yang sama.

perusahaan dagang adalah
Pengertian perusahaan dagang (Arsip Zenius)

Contoh lainnya yaitu menjual barang mentah, hasil pertanian, dan lain sebagainya. Intinya semua barang bisa dijual oleh perusahaan dagang, asalkan tidak mengubah bentuknya, guys!

Lalu, apa saja sih, contoh dari perusahaan dagang? Nah, contoh dari perusahaan dagang antara lain mini market, supermarket, toko bangunan, dan masih banyak lagi. 

contoh perusahaan dagang
Contoh-contoh perusahaan dagang (Arsip Zenius)

Baca Juga: Prospek Kerja dan Kisaran Gaji Lulusan STAN

Mau materi dan latihan soal tentang Ekonomi yang lebih lengkap? Download Zenius di gadget elo ya, biar belajar makin seru. Klik tombol download di bawah ini, ya!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Jenis Akun Perusahaan Dagang

Ringkasan jenis akun perusahaan dagang (Dok. Arsip Zenius)
Ringkasan jenis akun perusahaan dagang (Arsip Zenius)

Elo tahu gak, kalau jenis akun perusahaan dagang itu berbeda dengan perusahaan jasa dan manufaktur? Kira-kira apa saja ya, perbedaannya? 

Nah, gue sekarang akan sebutkan beberapa akun yang lazim digunakan perusahaan dagang, yaitu: 

1. Akun Persediaan Barang Dagang

Pertama, ada yang namanya akun persediaan barang dagang nih, guys! Akun persedian barang dagang ini merupakan bagian dari harta lancar perusahaan. Btw, dari sini kita tahu bahwa akun berikut ini dapat dijumpai pada perusahaan dagang saja yaitu akun persediaan. Elo tidak akan menemukan akun ini di perusahaan jasa. 

Lho, kenapa begitu? Well, seperti yang kita ketahui bahwa perusahan jasa menjual manfaat pelayanan sehingga tidak membutuhkan pencatatan barang. Sementara itu, perusahaan dagang merupakan perusahaan yang menjual barang sehingga membutuhkan akun persediaan barang dagang. 

2. Akun Pembelian

Jenis akun perusahaan dagang selanjutnya yakni akun pembelian. Nah, menurut elo kenapa nih, ada yang namanya akun pembelian ini?

Kita semua pasti tahu bahwa yang namanya perusahaan dagang pasti bergerak dalam bidang jual beli barang dagang. So, pastinya membutuhkan yang namanya akun pembelian, karena perusahaan akan membeli barang dagang untuk dijual kembali. 

3. Akun Retur Pembelian

Akun retur pembelian merupakan jenis akun transaksi pengembalian barang dagang yang sudah dibeli perusahaan, kemudian dikembalikan lagi ke si penjual. Akun perusahaan dagang yang tidak terdapat pada perusahaan jasa yaitu akun retur pembelian ini. Sebab yang diperjualkan barang dagang, bukan jasa.

4. Akun Potongan Pembelian

Jenis akun perusahaan dagang selanjutnya yaitu akun potongan pembelian nih, guys! Akun potongan pembelian merupakan transaksi potongan harga ketika membayar utang.

5. Akun Beban Angkut Pembelian

Akun beban angkut pembelian adalah pencatatan transaksi pembayaran beban angkut yang ditanggung oleh si pembeli. 

6. Akun Penjualan

Akun penjualan merupakan pencatatan pendapatan perusahaan dagang dikarenakan perusahaan akan mendapatkan uang dari hasil penjualan barang dagangannya. 

7. Akun Retur Penjualan

Jenis akun perusahaan dagang selanjutnya yaitu akun retur penjualan. Akun ini merupakan pencatatan transaksi pengembalian barang dari pelanggan ke perusahaan. 

8. Akun Potongan Penjualan

Akun potongan penjualan didapat dari transaksi berupa potongan harga yang diberikan perusahaan kepada pembeli. Alasannya, karena pembeli membayar piutang lebih cepat atau sesuai dengan syarat. 

9. Akun Beban Angkut Penjualan

Akun beban angkut penjualan merupakan pencatatan transaksi pembayaran beban angkut yang dibebankan kepada perusahaan selaku penjual.

10. HPP (Harga Pokok Penjualan)

HPP atau harga pokok penjualan merupakan total biaya langsung yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan suatu barang yang akan dijual. HPP didapat dari persediaan barang dagang, pembelian, retur pembelian, potongan pembelian, dan beban angkut pembelian. 

Baca juga:Tahap Pengikhtisaran Akuntansi Perusahaan Dagang – Materi Ekonomi Kelas 12

Contoh Soal Perusahaan Dagang

  1. Berikut yang termasuk perusahaan dagang adalah ….

A. perusahaan travel 

B. perusahaan ekspedisi barang

C. perusahaan roti

D. showroom mobil

E. bimbingan belajar 

Jawaban: Salah satu contoh perusahaan dagang adalah showroom mobil, karena menjual mobil tanpa mengubah bentuk barang tersebut. Maka, jawaban yang tepat adalah D. showroom mobil

Baca Juga: Jurusan Akuntansi Ngitung Mulu? Baca Dulu Informasi Lengkap Jurusan Akuntansi

Finally, selesai juga nih pembahasan kita hari ini tentang karakteristik dan jenis akun perusahaan dagang. Gimana nih, guys? Setelah menyimak artikel ini pasti elo udah gak bingung lagi dong, tentang perusahaan dagang? 

Btw, kalau masih ada yang bingung dan ingin mendalami lagi tentang materi hari ini, elo bisa bisa kunjungi materi ekonomi lainnya di Zenius, klik banner di bawah ya!

Karakteristik dan Jenis Akun Perusahaan Dagang - Materi Ekonomi Kelas 12 9

Kalau Sobat Zenius ingin memperdalam wawasan di materi lainnya, kalian bisa coba dengan berlangganan paket belajar Zenius! Klik gambar di bawah ini ya, dijamin belajar kalian juga bakal makin seru!

Paket Belajar Zenius

Originally Published: December 19, 2021
Updated By: Arieni Mayesha

Bagikan Artikel Ini!