Past Perfect Continuous Tense - Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya 17

Past Perfect Continuous Tense – Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya

Past perfect continuous tense adalah materi yang akan kita bahas. Selain itu, pengertian past perfect continuous tense dan rumus past perfect continuous tense juga tidak lupa akan dibahas.

past perfect continuous tense adalah bentuk tense di masa lalu
Ilustrasi Past Perfect Continuous Tense (Arsip Zenius)

“Kita telah bertemu besok.”

Pada kalimat atau ungkapan di atas, apakah elo menemukan sesuatu yang aneh?

Oke, gue tahu di tulisan kali ini, elo pengin tahu tentang apa itu past perfect continuous tense. Namun, gue rasa, bakal lebih oke kalau kita bahas dulu tentang betapa pentingnya penggunaan tenses atau tata bahasa dalam kehidupan sehari-hari.

Nah, dari kalimat awal tadi, kita tahu bahwa kata “telah” bakal lebih cocok kalau diganti dengan kata “akan”. Hal ini dikarenakan keterangan waktu yang kita gunakan adalah besok. Tentu, kita tidak bisa sepenuhnya memastikan kalau sesuatu pasti akan terjadi di masa depan. Kecuali, kalau elo adalah seseorang yang melakukan time traveling dan sudah bisa memastikan pertemuan sudah terjadi besok hari.

Hal ini membuat elo bisa merasionalkan sendiri, kata-kata apa yang cocok digunakan dalam suatu bahasa. Karena sewaktu sekolah dulu, gue sempet dibikin pusing sama berbagai rumus atau pola yang ada di tenses. Hal ini dikarenakan fokus belajar yang hanya tentang menghafal rumus atau struktur tenses.

Namun, bukan berarti grammar atau tata bahasa enggak penting sama sekali. Karena kalau tata bahasanya aja kita belum belajar, tentu bakalan sulit untuk menyusun struktur kalimat yang tepat.

“Eh, gue bisa ngomong pake bahasa Indonesia, tapi enggak pernah merasa belajar, kok.”

Yaps, karena kita belajar bahasa pertama melalui proses panjang sejak kecil, sehingga terasa seperti enggak benar-benar pernah mempelajarinya.

Sebelum seorang bayi bisa ngomong kata pertamanya, tentu sang bayi sudah mendengar orang tua atau pengasuhnya ngomong selama bertahun-tahun.

Baiklah, mari kita mulai pembahasan kali ini.

Sebenernya, apa itu past perfect continuous tense?

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Selama belajar tenses, elo udah familier kalau tata bahasa dalam bahasa Inggris, itu dibagi menjadi tiga, yaitu past (masa lalu), present (masa kini), dan future (masa depan). Nah, kali ini, kita akan fokus ke pembahasan tentang masa lalu, alias past perfect continuous.

Coba elo perhatikan ilustrasi di bawah ini.

penjelasan pengertian past perfect continuous tense dalam sebuah ilustrasi
Ilustrasi Pengertian Past Perfect Continuous Tense (Arsip Zenius)

Kalo kalimat di atas dianalisis dengan saksama, elo bukan hanya bisa ngerti tentang tenses ini, tetapi juga fungsi past perfect continuous tense dalam percakapan sehari-hari.

Oke, kita bisa lihat kalau tokoh yang putus dengan pasangannya tersebut, mengalami sakitnya patah hati yang berlangsung selama dua tahun. Penjelasan bahwa dia berhasil move on beberapa bulan yang lalu, menjelaskan kalau kejadian tersebut terjadi pada rentang waktu tertentu di masa lalu.

Oleh karena itu, berdasarkan ilustrasi tersebut, kita tahu kalau past perfect continuous tense adalah tata bahasa yang berfungsi untuk menyatakan atau menjelaskan sesuatu di masa lalu yang punya sebuah rentang atau durasi waktu tertentu, dan sudah tidak terjadi lagi di masa kini.

fungsi past perfect continuous tense pada kalimat atau suatu kejadian
Ilustrasi Fungsi Past Perfect Continuous Tense (Arsip Zenius)

Oke, mengutip dari Grammarly, past perfect continuous tense merujuk pada, “An action that started in the past continued up until another time in the past.”

Berdasarkan definisi tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan kalau past perfect continuous adalah tata bahasa yang menunjukkan tindakan yang awalnya terjadi di masa lalu dan masih berlanjut hingga suatu periode waktu di masa lalu juga.

Jadi, kalau kejadian tersebut berlangsung di masa lalu, dan sampai sekarang masih terjadi, itu namanya bukan past perfect continuous tense, tetapi present perfect continuous tense.

Nah, artikel yang membahas perfect continuous tenses secara lengkap, bisa elo akses di sini. Apa? Elo masih merasa pengin belajar lebih dalam lagi tentang perfect continuous tenses? Santai, semuanya bisa elo perdalam lewat video belajar yang bisa diakses di bawah ini.

Past Perfect Continuous Tense - Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimatnya 18

Baca Juga: Rumus Present Perfect Tense – Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Oke, setelah elo tahu tentang apa itu past perfect continuous tense, sekarang saatnya kita membahas gimana struktur kalimatnya. Sekarang, silakan elo perhatikan rumusnya di bawah ini.

contoh kalimat past perfect continuous tense positif negatif interogatif
Ilustrasi Rumus Past Perfect Continuous Tense (Arsip Zenius)

Berdasarkan penjelasan di atas, rumus dalam menggunakan past perfect continuous terlihat pada penggunaan “had  + been” dan “V-ing”. Oke, kita tahu kalau past tense mengacu pada tata bahasa yang digunakan pada masa lalu/lampau.

Nah, kalau begitu, apa maksud dari perfect continuous?

Mengutip dari Merriam Webster, perfect tense merupakan,”A verb tense that is used to refer to an action or state that is completed at the time of speaking or at a time spoken of.

Dari situ, kita mendapat penjelasan bahwa perfect tense menjelaskan kejadian yang telah usai ketika sedang atau selesai dibicarakan. Sementara itu, continuous tense di sini, memperlihatkan bahwa kejadian tersebut masih berlangsung.

Oleh karena itu, cukup masuk akal kalo gue bilang  past perfect continuous tense ini pengen nyampein sesuatu kejadian yang sudah selesai di masa lalu, tetapi ada rentang waktu tertentunya.

Oke, ilustrasi di bawah ini bakal menjelaskan contoh penggunaannya di dalam kalimat.

contoh kalimat verbal dan nominal past perfect continuous tense
Ilustrasi Kalimat Past Perfect Continuous Tense (Arsip Zenius)

Pada kalimat “She had been living in Jakarta for eight years”, kita mengetahui subjek sudah tinggal di Jakarta selama delapan tahun. Nah, kalimat ini menjelaskan bahwa terdapat rentang waktu tertentu, yaitu delapan tahun, yang dihabiskan oleh subjek untuk tinggal di Jakarta.

Kalau kalimat tersebut, diganti dengan “She have been living in Jakarta for eight years”, apakah merupakan kalimat yang keliru?

Tentunya, penggunaan “have been” dan “had been” dapat saja digunakan. Namun, penggunaan “have been” akan mengandung arti kalau subjek sudah delapan tahun tinggal di Jakarta dan masih sampai saat ini. Sementara itu, menggunakan “had been” berarti subjek sudah tidak tinggal di Jakarta, tetapi dahulu pernah tinggal di sana selama delapan tahun.

Oke, apakah elo tahu, penggunaan “have been” masuk ke tenses yang mana? Silakan dijawab di dalam hati, ya, haha!

Baiklah, supaya materi yang udah kita bahas bersama, bisa semakin nyantol di otak elo, contoh-contoh soal di bawah ini bakal membantu elo dalam mengulang kembali materi yang udah dibahas. Silakan dikerjakan, ya!

Baca Juga: Perbedaan Verb 1, 2, dan 3 Beserta Pengertiannya

Contoh Soal Past Perfect Continuous Tense

1. Change the sentence below into Past Perfect Continuous Tense! 

I have played this game.

a. I have been playing this game.

b. I had been playing this game.

c. I had playing this game.

d. I have playing this game.

e. I had played this game.

Pembahasan:

Struktur past perfect continuous tense menggunakan: S + had + been + Verb-ing. Oleh karena itu, yang mengandung struktur tersebut adalah (b) I had been playing this game.

Jawaban: b

2. Which of the following is a function of the Past Perfect Continuous Tense?

a. to talk about the past

b. to talk about the duration of an activity

c. to tell someone your activities

d. to talk about the duration of an activity currently happening

e. to talk about the duration of an activity in the past

Pembahasan:

Kita bisa menggunakan past perfect continuous tense untuk mengekspresikan durasi kejadian suatu tindakan di masa lampau. Selain itu, bentuk tense ini hanya dapat digunakan untuk kejadian yang sudah tidak dilakukan lagi di masa sekarang.

Jawaban: e

3. The charity event yesterday was such a mess! Such a shame because I had been looking forward to it.

We can see the Past Perfect Continuous Tense in the text above is used to ….

a. talk about the present

b. refer to the upcoming future

c. express disappointment

d. refer to the past in a past narrative

e. express someone’s feelings

Pembahasan:

Kalimat pertama teks tersebut menggunakan Simple Past Tense, so kita tahu itu sedang menceritakan suatu kejadian masa lampau. Nah, kalimat yang merupakan past perfect continuous tense, mengarah kepada kejadian yang terjadi di masa lampau dalam suatu naratif masa lalu. Jadi jawabannya adalah: b. refer to the past in a past narrative.

Jawaban: b

Baca Juga: Perbedaan Simple Past Tense dan Present Perfect Tense, Simak Contohnya! – Materi Bahasa Inggris Kelas 10

***

Oke, setelah elo mengetahui tentang pengertian past perfect continuous tense, apakah elo mulai bisa mengidentifikasi penggunaan tense ini ke dalam bahasa Indonesia yang sehari-hari dipakai?

Sip, kalau elo udah semakin paham dengan konsep dasar dari tense ini.

Nah, untuk membantu elo dalam mengerjakan UTBK yang udah semakin dekat ini, Zenius mengadakan Try Out yang bisa diikutin, supaya kemampuan elo dalam menjawab soal-soal UTBK, jadi makin terasah dan oke.

Semoga dengan pemahaman konsep yang oke, dan kemampuan mengerjakan soal-soal yang terasah, bakal semakin mendekatkan elo untuk berhasil dalam menghadapi UTBK.

Oke, gue pamit, kalau begitu. Semangat dan selamat belajar, gue ucapkan buat elo. Cheers!

Bagikan Artikel Ini!