Menciptakan Suasana yang nyaman

Tips Mengatur Waktu Anak Sekolah untuk Orang Tua Millenial

Banyak orang tua sekarang merasa acuh dan tidak perlu lagi mengatur segala macam kebutuhan anaknya. Padahal sekarang ini perlu ada management yang bagus agar anak tidak merasa terbebani. Ada banyak tips mengatur waktu untuk anak sekolah agar tidak merasa stress berlebihan.

Beberapa Tips Mengatur Waktu untuk Anak Sekolah

Beberapa Tips Mengatur Waktu untuk Anak Sekolah
Photo by Pragyan Bezbaruah from Pexels

Punya anak yang masih dalam masa-masa sekolah bukanlah hal mudah, menyeimbangkan kegiatannya di luar jam sekolah membutuhkan trik yang matang. Oleh karena itu Kamu bisa ikuti tips dibawah ini untuk membuat anak tetap merasa nyaman dan bisa melakukan kegiatannya secara senang.

1. Memberikan Agenda Harian

Memberikan Agenda Harian
Photo by August de Richelieu from Pexels

Jika anak masih kecil dan belum bisa merancang skala prioritasnya maka sebagai orang tua Kamu bisa membantunya. Caranya adalah dengan memberikannya agenda harian, tuliskan kegiatan apa saja yang harus dilakukannya selama di satu hari tersebut. Namun jangan terlalu detail dan terkesan mengatur.

Cukup isikan dengan beberapa kegiatan penting misalnya seperti siap-siap dan berangkat ke sekolah, kemudian lesa, istirahat dan mengerjakan tugas ke dalam satu hari tersebut. Dengan begitu anak bisa belajar jadi pribadi yang lebiih disiplin dan terbiasa untuk tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

2. Pakai Metode Target Belajar

Bertanya Kepada Siswa Mengenai Hal yang Tak Dipahami
Photo by Max Fischer from Pexels

Tips mengatur waktu yang paling mudah adalah menggunakan metode belajar yang tepat. Bula anak sulit untuk fokus dalam belajar. Strategi satu ini dinilai tepat untuk memudahkan anak mengerti apa yang harus dicapai saat mendalami materi pelajarannya. Namun pemberian target tentunya juga harus disesuaikan dengan kemampuan anak, jangan di samaratakan.

Setidaknya ada dua cara yang bisa dipakai ketika Kamu akan memberikan target ke anak. Pertama Kamu bisa membuat gambaran umum mengenai materi yang sedang dipelajari oleh anak.Kemudian coba tuliskan poin-poin penting yang harus sudah dipahami dalam rentan waktu satu minggu.

3. Mengatur Waktu Istirahat

Mendengarkan Dongeng atau Cerita
Photo by Alex Green from Pexels

Sebenarnya bermain dan senang istirahat merupakan hal yang lazim dilakukan anak-anak. Namun terkadang itu dilakukan secara berlebihan sehingga akhirnya membuat fokusnya terganggu bahkan malas untuk belajar. Untuk itu alangkah lebih baiknya jika sebagai orang tua membantu.

Kamu bisa buat jadwal awaktu istirahat dalam satu hari tersebut. Misalkan salam satu hari tersebut anak diberikan jam istirahat berapa lama. Dampingi ketika anak sedang belajar atau les kursus. Berikan setidaknya 20 sampai 30 menit jika waktu belajarnya adalah 2 jam.

4. Menyelesaikan Tugas Sekolah Lebih Awal

Melakukan Pembacaan dengan Suara Keras
Photo by Katerina Holmes from Pexels

Salah satu tips agar anak terbiasa mengatur waktunya dengan baik bahkan tanpa adanya pendampingan adalah mengajarkan selalu disiplin. Mengerjakan tugas sekolah langsung di hari itu, juga bisa menjadi salah satu tindakan yang tepat. Dengan begitu anak bisa terbiasa dengan rutinitas tersebut.

Ajarkan kepada mereka jika mengerjakan tugas langsung di hari tersebut akan meringankan pekerjaan di kemudian hari. Beritahu kalau menumpuk pekerjaan baik di rumah, tugas sekolah, hanya akan memperburuk keadaan di lain kesempatan. Dengan begitu anak akan lebih memahami kedisiplinan.

5. Jangan Terlalu Mengekang

Membuat Kontrak Kesepakatan dengan Anak
Image by 5540867 from Pixabay

Tips mengatur waktu berikutnya adalah jangan sampai mengekang anak. Sebagai orang tua pastinya memang ingin yang terbaik untuk anaknya, namun jangan sampai keinginan tersbeut justru jadi boomerang. Biasanya jika semakin dilarang mereka akan melakukannya secara diam-diam. Tidak ada salahnya jadi orang tua yang mendampingi dan mengayomi.

Biarkan anak eksplor dan jangan batasi, selama itu masih wajar dan membuatnya bahagia sebagai orang tua tentunya harus merasa senang juga. kebiasaan mengekang akan menjadikannya untuk melakukan sembunyi-sembunyi dan mengganggu aktivitas kegiatan lainnya. Hal ini tentu kebiasaan buruk.

6. Selalu Disiplin dan Konsiten

Jangan Lagi Melakukan SIstem Kebut Semalam
Photo by Marta Wave from Pexels

Punya anak yang masih usia sekolah memang susah-susah gampang. Menerapkan kedisiplinan bukanlah hal mudah, hal ini disebabkan fokus pikirannya memang masih terbagi. Tanamkan kepada anak bahwa kebiasaan positif untuk selalu disiplin dan konsisten bisa membawa dampak bagus.

Mengatur waktu berarti harus bisa meyeimbangkan antara belajar, bermain dan juga istirahat memang bukanlah hal yang mudah. Apalagi di usianya anak sedang ingin merasakan berbagai macam pengalaman. Tidak perlu dibatasi, biarkan dia berpetualangan untuk menambah kecerdasan otaknya.

7. Lakukan Evaluasi

Memberikan Pengajaran Kepada Anak dalam Memahami Agenda
Photo by Julia M Cameron from Pexels

Tips mengatur waktu berikutnya adalah melakukan beberapa evaluasi. Sebagai orang tua, Kamu harus pintar-pintar berkomunikasi dengan anak. Jangan sampai sama anak sendiri justru terasa canggung. Jika sampai demikian maka semua poin yang sudah dijabarkan diatas justru tidak ada gunanya lagi. Untuk itu perbaikilah hubungan masing-masing agar lebih enak.

Sebisa mungkin lakukan juga evaluasi setiap minggunya, hal ini berguna agar anak mengerti dimana kesalahan dan kekurangannya. Dengan begitu dia bisa memperbaikinya, komunikasikan dengan baik, pakai bahasa santai agar suasana juga rileks.

Sebagai orang tua milenial yang hidup di jaman sekarang, mengawasi segala kegiatan anak, mengatur waktunya agar lebih disiplin bisa jadi salah satu jalan agar anak terbiasa hidup teratur. Maka dari itu, imbangi dengan beberapa tips mengatur waktu untuk anak sekolah di atas.

Zenius untuk Orang Tua

Zenius untuk Orang Tua bisa membantu langkah anak Anda dengan tepat untuk menuju cita-cita yang dituju. Bantu anak Anda unggul secara akademis, serta mengasah anak Anda menjadi individu yang cerdas dan tercerahkan demi kehidupan yang bermakna.

Zenius untuk Orang Tua (Jenjang SD)

Pembekalan kemampuan esensial yang tepat sejak usia dini adalah yang utama. Pendidikan anak usia dini tidak terbatas pada calistung. Kemampuan calistung terbukti kurang membantu anak unggul secara akademis di masa depan. Bekali anak Anda dengan kemampuan yang tepat sejak dini.

Zenius untuk Orang Tua (Jenjang SMP)

Curi start lebih awal dari jenjang SMP untuk meraih kampus impian anak Anda. Tujuan akhir dari pembelajaran SMP bukan sekadar melanjutkan pendidikan ke SMA. Persiapan menuju kampus impian sebenarnya bisa dimulai dari jenjang SMP. Arahkan anak Anda untuk “curi start” dalam mewujudkan cita-citanya.

Zenius untuk Orang Tua (Jenjang SMA)

Persiapan terbaik di setiap jenjang SMA untuk meraih kampus impian Anak. Lolos ke kampus impian tidak sesimpel bagus-bagusan nilai rapor. Ada berbagai jalur seleksi masuk PTN dengan strateginya masing-masing, mulai dari SNMPTN, UTBK, dan Ujian Mandiri. Pastikan anak Anda memiliki persiapan yang tepat untuk jalur yang tepat.

Selengkapnya cek halaman website Zenius Untuk Orang Tua untuk informasi lebih lengkap dan jelas serta wujudkan mimpi anak Anda menggapai pendidikan terbaik.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Membantu Anak Belajar dengan Menyenangkan
Cara Cepat Menghafal yang Mudah Dilakukan
Cara Menyerap Informasi yang Baik

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini