Materi Manajemen Pemasaran SMA Kelas 10

Manajemen Pemasaran – Pengertian, Fungsi, dan Contohnya

Sobat Zenius, elo pasti pernah setidaknya sekali melihat orang yang tiba-tiba menghampiri kita, terus menawarkan barang yang mereka jual. Biasanya sering ditemukan di tempat umum, salah satunya kayak pusat perbelanjaan.

Atau, kalau elo suka nontonin Instagram Story, suka ada aja iklan-iklan yang lewat. Elo tahu ga, kalau hal-hal tersebut termasuk ke dalam aktivitas pemasaran?

Nah, yang namanya aktivitas, pasti sebelumnya ada yang mengatur dan merencanakan. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai manajemen pemasaran.

Yuk, kita mulai pembahasannya, biar elo semakin paham dengan konsep manajemen pemasaran dan pemasarannya itu sendiri

Apa Itu Manajemen Pemasaran?

Oke, sebelum kita membahas pengertian manajemen pemasaran itu sendiri. Kita juga perlu memahami apa itu pemasaran?

Konsep Pemasaran

Jadi, pemasaran atau marketing itu sendiri merupakan sebuah proses yang dilakukan agar individu atau kelompok bisa mendapatkan yang mereka butuhkan dengan menciptakan dan menawarkan produk atau jasa yang bernilai dan dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Dari pengertian pemasaran tersebut, elo bisa lihat bahwa fokus dari produsen adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Sebelumnya gue juga sempat mention tentang orang yang suka tiba-tiba menghampiri kita dan menawarkan produk atau jasa yang mereka jual. Biasanya kita menyebut mereka sebagai sales.

Lalu apa perbedaan marketing dan sales? Mereka kan sama-sama menawarkan produk. Nah, ini yang perlu elo perhatikan. Coba lihat gambar di bawah ini, yuk.

Perbedaan dari marketing dan sales adalah fokus utamanya.
Perbedaan Marketing dan Sales (Arsip Zenius)

Gimana? Semoga elo sudah mulai kebayang, nih. Bedanya marketing dan sales. Kalau begitu, seharusnya semakin gampang ya untuk memahami konsep manajemen pemasaran. Yuk, kita langsung lanjut aja.

Baca Juga: Mengenal Strategi Bauran Pemasaran Beserta Contohnya

Pengertian Manajemen Pemasaran

Nah, manajemen pemasaran sendiri terdiri dari dua kata, yaitu manajemen dan pemasaran. Sebelumnya gue sudah menjelaskan tentang konsep pemasaran. Lalu bagaimana dengan manajemen?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) manajemen diartikan sebagai penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran.

Namun, dalam hal ini, manajemen diartikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian kegiatan anggota organisasi dan proses penggunaan sumber daya organisasi lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Elo bisa juga lihat artikel tentang konsep manajemen yang lebih lengkap di sini.

Jadi, bisa kita simpulkan, manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan, serta mengendalikan aktivitas pemasaran dalam suatu organisasi agar tujuan dapat tercapai secara efisien dan efektif.

Fokus dari manajemen pemasaran adalah memuaskan kebutuhan dari konsumen.
Konsep Manajemen Pemasaran (Arsip Zenius)

Sekarang elo sudah tau kan pengertian manajemen pemasaran. Lalu sebenarnya untuk apa manajemen pemasaran dilakukan? Nah, pertanyaan ini akan terjawab di pembahasan selanjutnya.

Baca Juga: Manajemen Operasional – Fungsi, Tujuan, dan Ruang Lingkupnya

Fungsi Manajemen Pemasaran

Setiap kegiatan yang dilakukan sebuah organisasi, pasti memiliki fungsi di dalamnya. Nah, berikut adalah beberapa fungsi dari manajemen pemasaran.

  1. Mengukur Peluang Pasar

Dalam hal ini, manajemen pemasaran melakukan riset konsumen dengan mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan atau permintaan konsumen. Selain itu, riset kompetitor juga dilakukan, seperti melihat strategi pemasarannya dan target konsumennya.

Hal tersebut akan berguna ketika kita ingin menentukan tujuan pemasaran dan mengidentifikasi peluang pasar. Misalnya target pasarnya adalah remaja berusia 18 – 21 tahun. Dari situ kita bisa mencari informasi mengenai apa yang mereka butuhkan, lalu kebiasaan apa yang mereka lakukan, dan sebagainya.

  1. Merencanakan Aktivitas Pemasaran

Fungsi ini merupakan salah satu fungsi penting dalam manajemen pemasaran. Perencanaan ini harus dilakukan agar tujuan dari pemasaran dapat tercapai.

Dalam hal ini, yang dapat dilakukan adalah menentukan harga produk atau jasa, goals atau target penjualan, target customer, strategi promosi, media pemasaran yang digunakan, dan lain-lain. Agar aktivitas pemasaran bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

  1. Menjalankan Aktivitas Pemasaran

Tentu, manajemen pemasaran juga memiliki peran penting saat pemasaran sedang berjalan. Pemimpin harus dapat menugaskan hal ini kepada orang yang tepat dan memiliki kapabilitas untuk menjalankan pemasaran.

Lalu, nggak semua bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan. Pada kondisi seperti ini, agar tujuan pemasaran masih dapat tercapai, manajemen pemasaran harus dapat mengambil keputusan bijak untuk mengatasi hal-hal tersebut.

  1. Melakukan Koordinasi

Pada umumnya, komunikasi itu penting, ya. Kayak elo deh, misalnya lagi berantem sama temen, terus kalian saling mendiamkan dan nggak mencoba untuk berkomunikasi. Pasti masalahnya nggak akan selesai, kan?

Sama halnya dalam manajemen pemasaran, meskipun perencanaan sudah matang dan strategi yang digunakan sudah baik. Apabila tidak ada koordinasi yang baik antara anggota yang menjalankan tugasnya, rencana yang sudah disusun tidak akan berjalan dengan mulus.

  1. Melakukan Kontrol dan Evaluasi dari Aktivitas Pemasaran

Dalam menjalankan pemasaran, ini juga merupakan hal penting. Karena kayak yang gue bilang sebelumnya, bahwa pasti ada perbedaan antara yang direncanakan, dengan yang sebenarnya.

Maka dari itu, dengan adanya kontrol dan evaluasi, kekurangan atau masalah yang ada saat proses pemasaran dapat segera diperbaiki atau dituntaskan. Elo juga perlu tau bahwa dalam proses pemasaran ini selalu ada learning atau insight baru yang didapatkan.

Nah, itulah beberapa fungsi dari manajemen pemasaran. Elo perlu mengingat lagi bahwa tujuan utama dari konsep pemasaran ini adalah kepuasan konsumen dari kebutuhannya yang terpenuhi.

Jadi, adanya fungsi yang telah gue sebutkan tadi, bisa membantu mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga: Manajemen Pengendalian Mutu, Inventori, dan Fungsinya

Contoh Manajemen Pemasaran

Oke, kan sebelumnya elo sudah baca tentang pengertian dari manajemen pemasaran dan fungsinya. Lalu, bagaimana sih kalau kita aplikasikan? Gue coba kasih contoh, ya.

Misal, ada seorang pengusaha pemula yang ingin mencoba untuk membuka usaha minuman kekinian. Apa saja sih yang manajemen pemasaran yang dapat dilakukan?

Aplikasi manajemen pemasaran dalam kehidupan nyata, dapat dilakukan sesuai fungsinya.
Contoh Manajemen Pemasaran (Arsip Zenius)

Contoh Soal dan Pembahasannya

Contoh Soal 1

Pernyataan manakah yang kurang tepat mengenai konsep manajemen pemasaran?

A. Fokus dari tujuan manajemen pemasaran adalah kepuasan konsumen.
B. Informasi mengenai target customer diperlukan.
C. Mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa mementingkan kepuasan customer.
D. Selalu melalui proses learning selama pemasaran berjalan.
E. Merencanakan, mengatur, dan mengendalikan jalannya pemasaran.

Jawaban: C. Mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya tanpa mementingkan kepuasan customer.

Pembahasan:

Meskipun perlu menentukan target penjualan agar mendapat untung lebih banyak. Namun, seperti yang sudah gue jelaskan di atas, bahwa tujuan pemasaran adalah fokus pada kebutuhan konsumen. Sehingga kepuasan konsumen atas kebutuhannya yang terpenuhi menjadi salah satu hal penting bagi produsen. 

Contoh Soal 2

Selama proses berjalannya pemasaran, terjadi suatu kendala. Angka penjualan tidak mengalami peningkatan karena target customer yang ditentukan tidak sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dari beberapa fungsi di bawah ini, manakah fungsi yang cocok untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?

A. Mengukur peluang pasar.
B. Merencanakan aktivitas pemasaran.
C. Menjalankan aktivitas pemasaran.
D. Melakukan koordinasi.
E. Melakukan kontrol dan evaluasi dari aktivitas pemasaran.

Jawaban: E. Melakukan kontrol dan evaluasi dari aktivitas pemasaran.

Pembahasan:

Nah, adanya kontrol dan evaluasi dari aktivitas pemasaran dapat membantu kita mengidentifikasi masalah atau kendala yang terjadi saat proses pemasaran sedang berjalan. Dari kendala dan masalah yang telah dialami, kita bisa mendapat pengetahuan baru untuk diaplikasikan pada strategi selanjutnya.

Oke, pembahasan kita tentang manajemen pemasaran cukup sampai sini aja, ya. Elo juga bisa banget nonton penjelasan materi ini dari tutor kita yang tentunya asik banget, dengan klik banner di bawah ini!

klik banner ini untuk nonton penjelasan materi manajemen pemasaran ekonomi kelas 10 dari tutor zenius yang tentunya asik banget

References:

Manajemen Pemasaran – Heri Sudarsono (2020)
Apa Itu Manajemen: Pengertian, Fungsi dan Tujuannya – Kompas (2022)
Manajemen Pemasaran – Ekrut.com (2021)

Bagikan Artikel Ini!