KBM Bersama ZenRu, Kumpul Berbagai Memahami – Zenius untuk Guru

KBM bersama ZenRu

Bapak dan Ibu Guru ingin meningkatkan keahlian dan kompetensi mengajar? Butuh kegiatan pengembangan profesi guru atau ingin ikut kompetisi guru untuk mengisi waktu?

Jawabannya ada di KBM Bersama ZenRu atau Kumpul Berbagi Memahami bersama ZenRu.

Selain menambah pengetahuan seputar pendidikan di abad 21, Bapak dan Ibu Guru juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah ratusan juta rupiah dari ZenRu, lho!

Apa saja rangkaian kegiatan dari KBM bersama ZenRu? Yuk, cari tahu di sini!

Apa Itu KBM Bersama ZenRu?

KBM Bersama ZenRu adalah kegiatan bagi para guru di seluruh Indonesia untuk mengembangkan kompetensi mengajar, berdiskusi dengan sesama tenaga pendidik, dan berkompetisi dengan mengumpulkan skor sebanyak-banyaknya dari pembuatan evaluasi hasil belajar siswa.

KBM bersama ZenRu
KBM bersama ZenRu, Kumpul Berbagi Memahami. (Arsip Zenius)

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk membantu Bapak dan Ibu Guru dalam menemukan solusi dari permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Harapannya, proses belajar mengajar ke depannya bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Selain itu, lewat KBM Bersama ZenRu, Bapak dan Ibu Guru juga bisa mendapatkan kemudahan dalam membuat tugas dan penilaian dengan bantuan fitur-fitur Zenius untuk Guru. Semuanya bisa diakses secara gratis di aplikasi Zenius dan LMS (Learning Management System) ZenRu.

Evaluasi pembelajaran siswa bisa dilakukan secara otomatis lewat fitur Penilaian, yang prosesnya sesuai dengan prinsip penilaian hasil belajar. Tujuan penilaian hasil belajar ini bisa Bapak dan Ibu Guru gunakan sebagai acuan untuk melihat seberapa jauh target pembelajaran berhasil dicapai.

Lalu, apa saja kegiatan yang bisa Bapak dan Ibu Guru dalam KBM bersama ZenRu?

Baca Juga: Zenius untuk Guru: Memudahkan Proses Belajar Mengajar

Talk Show KBM Bersama ZenRu

Salah satu rangkaian kegiatan dalam KBM Bersama ZenRu adalah talk show yang berisi bincang menarik antara Leody Sarmanella, Teachers Trainer Zenius Education, dengan Deceiria Sinaga M.Psi., Psikologi, Psikolog Klinis Anak dan Remaja.

Talk Show KBM Bersama ZenRu mengangkat topik “Adaptasi Guru dan Murid dalam Kurikulum Merdeka”, di mana di dalamnya Bapak dan Ibu Guru bisa melihat bagaimana menciptakan kesiapan belajar siswa dari sudut pandang psikologi perkembangan anak, mempersiapkan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar berdasarkan kesiapan psikologis anak, serta mengetahui cara apa saja yang bisa dilakukan dalam masa adaptasi kurikulum baru ini.

Talk show dilaksanakan secara asinkronus dan bisa ditonton melalui YouTube dan aplikasi Zenius. Jadi, Bapak dan Ibu Guru bisa menyaksikan pembahasannya kapan saja dan dari mana saja, selama periode 4–16 April 2022.

kegiatan KBM bersama ZenRu
Poster Talk Show KBM Bersama ZenRu. (Arsip Zenius)

Tidak hanya mempelajari psikologi anak dalam belajar, Bapak dan Ibu Guru juga bisa mendapatkan sertifikat jika menyelesaikan tugas yang diberikan dan berkesempatan memenangkan hadiah dari ZenRu dengan mengikuti kompetisi KBM Bersama ZenRu.

Ada lagi workshop lainnya dari KBM Bersama ZenRu yang bisa Bapak dan Ibu Guru ikuti. Jadi, tunggu informasi terbarunya di sosial media Zenius untuk Guru, ya!

Baca Juga: 7 Langkah Mengikuti Keseruan Lokakarya Zenius untuk Guru

Kompetisi KBM Bersama ZenRu

Selain talk show, kegiatan KBM Bersama ZenRu lainnya yang bisa Bapak dan Ibu Guru ikuti adalah kompetisi online berhadiah, Misi ZenRu Buat Soal.

kompetisi online berhadiah
Kompetisi KBM Bersama ZenRu berhadiah jutaan rupiah. (Arsip Zenius)

Buat soal sebanyak-banyaknya, lalu bagikan ke siswa melalui fitur Penilaian yang ada di Zenius untuk Guru. Semakin banyak soal yang dibuat, semakin besar poin yang terkumpul untuk memenangkan hadiah utama Laptop Ideapad 330.

Bagaimana Cara Ikut Misi ZenRu Buat Soal?

Untuk mengikuti Misi ZenRu Buat Soal, pastikan Bapak dan Ibu Guru sudah membuat atau mempunyai kelas virtual di Zenius untuk Guru. Jika belum, Bapak dan Ibu Guru bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Zenius untuk Guru melalui website guru.zenius.net atau aplikasi Zenius, lalu klik “Buat Kelas”.
  2. Klik “Tambah Penilaian” dan pilih Bab yang sesuai.
  3. Ajak siswa bergabung ke kelas melalui kode unik kelas. 
  4. Buat assessment, bisa membuat soal sendiri atau dengan memilih dari bank soal yang sudah disediakan.
  5. Bagikan soal ke siswa melalui kelas virtual Zenius untuk Guru.
  6. Ajak siswa mengerjakan soal untuk menyelesaikan penilaian hasil belajar. 
  7. Pantau skor di bit.ly/dashboardmisiKBM

Baca Juga: Ayo Dukung Proses Belajar Siswa dengan ZenCore

Syarat dan Ketentuan Misi ZenRu Buat Soal

Bapak dan Ibu Guru peserta KBM Bersama ZenRu dalam Misi ZenRu Buat Soal wajib memenuhi syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  1. KBM Bersama ZenRu: Misi ZenRu Buat Soal adalah kegiatan bagi para guru di seluruh Indonesia untuk membuat soal sebanyak-banyaknya dan membagikannya ke siswa melalui fitur Penilaian.
  2. Kegiatan ini berlangsung selama periode 1–24 April 2022.
  3. Mengikuti langkah-langkah untuk berpartisipasi dalam KBM Bersama ZenRu dalam Misi ZenRu Buat Soal yang telah disebutkan sebelumnya.
  4. Ketentuan Pemenang:
    • Pemenang ditentukan berdasarkan total skor yang akan dihitung ketika masa kompetisi telah berakhir.
  1. Ketentuan Peserta:
    • Setiap kelas beranggotakan minimal 5 siswa.
    • Peserta akan mendapatkan 1 poin ketika sudah menerbitkan Assessment ke siswa.
    • Peserta akan mendapatkan 2 poin ketika siswa sudah menyelesaikan 1 Assessment yang diberikan.
    • 10 kelas guru dengan total skor tertinggi berhak mendapatkan hadiah yang sudah ditentukan.
    • 1 pemenang yang mencapai Poin Tertinggi akan mendapatkan hadiah utama Laptop Asus Vivobook X441MAO-413.
    • 10 pemenang yang mencapai Poin tertinggi akan mendapatkan merchandise eksklusif Zenius untuk Guru.

Melalui KBM Bersama ZenRu, Bapak dan Ibu Guru bisa meningkatkan kompetensi mengajar, mendapatkan kegiatan pengembangan diri guru, merasakan kemudahan dalam proses evaluasi hasil belajar, sekaligus meraih kesempatan untuk bawa pulang hadiah jutaan rupiah.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buat penilaian sebanyak-banyaknya lalu bagikan dan ajak siswa untuk menyelesaikannya!

LMS ZenRu

Baca Juga Artikel Lainnya

Teori Belajar Behavioristik, Belajar dari Hubungan Respon dan Stimulus

Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Pemulihan Pembelajaran

Proses Penilaian Kinerja Guru

Bagikan Artikel Ini!