Cerita Tiga Sekawan mencari istana rahasia.

Istana Rahasia (Episode 2) – Cerita Tiga Sekawan

Halo ZenParents, masih ingat dengan cerita Gika di hari pertama sekolahnya? Setelah melalui banyak kejadian, Gika akhirnya bersahabat dengan Maji. 

Nah, kali ini, kita akan melanjutkan cerita Gika dan Maji. Bersama Aksa, ketiganya berusaha mencari sebuah istana rahasia sebagai tempat persembunyian Maji agar bisa terus melanjutkan hobi menggambarnya.

Berbicara soal hobi, adakah ZenParents yang sering menghabiskan waktu luang untuk mengembangkan kegemaran anak? Kegiatan apa yang biasa dilakukan?

Sayangnya, hal itu tidak berlaku bagi Maji. Orang tuanya tidak mendukung hobi menggambar Maji karena nilai sekolahnya yang cukup rendah. Bahkan, keduanya meminta Maji untuk membuang semua gambarnya agar bisa fokus belajar.

Tidak ingin hobinya terhenti, Maji pun mencari sebuah tempat sebagai istana rahasia. Di istana rahasia ini, Maji akan terus menggambar dan menyimpan hasil karyanya.

Ditemani Gika dan Aksa, bagaimana perjalanan Maji menemukan istana rahasia itu?

Video Istana Rahasia

Setiap anak punya hobi yang bermacam-macam. Mulai dari bernyanyi, berkebun, sampai memasak.

Menurut KBBI, hobi adalah kegemaran atau kesenangan istimewa pada waktu senggang.
Pengertian hobi menurut KBBI. (Arsip Zenius)

Tidak hanya sebagai kegemaran, hobi juga bisa dikembangkan menjadi suatu keahlian tersendiri bagi anak. Misalnya, jika anak hobi renang, bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi seorang atlet handal dan memenangkan kejuaraan.

Seperti halnya Maji, sahabat Gika yang ditemuinya di hari pertama sekolah. Maji sangat suka menggambar. Di kamarnya, ada banyak lukisan penuh warna yang berhasil dibuatnya.

Tapi, hobi menggambar Maji tidak diimbangi dengan nilai akademik yang baik. Karena itu, orang tua Maji khawatir kalau nilai sekolahnya akan semakin turun jika Maji hanya fokus menggambar saja.

Setelah menceritakan permasalahannya ke Gika, Maji mendapatkan ide untuk membangun sebuah istana rahasia. Dalam perjalanannya mencari lokasi istana rahasia itu, Maji dan Gika bertemu dengan Aksa yang kemudian ikut membantu dan terlibat dalam pencarian burung peliharaan Pak RT yang hilang.

Penasaran sama cerita Maji? ZenParents bersama ZenKids bisa tonton perjalanan Maji, Gika, dan Aksa mencari lokasi istana rahasia di video berikut.

Baca Juga: 4 Aturan Bermain di Rumah yang Perlu Anak Terapkan

Perjalanan Tiga Sekawan Mencari Istana Rahasia

Ayah dan Ibu sudah selesai menonton video cerita Tiga Sekawan (Maji, Gika, dan Aksa) dalam mencari istana rahasia? Seru sekali ya, perjalanan mereka.

Maji sadar bahwa nilai sekolahnya tidak cukup baik. Tapi, dia juga tetap ingin melanjutkan hobi menggambarnya.

Maji, salah satu anggota Tiga Sekawan, sedih karena harus membuang lukisan hasil karyanya.
Maji sedih saat orang tua melarangnya untuk menggambar dan fokus belajar. (Arsip Zenius)

Mengetahui hal itu, Gika mengusulkan agar Maji mempunyai tempat persembunyian di mana dia bisa terus menggambar dan menyimpan lukisan-lukisannya.

Saat mencari lokasi yang cocok untuk dijadikan istana rahasia, Maji dan Gika melihat Pak Kepeng yang sedang memanggil-manggil Portugal, burung peliharaan Pak RT yang hilang. Maji dan Gika kemudian memutuskan untuk membantu mencari Portugal.

Beruntungnya, Maji dan Gika bertemu dengan Aksa di tengah perjalanan. Dengan bantuan drone milik Aksa, keberadaan Portugal bisa diketahui lebih cepat. Ia terlihat sedang terbang dari satu pohon ke pohon lain di sekitar tanah kosong komplek.

Setelah memastikan bahwa burung yang mereka lihat adalah Portugal, Tiga Sekawan segera menghubungi Pak Kepeng. Misi pencarian burung peliharaan Pak RT yang hilang pun selesai.

Tapi, Maji dan Gika masih punya satu misi lagi, yaitu mencari tempat untuk istana rahasia. Melihat kondisi tanah kosong yang sepi dan jarang dilewati warga, Gika akhirnya mengusulkan tempat tersebut.

Perjalanan Tiga Sekawan mencari burung peliharaan Pak RT yang hilang dan menemukan tanah kosong sebagai lokasi istana rahasia Maji.
Tanah kosong di sekitar komplek tempat penemuan burung peliharaan Pak RT. (Arsip Zenius)

Bersama Gika dan Aksa, Maji akhirnya menemukan istana rahasia untuk menggambar dan menyembunyikan lukisannya.

Kurang lebih, seperti itu rangkuman perjalanan Maji, Gika, dan Aksa dalam menemukan istana rahasia. Selain ikut berpetualang, ZenKids juga bisa belajar banyak hal baru dari Cerita Tiga Sekawan, lho. Apakah ZenParents bisa menyebutkan salah satunya?

Baca Juga: Contoh Aturan Belajar saat di Rumah

Belajar dari Petualangan Maji dan Teman-Temannya

Perjalanan Maji, Gika, dan Aksa dalam mencari istana rahasia merupakan salah satu rangkaian video Cerita Tiga Sekawan dari ZeniusLand. Dengan cerita yang menarik dan animasi yang penuh warna, anak bisa belajar konsep baru setiap harinya.

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

Istana Rahasia (Episode 2) - Cerita Tiga Sekawan 17
Istana Rahasia (Episode 2) - Cerita Tiga Sekawan 18

Dari petualangan mencari istana rahasia, anak Ayah dan Ibu bisa belajar cara menghitung volume kubus. Konsep ini dijelaskan oleh Maji saat menghitung ukuran kardus peralatan menggambarnya agar sesuai dengan tempat persembunyian.

Diketahui, setiap sisi kardus berukuran 50 cm. Dengan rumus volume kubus, didapatkan nilai:

V = s x s x s

= 50 cm x 50 cm x 50 cm

= 125.000 cm3

= 125 dm3

Jadi, istana rahasia Maji harus lebih besar dari 125 dm3 agar kardus peralatan menggambarnya bisa tersimpan dengan baik.

Rumus dan cara menghitung volume kardus yang berbentuk kubus.
Maji menghitung volume kardus peralatan menggambar yang berbentuk kubus. (Arsip Zenius)

Selain itu, Tiga Sekawan juga mengenalkan konsep arah mata angin dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya untuk mencari burung peliharaan Pak RT yang hilang, atau melihat arah terbit dan tenggelamnya matahari.

Mengenal konsep arah mata angin dan penggunaannya di kehidupan sehari-hari.
Arah mata angin. (Arsip Zenius)

Tidak hanya pengetahuan akademik, perjalanan Tiga Sekawan juga mengajarkan anak tentang pentingnya tolong menolong. Hal ini ditunjukkan oleh Gika dan Aksa yang membantu Maji mencari istana rahasia, serta Tiga Sekawan yang membantu Pak Kepeng mencari burung peliharaan Pak RT.

Dengan hati yang tulus dan ikhlas, kebaikan yang kita lakukan bisa kembali lagi ke kita dengan sendirinya. Seperti yang dirasakan oleh Maji, Gika, dan Aksa ketika Pak Kepeng membalas kebaikan ketiganya dengan membantu membuatkan istana rahasia.

Baca Juga: 4 Contoh Sikap Rendah Hati yang Bisa Diterapkan Anak

Wah, banyak sekali pelajaran yang bisa diambil setelah menonton video Tiga Sekawan. Tidak hanya petualangan mencari istana rahasia, ada cerita Tiga Sekawan lainnya dari ZeniusLand yang bisa ZenKids tonton di rumah.

Tonton episode Cerita Tiga Sekawan lainnya dan cari tahu informasi selengkapnya tentang ZeniusLand. Caranya, klik gambar di bawah ini, ya!

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Bagikan Artikel Ini!