lambang zodiak

Infografis: 12 Binatang Sebagai Lambang Zodiak China

Kita sudah memasuki tahun baru China, nih! Buat elo yang merayakan, pastinya sudah nggak sabar, dong, buat dapat angpao dari keluarga?

Selain angpao yang jadi salah satu tradisi Imlek, ada yang seru juga nih buat dibahas, yaitu legenda dari 12 binatang yang jadi lambang zodiak (atau yang dikenal sebagai shio) bagi orang China.

Pasti elo pernah kan mendengar “eh, shio elo kerbau, ya” dan semacamnya? Nah, itu yang dilambangkan sama 12 binatang di kepercayaan orang China ini.

Kalau elo familiar sama anime Fruits Basket (2019-2021), elo pasti nggak asing sama 12 binatang yang jadi lambang zodiak di kepercayaan China. Karena memang anime ini bercerita tentang kehidupan 12 binatang zodiak, bahkan sampai ke cerita di balik kehadiran mereka sebagai simbol “penjaga” di tahun yang mereka representasikan.

Nah, ternyata kehadiran 12 binatang ini punya cerita mereka sendiri, lho. Ini berbeda sama horoskop yang kita kenal kayak Taurus, Gemini, maupun Scorpio. Dua belas binatang tersebut yaitu tikus, kerbau, harimau, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi.

12 binatang itu juga nggak sembarangan dipilih. Peringkatnya dari nomor satu sampai 12 juga ditentukan karena kemampuan dari masing-masing binatangnya.

Oh iya, tahun baru China juga identik banget lho sama yang namanya barongsai! Kalau elo penasaran sama legenda Naga Nian yang jadi ikon barongsai setiap Imlek, elo bisa langsung kepoin di artikel Legenda Naga Nian di Balik Simbol Tahun Baru Imlek, ini ya.

Biar elo nggak penasaran lagi, ini dia 12 binatang yang menjadi lambang zodiak di kepercayaan China dan arti dari masing-masing lambang binatang tersebut!

12 Binatang yang Jadi Lambang Zodiak

infografis lambang zodiak china
Infografis 12 Binatang Lambang Zodiak China (Arsip Zenius)

Referensi

The 12 Chinese Zodiac Signs and What Does It Indicates? – Discover China (2021)

The 12 Animals of the Chinese Zodiac – Mandarin House

People Believe In Astrology To Cope With Stress, Uncertainty, & Conflict – Cognition Today (2019)

New study shows that people who believe in astrology tend to be more narcissistic and less intelligent – Psych Newsdaily (2021)

4 Prediksi Shio Macan di Tahun 2022 Menurut Ahli, Ada yang Alami Pengkhianatan – Hai Bunda (2022)

Bagikan Artikel Ini!