Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kenalan sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Artikel ini membahas tentang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), termasuk fakultas dan jurusan yang ada di ITS, serta jalur pendaftaran untuk menjadi mahasiswa ITS.

Tau gak sih guys kalo Institut Teknologi Sepuluh Nopember atau yang biasa disingkat menjadi ITS itu merupakan perguruan tinggi unggulan di bidang sains dan teknologi di Indonesia. Dilansir dari situs resmi ITS, berhasil menduduki peringkat 4 sebagai Perguruan Tinggi terbaik di indonesia pada tahun 2019, tidak hanya itu, ITS juga menduduki peringkat 3 sebagai perguruan tinggi terbaik di indonesia oleh Times Higher Education (THE) World University Ranking selama 2 tahun berturut-turut yaitu 2019 dan 2020. 

Perguruan Tinggi yang berada di Surabaya, Jawa Timur ini boleh banget nih masuk ke daftar perguruan tinggi impian kalian, yuk para pejuang SNMPTN, SBMPTN, atau kalian yang mau masuk kampus ini dengan jalur mandiri, kita merapat dan kenalan sama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)!

Tentang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Kalo asal muasal nama dari nama perguruan tinggi ini kalian udah bisa tebak lah ya kenapa namanya mengandung “Sepuluh Nopember”? Yap karena perguruan tinggi ini didirikan pada tanggal 10 November pada tahun 1957. Dimana dilansir dari laman resmi ITS, untuk periode 2020-2030, ITS memiliki visi untuk menjadi Universitas berkelas dunia yang berkontribusi pada kemandirian bangsa dan juga menjadi rujukan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta mengembangkan inovasi terutama yang menunjang industri dan kelautan.  

Untuk mencapai visi tersebut, ITS memiliki misi untuk memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Fakultas dan Jurusan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Nah setelah kenalan sama profil singkat ITS, sekarang kita masuk ke bagian mengenai fakultas dan jurusan yang ada di ITS nih. Berdasarkan laman resmi ITS, saat ini ITS memiliki 7 fakultas yaitu Fakultas Sains dan Analitika Data; Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem; Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas; Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian; Fakultas Teknologi Kelautan; Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital; dan Fakultas Vokasi. Berikut jurusan-jurusan yang terdiri dari setiap fakultas, beserta dengan akreditas dan daya tampung 2020 dari setiap jurusan.

Fakultas Sains dan Analitika Data

Sesuai dengan namanya, tentunya fakultas ini terdiri dari berbagai jurusan yang berhubungan dengan ilmu matematika dan juga ilmu pengetahuan alam. Fakultas sains dan analisa data ini sendiri memiliki visi untuk menjadi fakultas yang unggul dan bereputasi internasional dalam pengmbangan sains, matematika dan data analitik serta terapannya, untuk kemanusiaan, kesejahteraan dan lingkungan.

Oleh karena itu fakultas ini akan berfokus dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang mampu mengembangkan logika berpikir secara analitis dan ilmiah, dan kemudian mengungkapkan serta menerapkannya melalui penelitian ilmiah. Fakultas ini juga saat ini menjalin kerja sama dengan berbagai instansi dalam negeri dan juga luar negeri loh, seperti dengan Shibaura Institute of Technology, Jawapos, Korea University, Universitas Teknologi Malaysia (UTM), University of Basel, Philips, dan juga Pindad.

Fakultas ini terdiri dari 6 jurusan atau departemen untuk program sarjana (S1), yaitu 

Departemen atau JurusanProgram Sarjana (S1)Daya Tampung 2021
SNMPTNSBMPTN
FisikaAkreditasi A4060
KimiaAkreditasi A4060
BiologiAkreditasi A2436
MatematikaAkreditasi A4060
StatistikaAkreditasi A4060
AktuariaAkreditasi Minimal2436

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS)

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Sains dan Analitika Data ITS. 

Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem 

Fakultas ini awalnya bernama Fakultas Teknologi Industri, namun pada tahun 2020 berubah nama menjadi Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem. Fakultas ini memiliki visi untuk menjadi fakultas yang memiliki reputasi internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi industri, oleh sebab itu, salah satu dari tujuan fakultas ini adalah menjadikan sistem pendidikan dan pengajaran mereka setara dengan standar internasional.

Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem juga saat ini menjalin kerja sama dengan beberapa instansi, antara lain: Universitas Teknikal Malaysia Melaka (UTeM), BPPT, dan Universiti Malaysia Pahang. Fakultas ini terdiri dari 5 departemen atau jurusan, yaitu:

Departemen atau JurusanProgram Sarjana (S1)*Daya Tampung 2021**
SNMPTNSBMPTN
Teknik MesinAkreditasi A5278
Teknik FisikaAkreditasi A4060
Teknik Sistem dan IndustriAkreditasi A4060
Teknik Material dan MetalurgiAkreditasi A4060
Teknik KimiaAkreditasi A4060

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS)

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem ITS.

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas 

Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FT-EIC) merupakan fakultas yang berfokus dalam mempelajari transformasi digital dan perkembangan teknologi yang berada di lingkup Information and Communication Technology (ICT). visi dari fakultas ini adalah untuk menjadi fakultas yang menjadi rujukan dalam pendidikan dan penelitian di bidang kelistrikan, elektronika, sistem dan teknologi informasi dan bidang yang berhubungan dengan komputasi lainnya.

FT-EIC saat ini menjalin kerja sama dengan berbagai instansi seperti Kumamoto University, National Cheng Kung University, Pusan National University, National Taiwan University of Science and Technology, dan lain-lain. Berikut 6 departemen atau jurusan yang termasuk dalam Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas di ITS:

Departemen atau JurusanProgram Sarjana (S1)*Daya Tampung 2021**
SNMPTNSBMPTN
Teknik ElektroAkreditasi A5684
Teknik BiomedikAkreditasi A1624
Teknik KomputerAkreditasi A1624
Teknik InformatikaAkreditasi A6090
Sistem InformasiAkreditasi A4466
Teknologi InformasiAkreditasi Minimal1624

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS)

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas ITS.

Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian 

Kalian pasti udah bisa nebak lah ya ini fakultas yang terdiri dari apa aja dari nama fakultasnya. Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian (FTSPK) memiliki visi untuk menjadi fakultas yang mendukung ITS menjadi perguruan tinggi yang memiliki reputasi internasional dibidang yang sesuai dengan setiap departemen atau jurusan, oleh karena itu fakultas ini bertujuan untuk memberikan kontribusi yang signifikan untuk ITS sebagai World Class University, dan juga berkontribusi Nasional selaras dengan bidang yang difokuskan ITS yaitu melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan manajemen.

Fakultas ini juga saat ini menjalin kerjasama dengan berbagai instansi, antara lain: Hanzehogeschool Groningen, The University of Tokyo, National Taiwan University of Science and Technology, IHE Delft Institute for Water Education, National Cheng Kung University, Queensland University of Technology, Kumamoto University, dan Curtin University. Fakultas ini terdiri dari 6 departemen atau jurusan, yaitu:

Departemen atau JurusanProgram Sarjana (S1)*Daya Tampung 2021**
SNMPTNSBMPTN
Teknik SipilAkreditasi A4060
Teknik LingkunganAkreditasi A3248
Teknik GeomatikaAkreditasi A3045
Teknik GeofisikaAkreditasi A2030
ArsitekturAkreditasi A3045
Teknik Perencanaan Wilayah dan KotaAkreditasi A3857

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS)

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Teknik Sipil, Perencanaan, dan Kebumian ITS atau bisa juga kalian nonton video profil fakultas ini di bawah ini.

Fakultas Teknologi Kelautan 

Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) merupakan fakultas yang berfokus pada pengembangan pemanfaatan dan transformasi yang berkaitan dengan ilmu teknologi kelautan demi menciptakan pembangunan di bidang maritim, dan berkontribusi kepada pemberdayaan masyarakat maritim yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di kawasan Asia Pasifik. 

Fakultas ini memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi di rujukan ASEAN di bidang pendidikan tinggi teknologi kelautan dan saat ini bekerja sama dengan berbagai instansi antara lain: classNK, American Bureau of Shipping (ABS) Eagle, HS Wismar, Mokpo National University, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Ristek Dikti, Delft University of Technology, PAL Indonesia, dan lain-lain. 

Fakultas Teknologi Kelautan (FTK) terdiri dari 4 departemen atau jurusan, yaitu:

Departemen atau JurusanProgram Sarjana (S1)*Daya Tampung 2021**
SNMPTNSBMPTN
Teknik KelautanAkreditasi A2436
Teknik PerkapalanAkreditasi A2436
Teknik Sistem Perkapalan Akreditasi A2842
Teknik Transportasi LautAkreditasi A1015

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS) 

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Teknologi Kelautan ITS.

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital 

Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital merupakan program studi yang berfokus dalam beradaptasi pada perkembangan Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT), sehingga Inovasi menjadi saat ini menjadi kunci untuk mengantisipasi  terjadinya dinamika perubahan teknologi yang dapat menyebabkan perubahan dalam berbagai aspek, karena kreativitas adalah kemampuan manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Oleh karena itu visi dari fakultas ini adalah creativity for prosperity.

Fakultas ini saat ini bekerja sama dengan berbagai instansi seperti Telkom Indonesia, Garuda Indonesia, Toyota, Pertamina, University of Nevada Reno, University Technology of Sydney, dan lain-lain. Berikut 5 jurusan atau departemen di Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital di ITS untuk program sarjana (S1).

Departemen atau JurusanProgram Sarjana (S1)*Daya Tampung 2021**
SNMPTNSBMPTN
Manajemen BisnisAkreditasi B2639
Studi PembangunanAkreditasi Minimal2030
Desain Produk IndustriAkreditasi A2436
Desain InteriorAkreditasi A1624
Desain Komunikasi VisualAkreditasi Minimal1624

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS)

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital ITS.

Fakultas Vokasi 

Sedikit berbeda dengan fakultas lain yang telah dibahas sebelumnya, Fakultas Vokasi merupakan program studi diploma IV atau biasa disebut dengan Sarjana Terapan dimana pada umumnya kurikulumnya di titik beratkan pada praktek, untuk menciptakan tenaga ahli profesional yang siap yang menguasai kemampuan dalam bidang kerja. Fakultas vokasi juga saat ini bekerja sama dengan berbagai instansi seperti, PLN, Petrokimia Gresik, Semen Indonesia, Siemens, dan lain-lain.

Pada Fakultas Vokasi ITS terdiri dari 6 departemen yaitu Teknik Infrastruktur Sipil, Teknik Mesin Industri, Teknik Elektro Otomasi,Teknik Kimia Industri,Teknik Instrumentasi, Statistika Bisnis  dengan 8 program studi sebagai berikut:

Departemen Program Sarjana Terapan atau Diploma IV (D4)*Daya Tampung 2021**
SNMPTNSBMPTN
Teknologi Rekayasa Pengelolaan dan Pemeliharaan Bangunan SipilAkreditasi B1827
Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan AirAkreditasi Minimal1827
Teknologi Rekayasa Konversi EnergiAkreditasi Minimal2030
Teknologi Rekayasa ManufakturAkreditasi Minimal2030
Teknologi Rekayasa OptimasiAkreditasi Minimal2842
Teknologi Rekayasa Kimia IndustriAkreditasi Minimal2030
Rekayasa Teknologi InstrumentasiAkreditasi Minimal2639
Statika BisnisAkreditasi Minimal2639

*) sumber: Akreditasi Nasional dan Internasional Status ITS

**)sumber: Seleksi Masuk ITS (SMITS)

Untuk informasi lebih lengkap dan lebih lanjut kalian bisa cek di website resmi milik Fakultas Vokasi ITS. 

Nah buat kalian yang penasaran banget sama penampilannya dari ITS, kalian bisa nonton profile Institut Teknologi Sepuluh Nopember di bawah ini 

Informasi Pendaftaran Calon Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Nah buat kalian yang tertarik buat masuk ITS, atau justru udah memantapkan hati buat masuk ITS, berikut alur pendaftaran untuk menjadi mahasiswa ITS.

Jalur SNMPTN

Secara sederhana jalur SNMPTN merupakan jalur yang hanya berdasarkan nilai akademik yaitu rapor saja, atau nilai akademik atau rapor dan prestasi lainnya, (tergantung PTN yang dituju). Jika kalian tertarik mengambil jalur ini, yang perlu kalian lakukan adalah 

  1. melakukan registrasi dan verifikasi akun LTMPT (4 januari – 1 februari 2021)
  2. melakukan pengisian serta verifikasi PDSS (11 januari – 8 februari 2021)
  3. Melakukan pendaftaran SNMPTN  (15-24 februari 2021)
  4. Pilih PTN dan Program Studi
  5. Mengupload portofolio (bagi calon mahasiswa bidang seni dan olahraga)
  6. Proses seleksi  
  7. Pengumuman (22 Maret 2021)
  8. Daftar ulang

Pada jalur ini pendaftaran tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis, untuk persyaratan dan ketentuan khusus jalur SNMPTN 2021 di ITS dapat dilihat di sini.

Jalur SBMPTN

Untuk jalur SBMPTN  merupakan jalur yang hanya berdasarkan hasil dari UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lain. Buat kalian yang belum paham alur pendaftaran UTBK bisa baca di Info Lengkap UTBK 2021, dan juga di Cara Daftar UTBK 2021. Jika kalian tertarik mengambil jalur ini, yang perlu kalian lakukan adalah

  1. Melakukan pendaftaran SBMPTN (berbarengan dengan pendaftaran UTBK) yaitu 15 maret – 1 april 2021.
  2. Memilih PTN dan program studi
  3. Mengupload dokumen yang diperlukan sesuai dengan ketentuan
  4. Pengumuman SBMPTN (14 Juni 2021, jam 15.00 WIB)

Untuk persyaratan dan ketentuan umum jalur SBMPTN 2021 di ITS bisa dilihat di sini.

Jalur SKM

Jalur SKM atau Seleksi Kemitraan dan Mandiri pada laman Seleksi Masuk ITS (SMITS) belum diperbaharui untuk tahun 2021, namun pada tahun 2020, jalur SKM ini memiliki 2 jalur guys, yaitu:

1. Seleksi Kemitraan

Seleksi ini diperuntukan untuk siswa SMA/MA/SMK yang memenuhi persyaratan yang diterapkan ITS dan merupakan utusan instansi mitra seperti Perusahaan,Pemprov,Pemkab, atau Pemkot)yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS dengan menunjukkan MoU dan MoA.

2. Seleksi Mandiri

Seleksi ini diperuntukan untuk siswa SMA/MA/SMK yang memenuhi persyaratan yang diterapkan ITS, atau siswa dari masyarakat umum yang berminat selama memenuhi syarat.

Untuk berita terupdate dari proses seleksi masuk ITS baik SNMPTN, SBMPTN, dan juga SKM ITS silahkan terus pantau website resmi ITS, SMITS, dan juga jangan lupa bahwa satu-satunya Lembaga penyelenggaraan tes perguruuan tinggi terstandar di Indonesia adalah LTMPT, so kalian harus pantau berita dan informasi dari LTMPT juga.

Nah kurang lebih itu ya guys pembahasan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember alias ITS, semoga artikel ini membantu kalian ya, dan bagi kalian yang emang udah ngincer ITS jangan lupa di catat tanggal-tanggal pentingnya dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Good luck!

Sumber Bacaan:

https://www.its.ac.id/

https://smits.its.ac.id/

https://ltmpt.ac.id/

Baca Juga Artikel Lainnya

Kenalan sama Universitas Sebelas Maret (UNS)
Kenalan sama Jurusan Baru Vokasi UI
Seluk Beluk Perkuliahan Universitas Indonesia