vokasi UI

Kenalan Sama Jurusan Baru Vokasi UI

Artikel ini membahas materi tentang jurusan baru pada studi pendidikan sarjana terapan (D4) di Vokasi UI tahun ajaran 2021/2022.

Kabar gembira untuk kita semua, tapi kali ini bukan karena kulit manggis ada ekstraknya, tapi karena Vokasi UI menghadirkan jurusan baru pada tahun ajaran ini yaitu tahun ajaran 2021/2022. Mungkin beberapa dari kalian belum kenal sama “apa sih vokasi itu?” so di artikel ini kita bakal jelasin nih mengenai program pendidikan vokasi khususnya di UI (Universitas Indonesia), dan serta jurusan yang ada di vokasi UI. yuk kenalan sama jurusan-jurusan di vokasi UI!

Program Pendidikan Vokasi UI

Program pendidikan vokasi di Universitas Indonesia sebenarnya merupakan program pendidikan kejuruan yang bertujuan untuk mempersiapkan tenaga ahli profesional dengan keahlian dan ketrampilan di bidangnya, siap kerja, dan mampu bersaing secara global, yaitu lulusan peserta didik yang merupakan lulusan ahli madya pada jenjang Diploma 3 (D3) dan sarjana terapan pada jenjang Diploma 4 (D4). 

Karena memang dipersiapkan untuk siap kerja, pada program ini pola pengajaran yang utamakan adalah pengajaran keterampilan dan keahlian kerja, sehingga komposisi kurikulum di vokasi UI adalah 30% teori dan 70% praktik, praktik yang dimaksud termasuk laboratorium dan magang. Peserta didik yang dapat mengikuti pendidikan ini merupakan lulusan SMA baik IPA maupun IPS, dan juga SMK. 

Program Studi Vokasi UI untuk Jenjang Sarjana Terapan (D4)

Tahun ajaran 2021/2022 merupakan tahun yang sangat istimewa tentunya, salah satunya adalah di tahun ini, Vokasi UI menghadirkan beberapa jurusan baru pada jenjang Sarjana Terapan (D4), yaitu program studi Bisnis Kreatif, Fisioterapi, Okupasi Terapi, dan Produksi Media. Nah, buat kalian yang penasaran mengenai gambaran jurusan-jurusan Vokasi UI pada tahun ajaran 2021/2022, berikut dibawah ini penjelasan program-program studi di vokasi UI menurut situs resmi Vokasi UI yang telah kita rangkum secara singkat. 

Bisnis Kreatif

Program Studi Bisnis Kreatif akan lebih berfokus dalam meningkatkan kreatifitas dan kemampuan beradaptasi dengan pergeseran fokus industri bisnis kreatif. Lulusan program studi ini diharapkan tidak hanya mampu bekerja secara profesional namun juga mampu membuat inovasi dengan menciptakan teknologi baru, yang nantinya akan menciptakan lapangan pekerjaan. Peserta didik pada program studi ini nantinya akan menyandang gelar Sarjana Sains Terapan Bisnis atau disingkat dengan S. Tr. Bns., program studi Bisnis Kreatif ini merupakan jurusan baru dalam program pendidikan sarjana terapan (D4) pada tahun ajaran 2021/2022. 

Fisioterapi

Program Studi Fisioterapi  peserta didik akan lebih berfokus baik dalam mempelajari mengenai mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh, dengan penanganan secara manual, peningkatan gerak, pelatihan fungsi, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), komunikasi dan edukasi (PMK No. 80, tahun 2013). Sebagaimana saat ini peran dari fisioterapi lebih banyak di bidang kuratif (upaya pengobatan untuk penyembuhan penyakit) dan rehabilitatif (upaya mengembalikan mantan penderita ke dalam masyarakat), dimana masih banyak peran fisioterapi yang belum tergarap dengan baik.

Oleh karena itu vokasi UI memiliki visi untuk “Menjadi Pendidikan Vokasi Fisioterapi terbaik di Asia Tenggara tahun 2025 dengan meningkatkan pengetahuan dan teknologi terapan yang bermanfaat bagi bangsa.”  Program studi Fisioterapi ini merupakan jurusan baru dalam program pendidikan sarjana terapan (D4) pada tahun ajaran 2021/2022.

Manajemen Rekod dan Arsip

Sesuai dengan namanya, Program Studi Rekod dan Arsip atau sering disebut program studi MRA merupakan program studi yang berfokus keterampilan dalam bidang kearsipan. Lulusan peserta didik pada program studi ini diharapkan memiliki keterampilan dan pengetahuan dalam arsip dan rekod, termasuk memiliki softskill penunjang seperti kemampuan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), sehingga dapat berperan secara signifikan dalam bidang arsip dan rekod ditengah maraknya dan banyak nya informasi pada era ini (Information overload). 

Oleh karena itu vokasi UI memiliki visi untuk “Menjadi Pusat Unggulan Pendidikan Vokasional Bidang Rekod dan Arsip Di Asia Tenggara.”

Manajemen Bisnis Pariwisata

Di vokasi UI, Program Studi Bisnis Pariwisata berfokus pada menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan khususnya di bidang perjalanan wisata dan bisnis event. Vokasi UI memiliki visi untuk “Menjadi pusat unggulan pendidikan vokasional Pariwisata di ASEAN.” 

Okupasi Terapi

Program Studi Okupasi Terapi berfokus pada mengembangkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik program studi ini agar mampu melakukan tatalaksana terapi okupasi kepada pasien/klien agar mampu kembali berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat secara mandiri. Adapun visi dari vokasi UI yaitu “Menjadi salah satu pusat unggulan pendidikan Okupasi Terapi terkemuka di ASEAN yang menghasilkan lulusan yang beretika, siap pakai, dan profesional di Tahun 2025.”  Program studi Okupasi Terapi ini juga merupakan jurusan baru dalam program pendidikan sarjana terapan (D4) pada tahun ajaran 2021/2022.

Produksi Media

Program Studi Produksi Media berfokus pada pemberian pengajaran mengenai pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan peserta didik untuk menghasilkan karya kreatif di bidang produksi media, termasuk televisi, radio, dan media-media massa lainnya. 

Di era yang serba modern ini, industri produksi media pun ikut bermigrasi ke era serba digital, sehingga lulusan dari program studi ini diharapkan mampu menciptakan industri kreatif di bidang produksi media sesuai dengan etika profesi yang berlaku dengan mengoptimalkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara inovatif dan bertanggung jawab. Lulusan dari program ini nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Ilmu Komunikasi atau disingkat menjadi S. Tr. I. Kom., Program studi Produksi Media ini juga merupakan jurusan baru dalam program pendidikan sarjana terapan (D4) pada tahun ajaran 2021/2022.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai program studi di vokasi UI, kalian bisa cek di website resmi vokasi UI yaa guys!

Perbedaan Sarjana Terapan (D4) dengan Sarjana (S1) 

Berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, S1 dan D4 sama-sama jenjang sarjana, keduanya sama-sama memiliki beban studi total 144 sks, dan kurang lebih berkuliah selama 4 tahun. 

Yang membedakan adalah komposisi perkuliahannya, dimana pada umumnya Sarjana (S1) menitik beratkan pada teori yaitu 60% teori dan 40% praktik. Hal ini berbeda dengan Sarjana Terapan (D4), dimana seperti yang sudah di katakan di atas sebelumnya, bahwa peserta didik sarjana terapan dipersiapkan menjadi praktisi yang siap memasuki dunia kerja sesuai dengan bidangnya. 

Selain itu, perbedaan akan terlihat juga pada gelar yang didapatkan oleh lulusan peserta didik, misalnya untuk untuk peserta didik lulusan sarjana (S1) program studi teknik, maka akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik atau S. T., sedangkan untuk peserta didik lulusan sarjana terapan (D4) pada program studi yang sama akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Teknik atau S. Tr. T.

Karena sarjana terapan (D4) menitik beratkan pada praktik, maka tugas akhir dari peserta didik seorang sarjana terapan juga berbeda, yaitu laporan kerja praktik, sedangkan untuk peserta didik seorang sarjana adalah skripsi (pada umumnya). 

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Vokasi UI 2021/2022

Untuk jadwal dan proses penerimaan mahasiswa baru vokasi UI tahun ajaran 2021/2022 telah disampaikan oleh pihak Universitas Indonesia melalui channel Youtube resmi Universitas Indonesia di sini

vokasi UI

Untuk program pendidikan vokasi (D3), bisa dilakukan melalui jalur PPKB, dan SIMAK UI. untuk PPKB bisa melakukan pendaftaran 4 Februari – 6 Maret 2021, dan untuk jalur SIMAK UI bisa melakukan pendaftaran 3 Mei – 9 Juni 2021, namun perlu diingat bahwa tanggal-tanggal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Jadi, simak terus ya informasi terbarunya.

Kenalan Sama Jurusan Baru Vokasi UI 9

Sedangkan untuk kuota jalur penerimaan untuk program vokasi, melalui jalur PPKB (yang berwarna biru) memiliki kuota yang lebih besar yaitu 70%, dan melalui jalur SIMAK UI (yang berwarna kuning) memiliki kuota sebesar 30%. 

So guys, pastikan kalian tidak ketinggalan dengan informasi terbaru atau update dengan informasi-informasi mengenai proses penerimaan dan jadwal dari proses-prosesnya, kalian bisa secara reguler mengecek website resmi Universitas Indonesia di sini. Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya guys, Semangat para pejuang PTN!

Baca Juga Artikel Lainnya

Berkenalan Dengan Bisnis Digital UNPAD

5 Hal yang Teknik Sipil Banget!

Info Lengkap UTBK dan SBMPTN 2021

Bagikan artikel ini: