Jurusan Hubungan Internasional UI (Universitas Indonesia))

Info Kuliah & Syarat Masuk Hubungan Internasional UI

Tertarik berkuliah di Hubungan Internasional UI? Kalau iya, yuk, simak info kuliah, syarat masuk, akreditasi, biaya pendidikan, hingga daya tampungnya!

Widya: Bro, sekarang elo kuliah di mana?

Bima: HI UI.

Widya: Wah, calon diplomat, nih.

Anak HI pasti relate banget, nih, sama Bima. Tiap jawab jurusan kuliah elo di Hubungan Internasional, pasti ada aja deh, yang mikir lulusannya pasti jadi diplomat! Bener nggak, sih?

Eits, tentu aja nggak, dong. Banyak pilihan karier lain tersedia luas buat elo yang background kuliahnya di Jurusan Hubungan Internasional. Karena, yang dipelajari anak HI tuh mencakup banyak hal, nggak cuma soal diplomasi aja. Mereka juga belajar analisis politik luar negeri, teori ekonomi internasional, sampai isu keamanan global.

Semua skill itu bisa elo kuasain dengan belajar di Jurusan Hubungan Internasional UI (Universitas Indonesia), lho. 

Kira-kira apa saja, sih, yang dipelajari? Dan apa saja syarat masuk Hubungan Internasional UI? Yuk, intip informasi di bawah ini.

Sejarah Hubungan Internasional UI

Jurusan Hubungan Internasional UI merupakan salah satu jurusan di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP UI). 

Awalnya, jurusan ini didirikan tahun 1959 dengan nama Jurusan Publisistik.  Namun, pada tahun 1985, nama Jurusan Publisistik pun berganti menjadi Jurusan Hubungan Internasional. 

Sesuai namanya, pendirian jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis fenomena hubungan internasional. 

Lalu, apa saja yang dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional UI? 

Perkuliahan di Jurusan Hubungan Internasional UI

Pertanyaan yang Sering Dilontarkan Terhadap Anak Jurusan Hubungan Internasional
Emang bener ya, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional bakal sering jalan-jalan ke luar negeri? (Sumber: Arsip Zenius)

Duh, liat ilustrasi gambar di atas, jadi pengen play lagu Tulus – Tukar Jiwa. Coba satu hari saja kau jadi diriku~ Siapa coba yang nggak tergiur kalau denger kuliah di HI bakal sering jalan-jalan ke luar negeri?

Kabar soal itu nggak sepenuhnya salah, sih. Soalnya, gue juga sering lihat temen-temen gue yang anak HI beberapa kali ikut agenda internasional. Contohnya, event MUN atau Model United Nations. 

Konsep agenda MUN ini berupa simulasi sidang PBB yang diikuti peserta-peserta dari berbagai negara. Mereka berperan sebagai delegasi negara asal masing-masing untuk membahas isu-isu internasional, persis kayak sidang PBB beneran.

Tapi, buat elo yang kepikiran kuliah di HI, jangan hanya fokus ke kata internasionalnya aja, Sobat Zenius. Kalau mau kuliah yang sambil jalan-jalan rasanya Jurusan Pariwisata lebih cocok, deh. Iya, nggak?

Sedangkan di Jurusan Hubungan Internasional UI, elo akan dibekali pemahaman mendalam terkait diplomasi, analisis politik luar negeri, teori ekonomi politik internasional, isu-isu keamanan transnasional, hingga kebijakan luar negeri Indonesia. 

Memangnya hubungan di bidang apa saja, sih, yang dipelajari? Well, berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional UI elo akan mempelajari hubungan antarnegara baik dari segi perdagangan, politik, budaya, kebijakan, dan masih banyak lagi. 

Beberapa mata kuliah Hubungan Internasional UI yang akan elo pelajari, di antaranya:

  • Politik Internasional
  • Diplomasi Modern
  • Masyarakat Transnasional
  • Dinamika Asia Tenggara dan Asia Timur
  • Kebijakan Keamanan Indonesia

Untuk menyelesaikan studi di Jurusan Hubungan Internasional HI, elo harus menyelesaikan minimal 144 SKS dalam kurun waktu 8 – 12 semester. 

Baca Juga: Jurusan Hubungan Internasional (HI), Belajar Apa Aja Sih?

Akreditasi Jurusan Hubungan Internasional UI

Bagi elo yang tertarik berkuliah di Jurusan Hubungan Internasional UI, elo nggak perlu khawatir lagi soal mutu jurusan ini. Mengapa? Karena saat ini, Jurusan Hubungan Internasional UI telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Nggak hanya itu, jurusan ini juga telah mengantongi sertifikasi Asean University Network- Quality Assurance (AUN-QA). Wah, menarik, nih!

Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional UI

“Makin nggak sabar, nih, buat gabung dengan jurusan ini. Kira-kira apa saja syarat masuk Hubungan Internasional UI, ya?”

Oke, khusus buat elo, gue akan bocorin juga info syarat masuk Jurusan Hubungan Internasional UI. Catat informasi pentingnya, ya.

Informasi Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional UI
Syarat Masuk Hubungan Internasional UI (Sumber: ir.fisip.ui.ac.id)

Secara umum, untuk mendaftar di jalur SNMPTN, elo harus mempersiapkan nilai rapor dari semester 1 hingga semester 5. Selain itu, kalo elo memiliki beberapa prestasi selama SMA jangan ragu untuk dipamerin, guys! Bukan bermaksud riya, tetapi prestasi selama SMA elo juga menjadi bahan pertimbangan lolos atau nggaknya elo di jalur ini.

Sedangkan untuk mendaftar di jalur UTBK SBMPTN, hanya untuk lulusan SMA tahun 2022, 2021, dan 2020. Selain itu, pastinya elo harus mengikuti dan memiliki nilai UTBK, ya.

Terakhir, untuk persyaratan masuk jalur SIMAK UI kurang lebih sama dengan jalur SBMPTN, yaitu harus lulusan SMA 2022, 2021, atau 2020 dan memiliki nilai UTBK.

Baca Juga: Profil Lengkap dan Jurusan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI

Biaya Pendidikan Jurusan Hubungan Internasional UI

“Berapa, sih, biaya pendidikan yang harus gue siapin untuk berkuliah di Jurusan HI UI?”

Biaya pendidikan di HI UI dibayarkan sesuai dengan kemampuan calon mahasiswa. Saat ini,  sistem pembayaran uang kuliah menggunakan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Di mana elo diwajibkan membayar biaya pendidikan sesuai golongan yang ditetapkan jurusan. 

Untuk pembagian golongan UKT-nya bisa elo lihat pada gambar berikut.

Info Biaya Pendidikan di Jurusan Hubungan Internasional UI
Biaya Pendidikan di Jurusan Hubungan Internasional UI (Sumber: ui.ac.id)

Oh iya, elo pernah denger istilah uang pangkal atau uang gedung nggak, sih? Jika beberapa kampus masih memungut uang pangkal, beda halnya dengan UI. Sejak tahun 2013, calon mahasiswa nggak akan dikenakan uang pangkal. Mengapa? Karena uang pangkal telah disubsidi pemerintah melalui Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Wah, menarik, nih!

Daya Tampung Jurusan Hubungan Internasional UI

Selain syarat masuk, informasi yang nggak kalah penting adalah daya tampung jurusan. Mengapa? Karena informasi daya tampung juga bisa menjadi poin penting dalam menyusun strategi belajar, lho. 

Di SBMPTN 2021, peminat Jurusan Hubungan Internasional mencapai 1.268 peserta. Padahal kursi yang tersedia hanya 17, lho. Dengan mengetahui peminat dan daya tampung di tahun sebelumnya, elo bisa memperkirakan berapa orang pesaing elo? Dan seberapa ketat persaingan di Jurusan Hubungan Internasional UI? 

Cari tahu peminat dan daya tampung Jurusan Hubungan Internasional dari jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI, yuk. Cek info di bawah ini, ya.

Informasi Jumlah Peminat dan Daya Tampung Jurusan Hubungan Internasional UI
Peminat dan Daya Tampung Jurusan Hubungan Internasional UI (simak.ui.ac.id)

Wah, ternyata kursi daya tampung Jurusan Hubungan Internasional UI bisa dibilang cuma sedikit, nih. Dan bisa elo lihat, kuota daya tampung paling banyak tersedia di jalur SIMAK UI. Rugi banget, nih, kalo nggak memaksimalkan persiapan belajar menuju SIMAK UI. 

Baca Juga: Strategi dan Tips Lolos SIMAK UI

Untuk itu, penting banget untuk cari tahu info lengkap terkait SIMAK UI mulai dari syarat, cara daftar, biaya pendaftaran, hingga jadwal pelaksanaannya.

Panduan SIMAK UI

Selain itu, uji juga pemahaman belajar elo dengan mengerjakan soal-soal SIMAK UI tahun sebelumnya. 

Latihan Soal SIMAK UI

Satu lagi. Biar persiapan menghadapi SIMAK UI elo makin matang, ikutan try out Zenius, yuk. Langsung klik banner di bawah ini, ya!

try out SIMAK UI Zenius

Referensi:

Kurikulum – Hubungan Internasional UI (https://ir.fisip.ui.ac.id/struktur-kurikulum-s1/)

Info Sejarah dan Syarat Masuk – Hubungan Internasional UI (https://ir.fisip.ui.ac.id/beranda/program-sarjana-reguler/)

Akreditasi – Hubungan Internasional UI (https://fisip.ui.ac.id/akreditasi-program-studi/)

Biaya Pendidikan – Hubungan Internasional UI (https://www.ui.ac.id/wp-content/uploads/dlm_uploads/2018/04/SK-Rektor-006-Tahun-2018-tentang-Tarif-UKT-S1-Reguler.compressed.pdf)

Bagikan Artikel Ini!