Proses Air Mendidih – Gelembung Air Mendidih itu Apa Sih?

gelembung_air_mendidih_zenius_education

Air yang dipanaskan akan mengeluarkan gelembung-gelembung yang meletus di sana-sini. Sebenarnya, apa sih yang terjadi di dalam proses air mendidih?

Wah, tiba-tiba hujan deras. Dingin-dingin gini enaknya makan mie instan kali ya.

masak_mie_saat_hujan_zenius_education (2) (1)
Ingin makan mie instan di tengah hujan. (Arsip Zenius)

Sobat Zenius, elo kalo masak mie instan, tunggu airnya blebeb-blebeb dulu nggak baru masukan mie keringnya? Coba jawab melalui poll di bawah ini ya.

mie_kering_air_mendidih_zenius_education
Ilustrasi proses masak mie instan. (Arsip Zenius)

Gue masukin mie kering ketika …

View Results

Loading ... Loading ...

Kalo gue sih, biasanya tunggu sampai airnya mulai bergelembung. Ngomong-ngomong, gue jadi kepikiran, kenapa ya air kalau dipanaskan lama-lama bisa bergelembung?

Apalagi kalau sudah mendidih, gelembung-gelembungnya semakin banyak dan aktif banget meletus sana-sini. Gelembung itu dari mana ya? 

Daripada penasaran terus, mending kita cari tahu aja ya bareng-bareng. Yuk, kita jelajahi gimana sih sebenarnya proses air mendidih itu. 

Kita mulai dengan memahami perubahan zat dulu ya. Setelah itu, baru kita akan bahas proses pendidihan air dan pembahasan di balik gelembung air mendidih,

BACA JUGA: 3 Macam Zat, Perubahan Fisika dan Kimia

Perubahan Zat

Di artikel gue yang berjudul Kenapa Gelas dan Botol Minuman Dingin Berembun? Ini Fakta Pengembunan (2022), gue sudah pernah membahas tiga bentuk zat dan berbagai perubahan zat seperti yang bisa elo lihat di bawah ini.

Perubahan Wujud Zat
Ilustrasi Perubahan Zat (Arsip Zenius)

Nah, kalo sebelumnya kita membahas pengembunan pada botol dingin, kali ini kita akan membahas penguapan pada air mendidih.

Proses Pendidihan Air

Suhu Air Mendidih

Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa air mendidih pada suhu 100℃ (atau 212℉). Namun, sebenarnya belum tentu lho air itu selalu mendidih pada suhu tersebut.

Soalnya, titik didih air itu juga dipengaruhi oleh tekanan udara dan ketinggian. Maksudnya gimana tuh?

Pada ketinggian permukaan air laut (sea level), air memang mendidih pada suhu 100℃. Sedangkan, pada ketinggian yang lebih tinggi, seperti di gunung, suhu akan didih akan berubah karena adanya perbedaan tekanan.

Dengan adanya perbedaan tekanan, dimana tekanan udara di gunung itu lebih rendah dibanding di permukaan laut, titik didih di gunung pun juga lebih rendah. Maka, air lebih cepat mendidih.

Proses Air Mendidih Secara Umum

Pada proses pendidihan air secara umum, kita perlu energi dari panas. Energi ini kemudian membuat ikatan molekul air mulai lepas dan molekul tersebar.

Seiring dengan tersebarnya molekul, air akhirnya mulai berubah menjadi gas. Seperti ilustrasi di bawah ini.

air_mendidih_masak
Ilustrasi pergerakan molekul zat cair akibat energi panas (Dok. Live Science, edited)

Tentunya, proses air mendidih itu nggak terjadi secara instan ya. Sebelum air mencapai titik didih pada 100℃ dan bergelembung dengan begitu aktif, gelembung-gelembung udara sudah mulai terlihat sebelum titik didih tercapai.

Nah, itu proses mendidih secara umum. Bagaimana dengan proses pendidihan air yang dilakukan di ketinggian di atas permukaan laut?

Proses Air Mendidih di Tempat Tinggi

Ketika tekanan atmosfer lebih rendah (seperti di gunung), energi yang dibutuhkan untuk membuat air mendidih pun juga lebih rendah.

Energi lebih rendah berarti panas lebih sedikit, makanya air jadi lebih cepat mendidih di tempat yang tinggi. Namun, bukan berarti makanan jadi cepat matang lho.

Justru, makanan butuh waktu lebih lama untuk matang. Misalnya, kalo elo merebus telur, akan butuh waktu lebih lama sampai telur tersebut matang.

Kok bisa gitu? Memasak itu membutuhkan proses memanaskan makanan pada temperatur tertentu dalam waktu tertentu. Nah, kalo suhu didihnya lebih rendah, otomatis waktu yang dibutuhkan untuk masak sampai selesai jadi lebih lama dong.

Oke, kita sudah bahas proses pendidihan air secara singkat. Sudah mulai ada sedikit clue tadi, bahwa pergerakan molekul menyebabkan adanya perubahan zat dari cair ke gas.

Sekarang, kita bahas lebih dalam ya soal kenapa bisa ada gelembung ketika air mendidih dan apa zat yang terkandung di dalamnya.

Penjelasan di Balik Gelembung Air Mendidih

Sobat Zenius, kebetulan banget nih, ada video animasi menarik dari Zenius yang membahas gelembung air mendidih.

Untuk mengaksesnya, pastikan elo log in akun Zenius elo ya. Lalu, buka link di bawah ini dan refresh halamannya.

VIDEO: Gelembung Air Mendidih

Catatan, kalo video tersebut nggak bisa diakses, elo bisa juga coba masuk ke website atau aplikasi Zenius dan cari kata kunci ‘gelembung air mendidih’ untuk menonton videonya ya. Selamat menonton!

thumbnail_gelembung_air_mendidih_zenius_education
Video Gelembung Air Mendidih (Arsip Zenius)

Gimana, Sobat Zenius? Apakah elo sudah tercerahkan soal gelembung air mendidih yang meletup-letup itu? Sudah tahu kan apa saja proses yang terjadi di dalamnya?

Jadi, ingat ya, gelembung tersebut merupakan hasil  dari proses pelepasan molekul H2O yang diakibatkan oleh panas. 

Panas menyebabkan adanya perubahan fase dari cair menjadi gas. Karena massa jenis gas jauh lebih ringan, gas jadi berontak mau keluar, dan tadaa … terjadilah gelembung-gelembung air mendidih.

Bila dilihat lebih dekat lagi, gelembung air mendidih sebenarnya lebih kompleks dari penjelasan tersebut lho.

Pada awal kita merebus air, gelembung yang kita lihat itu memang gelembung udara yang dari awal memang terkandung di dalam air. Pada kondisi normal, gelembung-gelembung ini merupakan nitrogen dengan oksigen, serta sedikit argon dan karbon dioksida.

Baru setelah kita memanaskan lebih lama, energi dari panas cukup untuk pergerakan molekul fase gas ke cair. Jadi, gelembung-gelembung yang kita lihat meletup-letup itu sebenarnya uap air.

Kira-kira, begitu penjelasan simpelnya. Kalo elo masih ada pertanyaan, jangan ragu ya buat tanya di kolom komentar supaya kita belajar bareng-bareng.

Penutup

Bagaimana Sobat Zenius, apakah elo ada pertanyaan seputar topik kita kali ini? Atau mungkin elo punya ide untuk artikel selanjutnya? 

Kalo elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Referensi

3 Macam Zat, Perubahan Fisika dan Kimia – Zenius (2022)

boiling point – Britannica (updated 2020)

Effects of Altitude on Water Boiling Time – Mountain House (2019)

Everything You Ever Wanted to Know (Plus More!) About Boiling Water | The Food Lab – Serious Eats (2019)

Kenapa Gelas dan Botol Minuman Dingin Berembun? Ini Fakta Pengembunan – Zenius (2022)

Ketahui Komposisi Kimia Gelembung dalam Air Mendidih – Greenlane (2019)

The Science of Boiling – Asia Society (n.d.)

What Are the Bubbles in Boiling Water? – ThoughtCo (2019)

Why Does Water Boil Faster at Higher Altitude? – Wonderpolis (n.d.)

Air yang dipanaskan kalo akan mengeluarkan gelembung-gelembung yang meletus di sana-sini. Sebenarnya, apa sih yang terjadi di dalam proses air mendidih?

Bagikan Artikel Ini!