Rekomendasi aplikasi game belajar berhitung untuk anak-anak.

6 Aplikasi Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak

Kemampuan berhitung itu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. ZenParents tentu setuju, kan? Misalnya, untuk transaksi jual-beli, memperkirakan jarak suatu tempat, dan pengambilan keputusan terkait keuangan. Oleh karena itu, kemampuan ini harus diajarkan dengan sebaik mungkin bagi anak-anak kita.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh Pusat Studi Internasional TIMSS di Boston College Amerika Serikat, dalam publikasinya yang berjudul Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) 2015 International Result in Mathematics, terdapat 27% anak Indonesia yang duduk di bangku kelas 4 SD belum memiliki pengetahuan dasar yang cukup mengenai logika dan matematika.

Hal ini berarti, sebagai orang tua, ZenParents perlu mengajari ZenKids berhitung dan memecahkan masalah matematika sejak berusia dini. Dengan mengajarinya lebih awal, diharapkan nantinya ZenKids akan memiliki kemampuan berhitung yang lebih mumpuni ketika mereka memasuki jenjang pendidikan menengah.

Sementara itu, di era perkembangan teknologi informasi yang maju dengan begitu pesat ini, anak-anak sudah sangat akrab dengan gadget. Sayangnya, banyak di antara mereka justru sibuk bermain game online dan malah mengabaikan kegiatan lainnya. 

Berdasarkan hasil penelitian seorang profesor kesehatan dari University of London bernama Suziedelyte dalam risetnya yang berjudul Can Video Games Affect Children’s Caognitive and Non-cognitive Skills? yang dimuat di UNSW Australian School of Business Research Paper, apabila kebiasaan ini dibiarkan terlalu sering, maka dapat menurunkan motivasi belajar dan perkembangan kecerdasan di bidang logika-matematika.

Baca juga: 5 Dampak Negatif dan Positif Game Online pada Anak

Namun, tahukah ZenParents kalau sekarang ini ada banyak sekali aplikasi berbentuk game yang bisa membantu ZenKids untuk berhitung dan mengerjakan operasi bilangan? Dalam aplikasi ini, pembelajaran dikemas melalui animasi yang asyik sehingga ZenParents bisa  lebih mudah memancing minat anak-anak untuk belajar. 

Langsung saja, ini dia beberapa aplikasi belajar menghitung yang menyenangkan untuk ZenKids.

1. Endless Numbers

Game belajar berhitung mengenal dan mengurutkan angka serta operasi hitung penjumlahan dan pengurangan.
Game belajar berhitung Endless Number untuk anak-anak. (Arsip Zenius)

Aplikasi game online gratis belajar berhitung untuk anak yang pertama adalah Endless Numbers. Aplikasi yang sudah di-download oleh lebih dari 500 ribu orang ini diklaim cocok untuk ZenKids berusia 3 hingga 8 tahun.

Berbeda dengan game belajar berhitung lain yang umumnya memiliki animasi hewan-hewan lucu, Endless Numbers justru menggunakan animasi dengan karakter monster yang menggemaskan.

Lewat aplikasi tersebut, ZenKids akan belajar mengurutkan bilangan sebanyak mungkin. Selain itu, mereka juga akan diberi tantangan berupa operasi hitung penjumlahan maupun pengurangan.

Game belajar berhitung yang satu ini juga tidak dilengkapi skor, kompetisi dengan pemain lain, atau kata “game over” ketika kita salah memasukkan jawaban. Jadi, anak-anak bisa lebih santai ketika menggunakannya.

Baca juga: 11 Aplikasi Belajar Membaca yang Bisa Diunduh Gratis

2. Preschool Math Games for Kids

Salah satu game belajar berhitung adalah Preschool Math Games for Kids karena memberikan contoh soal matematika yang menarik bagi anak-anak.
Salah satu game belajar berhitung dalam Preschool Math Games for Kids (Arsip Zenius)

Memberikan pelajaran berhitung bagi ZenKids sebelum masuk sekolah dasar hingga di masa-masa awal pendidikannya tentu membutuhkan kesabaran ekstra. Terlebih, mereka sedang asyik-asyiknya bermain sehingga biasanya kurang suka aktivitas serius seperti berhitung.

Nah, aplikasi game belajar berhitung yang satu ini sangat cocok untuk anak-anak berusia 4 hingga 7 tahun. Hal ini karena Preschool Math Games for Kids memuat berbagai ilustrasi menarik untuk belajar mengenal angka dan melakukan operasi hitung penjumlahan sekaligus pengurangan.

Selain itu, ZenParents juga bisa mengenalkan bentuk-bentuk geometri, cara mengurutkan benda sesuai bentuk dan jumlah, dan perbandingan ukuran berbagai macam objek.

Jangan khawatir ZenKids akan cepat bosan, karena aplikasi ini menyediakan banyak ilustrasi hewan seperti lebah, monyet, dan jerapah dengan warna-warna menarik. Tidak hanya itu, ZenParents juga bisa mengajak anak-anak menyanyi menggunakan lagu-lagu anak dengan tema berhitung yang telah tersedia. 

ZenParents bisa men-download aplikasi ini secara gratis di Google Play Store maupun App Store. Meskipun ada beberapa permainan pembelajaran yang berbayar, tapi kita dapat mengaksesnya setelah menonton iklan berdurasi sekian menit. Sangat asyik dan hemat, kan?

3. Math Kids: Math Games for Kids

Contoh game belajar berhitung Math Kids: Math Games for Kids untuk penjumlahan, pengurangan, perbandingan, dan kuis.
Game belajar berhitung Math Kids: Math Games for Kids. (Arsip Zenius)

Setelah ZenKids bisa menyebutkan bilangan secara urut, tentu ZenParents ingin menambah materi ke operasi hitung sederhana, bukan? Nah, aplikasi Math Kids: Math Games for Kids bisa jadi pilihan yang tepat untuk anak usia 5-8 tahun.

Aplikasi yang tersedia gratis di Google Play Store dan App Store ini memiliki tampilan yang cantik dengan ilustrasi pembelajaran di tepi pantai. Nantinya, anak-anak akan dipandu oleh Lucas, singa kecil lucu yang akan memberikan berbagai soal penjumlahan dan pengurangan di papan tulis.

Nggak cuma operasi hitung penjumlahan dan pengurangan, tapi ada juga permainan yang mengajarkan anak cara membandingkan jumlah benda di ruas kanan dengan jumlah benda di ruas kiri. Selain itu, semua gamenya dapat diakses secara gratis dan ukuran aplikasi ini juga tidak terlalu besar sehingga tetap lancar ketika dimainkan.

Baca juga: 4 Aktivitas Menyenangkan untuk Anak Belajar di Rumah

4. Math Training for Kids

Game belajar berhitung Math Training for Kids berupa operasi penjumlahan, pembagian, perkalian, dan pengurangan.
Game belajar berhitung Math Training for Kids. (Arsip Zenius)

Berbeda dari tiga game anak belajar berhitung di atas yang mengajarkan perhitungan untuk ZenKids usia 3 hingga 7 tahun, aplikasi Math Training for Kids lebih cocok digunakan oleh ZenKids yang berusia 7 hingga 10 tahun.

Game belajar berhitung ini nggak lagi mengajarkan anak-anak menghitung satu hingga sekian ataupun mengurutkan bilangan, tapi akan membantu mereka melakukan operasi hitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian untuk bilangan-bilangan puluhan bahkan ratusan.

Di dalamnya juga terdapat tabel berisi kumpulan hasil perkalian yang bisa ZenParents gunakan untuk memberikan penjelasan materi kepada anak-anak. Selain itu, ada kuis dengan durasi pengerjaan selama 2 menit yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat penguasaan materi ZenKids.

Untuk mengunduhnya, ZenParents nggak perlu bingung karena aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan App Store.

5. Moose Math

Game belajar berhitung aplikasi Moose Math berupa tantangan mencocokkan jumlah jeruk untuk membuat jus dan mengenal bentuk bangun datar dalam jumlah tertentu.
Contoh game belajar berhitung di aplikasi Moose Math. (Arsip Zenius)

Aplikasi game belajar berhitung untuk anak usia 5-7 tahun ini memiliki konsep yang sangat menarik. Saat pertama kasih masuk ke dalam permainan, ZenKids diajak untuk memilih beberapa bangunan. Setelah memilih, mereka akan masuk ke dalam suatu permainan.

Masing-masing bangunan memiliki permainan yang berbeda-beda. Misalnya, di gedung Moose Math Juice Store, anak akan diajak membuat jus dengan memasukkan buah sesuai jumlah yang ditentukan.

Kemudian di gedung Lost and Found, ZenKids akan diajak menghubungkan beberapa bilangan menggunakan garis. Jika mereka berhasil menyelesaikan seluruh tantangan, akan ada hadiah berupa item untuk membangun kota sesuai keinginan.

Animasi yang disuguhkan game belajar berhitung ini juga sangat interaktif dan mampu mengajak anak untuk belajar berhitung melalui pemecahan masalah sederhana. Bahkan ZenParents juga bisa memantau progress belajar anak-anak melalui report card yang disediakan. 

Baca juga: Belajar Materi Kelas 6 SD Bersama di ZeniusLand, Yuk!

6. ZeniusLand

Aplikasi game belajar berhitung ZeniusLand memuat materi matematika, karakter Tiga Sekawan, dan kuis mingguan.
Aplikasi ZeniusLand mengajak ZenKids untuk belajar berhitung.

Selain lima rekomendasi di atas, ada juga aplikasi ZeniusLand yang memiliki beberapa keunggulan. Salah satunya adalah bisa memandu proses belajar matematika secara interaktif dengan animasi menarik untuk anak-anak kelas 4 hingga kelas 6 Sekolah Dasar.

ZeniusLand tak hanya berisi materi berhitung, tapi juga dilengkapi misi belajar mingguan, video spesial dengan karakter Disney, dan karakter spesial Tiga Sekawan yang akan memandu pembelajaran anak-anak.

Misi belajar mingguan ini berisi beberapa video materi yang bisa ZenKids pelajari, disusul juga dengan latihan soal untuk dikerjakan. Jika ZenKids berhasil menuntaskan misi, akan ada hadiah berupa kostum baru untuk karakter Tiga Sekawan mereka. 

Untuk kualitasnya, ZenParents tidak perlu khawatir karena konten-konten ZeniusLand berbasis kurikulum terpadu dengan metode belajar Cambridge, CEFR, dan Zenius. Masih belum yakin? ZenParents bisa mencari tahu seputar ZeniusLand di banner di bawah ini.

Belajar Rasa Main ZeniusLand

ZenParents juga bisa mengintip keseruan kisah Tiga Sekawan yang akan mengajak ZenKids belajar banyak hal melalui video berikut!

Nah, itu tadi beberapa game belajar berhitung online yang bisa membantu anak untuk meningkatkan kemampuan matematikanya. Meskipun beberapa game belajar berhitung ini menarik dan mudah digunakan, ZenParents tentu harus tetap mengawasi durasi bermain gadget anak-anak.

Ingat, meskipun mereka bermain gadget untuk tujuan belajar, tetap saja paparan sinar dari layar dapat mengganggu kesehatan mata. Hal ini dimuat dalam Ophthlamol berjudul Myopia Among Medical Student in Norway oleh Midelfart & Hertes, peneliti kesehatan dari Norwegia. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa siswa yang bermain video games dalam durasi lebih dari 2 jam berisiko 3 kali lebih besar mengalami kelainan ketajaman penglihatan.

Oleh karena itu, ZenParents harus tetap aktif memantau kegiatan belajar dan memberikan selingan pelajaran tatap muka menggunakan poster, puzzle, benda-benda geometris, dan alat pembelajaran lainnya. 

ZenParents juga bisa mencoba beberapa permainan berhitung tanpa aplikasi, misalnya dengan bermain congklak, ular tangga, atau mencocokkan angka dengan gambar menggunakan kartu bergambar benda dan kartu bergambar angka.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi ZenParents dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak, ya!

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

6 Aplikasi Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak 17
6 Aplikasi Game Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak 18

Ditulis oleh: Ardalena Romantika dari Universitas Gajah Mada, bagian dari Kampus Merdeka 2022

Editor: Dionysia Mayang Rintani

Referensi:

5 Aplikasi Bantu Anak Berhitung dengan Mudah – theasianparent.com

The 8 Best Math Apps for Kids – Parents.com

Myopia Among Medical Student in Norway – Midelfart & Hertes

Can Video Games Affect Children’s Caognitive and Non-cognitive Skills? – Agne Suziedelyte

Bagikan Artikel Ini!