game belajar membaca

11 Aplikasi Belajar Membaca yang Bisa Diunduh Gratis

Apa ZenParents tahu ada banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu ZenKids belajar? Mulai dari berbagai game belajar membaca, berhitung, hingga berbagai game edukatif untuk membantu mengembangkan kemampuan kognitif anak.

Jika ZenParents sedang mencari beberapa aplikasi game yang bisa membantu ZenKids untuk belajar membaca, berikut beberapa aplikasi game rekomendasi Zenius yang bisa ZenParents unduh.

Aplikasi Game Belajar Membaca Bahasa Indonesia

Saat ini ada banyak aplikasi game untuk membantu ZenKids belajar membaca dalam bahasa Indonesia lho, ZenParents.

Berikut beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa ZenParents unduh untuk anak Anda.

1. Belajar Membaca

Aplikasi Belajar Membaca.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Indonesia Belajar Membaca (dok. Belajar Membaca)

Aplikasi game belajar membaca pertama yang bisa ZenParents unduh adalah Belajar Membaca.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang dapat membantu ZenKids belajar membaca mulai dari membaca huruf, suku kata, hingga berbagai jenis kata seperti nama hewan dan buah. Sehingga, ZenKidstidak hanya bisa belajar membaca tapi juga belajar menulis.

2. Ayo Belajar Membaca

Aplikasi Ayo Belajar Membaca.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Indonesia Ayo Belajar Membaca. (dok. Ayo Belajar Membaca)

Aplikasi game belajar membaca dalam bahasa Indonesia selanjutnya yang bisa anak ZenParents gunakan adalah aplikasi Ayo Belajar Membaca.

Seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini dapat membantu ZenKids belajar membaca dan mengeja dengan fitur panduan suara.

Jika keluarga ZenParents beragama Islam, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai konten untuk ZenKids belajar salat, mengenal huruf dan angka hijaiyah, dan surat-surat pendek.

Baca Juga: 7 Manfaat Membaca Bagi Anak Usia Dini Hingga SD

3. Bermain Sambil Belajar

Aplikasi Bermain Sambil Belajar.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Indonesia Bermain Sambil Belajar. (dok. Bermain Sambil Belajar)

Aplikasi game belajar membaca rekomendasi Zenius selanjutnya adalah Bermain Sambil Belajar. Aplikasi ini dirancang untuk anak-anak yang berusia 2 sampai 7 tahun belajar membaca sembari mengenal berbagai benda.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai game puzzle yang dapat membantu ZenKids lebih cepat mengenal huruf. 

Selain mengenal huruf dan benda, aplikasi ini juga terdapat game untuk belajar membaca kata dengan 1 hingga 3 suku kata.

4. Belajar Membaca dan Berhitung

Aplikasi Belajar Membaca dan Berhitung.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Indonesia Belajar Membaca dan Berhitung. (dok. Belajar Membaca dan Berhitung)

Jika ZenParents ingin menggunakan aplikasi yang dapat membantu ZenKids belajar membaca sekaligus berhitung, aplikasi Belajar Membaca dan Berhitung adalah salah satu pilihannya.

Pada aplikasi ini, ZenKids tidak hanya bermain game belajar membaca, tapi juga berhitung menggunakan bantuan gambar.

5. Belajar Membaca Lancar

Aplikasi Belajar Membaca Lancar.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Indonesia Belajar Membaca Lancar. (dok. Belajar Membaca Lancar)

Salah satu aplikasi game belajar membaca yang dapat membantu anak ZenParents untuk membaca dengan lancar adalah Belajar Membaca Lancar.

Aplikasi ini memiliki konten yang lengkap, seperti:

  • mengenal huruf A-Z.
  • mengenal dan membaca huruf vokal AIUEO.
  • membaca satu, dua, dan tiga suku kata.
  • mengenal kata berimbuhan -nge dan -nya.
  • mengenal kata berawalan dan berakhiran konsonan.
  • mengenal nama anggota keluarga, hewan, buah, warna dan sebagainya.

Aplikasi ini memiliki fitur bermain seperti tebak membaca kata, balon kata, tebak huruf vokal, dan puzzle kata.

6. ZeniusLand

Aplikasi game belajar ZeniusLand.
Aplikasi game belajar ZeniusLand. (dok. ZeniusLand)

Terakhir, jangan lewatkan aplikasi belajar dari Zenius, ZeniusLand.

ZeniusLand adalah aplikasi game edukatif dengan yang dirancang agar sesuai dengan kurikulum K-13, Cambridge integrated learning, CEFR, serta kurikulum rancangan Zenius.

Aplikasi ini memiliki berbagai konten interaktif yang dipandu oleh tiga karakter orisinil ZeniusLand Gika, Maji, dan Aksa.

Tidak hanya bermanfaat bagi ZenKids untuk belajar membaca saja, ZenParents juga bisa memantau progres belajar ZenKids melalui berbagai fitur seperti fitur laporan belajar anak, rekomendasi belajar anak, hingga riwayat aktivitas belajar anak.

ZeniusLand adalah aplikasi belajar anak untuk usia tujuh hingga dua belas tahun dan dapat diunduh melalui Google Play Store ataupun Apple App Store atau dengan klik banner di bawah ini.

Belajar Rasa Main ZeniusLand

Aplikasi Game Belajar Membaca Bahasa Inggris

Selain aplikasi game belajar membaca dalam bahasa Indonesia, saat ini ada banyak aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Inggris lho, ZenParents.

Jika ZenParents ingin membantu ZenKids mengembangkan kemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris, berikut beberapa aplikasi rekomendasi Zenius yang bisa membantu anak Anda.

1. LingoKids

Aplikasi LingoKids.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Inggris LingoKids. (dok. LingoKids)

Salah satu aplikasi game belajar membaca bahasa Inggris yang bisa ZenParents gunakan adalah LingoKids.

Aplikasi ini merupakan aplikasi bebas iklan (ad-free) dengan berbagai konten dalam format video, game, dan audiobook. ZenParents bisa menyesuaikan konten yang ZenKids konsumsi sesuai dengan usia mulai dari dua hingga delapan tahun.

Tidak hanya itu, aplikasi ini memiliki fitur khusus untuk mengatur jadwal dan durasi ZenKids belajar menggunakan aplikasi tersebut. Tentu ini akan memudahkan ZenParents mengatur waktu belajar dan screentime anak.

Selain itu, ZenParents juga bisa berdiskusi dengan orang tua lainnya melalui laman komunitas.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store ataupun Apple App Store dan digunakan secara gratis untuk tiga konten per hari atau dengan membayar biaya berlangganan sebesar 14,99 Dolar AS atau sekitar Rp217.000 per bulan.

Baca Juga: Tantangan Belajar Online untuk Anak

2. Starfall

Aplikasi Starfall.
Aplikasi game belajar membaca dalam Bahasa Inggris Starfall. (dok. Starfall)

Jika ZenParents ingin menggunakan aplikasi game belajar membaca yang mudah diakses, ZenParents bisa menggunakan aplikasi Starfall yang dapat diakses dengan mudah melalui web browser.

Aplikasi Starfall disediakan oleh Starfall Education Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang digagas oleh Dr. Stephen Schutz. Saat kecil, Stephen mengalami kesulitan belajar membaca karena disleksia. Untuk membantu anak-anak dengan disleksia, ia membuat situs web dengan permainan interaktif multi sensor tanpa batas waktu yang memungkinkan anak-anak melihat, mendengar, dan menyentuh saat mereka belajar.

Aplikasi ini tidak hanya membantu ZenKids belajar membaca dalam bahasa Inggris lho, ZenParents. ZenKids juga dapat belajar matematika melalui konten-konten dalam bentuk animasi dan game edukatif.

Konten-konten dalam aplikasi ini dapat digunakan anak untuk usia prasekolah hingga kelas tiga sekolah dasar secara gratis.

3. Read with Phonics

Kalau anak ZenParents senang bermain game, ZenParents bisa memanfaatkan aplikasi Reading with Phonics. Aplikasi ini memiliki ratusan game belajar membaca yang didesain khusus menggunakan metode yang disebut phonics.

Phonics adalah metode belajar membaca dengan memecah setiap kata menjadi bunyi-bunyi individualnya sebelum memadukan bunyi-bunyi tersebut menjadi kata.

Aplikasi Read with Phonics.
Aplikasi game belajar membaca dalam bahasa Inggris Read with Phonics. (dok. Read with Phonics)

Konten-konten edukasi dalam aplikasi ini dirancang dalam bentuk gamification. ZenKids akan mendapatkan reward dalam bentuk poin setiap ia menyelesaikan satu konten.

Aplikasi dapat digunakan oleh anak usia prasekolah hingga sekolah dasar. Read with Phonics ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store atau Apple App Store meski ada beberapa konten yang harus ZenParents beli agar bisa diakses.

4. Epic

Aplikasi Epic.
Aplikasi belajar membaca dalam bahasa Inggris Epic. (dok. Epic)

Aplikasi Epic adalah aplikasi belajar membaca dalam bahasa Inggris untuk anak usia prasekolah hingga sekolah dasar. 

Aplikasi ini bisa ZenParents gunakan tidak hanya untuk belajar membaca, tapi juga untuk membangun hobi membaca pada ZenKids.

Epic merupakan aplikasi yang menyimpan lebih dari empat puluh ribu koleksi buku digital (e-book), audiobook, dan video dalam Bahasa Inggris mulai dari buku anak-anak klasik hingga koleksi cerita original buatan Epic.

ZenKids bisa mengakses aplikasi ini secara gratis dengan batasan akses satu buku per hari. Untuk bisa mengakses keseluruhan konten, ZenParents bisa membayar biaya langganan sebesar 9,99 Dolar AS per bulan atau 79,99 Dolar AS per tahun.

5. Reading Racer

Aplikasi Reading Racer.
Aplikasi belajar membaca dalam Bahasa Inggris Reading Racer. (dok. Reading Racer)

Jika ZenParents ingin menggunakan aplikasi game belajar membaca yang benar-benar gratis, Reading Racer adalah salah satu pilihan aplikasi yang tepat.

Reading Racer memiliki lebih dari dua ratus konten game yang dapat membantu anak usia lima hingga delapan tahun membaca dalam bahasa Inggris.

Aplikasi ini juga dilengkapi fitur speech recognition yang dapat membantu ZenKids meningkatkan kemampuan membacanya.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak agar Sukses dalam Studi

Nah, itu dia sebelas aplikasi yang bisa ZenParents manfaatkan untuk membantu ZenkKids belajar membaca.

Berbagai aplikasi di atas tidak hanya dapat membantu membantu anak ZenParents belajar membaca dan menulis, tapi juga mengembangkan kemampuan kognitif anak sesuai dengan perkembangan usianya.

ZenParents bisa memilih aplikasi mana yang sesuai dengan usia dan kebutuhan belajar membaca anak, serta tipe gadget yang akan digunakan anak.

Misalnya, untuk membantu ZenKids mengenali huruf dan kata, ZenParents bisa memilih aplikasi belajar membaca yang menyediakan fitur voice recognition

Selain itu, jangan lupa untuk selalu mendampingi anak Anda selama mereka menggunakan aplikasi tersebut, ya!

zeniusland

Download ZeniusLand

Aplikasi edukasi online dipenuhi dengan cerita seru dan permainan interaktif, untuk mengasah kemampuan berpikir kritis. Dirancang khusus untuk anak usia 7–12 tahun.

11 Aplikasi Belajar Membaca yang Bisa Diunduh Gratis 17
11 Aplikasi Belajar Membaca yang Bisa Diunduh Gratis 18
Bagikan Artikel Ini!