Contoh Soal Ekonomi UTBK Soshum dan Pembahasan

Ilustrasi Belajar UTBK Ekonomi

Hai Sobat Zenius, apa kabar? Gimana, nih, persiapannya untuk menghadapi kelangkaan minyak? Eh, maksud gue persiapan dalam menghadapi tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

By the way, elo tahu nggak, sih, penyebab kelangkaan minyak saat ini? Yap. hal ini disebabkan karena kenaikan permintaan (demand) dan penurunan penawaran (supply). Salah satu faktor penyebabnya adalah penurunan produsen pemasok minyak goreng dalam negeri. Untuk lebih jelasnya terkait kelangkaan ini, elo bisa pelajari materinya  di sini, ya. 

Kasus kelangkaan tersebut merupakan salah satu topik yang diujikan pada tes UTBK khususnya pada Tes Kemampuan Akademik (TKA) Ekonomi. 

Nah, di artikel kali ini, gue nggak akan bahas panjang lebar terkait materi kelangkaan. Tapi, tentunya nggak kalah penting, lho, buat elo pejuang PTN. kali ini gue akan ngajak elo cari tahu contoh soal Ekonomi UTBK yang pernah muncul.

Membiasakan diri dengan soal-soal nggak kalah penting dari pemahaman materi, lho. Sekali-kali elo juga perlu menguji pemahaman materi melalui soal-soal. 

Nah, di artikel kali ini, gue sudah merangkum serba-serbi persiapan UTBK Ekonomi khusus buat elo. Mulai dari persebaran topik yang sering muncul, contoh soal Ekonomi UTBK, hingga pembahasannya. Penasaran, kan? Sebelum itu, kita kenalan dulu, yuk, dengan TKA Ekonomi, salah satu tes yang diujikan di UTBK.

Apa itu TKA Ekonomi?

Bagi elo yang memilih jurusan di rumpun soshum, mau nggak mau pasti akan berhadapan dengan TKA Ekonomi. 

Materi yang diujikan pada TKA Ekonomi meliputi konsep dasar ilmu Ekonomi, teori permintaan dan penawaran, konsep makroekonomi, mikroekonomi, dan masih banyak lagi. 

Elo bisa hajar habis seluruh video materi dan latihan soal TKA Ekonomi di Zenius, lho.

Pastikan juga elo mempersiapkan strategi belajar untuk tes UTBK dari jauh-jauh hari, ya. Hal ini karena tes UTBK menggunakan tipe soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), yaitu soal-soal yang mendorong siswa berpikir tingkat tinggi. So, berhenti menggunakan Sistem Kebut Semalam. Belajar dengan menggunakan sistem ini juga nggak menjamin elo dapetin nilai bagus. 

Dalam membangun strategi belajar dalam menghadapi UTBK, elo harus bisa mengatur waktu belajar untuk materi, latihan soal, hingga try out. Selain itu, nggak ada salahnya juga, lho, untuk mencari tahu topik-topik apa, sih, yang menjadi langganan di UTBK?

Khusus buat elo, Zenius sudah merangkum persebaran topik UTBK TKA Ekonomi dari tahun 2017 – 2019. 

Persebaran Topik UTBK TKA Ekonomi

Melansir dari website LTMPT, dari 80 soal yang diujikan pada Tes Kemampuan Akademik (TKA), mata pelajaran Ekonomi menyumbang 20 soal, lho. Elo bayangin, dari sekian banyak topik yang elo pelajari, hanya 20 soal aja yang keluar. 

Di tambah waktu yang diberikan untuk pengerjaan lima mata pelajaran pada TKA Ekonomi hanya sekitar 90 menit. Artinya kalau dibagi rata, elo cuma punya waktu 18 menit untuk mengerjakan soal-soal Ekonomi.  Nah, lho, gimana, tuh?

Untuk itu, elo perlu mengatur strategi belajar, nih. Mulai dari mana dulu, ya? Gimana, ya, biar cara belajarnya runut? Tenang, elo bisa pelajari video materi UTBK TKA Ekonomi secara runut di sini. Jadi, solusi langsung ditemukan, dong, Sobat Zenius? Tinggal niat belajarnya aja, nih.

Persebaran Topik UTBK TKA Ekonomi
Persebaran Topik UTBK TKA Ekonomi (Sumber: Arsip Zenius)

Selain itu, elo juga wajib tahu, topik-topik apa, sih, yang sering muncul pada UTBK? Dilihat dari polanya, kita bisa tahu bahwa topik-topik yang sering muncul pada UTBK TKA Ekonomi pada tahun 2017 – 2019, yaitu:

  1. Pasar output
  2. Pengantar ilmu Ekonomi
  3. Konsep biaya, penerimaan, dan laba
  4. Akuntansi perusahaan dagang
  5. Akuntansi perusahaan jasa
  6. Badan usaha dan koperasi

Oke, kenalan dengan TKA Ekonomi sudah, persebaran topik juga sudah, selanjutnya apa, ya? Yup. contoh soalnya UTBK Ekonomi, dong. 

Topik: Pasar Output

Pasar merupakan tempat terjadinya transaksi penjualan dan pembelian. Dalam Ekonomi, pasar dibagi menjadi dua, yaitu pasar output dan pasar input.

Di tes UTBK tahun 2017 – 2019 topik pasar output menjadi topik yang paling sering muncul. Masih pada inget, dong, dengan topik ini? Untuk menguji pemahaman, coba kerjain contoh soal Ekonomi UTBK di bawah ini, yuk.

Contoh Soal 1

Perusahaan yang hanya memperoleh laba normal dalam jangka panjang adalah perusahaan yang berada di pasar ….

A. Persaingan monopolistik dan monopoli

B. Persaingan sempurna dan persaingan monopolistik

C. Monopoli dan persaingan sempurna

D. Oligopoli dan persaingan monopolistik

E. Oligopoli dan persaingan sempurna

Jawaban dan pembahasan:

Dari soal di atas, elo harus ketahui dulu, nih, apa itu laba normal ? 

Dalam Ekonomi, laba normal merupakan kondisi di mana total pendapatan sama dengan total biaya ditambah opportunity cost. Dan kondisi tersebut dapat terjadi dalam jangka panjang dan jumlah produsen yang banyak karena tidak ada hambatan untuk masuk pasar.

Nah, pasar yang memiliki dua ciri-ciri di atas adalah persaingan sempurna dan persaingan monopolistik. Sehingga jawaban yang tepat adalah B.

Contoh Soal 2

Pernyataan di bawah ini yang terdapat pada pasar persaingan sempurna tapi tidak terdapat pada pasar persaingan monopolistik yaitu …

A. Kurva permintaan berbentuk sangat landai

B. Kurva permintaan berbentuk horizontal

C. Banyak penjual dan pembeli

D. Dalam jangka pendek dapat menerima rugi

E. Tidak ada hambatan masuk pasar

Jawaban dan pembahasan:

Salah satu perbedaan pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan monopolistik dapat dilihat pada kurva permintaan di bawah ini.

Kurva Permintaan Pasar
Kurva Permintaan Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Monopolistik (Sumber: Arsip Zenius)

Dapat dilihat pada kurva permintaan pasar persaingan sempurna berlaku kondisi:

D (demand)= AR (Average Revenue) = MR (Marginal Revenue)

Sedangkan pada kurva permintaan pasar persaingan monopolistik berlaku kondisi:

D (demand)= AR (Average Revenue) > MR (Marginal Revenue)

Sehingga,  jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah B. Kurva permintaan berbentuk horizontal. Karena pada pasar persaingan monopolistik kurva permintaan pasar persaingan monopolistik tidak.

Kedua contoh soal di atas, pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho.

Untuk mempertajam pemahaman elo terhadap materi ini, elo bisa pelajari juga Video Materi UTBK Ekonomi – Mikroekonomi.

Topik: Pengantar Ilmu Ekonomi

Ilmu ini sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, lho. Misalnya ketika elo mempunyai uang Rp100.000, elo punya banyak pilihan untuk menggunakan uang tersebut, kan? Entah itu untuk membeli makanan, minuman, buku, nonton, atau mungkin elo tabung.

Maka dari itu, ilmu Ekonomi sering didefinisikan pula sebagai ilmu memilih (science of choice). Ilmu memilih ini berguna untuk kehidupan sehari-hari karena kita akan terus berhadapan dengan masalah kelangkaan. Hal terkecilnya adalah tadi, elo punya uang yang terbatas, tetapi sebenarnya kebutuhan dan keinginan kita nggak terbatas. 

Sebagai topik yang menjadi pondasi dalam belajar Ekonomi, topik ini juga sering muncul di tes UTBK, lho. Bagaimana bentuk soalnya? Yuk, simak.


Contoh Soal
1

Berikut ini adalah faktor-faktor yang menggeser kurva permintaan suatu barang, kecuali ….

A. Jumlah konsumen

B. Harga barang komplementer

C. Harga barang itu sendiri

D. Prediksi harga di waktu mendatang

E. Selera konsumen

Jawaban dan pembahasan:

Kurva permintaan dapat bergeser atau bergerak sepanjang garis. Untuk gambarannya bisa elo lihat pada gambar di bawah ini.

Pergerakan Kurva Permintaan
Pergerakan Kurva Permintaan (Sumber: Arsip Zenius)

Faktor yang membuat suatu kurva permintaan dapat bergerak sangat erat kaitannya dengan hukum permintaan. Jika harga naik, maka permintaan turun, contohnya kelangkaan minyak goreng akhir-akhir ini yang berimbas kenaikan harga minyak goreng. Begitupula juga harga turun, maka permintaan pun akan naik.

Jadi, jawaban yang tepat terkait faktor yang menggeser kurva permintaan suatu barang adalah C. Harga barang itu sendiri.

Baca Juga: Ilmu Ekonomi dan Permasalahannya – Materi Ekonomi Kelas 10.

Contoh Soal 2

Kepuasan yang dinikmati konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan disebut ….

A. Marginal Utility

B. Marginal Rate of Substitution

C. Utilitas

D. Total Utility

E. Law of Diminishing Marginal Utility

Jawaban dan pembahasan:

Dalam teori perilaku konsumen, seorang konsumen dapat mengonsumsi sejumlah barang atau jasa dan menghasilkan kepuasan. Dalam teori perilaku konsumen kardinal, tambahan konsumsi pada sejumlah barang atau jasa akan meningkatkan nilai utilitasnya yang dapat dihitung.

Seiring dengan tambahan konsumsi barang atau jasa, utilitas akan naik lalu pada titik tertentu akan mencapai puncak dan kembali turun. Nah, tambahan kepuasan yang akibat tambahan konsumsi barang atau jasa disebut marginal utility. Kemudian, kepuasan, jika ditambahkan dengan marginal utility akan menjadi total kepuasan atau utility.

Kembali pada soal di atas, jadi kepuasan total yang dinikmati konsumen dalam mengonsumsi sejumlah barang atau jasa tertentu secara keseluruhan adalah D. Total Utility.

Contoh soal pada topik pengantar ilmu Ekonomi di atas, pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho. 

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Ekonomi – Pengantar Ilmu Ekonomi.

Topik: Konsep Biaya, Penerimaan, dan Laba

Pada topik konsep biaya, penerimaan, dan laba, elo akan diajak menjawab beberapa pertanyaan produsen suatu usaha. Misalnya, perusahan Zeni baru membuka usahanya untuk memproduksi makanan cepat saji. Sebagai perusahaan baru, perusahaan Zeni belum mengetahui cara menghitung pendapatan, cara menghitung laba, cara mendapat laba maksimal, dan berapa kuantitas yang harus diproduksi untuk mencapai ketiganya.

Nah, pertanyaan-pertanyaan di atas dapat dijawab dengan mempelajari topik konsep biaya, penerimaan dan laba. Menjadi salah satu topik yang sering muncul, simak, yuk, contoh soal Ekonomi UTBK pada topik ini.

Contoh Soal 1

Apabila biaya produksi suatu barang meningkat dan harga barang substitusinya juga meningkat, maka ….

A. Kurva penawaran dan kurva permintaan bergeser ke kiri

B. Kurva penawaran dan kurva permintaan bergeser ke kanan

C. Kurva penawaran bergeser ke kiri dan kurva permintaan bergeser ke kanan

D. Kurva penawaran bergeser ke kanan dan kurva permintaan bergeser ke kiri

D. Terjadi pergerakan di sepanjang kurva penawaran dan kurva permintaan

Jawaban dan pembahasan:

Jika biaya produksi naik, maka supply akan turun. Mengapa? Karena terjadi peningkatan biaya distribusi, biaya produksi juga naik maka kuantitas yang dihasilkan akan turun. Hal ini membuat kurva penawaran bergeser ke kiri.

Lanjut, pernyataan kedua pada soal mengatakan bahwa harga barang substitusinya juga akan meningkat. Kita ambil contoh kasus kelangkaan minyak goreng saat ini. Apa, sih, substitusi atau pengganti minyak? Nah, salah satu pengganti minyak adalah margarin. Kemudian, karena pada soal menyebutkan bahwa harga barang substitusinya meningkat, maka kita fokus ke margarin sebagai substitusi minyak goreng. Iya, dong?

Sesuai dengan hukum permintaan ketika harga margarin naik maka permintaan terhadap margarin turun. Sedangkan, jika kasusnya harga margarin mahal dan minyak harganya sama dengan margarin, maka permintaan akan minyak goreng pasti akan meningkat. Dan kurva akan bergeser ke sebelah kanan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Kurva penawaran bergeser ke kiri dan kurva permintaan bergeser ke kanan.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Ekonomi – Konsep Penerimaan, dan Laba.

Contoh Soal 2

Toko pastry Baker Boy terus mengalami kerugian selama tiga bulan terakhir. Toko berada dalam pasar persaingan monopolistik dengan harga P = 3Q + 10. Fungsi biaya produksi adalah TC = 3Q2+100 . Jika Baker Boy ingin mengurangi kerugian sampai titik break even point, kuantitas yang harus diproduksi adalah ….

A. 40

B. 30

C. 20

D. 10

E. 0

Jawaban dan pembahasan:

P = 3Q+10, berarti kurva TR atau total revenue Toko pastry Baker Boy:

TR = P . Q

TR = (3Q+10) Q

TR = 3Q2 + 10Q

Lalu, Baker Boy ingin mengurangi kerugian sampai titik break even point. Di mana syarat sebuah perusahaan mengalami break even point adalah ketika TR=TC. Sehingga total keuntungannya sama dengan 0. Sehingga, 

              TR=TC

3Q2 + 10Q = 3Q2+100

              10Q= 100

                    Q= 10

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D. 10.

Contoh soal pada topik konsep biaya, penerimaan, dan laba di atas, pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho. Pada bisa ngerjain, dong?

Baca Juga: Cara Menghitung Break Event Point (BEP).

Topik: Akuntansi Perusahaan Dagang

Karakteristik utama dari akuntansi perusahaan dagang adalah kegiatan usaha dilakukan dengan membeli barang dan menjual kembali tanpa mengubah bentuk barangnya. 

Contoh perusahaan dagang adalah supermarket. Di mana supermarket tersebut nggak memproduksi barang yang mereka jual, tetapi beli dari distributor atau brand tertentu. 

Sebagai gambaran, coba, deh, elo amati lalu kerjakan soal di bawah ini.

Contoh Soal 1

Perusahaan dagang “MAKMUR” memiliki sediaan awal Rp1.000.000,00. Selama periode setahun terjadi transaksi pembelian sediaan senilai Rp15.000.000,00, dan terdapat retur pembelian senilai Rp3.000.000,00. Di akhir periode dihitung sediaan akhir senilai Rp3.000.000,00, sehingga nilai kos barang terjual (harga pokok penjualan) yang harus tercantum berjumlah ….

A. Rp10.000.000,00

B. Rp11.000.000,00

C. Rp12.000.000,00

D. Rp13.000.000,00

E. Rp14.000.000,00

Jawaban dan pembahasan:

HPP = persediaan awal + pembelian bersih – persediaan akhir

HPP = persediaan awal + (pembelian + biaya angkut – retur – potongan) – persediaan akhir

HPP = 1.000.000 + (15.000.000 – 3.000.000) – 3.000.000

HPP = 10.000.000

Sehingga, jawaban yang paling tepat adalah A. Rp10.000.000,00.

Baca Juga: Karakteristik dan Jenis Akuntansi Perusahaan Dagang.

Contoh Soal 2

Buku harian jurnal penjualan digunakan untuk mencatat penjualan ….

A. Tunai

B. Kredit

C. Tunai dan kredit

D. Tunai dan potongan penjualan

E. Pendapatan bunga diterima di muka

Jawaban dan pembahasan:

Dalam akuntansi perusahaan dagang, ada empat jurnal khusus, yaitu:

  1. Jurnal penjualan
  2. Jurnal pembelian
  3. Jurnal kas masuk
  4. Jurnal kas keluar

Pada soal ditanyakan jurnal penjualan untuk mencatat penjualan apa? Jawabannya adalah semua jenis pembelian barang maupun jasa secara kredit. Sehingga jawaban yang tepat adalah B. Kredit.

Nah, kedua soal di atas pernah muncul pada UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK TKA Ekonomi – Akuntansi Perusahaan Dagang.

Topik: Akuntansi Perusahaan Jasa

Sesuai namanya, akuntansi perusahaan jasa merupakan pencatatan keuangan yang digunakan oleh perusahaan jasa. Karakteristik dari transaksi erat kaitanya dengan penyediaan jasa bagi konsumen.

Selanjutnya, coba kita cek contoh soal Ekonomi UTBK pada topik ini, yuk. Cek, di bawah , ya.

Contoh Soal 1

Apabila perusahaan jasa melakukan penambahan peralatan dengan dana yang diperoleh dari bank, maka terjadi penambahan ….

A. Aset dan dicatat di sisi debet

B. Utang dan dicatat di sisi debet

C. Pendapatan dan dicatat di sisi debet

D. Biaya dan dicatat di sisi debet

E. Modal dan dicatat di sisi debet

Jawaban dan pembahasan:

Soal di atas membahas tentang persamaan dasar akuntansi. Di mana harta (aset) harus sama dengan utang (aktiva) ditambah modal (passiva).

Nah, akun-akun yang tergolong sebagai harga atau aset dapat dibagi dua, yaitu aset lancar (mudah untuk menghasilkan pemasukan) dan aset tetap (harta yang nggak habis dalam waktu satu tahun).

Kembali ke soal, perusahaan jasa tersebut ingin melakukan penambahan peralatan. Di mana peralatan termasuk dalam aset, maka dicatat disisi debit. Dan dana yang digunakan diperoleh dari bank, maka aktiva bertambah dan dicatat disisi kredit.

Sehingga, kemungkinan jawabannya adalah terjadi penambahan aset dan dicatat di sisi debet atau penambahan utang dan dicatat di sisi kredit.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A. Aset dan dicatat di sisi debet.

Baca Juga: Materi Kelas 12 – Dasar-dasar Akuntansi.

Contoh Soal 2

Sebuah perusahaan menerima pendapatan setelah selesai melakukan pekerjaan jasa terhadap pelanggannya. Pencatatan transaksi tersebut dalam jurnal umum yang benar adalah ….

A. Kas di kredit

B. Pendapatan di kredit

C. Pendapatan di debit

D. Piutang di kredit

E. Piutang di debit

Jawaban dan pembahasan:

Pendapatan jasa akibat dari pekerjaan jasa, saldo normal berada di kredit. Nah, pada soal diketahui pekerjaan telah terselesaikan sehingga pendapatan bertambah di saldo normal. 

Lalu, karena pada soal nggak disebutkan bahwa transaksi sebelumnya kredit, maka kita asumsikan bahwa transaksi baru dibayar setelah pekerjaan jasa selesai. Berarti, pendapatan didapat dalam bentuk kas. Dan saldo normal, kas itu adalah debet.

Sehingga, bisa kita simpulkan bahwa pendapatan di kredit dan kas di debet. Dari opsi jawaban di atas mana yang sesuai? Yap. jawaban yang tepat adalah B. Pendapatan di kredit.

Kedua soal di atas juga pernah muncul di tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius. 

Pelajari Juga: Video Materi UTBK TKA Ekonomi – Akuntansi Perusahaan Jasa.

Topik: Badan Usaha dan Koperasi

Dalam bidang Ekonomi, badan usaha dapat diartikan sebagai kegiatan apapun yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan. Lalu apa hubungannya dengan koperasi? Yap. Koperasi merupakan salah satu jenis badan usaha yang modal utamanya berasal dari anggota-anggotanya. 

Untuk contoh soal Ekonomi UTBK pada topik ini bisa elo cek juga di bawah ini.

Contoh Soal 1

Salah satu ciri badan usaha perseroan terbatas adalah ….

A. Tidak banyak peraturan

B. Pajak rendah

C. Mudah didirikan

D. Tanggung jawab perusahaan terbatas

E. Keuntungan seluruhnya diserahkan kepada pemilik

Jawaban dan pembahasan:

Perseroan terbatas merupakan saham atau kepemilikan yang terbatas. Ciri dari perseroan terbatas adalah memiliki banyak aturan, pajak yang cenderung tinggi, susah didirikan, dan laba ditahan. Sehingga, jawaban yang tepat terkait ciri badan usaha perseroan terbatas adalah D. Tanggung jawab perusahaan terbatas. 

Baca Juga: Konsep Badan Usaha – Materi Kelas 10.

Contoh Soal 2

Berdasarkan daftar berikut, komponen pendanaan yang bersumber dari internal koperasi adalah….

(1) Simpanan pokok

(2) Utang pada lembaga keuangan lain

(3) Simpanan wajib

(4) Simpanan sukarela

(5) Pendapatan bunga

A. 1 dan 3

B. 3 dan 4

C. 1, 2, dan 3

D. 1, 3, dan 4

E. 2, 4, dan 5

Jawaban dan pembahasan:

Pendanaan internal merupakan pendanaan yang berasal dari anggota. Berdasarkan opsi di atas, komponen pendanaan yang bersumber dari internal koperasi adalah D. 1,3,4. 

Kalau elo penasaran, kedua soal di atas gue ambil dari soal tes UTBK tahun 2019 dan 2021, ya.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK TKA Ekonomi – Badan Usaha dan Koperasi.

Yuhu, tiba juga kita di penghujung artikel kali ini. Semoga informasi di atas bisa memberi gambaran buat elo terkait soal-soal yang muncul di beberapa tahun ke belakang, ya.

Mendekati UTBK, persiapan belajar tentu nggak boleh kendor, dong. Kalau elo sudah menguasai materi UTBK, elo bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menguji pemahaman materi melalui latihan soal seperti di atas.

Contoh soal Ekonomi UTBK di atas masih kurang? Tenang, elo bisa kerjakan soal-soal latihan yang ada di Zenius UTBK, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

Latihan Soal UTBK
Bagikan Artikel Ini!