Contoh Soal Biologi UTBK Saintek dan Pembahasannya

Ilustrasi Belajar UTBK Biologi

“Kalau bisa besok, kenapa harus sekarang?”

Hayo, siapa yang hobi menunda-nunda persiapan buat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)? Hm, nggak bisa dipungkiri menunda-nunda emang candu, sih. Gue pun kadang masih suka nunda. Padahal hari ini pun nggak sibuk-sibuk amat. Ujung-ujungnya , ya, nyesel di akhir. 

Menunda waktu cenderung banyak ruginya, salah satunya buat elo yang lagi mempersiapkan diri untuk mengikuti tes UTBK. 

Tahu nggak, sih, Sobat Zenius? Saat elo sibuk santai-santai, saingan elo lagi belajar UTBK mati-matian untuk ngalahin elo di tes UTBK, lho. 

Baca Juga: Kesalahan Penyebab Gagal SBMPTN. 

So, yuk, ubah prinsip elo yang tadinya “kalau bisa besok, kenapa harus sekarang?” menjadi “kalau bisa sekarang, kenapa harus besok?”

Melansir dari website LTMPT, terdapat dua materi tes yang akan diujikan pada UTBK 2022, yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).  Di tes TKA, elo akan diuji terkait pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah baik saintek maupun soshum.

Salah satu tes yang diujikan di TKA pada rumpun saintek adalah mata pelajaran biologi. Topik apa aja, nih, yang sudah elo kuasai di mata pelajaran ini?  

Selain penguasaan materi, biar persiapan belajar elo makin mantap, elo juga harus menguji seberapa jauh pemahaman elo melalui latihan soal. 

Nah, di artikel kali ini gue akan sharing mengenai contoh soal Biologi UTBK dan pembahasannya. Kira-kira bagaimana, ya, bentuk soalnya? 

Sebelum membahas contoh soal Biologi UTBK, kenalan dulu, yuk, dengan TKA Biologi. 

Apa itu TKA Biologi?

Tahu nggak, sih? Mata pelajaran yang satu ini kerap dianggap remeh oleh peserta UTBK, lho. Konon katanya, sih, karena terlalu banyak hafalan, kalau belajar jauh-jauh hari ntar keburu lupa. Emang bener, ya?

Padahal, elo sudah pelajari materi pelajaran ini, justru bisa dibilang di biologi hampir nggak ada hafalan, lho. Kuncinya lagi dan lagi adalah dengan memahami konsep biologi. 

Baca Juga: Panduan Belajar UTBK Biologi.

Nah, setelah memahami konsep, elo bisa uji pemahaman elo dengan mengerjakan soal-soal latihan UTBK. Khusus buat elo, gue sudah rangkuman contoh soal Biologi UTBK beberapa tahun kebelakang. Dan tentunya sudah dikelompokkan berdasarkan persebaran topiknya. Tanpa berlama-lama, yuk, simak.

Persebaran Topik UTBK TKA Biologi

Persebaran Topik UTBK TKA Biologi
Persebaran Topik UTBK TKA Biologi (Sumber: Arsip Zenius)

Kalau sebelumnya elo sudah baca artikel Zenius yang ini, ada banyak banget perubahan susunan topik yang sering muncul di UTBK. Contohnya di topik ekologi. Di persebaran topik UTBK tahun 2012-2018 topik ini menempati urutan enam sebagai topik yang sering muncul di UTBK. Dan siapa sangka di tahun 2018-2021 topik ini menjadi yang paling sering muncul? 

So, dengan adanya persebaran topik yang sering muncul ini bukan berarti elo bisa merasa cukup hanya dengan belajar topik-topik yang sering muncul, ya. 

Kalau elo hanya terpaku dengan topik-topik di atas aja, pemahaman elo di mata pelajaran ini bakal jadi kurang oke, lho. Hal ini karena cara belajar elo belajar jadi nggak runtut dan hanya sepotong-potong aja. Padahal di ilmu biologi tiap materi saling berkesinambungan. 

Topik: Ekologi

Nggak cuma sosiologi aja yang membahas interaksi, biologi ternyata juga mengkaji terkait interaksi, lho. Bedanya, dalam biologi interaksi yang dikaji adalah hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya melalui ilmu ekologi. 

Dalam kehidupan sehari-hari, penerapan ekologi salah satunya terjadi pada aktivitas petani ketika menggarap sawahnya. Petani tentu ingin menghasilkan berkualitas baik. Oleh karena itu, nggak hanya menanam, ia pun menaburkan pupuk kompos agar padi yang ditanamnya dapat tumbuh dengan baik. 

Topik ini menjadi topik yang paling sering muncul beberapa tahun ke belakang. Memangnya, bagaimana, sih, penerapan topik ini pada soal UTBK? Yuk, simak contoh soalnya.

Contoh Soal 1

Perhatikan gambar di bawah ini.

Contoh soal gambar aliran energi
Gambar Aliran Energi (Sumber: Arsip Zenius)

Manakah pernyataan yang tepat dalam kaitannya dengan aliran energi?

A. Energi yang diperoleh oleh beruang Grizzly akan sama besar dengan yang diterima oleh elang ekor merah

B. Jika belibis punah, maka aliran energi yang diterima beruang Grizzly akan menjadi lebih besar dibandingkan elang ekor merah

C. Aliran energi dari seluruh produsen dipastikan sama untuk seluruh herbivora

D. Detritivora tidak termasuk dalam siklus aliran energi

E. Dapat dipastikan bahwa aliran energi pada jejaring makanan tersebut tidak akan pernah berubah

Jawaban dan pembahasan:

Kalau elo masih bingung dalam mengidentifikasi aliran energi pada gambar, elo bisa lihat penyederhanaan gambarnya di bawah ini. 

Penyederhanaan Aliran Energi
Penyederhanaan Aliran Energi (Sumber: Arsip Zenius)

Dari gambar di atas, bisa kita lihat bahwa aliran energi yang diperoleh oleh beruang Grizzly akan sama besarnya dengan aliran energi yang diterima elang ekor merah. 

Dan untuk menjawab pertanyaan di atas dapat kita hitung secara kuantitatif. Pada gambar di atas, bisa elo lihat bahwa beri dan bunga, rumput, dan benih merupakan tumbuhan atau produsen. 

Kalau kita asumsikan semua produsen jumlahnya sama, yaitu sebesar 100 joule. Kemudian, jumlah energi yang ditransfer dari produsen ke konsumen I hanya bisa sekitar 10%. Artinya jumlah energi yang ditransfer hanya 10 joule dari 100 joule. Begitupula transfer energi dari konsumen I ke konsumen II, hanya mentransfer 10% dari jumlah energi. 

Baca Juga: Piramida Energi dalam Ekosistem – Materi Biologi Kelas 10

Sehingga perhitungannya menjadi seperti ini: 

Perhitungan Aliran Energi
Perhitungan Aliran Energi (Sumber: Arsip Zenius)

Nah, dari perhitungan di atas, dapat disimpulkan bahwa aliran energi dari produsen untuk herbivora atau konsumen I sama besarnya, yaitu 10 joule. Sehingga jawaban yang paling tepat adalah C. Aliran energi dari seluruh produsen dipastikan sama untuk seluruh herbivora.

Baca Juga: Materi Ruang Lingkup Ekologi.

Contoh Soal 2

Perhatikan gambar di bawah ini.

Contoh soal gambar biologi tentang penyederhanaan spesies
Ilustrasi Habitat Spesies (Sumber: Arsip Zenius)

Hal yang paling memungkinkan, jika ketiga spesies tersebut masih bisa ditemukan pada habitat yang sama dengan jumlah merata adalah ….

A. Ketersediaan sumberdaya habitat dalam jumlah besar

B. Sumberdaya makanan tersedia dalam jumlah terbatas

C. Tidak terjadi kompetisi antara spesies 1, 2, dan 3 di habitat tersebut

D. Daya dukung lingkungan dari masing-masing spesies dapat dipenuhi meskipun terbata

E. Spesies 1, 2, dan 3 secara bergantian akan menjadi dominan agar ketersediaan makanan dapat berganti-ganti

Jawaban dan pembahasan:

Jika disederhanakan, gambar pada soal akan menjadi seperti di bawah ini.

Contoh Soal UTBK Biologi tentang Penyederhanaan Spesies Ikan
Penyederhanaan Spesies Ikan (Sumber: Arsip Zenius)

Spesies yang memiliki relung atau niche yang sama tidak dapat hidup bersama. Hal tersebut karena menimbulkan kompetisi antar spesies yang menyebabkan dua kemungkinan. Salah satu punah atau kompromi dengan pembagian relung yang berbeda.

Jadi, hal yang paling memungkinkan jika ketiga spesies tersebut masih ditemukan di habitat yang sama dengan jumlah merata adalah C. tidak terjadi kompetisi antara spesies 1, 2, dan 3 di habitat tersebut.

Kedua soal di atas pernah muncuk pada tes UTBK di tahun 2019, lho, Sobat Zenius.

Biar persiapan belajar makin kece, elo juga bisa cek Video Materi UTBK Biologi – Ekologi di sini, ya. 

Topik: Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan

Nggak cuma manusia, di mata pelajaran biologi anatomi dan fisiologi juga diterapkan pada tumbuhan, lho. Kira-kira apa, ya, manfaatnya?

Tujuan dari anatomi dan fisiologi tumbuhan adalah untuk mempelajari mengenai struktur dalam tumbuhan secara kompleks bahkan sampai ke fungsinya. 

Topik ini termasuk salah satu topik yang paling sering muncul di UTBK, lho. Kira-kira bagaimana, ya, gambaran soalnya?

Contoh Soal 1

Reaksi fotosistem I dan fotosistem II terutama terjadi di dalam ….

A. Grana

B. Stroma

C. Epidermis

D. Lumen tilakoid

E. Membran tilakoid

Jawaban dan pembahasan:

Coba kita perhatikan tiap-tiap opsi jawaban di atas:

  • Grana: tumpukan tilakoid (kantong pipih dalam kloroplas)
  • Stroma: tempat terjadinya reaksi calvin atau reaksi gelap
  • Epidermis: jaringan dewasa dari tumbuhan untuk proteksi dan penyerapan pada akar
  • Lumen tilakoid: bagian tilakoid yang dibungkus membran dan memainkan peran mendasar selama proses fotosintetis.
  • Membran tilakoid: tempat terjadinya reaksi fotosistem I dan II

Sehingga jawaban yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan di atas adalah E. Membran tilakoid.

Pertajam penguasaan materi elo dengan menonton ulang Video Materi UTBK Biologi – Anatomi dan Fisiologi Tanaman di sini, ya.

Contoh Soal 2

Unsur hara dalam bentuk ion masuk ke akar melalui ….

A. Endodermis

B. Rambut akar

C. Ujung akar

D. Epidermis

E. Tudung akar

Jawaban dan pembahasan:

Akar merupakan tempat penyerapan untuk air, mineral, dan nutrien. Nah, untuk masuk ke akar, maka unsur hara yang berbentuk ion harus melewati rambut akar. Sehingga jawaban yang tepat adalah B. rambut akar.

Kedua contoh soal di atas pernah muncul pada tes UTBK di tahun 2021, lho, Sobat Zenius.

Contoh soal Biologi UTBK terkait topik Anatomi dan Fisiologi Tumbuhan lainnya bisa elo cek di sini, ya. 

Topik: Klasifikasi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup ini disusun untuk memudahkan manusia dalam mempelajari dan mengenai makhluk hidup. Pengelompokkan ini disusun berdasarkan persamaan maupun perbedaan yang diurutkan berdasarkan kelompoknya. Kalau kata anak jaksel, sih, dikelompokkan sesuai circle nya. 

Baca Juga: Ciri dan Klasifikasi Makhluk Hidup.

Nah, pada UTBK beberapa tahun ke belakang, soal yang muncul pada topik klasifikasi makhluk hidup adalah sebagai berikut.

Contoh Soal 1

Hewan dengan ciri utama triploblastik aselomata adalah ….

A. Platyhelminthes

B. Nematoda

C. Annelida

D. Mollusca

E. Echinodermata

Jawaban dan pembahasan:

Hayo, pada inget nggak, nih, apa itu triploblastik aselomata? 

Hewan triploblastik merupakan golongan hewan yang tubuhnya tersusun atas tiga jaringan dasar, yaitu ektoderm, mesoderm, dan endoderm. 

Sedangkan aselomata berasal dari kata a yang berarti tidak dan coelom yang berarti rongga. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aselomata merupakan hewan yang tidak berongga. 

Nah, jadi, jelas, ya, hewan dengan ciri utama triploblastik aselomata adalah A. Platyhelminthes.

Baca Juga: Klasifikasi Lengkap Kingdom Animalia.

Contoh Soal 2

Karakter mamalia dari anggota kelompok ordo Monotremata, seperti Ornithorhynchus anatinus (platypus) memiliki struktur khas, yaitu …

A. Rambut

B. Kelenjar susu

C. Plasenta

D. Bertelur

E. Berkantung

Jawaban dan pembahasan:

Mamalia merupakan kelas hewan vertebrata yang memiliki kelenjar susu, neokorteks, rambut, dan tiga tulang di telinga tengah. Atau kalau secara mudahnya biasa kita sebut dengan hewan yang menyusui. Dan monotremata merupakan salah satu ordo hewan mamalia.

Kemudian, Ornithorhynchus anatinus (platypus) memiliki struktur khas, yaitu menghasilkan anak dengan bertelur, tetapi menyusui. Sehingga jawaban yang tepat pada soal di atas adalah D. bertelur.

Kedua contoh soal di atas pernah muncul pada tes UTBK tahun 2019 dan 2021, lho, Sobat Zenius.

Untuk mempertajam pemahaman, elo juga bisa cek Video Materi UTBK Biologi – Klasifikasi Makhluk Hidup Lengkap di link ini, ya. 

Topik: Anatomi dan Fisiologi Manusia

Selain anatomi dan fisiologi manusia, topik anatomi dan fisiologi manusia pun turut menjadi topik yang sering muncul di UTBK. 

Secara umum, pada topik ini elo akan diuji pemahaman mengenai struktur tubuh beserta fungsinya. 

Contoh Soal 1

Mekanisme yang bukan merupakan fungsi dari jaringan epitel adalah ….

A. Proteksi

B. Kontraksi

C. Absorbsi

D. Sekresi

E. Adsorpsi

Jawaban dan pembahasan:

Jaringan epitel memiliki beragam bentuk dan masing-masing bentuk memiliki peranan masing-masing, yaitu:

Peranan Jaringan Epitel
Ilustrasi Peranan Jaringan Epitel (Sumber: Arsip Zenius)

Nah, dari ilustrasi di atas dapat diketahui bahwa yang bukan fungsi atau peranan jaringan epitel adalah B. Kontraksi. Hal ini karena kontraksi merupakan fungsi dari jaringan otot.

Supaya makin siap menghadapi tes UTBK Biologi, elo bisa cek Video Tips Belajar UTBK Biologi, ya.

Contoh Soal 1

Dalam meningkatkan tekanan darah, saraf simpatis bersinergi dengan ….

A. Angiotensin II

B. Norepinefrin

C. Baroreseptor

D. Protein darah

E. Saraf parasimpatis

Jawaban dan pembahasan:

Saraf simpatis merupakan sistem saraf otonom atau autonomic nervous system (ANS) yang mendominasi kondisi lawan atau lari. 

Di setiap tubuh kita, kan, pasti ada pembuluh darah. Nah, setiap pembuluh darah memiliki serabut dari saraf simpatis. Saraf ini akan menugaskan transmitter yang bernama norepinefrin yang berikatan dengan adenoseptor di membran sel otot polos pembuluh darah.

Dari sini sudah jelas dong, bahwa dalam meningkatkan tekanan darah saraf simpatis bersinergi dengan B. norepinefrin.

Kedua soal di atas pernah muncul pada soal UTBK tahun 2019 dan 2021, lho.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Biologi – Anatomi dan Fisiologi Manusia.

Topik: Struktur Sel dan Metabolisme

Topik yang satu ini cukup sering di skip, lho, Sobat Zenius. Hal ini karena nggak sedikit pembahasan yang nyerempet pada mata pelajaran kimia. 

Padahal topik ini merupakan topik paling dasar di biologi, lho. Nah, dilihat dari persebaran topik UTBK yang sering muncul, topik ini menjadi salah satunya. Materi yang diujikan kurang lebih terkait interkonektivitas antar unsur-unsur di ekosistem, individu, habitat, bahkan reaksi-reaksi di matahari dan efeknya bagi ekosistem kita. 

Contoh Soal 1

Bagian sel berikut yang bukan merupakan penyusun sel prokariotik adalah ….

A. DNA

B. Ribosom

C. Dinding sel

D. Membran plasma

E. Retikulum endoplasma

Jawaban dan pembahasan:

Dari opsi di atas, bagian sel yang merupakan penyusun sel prokariotik, yaitu:

  • DNA
  • Ribosom 
  • Membran sel
  • Dinding sel

Sehingga, bagian sel yang bukan merupakan penyusun sel prokariotik adalah E. Retikulum endoplasma.

Pelajari Juga: Video Materi UTBK Biologi – Struktur Sel dan Metabolisme.

Contoh Soal 2

Apakah yang akan terjadi jika retikulum endoplasma kasar di dalam sel suatu organisme kehilangan semua ribosomnya?

A. Produksi protein organisme tersebut akan berhenti

B. Penyimpanan protein dalam sel akan meningkat

C. Produksi ATP dalam sel akan berhenti

D. Protein tidak lagi diekspor dari dalam sel

E. Protein diimpor dari luar sel

Jawaban dan pembahasan:

Sebelum masuk ke pembahasan soal, sebenarnya ribosom itu berfungsi untuk apa, sih? Nah, tugas dari ribosom adalah untuk memproduksi protein dan tersebar di membran nukleus, retikulum endoplasma (RE) kasar, sitosol, maupun mitokondria. 

Dalam produksi protein, ribosom berbarengan dengan organ-organ lain yang disebut sistem membran dalam. Nah, untuk mencari jawaban yang tepat, kita periksa tiap-tiap opsi, yuk.

  • Opsi A: ribosom terletak di luar membran nukleus, RE kasar, sitosol, maupun mitokondria. Artinya, ribosom nggak hanya ada di RE kasar aja. Jika ribosom di RE kasar hilang, maka masih ada ribosom di tempat lain. Sehingga opsi ini kurang tepat.
  • Opsi B: opsi ini juga kurang tepat karena sintesis protein terjadi pada tempat-tempat di mana terdapat ribosom. Sehingga, total protein yang dihasilkan suatu sel adalah jumlah dari protein yang dihasilkan oleh yang ada ribosomnya. Artinya, jika produksi RE kasar tidak memproduksi ribosom, maka produksi sel juga akan berkurang.
  • Opsi C: opsi ini juga jelas salah karena ATP tidak berkaitan dengan RE melainkan mitokondria.
  • Opsi D: opsi ini benar karena ekspor protein merupakan pengiriman protein dari dalam sel ke luar sel atau membran plasma. Pengiriman protein ini dari hasil pembacaan DNA yang hasilnya protein pada RE, dan kemudian dikirim kembali ke golgi, baru ke membran plasma. Maka dari itu, jika pada RE tidak ada ribosom, maka protein tidak dapat di ekspor.
  • Opsi E: opsi ini juga kurang tepat karena jika protein diimpor dari luar sel maka hilang atau tidaknya RE pada ribosom tidak berpengaruh.

Sehingga, jawaban yang paling tepat adalah D. Protein tidak lagi diekspor dari dalam sel.

Kedua soal di atas pernah muncul pada tes UTBK pada tahun 2018 dan 2019, lho, Sobat Zenius.

Baca Juga: Langkah Efektif dan Strategis untuk belajar UTBK 2022.

Yuhu, tiba juga kita di penghujung artikel kali ini. Semoga informasi di atas bisa memberi gambaran buat elo terkait soal-soal yang muncul di beberapa tahun ke belakang. Gue harap informasi contoh soal Biologi UTBK dan pembahasan di atas bermanfaat, ya! 

Mendekati UTBK, persiapan belajar tentu nggak boleh kendor, dong. Kalau elo sudah menguasai materi UTBK, elo bisa memanfaatkan waktu yang tersisa untuk menguji pemahaman materi melalui latihan soal seperti di atas.

Contoh soal Biologi UTBK di atas masih kurang? Tenang, elo bisa kerjakan soal-soal latihan yang ada di Zenius UTBK, lho. Cuss, langsung klik banner di bawah ini aja, ya!

banner utbk

Bagikan Artikel Ini!