Contoh Soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1 dan Pembahasan

Contoh soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1 (Arsip Zenius)

Hai Sobat Zenius, udah sampai mana nih belajar Geografinya? Ada nggak nih materi Geografi kelas 12 semester 1 yang belum elo kuasai? Wah, perlu segera elo kuasai karena penilaian tengah semester alias PTS udah tinggal sebentar lagi.

Eitss, apa gunanya gue di sini kalau elo masih panik. Tenang dulu dong, tarik napas karena abis ini gue akan ajak elo menjelajah contoh soal PTS Geografi kelas 12 dan pembahasannya sekalian. Gak perlu panik lagi ya.

Kita lihat dulu yuk selama belajar di kelas 12 semester 1 di mata pelajaran Geografi ada apa aja sih. Cek berikut ini!

Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Materi contoh soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1
Materi Geografi Kelas 12 Semester 1

Tapi untuk persiapan PTS elo akan lebih berfokus di materi Konsep Wilayah dan Tata Ruang ya. Mau lebih siap untuk menghadapi PTS Geografi? Yaudah yuk gas ke contoh soal di bawah ini!

Contoh Soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1

Soal PTS Geografi (Dok.Pixabay)
Kerjain contoh soal PTS Geografi di bawah ini! (Dok. Pixabay)

Contoh Soal 1

Topik: Wilayah dan Perwilayahan

Kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat secara berulang-ulang dapat menyebabkan suatu wilayah berkembang menjadi wilayah fungsional. Contoh kegiatan yang dapat membentuk wilayah tersebut adalah ….

a. kegiatan alih fungsi lahan hijau menjadi pemukiman

b. kegiatan penghijauan lahan gundul

c. kegiatan penduduk membeli kebutuhan sehari hari di pasar

d. penentuan koordinat batas administrasi suatu kabupaten

e. pembangunan sekolah dekat area pemukiman

Pembahasan:

Untuk menjawab soal PTS Geografi di atas kata-kata yang perlu elo garis bawahi adalah wilayah fungsional. Masih ingat nggak nih wilayah di bagi menjadi berapa? Yups, bener banget wilayah terbagi menjadi 3 jenis yaitu wilayah formal, wilayah fungsional dan wilayah vernakular.

Wilayah Formal atau Uniform Region adalah wilayah yang memiliki kesamaan karakteristik, kayak contohnya wilayah pegunungan dengan kenampakan yang berbukit-bukit dan tidak rata, atau memiliki vegetasi yang serupa. 

Nah, selanjutnya ada Wilayah Fungsional atau Nodal Region. Wilayah ini memiliki aktivitas yang saling terhubung secara fungsional. Misalnya Jakarta membutuhkan daerah sekitarnya kayak Depok, Bogor, Bekasi untuk menyuplai bahan pangan atau mendapatkan tenaga kerja.

Wilayah Vernakular atau Perceptual Region adalah wilayah yang ada di pikiran sejumlah orang. Hah gimana tuh? Jadi misalnya elo melihat Jogja sebagai kota pelajar, orang lain mungkin nggak memikirkan hal yang sama. Mungkin mereka mikir Jogja kota Gudeg. Persepsinya berbeda dan batas keruangannya juga nggak jelas.

Itu tadi sekilas info aja ya, kita cukup fokus ke wilayah fungsional. Balik lagi yuk ke contoh kota Jakarta dengan daerah-daerah sekitar Jabodetabek. Yang jadi pusatnya adalah Jakarta atau yang disebut sebagai Nodes.

Nodes ini nggak bisa berdiri sendiri, makanya daerah-daerah sekitarnyalah yang saling menyokong satu sama lain. Interaksi antar daerah inilah yang membuat terbentuknya jejaring.

Sekarang kita cek opsinya masing-masing. Tinggal elo eliminasi aja deh yang sekiranya tidak melibatkan interaksi antar daerah. Opsi a, b dan e nggak membentuk jejaring tuh. Nah kalau opsi d untuk menentukan koordinat lebih seperti wilayah formal daripada fungsional.

Opsi c menjadi pilihan tepat. Kok gitu? Well, kalau elo perhatikan pasar di sini menjadi nodes, lho. Selayaknya pasar yang ramai, orang yang datang pun dari berbagai daerah juga kan. Inilah yang kemudian membentuk jejaring yang membentuk suatu fungsi.

Jawaban: C

Baca juga: Wilayah dan Tata Ruang Indonesia

Contoh Soal 2

Topik: Wilayah dan Perwilayahan

Wilayah dan Perwilayahan secara umum sering diartikan sebagai dua hal yang tidak terpisahkan. Namun, Geografi melihatnya sebagai dua hal yang berbeda. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari ….

a. wilayah meliputi area lebih sempit, perwilayahan mencakup area luas

b. wilayah memiliki fungsi umum, perwilayahan memiliki fungsi khusus

c. wilayah merupakan inti daerah, perwilayahan merupakan area pengembangan

d. wilayah merupakan objek, perwilayahan merupakan proses pengelompokan

e. wilayah meliputi beberapa fungsi, perwilayahan merupakan proses terbentuknya wilayah.

Pembahasan:

Inget-inget dulu yuk wilayah dan perwilayahan punya perbedaan ya. 

Kalau wilayah berhubungan dengan ruang yang memiliki objek dan karakteristik yang sama. Contohnya nih kayak wilayah pantai. Kok kita bisa tau kalau itu pantai? Ya tentu karena adanya perairan dan pesisir. Itu yang dinamakan objek dan karakteristik atau ciri khas sehingga bisa dibedakan dengan wilayah lain.

Perwilayahan adalah suatu proses penentuan wilayah dalam lingkup tertentu dan tujuan tertentu. Misalnya nih ada suatu wilayah yang memiliki dua musim, curah hujan tinggi dengan sinar matahari yang cukup. Dari objek dan karakteristik tersebut bisa tuh disimpulkan sebagai wilayah iklim tropis.

Di wilayah iklim tropis ini bisa untuk menanam padi. Begitu pun contohnya wilayah iklim sub tropis yang cocok untuk menanam anggur dan tumbuh-tumbuhan lain. 

Sekarang ke opsi a yuk. Opsi a kurang tepat karena tidak semua wilayah memiliki area yang sempit. Lihat aja wilayah hutan dibandingkan dengan perwilayahan kebun anggur, tetap luas hutan bukan?

Opsi b ngomongin tentang fungsi nih. Perwilayahan memang bicara tentang fungsi, tapi tidak dengan wilayah ya. Jadi opsi ini juga salah.

Opsi c juga salah karena menyebutkan soal daerah, yang mana daerah sendiri digunakan untuk administrasi. Misalnya daerah Jakarta, daerah Cirebon, dan lainnya.

Nah, opsi d merupakan pilihan yang tepat.karena sesuai penjelasan di atas, di wilayah terdapat objek dan perwilayahan dijelaskan sebagai proses penentuan.

Opsi e sekalian kita cek dulu ya. Ditulis perwilayahan merupakan proses terbentuknya wilayah, padahal pewilayahan menentukan wilayah dengan tujuan tertentu. Jelas salah banget ya!

Jawaban: D

Pelajari juga: Wilayah dan Perwilayahan

Contoh Soal 3

Topik: Pusat Pertumbuhan

Teori tempat sentral Christaller banyak dipakai untuk pendirian pusat pelayanan yang mampu mendorong pemerataan pembangunan. Namun, teori ini kurang sesuai apabila diterapkan di Indonesia karena ….

a. perekonomian Indonesia masih rendah

b. luas wilayah Indonesia sangat luas

c. kondisi topografi wilayah yang beragam

d. pemerataan pembangunan sudah terwujud

e. luas daratan lebih sempit dari perairan

Pembahasan:

Untuk jawab ini elo perlu tahu asumsi terkait terkait Teori Tempat Sentral Christaller.

  • Tanpa bentang alam, landai tanpa hambatan seperti pegunungan dll
  • Lahan yang sama-sama subur
  • Transportasi menuju tempat sentral seragam atau sama
  • Populasi wilayah yang merata
  • Pembeli rasional

Diasumsikan Teori Tempat Sentral Christaller dapat terlaksana jika hal-hal di atas terpenuhi atau tidak menjadi halangan.

Dimulai dari opsi a ya, perekonomian Indonesia nggak bisa dikatakan rendah, lho. Opsi ini jadi kurang tepat deh.

Opsi b juga salah nih karena sesuai dengan asumsi di atas luas wilayah nggak punya pengaruh terhadap teori ini. Begitu pula dengan opsi e.

Kalau opsi d nih tentu salah ya, seperti yang kita tau ketimpangan antara Indonesia Barat dan Indonesia Timur masih terjadi hingga kini.

Tersisa opsi c dan menjadi pilihan yang tepat karena kondisi wilayah Indonesia yang beragam seperti dataran tinggi, dataran rendah, atau perbukitan. Kalau dilihat dari Teori Tempat Sentral Christaller salah satunya adalah tanpa adanya bentang alam. Itu sebabnya teori ini kurang sesuai di sini.

Jawaban: C

Baca juga: Teori Pusat Pertumbuhan Wilayah

Contoh Soal 4

Topik: Pusat Pertumbuhan

(1)  Terdapat pusat-pusat kebudayaan

(2)  Sarana transportasi yang mampu menunjang aktivitas perekonomian

(3)  Angka pengangguran di atas 10%

(4)  Banyaknya penduduk yang menyelesaikan pendidikan tinggi

(5)  Melimpahnya ketersediaan sumber daya alam

Faktor penyebab suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan terdapat pada angka ….

a. (1), (2) dan (3)

b. (1), (2), dan (4)

c. (1), (3), dan (5)

d. (2), (4), dan (5)

e. (3), (4) dan (5)

Pembahasan:

Ada faktor-faktor yang membuat wilayah berkembang menjadi pusat pertumbuhan, yaitu:

  • Infrastruktur transportasi yang baik (aksesibilitas yang baik membuat wilayah mudah dijangkau)
  • Kondisi fisik wilayah (Contoh dataran tinggi yang lebih susah untuk pembangunan infrastruktur dibandingkan dataran rendah yang landai)
  • Sumber daya manusia (masyarakat yang berkualitas, terbuka akan perubahan dan hal baru)

Coba lihat setiap pernyataannya ya. Pernyataan pertama tentang kebudayaan nggak terlalu signifikan terhadap pertumbuhan.

Pernyataan kedua terkait sarana transportasi ini tepat tentunya sesuai dengan faktor yang disebutkan di atas tentang infrastruktur.

Pernyataan ketiga, wah pengangguran di atas 10% sudah bisa dianggap besar ya, jelas akan mengganggu pembangunan wilayah.

Pernyataan keempat ini juga tepat karena berkaitan dengan faktor tentang sumber daya manusia yang berkualitas.

Pernyataan kelima sudah tentu benar, karena sumber daya alam inilah yang kemudian diolah para sumber daya manusia untuk perkembangan wilayah.

Dapet deh jawaban yang benar adalah 2, 4 dan 5.

Jawaban: D

Pelajari juga: Pusat Pertumbuhan 

Contoh Soal 5

Teori: Tata Ruang di Indonesia

Kesenjangan pembangunan di Indonesia barat dan timur merupakan salah satu permasalahan akibat adanya keterbatasan sumber daya manusia yang berkualitas di lembaga tata ruang daerah. Akibatnya, permasalahan yang muncul harus ditangani langsung oleh pemerintah pusat. Kondisi ini akan menyebabkan ….

a. munculnya kecemburuan sosial

b. lambatnya penanganan permasalahan tata ruang

c. menurunnya produktivitas penyelenggara

d. terhambatnya komunikasi antar daerah

e. meningkatnya biaya penanganan tata ruang daerah

Pembahasan:

Elo mungkin udah tahu ya perbedaan dan kesenjangan antara Indonesia Barat dan Timur. Indonesia Barat sendiri didukung dengan sumber daya manusia yang lebih banyak dan berkualitas. Wilayah Timur Indonesia memiliki sumber daya alam yang lebih terbatas. 

Untuk pembangunan infrastruktur misalnya, penanganan oleh pemerintah pusat perlu melalui birokrasi yang nggak mudah juga. Ini tentunya membutuhkan waktu tertentu ya.

Okay sekarang lihat opsi a, apakah kecemburuan sosial yang terjadi? Wah tentu tidak ya, malahan wilayah Indonesia yang lain berharap wilayah Indonesia Timur juga ikut berkembang ya. 

Opsi b ini tepat karena kayak gue jelasin di atas, birokrasi ke pemerintah pusat tentu ada prosedurnya yang membutuhkan waktu untuk bisa terlaksana.

Coba kita lihat ke opsi-opsi lainnya kalau elo masih ragu. Opsi c ini kurang jelas nih maksudnya produktivitas ke penyelenggaran yang mana. Kalau opsi d, melibatkan antar daerah padahal di soalnya gak berkaitan dengan daerah lain. Opsi e juga salah karena pemindahan penanganan kuasa nggak ada hubungannya sama biaya.

Jawaban: B

Pelajari juga: Tata Ruang di Indonesia

Contoh Soal 6

Topik: Industri

Contoh Soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1 dan Pembahasan 25
Contoh soal PTS Geografi (Arsip Zenius)

Industri yang cocok dikembangkan di wilayah 1 seperti pada gambar di atas adalah .…

a. industri garmen, dekat dengan tenaga kerja

b. industri besi, dekat dengan bahan baku

c. industri ikan kaleng, dekat dengan jalur distribusi

d. industri susu kaleng, dekat dengan pasar

e. industri semen, dekat dengan bahan baku

Pembahasan:

Kita perlu tahu nih industri apa yang cocok dikembangkan di deket pegunungan kapur di nomor 1. Untuk mendirikan industri ada pertimbangannya, lho. 

Ada beberapa pertimbangan di mana industri didirikan di dekat hal-hal berikut ini:

  1. Bahan baku: Industri yang dekat dengan bahan baku bisa karena volumenya yang besar atau mudah rusak. Ini juga akan memudahkan dari segi transportasi.
  2. Pasar: Ini berguna untuk menjaga kualitas barang. Ini memudahkan distribusi ke konsumen
  3. Tenaga kerja: Industri dapat mendayagunakan tenaga kerjanya sendiri
  4. Permintaan: Industri yang menyediakan barang sesuai dengan kebutuhan atau permintaan konsumen pada saat itu.

Nah sekarang kita analisis yuk pegunungan kapurnya. Kapur sendiri merupakan bahan baku yang bervolume besar dan membutuhkan waktu untuk diangkut sebelum diolah. Sebaiknya industri dibangun didekat pegunungan kapur tersebut. 

Dari opsi pilihan di atas mana tuh yang berhubungan dengan pegunungan kapur?

Coba kita lihat dari industri garmen, ini memerlukan tenaga kerja yang banyak. Akan lebih baik industri ini dibangun di sekitar pemukiman di mana warganya dapat menjadi tenaga kerja tersebut.

Lalu Industri besi, perlu dekat dengan lokasi bahan bakunya nih. Tapi nggak mungkin dong kita tiba-tiba ketemu bijih besi di pegunungan kapur.

Kalau ikan kaleng sebaiknya dekat dengan jalur distribusi seperti pasar. Kalau harus melalui pegunungan kapur kayaknya ikannya keburu nggak segar deh.

Industri susu kaleng merupakan industri dengan bahan baku susu yang mudah rusak. Makanya, lebih baik berada dekat dengan sumber bahan baku seperti peternakan sapi.

Nah opsi terakhir yaitu industri semen. Udah tau dong ya bahan baku semen salah satunya adalah batu kapur. Makanya industri semen menjadi cocok untuk didirikan di dekat pegunungan kapur.

Jawaban: E

Baca juga: Klasifikasi, Lokasi dan Relokasi Industri

Gimana nih Sobat Zenius, sekarang sudah sedikit lebih paham ya tentang soal macam apa yang akan elo hadapi nanti. Seperti yang elo coba kerjain barusan, soal yang keluar nggak sebatas hapalan dari pengertiannya aja. Elo perlu paham konsepnya sebelum akhirnya menganalisis agar dapat jawabannya.

Menghafal boleh aja sih tapi yang paling penting tentunya paham dan mengerti ya. Inget, sebaik-baiknya belajar, akan berguna jika sudah diterapkan. 

Masih mau lanjut ngerjain soal-soal lainnya? Bisa dong. Yuk klik banner di bawah ini dan lanjut kerjain contoh soal PTS Geografi kelas 12 Semester 1!

Contoh Soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1 dan Pembahasan 26
Yuk kerjain soal lainnya!

Kata siapa sih belajar tuh nggak seru dan ngebosenin. Elo kali yang belum nemuin cara belajar yang pas buat diri sendiri. Cari yuk cara belajar yang bikin elo paham lebih mudah tapi tetap asyik bareng paket belajar Zenius. Dilengkapi dengan ribuan video premium, Live Class, Tryout ujian sekolah dan fitur seru lainnya. Langganan sekarang juga!

Contoh Soal PTS Geografi Kelas 12 Semester 1 dan Pembahasan 27
Langganan yuk!

Selamat belajar, Sobat Zenius!

Bagikan Artikel Ini!