Tujuan & Contoh Kerja Sama Antar Negara – Materi Geografi Kelas 12

kerja sama antar negara internasional

Guys, kalian pasti tahu dong, berita tenggelamnya kapal KRI Nanggala-402 di bulan April 2021 silam? Jika kalian ingat, saat itu banyak negara tetangga yang ikut membantu dalam pencarian kapal KRI Nanggala-402. Nah, bentuk-bentuk bantuan seperti ini bisa dikatakan sebagai bentuk kerja sama antar negara, lho!

Terus kenapa sih, negara-negara lain mau membantu negara kita? Memang apa manfaatnya? Nah, jika kalian memiliki pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka kalian wajib membaca artikel ini sampai habis. Sebab, di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai pengertian, bentuk, serta tujuan dari adanya kerja sama internasional. So, langsung saja kita bahas, yuk!

Pengertian dan Tujuan Kerja Sama Antar Negara

Kerja sama antar negara merupakan hubungan yang dijalin antar dua negara atau lebih dalam berbagai bidang untuk mencapai tujuan bersama. Contoh kerjasama antar negara yakni terkait dengan pertukaran pelajar, impor, ekspor, saham, investasi, dan lain sebagainya. 

Lalu, apa tujuan kerja sama antar negara? Well, terdapat beberapa faktor pemicunya nih, guys, entah itu karena adanya persamaan ataupun perbedaan. 

Sebagai contoh, negara Indonesia mempunyai kelebihan dalam hal sumber daya alam, seperti batu bara. Sementara itu, negara Jepang mempunyai kelebihan dalam bidang teknologi. Akhirnya, terjadilah kerja sama internasional dalam ekspor dan impor. 

Selain itu, kondisi geografis juga dapat memicu terjadinya kerja sama, lho! Misalnya, di Indonesia banyak ditemukan kelapa sawit sedangkan di negara Eropa sulit ditemukan kelapa sawit, sehingga memilih untuk impor dari Indonesia. 

Baca Juga: Struktur Keruangan Desa dan Kota – Materi Geografi Kelas 12

Bentuk Kerja Sama Antar Negara

bentuk kerja sama antar negara internasional
Bentuk kerja sama antar negara (Arsip Zenius)

1. Bilateral

Kerja sama bilateral adalah kerja sama yang melibatkan dua negara saja. Contoh kerja sama bilateral yakni Indonesia dengan Jepang yang tergabung dalam Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA) sejak tahun 2008. 

2. Regional

Kerja Sama Antar Negara: Peta ASEAN Zenius Education
Peta negara-negara anggota ASEAN (Dok. Wikimedia Commons)

Kerja sama regional adalah kerjasama antar negara dalam satu kawasan. Contoh kerja sama regional adalah ASEAN (the Association of Southeast Asian Nations) yang beranggotakan 10 negara. Nah, kira-kira bentuk kerja sama apa sih, yang dilakukan ke sepuluh negara ini?

Baca Juga: ASEAN – Sejarah, Tujuan Berdiri, Negara Anggota, dan Peta – Materi Sejarah Kelas 12

Well, pertama, adanya kerjasama internasional dalam bidang politik dan keamanan. Lalu, kerja sama dalam bidang sosial dan budaya. Terakhir, kerja sama dalam hal ekonomi dalam basis produksi dan pasar tunggal.

Lalu, pertukaran pelajar itu termasuk kerja sama di bidang apa, sih? Well, pertukaran pelajar antar negara ASEAN adalah contoh kerjasama dalam bidang pendidikan nih, guys! 

Salah satu kerjasama antar negara ASEAN dalam bidang industri adalah proyek industri tambang ASEAN Cooper Fabrication Projects di Filipina dan Singapura. Kalian juga bisa memahami tentang kerjasama regional dengan nonton video ini, lho!

3. Multilateral

Kerja sama multilateral adalah kerja sama yang bersifat global. Contohnya United Nations atau PBB yang beranggotakan 193 Negara. Terdapat empat pilar utama dari PBB yaitu peace, security, social, dan economy yang berorientasi pada pembangunan global. 

Tujuan & Contoh Kerja Sama Antar Negara - Materi Geografi Kelas 12 9
Perserikatan Bangsa Bangsa (Dok. Wikimedia Commons)

Selain itu, ada juga kerja sama internasional World Trade Center Organization (WTO), World Bank, Economic and Social Council (ECOSOC) dan lain sebagainya. 

Contoh Soal Kerja Sama Antar Negara

  1. ASEAN adalah bentuk kerja sama yang dilakukan oleh negara-negara Asia Tenggara. Sekiranya termasuk bentuk manakah kerja sama ASEAN di Asia Tenggara?

A. Bilateral

B. Trilateral

C. Multilateral

D. Regional

E. Internasional

Jawaban: ASEAN adalah organisasi yang mewadahi negara-negara kawasan (region) Asia Tenggara untuk saling bekerja sama. Dikarenakan ASEAN hanya beranggotakan negara dengan kawasan yang sama, organisasi ini dikenal dengan istilah organisasi regional. Maka jawaban yang tepat adalah D. Regional.

Baca Juga: Materi Geografi SMA: Pengertian Pasar Bebas

Well, segitu dulu ya, pembahasan kita hari ini. Gimana nih, guys? Pastinya kalian sudah paham, dong, tentang kerja sama internasional? 

Btw, kalau kalian ingin mendalami lagi tentang materi hari ini kalian bisa kunjungi aplikasi Zenius, ya! Selain geografi, kalian juga bisa menemukan materi lainnya lho, seperti matematika, sosiologi, bahasa inggris, dan lain sebagainya. Maka dari itu, yuk download aplikasinya sekarang!

Belajar geografi di video materi Zenius
Bagikan Artikel Ini!