pengertian pasar bebas

Pengertian Pasar Bebas – Materi Geografi SMA Kelas 12

Sobat Zenius mungkin masih asing dan bertanya-tanya, kira-kira apa itu pasar bebas? Nah, dalam artikel ini gue mau mengupas tuntas, nih, mengenai pasar bebas, mulai dari tujuan, manfaat, dampak positif maupun negatif, hingga ciri-ciri pasar bebas.

Meskipun mengandung nama “pasar”, pengertian pasar bebas yang dimaksud di sini bukan menunjukkan keterangan nama tempat, tetapi lebih cenderung kepada menggambarkan kondisi pasar di mana merupakan tempat kita bertukar barang atau jasa yang umumnya sih dengan uang. 

Kalau kata “bebas” pasti elo sudah nggak asing, dong. Yap, “bebas” tuh biasanya identik dengan keadaan atau kondisi di mana kita tidak terikat oleh apapun, atau bisa juga identik dengan kita bisa melakukan sesuai kehendak kita sendiri.

Nah, kira-kira seperti apa, ya, konsep pasar bebas? Tanpa basa-basi lagi, yuk, kita simak artikelnya sampai selesai!

Pengertian Pasar Bebas

pengertian pasar bebas
Ilustrasi pasar bebas (Dok. Pixabay)

Mungkin Sobat Zenius pernah menemukan soal seperti ini, “jelaskan pengertian pasar bebas menurut Adam Smith!” 

Nah, beruntungnya elo bisa jawab pertanyaan tersebut setelah membaca pembahasan di bawah ini.

Pasar bebas adalah suatu sistem ekonomi di mana seluruh kegiatan perekonomian memberlakukan dengan bebas atau tanpa adanya intervensi.

Artinya, kebebasan individu  dalam membuat keputusan ekonomi sepenuhnya dipengaruhi oleh dinamika permintaan dan penawaran pasar tanpa campur tangan pemerintah dalam pengambilan keputusan perekonomian. 

Sistem ekonomi pasar bebas sendiri muncul setelah Adam Smith (terkenal disebut sebagai bapak ekonomi) dan David Ricardo menentang kebijakan merkantilisme, di mana secara historis kebijakan ini menyebabkan terjadinya perang karena sangat membatasi adanya perdagangan antar negara. 

Kemudian, keduanya mengembangkan gagasan pasar bebas, pada buku yang ditulis Adam Smith yang berjudul “An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations” yang terbit pada 1976.

Adam Smith mampu meruntuhkan pandangan pada saat itu mengenai emas dan logam mulia merupakan sumber kekayaan suatu negara. Menurut Adam Smith, kekayaan sebuah negara justru ditentukan oleh jumlah nilai produksi barang dan jasa yang dapat diperjual-belikan, di mana teori yang dikembangkan dalam buku ini kini menjadi landasan dari sistem ekonomi pasar bebas.  

Laissez faire merupakan ungkapan bahasa perancis yang berarti “biarkan terjadi”, di mana ungkapan ini disebut sebagai bentuk paling murni dari sistem ekonomi pasar bebas. 

Laissez faire merupakan sebuah doktrin ekonomi yang mengenai tidak ingin adanya campur tangan pemerintah atau intervensi pemerintah dalam kegiatan perekonomian. 

Sesuai dengan konsep invisible hand yang diungkapkan Adam Smith pada buku yang sama, bahwa individu atau perusahaan memerlukan untuk mengejar atau mengikuti kepentingan pribadi mereka sendiri karena perilaku individu itu sendirilah yang menentukan hasil perekonomian.

Pada kenyataannya, tidak ada satu negarapun yang mampu menggunakan sistem ekonomi ini secara murni karena agar sebuah negara mampu mengendalikan perekonomian negaranya, tetap diperlukan beberapa kebijakan tertentu yang membatasi beberapa hal yang dianggap perlu. 

Eits sabar dulu. Sebelum melangkah ke pembahasan selanjutnya, Sobat Zenius bisa banget, lho, download aplikasi Zenius terlebih dahulu. Lewat aplikasi, elo akan dapat banyak sekali fitur dan contoh soal yang bisa elo pakai buat persiapan UTBK.

Klik banner di bawah ini untuk download dari sekarang!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Fokus UTBK untuk kejar kampus impian? Persiapin diri elo lewat pembahasan video materi, ribuan contoh soal, dan kumpulan try out di Zenius!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Tujuan Pasar Bebas

pengertian pasar bebas
Ilustrasi orang sedang memilah kain (Dok. Aditya Wardhana/Unsplash)

Setelah membahas panjang lebar mengenai pengertian pasar bebas, kini kita akan berlanjut kepada tujuannya.

Tentunya adanya sistem perekonomian pasar bebas memiliki tujuan yang ingin dicapai, sama halnya dengan adanya Zenius dalam hidup elo yang juga pastinya mempunyai tujuan. Berikut beberapa tujuan pasar bebas. 

1. Meningkatkan Pendapatan Negara

Dengan diberlakukannya sistem ekonomi pasar bebas, maka memungkinkan hasil produksi dari dalam negeri untuk diekspor ke banyak negara lain, yang artinya pasar produksi dalam negeri bisa jauh lebih luas, dan tentunya pendapatan negara semakin meningkat.

2. Meningkatkan Perekonomian Negara

Selain meningkatkan perekonomian negara, sistem pasar bebas juga akan meningkatkan perekonomian negara karena ketika pasar produksi dalam negeri meningkat menjadi lebih luas, maka tingkat produktivitas juga akan meningkat seiring dengan jumlah konsumen yang juga meningkat dan juga kualitas produk yang kita sediakan juga akan meningkat untuk bersaing dengan pasar internasional. 

3. Memperluas Pasar

Seiring dengan tujuan lainnya di mana sistem pasar bebas memudahkan ekspor ke negara-negara lain, sehingga memperluas konsumen di negara lain, bahkan mungkin lebih laku di negara lain. Tentunya hal ini membantu produsen untuk mendapatkan pasar yang lebih luas dan dan keuntungan yang lebih besar pula.

4. Memenuhi Kebutuhan dalam Negeri

Selain memudahkan ekspor, sistem ini juga memudahkan proses impor suatu produk. Kenapa impor barang dari negara lain diperlukan? Karena setiap negara termasuk negara kita belum tentu mampu memproduksi sendiri produk kebutuhan di dalam negeri, baik dari tidak adanya sumber daya alamnya maupun sumber daya manusianya.  

5. Menciptakan Transfer of Technology

Tujuan dari pasar bebas yaitu menciptakan Transfer of Technology

Maksud dari menciptakan Transfer of Technology adalah sebagai negara yang berkembang, negara kita cenderung tertinggal di bidang teknologi, sehingga dengan sistem pasar bebas menciptakan Transfer of Technology dari negara maju ke negara berkembang yang belum memiliki atau belum mampu menciptakan teknologi tersebut. 

Manfaat Pasar Bebas

Pembahasan selanjutnya dari pengertian pasar bebas adalah manfaatnya. Diciptakannya sebuah sistem atau gagasan tentunya diterapkan karena memiliki banyak manfaat yang didapatkan, dan manfaat yang diharapkan tersebut dapat tercapai jika tujuannya juga tercapai.

Beberapa fungsi pasar bebas yaitu:

  1. Memberikan dan melatih masyarakat melakukan kebebasan dalam kegiatan ekonomi.
  2. Membuat para pemilik bisnis untuk termotivasi mengembangkan bisnis atau usaha mereka.  
  3. Memberikan Informasi yang tepat mengenai jumlah permintaan barang maupun jasa, serta harganya. 
  4. Membuat penggunaan atau konsumsi dan aspek produksi suatu produk menjadi lebih efisien. 
  5. Mendorong pemilik bisnis untuk senantiasa meng-update keahlian atau skill-nya menjadi lebih modern.

Dampak Positif dan Negatif Pasar Bebas

Penjabaran mengenai pengertian pasar bebas berikutnya adalah dampak positif dan negatifnya. 

Meskipun memiliki tujuan pasar bebas baik, dan tentunya membangun, pasar bebas memiliki berbagai jenis dampak besar, yang selain berdampak positif namun juga tidak dapat menghindari adanya dampak yang negatif. 

Dampak Positif Pasar Bebas

  1. Memperluas pasar atau jangkauan produk barang maupun jasa.
  2. Berkurangnya atau bahkan tidak ada gangguan atau hambatan perdagangan.
  3. Meningkatnya ekspor berbanding lurus dengan pendapatan negara yang juga meningkat.
  4. Memperluas peluang investasi bagi investor dalam negeri untuk berinvestasi di luar negeri maupun sebaliknya.  
  5. Meningkatnya kualitas dan kreativitas produk atau jasa untuk mampu bersaing di pasar internasional yang pastinya lebih ketat. 
  6. Meningkatkan lapangan pekerjaan berbanding lurus dengan keterampilan, kompetensi atau skill pekerja profesionalnya. 

Dampak Negatif Pasar Bebas

  1. Kecenderungan masyarakat dalam lebih memilih produk impor yang lebih murah dan berkualitas dibandingkan produk dalam negeri, sehingga produk dalam negeri menjadi kalah bersaing. 
  2. Selain produk dalam bentuk barang, maraknya pekerja asing atau SDM asing yang bersaing dengan pekerja dalam negeri, memungkinkan meningkatnya angka pengangguran dalam negeri. 
  3. Pemanfaatan secara berlebihan atau eksploitasi sumber daya alam di dalam negeri, peningkatan jumlah produksi juga memungkinkan pihak produsen melakukan produksi massal dan menghasilkan banyak limbah yang akan mempengaruhi lingkungan. 
  4. Mudahnya produk dari luar negeri masuk dapat memicu konsumerisme. 
  5. Bergantung dengan negara maju. 

Ciri-Ciri Pasar Bebas

pengertian pasar bebas
Ilustrasi pasar bebas (Dok. Pixabay)

Kira-kira pasar bebas memiliki ciri yang seperti apa? Sobat Zenius bisa mempelajarinya di bawah ini:

  1. Sumber, alat, dan barang modal bebas dimiliki, diatur dan digunakan baik oleh individu, komunitas, organisasi tertentu. 
  2. Profit oriented atau semua kegiatan perdagangan berfokus pada mencari keuntungan
  3. Keseluruhan kegiatan ekonomi disediakan atau dilakukan oleh perusahaan atau masyarakat swasta, tanpa atau memiliki batas dari campur tangan atau intervensi pemerintah. 
  4. Adanya atau terjadinya pembagian kelas dalam perekonomian masyarakat seperti kelas pekerja dan pemilik modal.
  5. Terjadinya persaingan perolehan laba atau keuntungan antara pemilik bisnis. 

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian pasar bebas, tujuan, fungsi, dampak negatif dan dampak positif, beserta ciri-cirinya yang perlu Sobat Zenius pelajari.

Sobat Zenius yang sekiranya masih belum puas dan ingin belajar lebih lanjut mengenai pasar bebas, elo bisa banget belajar lewat video pembelajaran dari tutor Zenius, lho!

Lewat video pembelajaran, elo bisa belajar bab demi bab secara runtun sehingga mudah dimengerti. Nggak cuman materi, di sana juga ada contoh soal yang diberikan oleh tutor Zenius.

Cara mendapatkannya elo tinggal klik banner di bawah ini, ya! Selamat belajar bersama Zenius!

Pelajari materi Geografi di video materi belajar Zenius

Originally published: December 29, 2020
Updated by: Maulana Adieb

Baca Juga Artikel Lainya

Panduan Belajar UTBK Geografi

Persiapan UNBK SMA Geografi 2020

Panduan Belajar Soal HOTS Geografi 

Bagikan Artikel Ini!