Cara Membuat Essay dalam Bahasa Inggris

cara membuat essay bahasa inggris
Cara membuat essay dalam Bahasa Inggris
Cara membuat essay dalam Bahasa Inggris (dok. Freepik)

Halo Sobat Zenius!

Gue mau tanya nih, elo suka baca artikel dalam bahasa Inggris nggak?

Kalau elo sering melihat atau membaca tulisan dalam bahasa Inggris, elo pasti pernah membaca yang namanya essay. Apa sih, gunanya essay ini? 

Sebuah essay dibuat supaya pembaca mendapatkan informasi-informasi mengenai sebuah topik yang dianggap penulisnya penting untuk diketahui pembaca.

Nah, saat UTBK nanti, essay juga jadi salah satu materi yang bakal diujikan dalam bahasa Inggris.

Bagaimana, elo sudah tahu belum cara membuat essay bahasa Inggris?

Tenang, kali ini Zenius bakalan kasih penjelasan yang lengkap plus tips menjawab soal-soal reading Bahasa Inggris pas UTBK nanti. Yuk, belajar bareng-bareng!

Baca Juga: Tips Sederhana Jago Nulis Artikel Menarik

Apa Itu Teks Essay?

Menurut Kamus Oxford, teks essay adalah sebuah sebuah tulisan pendek tentang sebuah topik. Essay ini bisa membahas bermacam-macam topik lho. Mulai dari film, buku, bahkan isu-isu terkini. Elo juga bisa berisikan opini-opini penulis terhadap topik yang ditulisnya.

Terus, bagaimana cara membuat essay Bahasa Inggris?

Elo harus paham dulu apa saja struktur penyusun essay itu. Seperti yang bisa elo tonton di video materi Zenius tentang essay bahasa Inggris, ada tiga struktur essay:

  • Paragraf awal atau pembuka (introduction) yang berisikan latar belakang dari topik yang ditulis. Pada paragraf ini juga terdapat thesis statement yang menjelaskan informasi-informasi penting apa saja yang akan didapatkan pembaca dari essay tersebut.
  • Paragraf-paragraf tengah (body) yang menjelaskan dengan lebih rinci dengan fakta-fakta pendukung thesis statement. Paragraf ini dapat lebih dari satu paragraf.
  • Paragraf akhir atau penutup (conclusion), yang menyimpulkan data-data yang telah dijelaskan pada paragraf-paragraf tengah dan menegaskan kembali thesis statement yang ada pada paragraf pembuka.

Kira-kira kerangka essay bahasa Inggris itu seperti ini.

Kerangka essay bahasa Inggris
Kerangka essay bahasa Inggris (dok. Zenius)

Supaya elo lebih paham lagi bagaimana format essay dalam bahasa Inggris, elo bisa baca artikel di bawah ini.

Baca Juga: Format Essay dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

belajar materi bahasa inggris utbk di sini

Nah, sekarang apa elo sudah bisa mengidentifikasi poin-poin paragraf pembuka, paragraf tengah, dan paragraf penutup sebuah essay?

Coba identifikasi bagian-bagian paragraf dari contoh essay ini, yuk!

contoh teks essay bahasa Inggris
Contoh teks essay bahasa Inggris (dok. Zenius)

Coba elo perhatiin teks di atas. Di awal paragraf, artikel dibuka dengan thesis statement tentang pendidikan tinggi benar-benar penting dalam kalimat “The debate over whether a college education is worth it may have begun when the colonist arrived from Europe.”. 

Nah, penulis juga menyebutkan fakta bahwa ada 19,9 juta mahasiswa yang punya hutang pendidikan dengan rata-rata mencapai 26.500 dollar AS. Penulis menambahkan data untuk mendukung thesis statement miliknya. 

Selanjutnya, pada paragraf tengah elo menemukan fakta-fakta seperti berikut:

  • Dalam kalimat “People who argue that college is worth it contend that college graduates have higher employment rates…”, ada yang berargumen bahwa pendidikan tinggi itu penting karena lulusan pendidikan tinggi lebih mudah mendapatkan pekerjaan.
  • Di sisi lain, ada orang-orang yang menganggap pendidikan tinggi tidak begitu penting mengingat tingginya pinjaman untuk pendidikan seperti yang dijelaskan dalam kalimat “People who argue that college is not worth it content that the debt from college loans is too high…”.

Lalu, di mana paragraf penutupnya?

Tidak perlu panik. Terkadang dalam soal UTBK memang tidak mencantumkan essay secara lengkap sampai ke bagian paragraf penutupnya.

Elo tetap bisa mengambil kesimpulan dari teks ini dari fakta-fakta yang dijelaskan di paragraf pembuka dan tengah. Nah, menurut elo kira-kira apa kesimpulan dari teks ini? Tulis kesimpulan elo di komentar, yuk! 

Baca Juga: Contoh Soal Ide Pokok dalam Paragraf dan Pembahasannya

Contoh Soal

1. Good ideas often start with a really silly question. Bill Bowerman was making breakfast one day. As he stood there making waffles for his son, he wondered what would happen if he poured rubber into his waffle iron. So, he tried it and the result looked something like the bottom of most sports shoes we see today. Still, when he took this idea to several existing shoe companies he was literally laughed at. In fact, every single company turned him down. Though rather disappointed, Bowerman was determined and went on to form his own company, making Nike athletic shoes.

It can be concluded from the text that ….

A. a waffle iron became a tool in making shoes

B. inventions often occur during breakfast

C. curiosity can lead to a great invention

D. Nike shoes are the first sport shoes

E. many companies are not into athletic shoes

Dari teks di atas, elo bisa mengambil kesimpulan kalau Bill Bowerman menciptakan sepatu olahraga seperti yang ada dari sekarang karena rasa penasarannya. Jadi, jawabannya adalah C.

2. An investigation into how owls fly and hunt in silence has enabled researchers to develop a prototype coating for wind turbine blades that could significantly reduce the amount of noise they make. Early tests of the material, which mimics the intricate structure of an owl’s wing, have demonstrated that it could significantly reduce the amount of noise produced by wind turbines and other types of fan blades, such as those in computers or planes. Since wind turbines are heavily braked in order to minimize noise, the addition of this new surface would mean that they could be run at much higher speeds-producing more energy while making less noise. For an average-sized wind farm, this could mean several additional megawatts worth of electricity.

The text tells us about ….

A. how owls fly and hunt without making a noise?

B. a new development in wind turbine blade coats to reduce noise

C. the efficiency of wind turbine blades compared to other sources of energy

D. how to save the earth with environmentally-friendly wind energy?

E. producing more energy in wind turbines

Teks di atas membahas tentang pengembangan bahan pelapis baling-baling kincir angin yang dapat meredam suara. Jadi, jawabannya adalah B.

Nah, sekarang elo sudah tahu kan bagaimana cara membuat essay bahasa Inggris?

Apa elo merasa masih butuh belajar lebih dalam lagi supaya lebih siap menghadapi UTBK? Yuk, belajar lebih lanjut dengan tutor-tutor keren Zenius dengan klik banner di bawah ini.

Cara Membuat Essay dalam Bahasa Inggris 9
Bagikan Artikel Ini!