Cara Kerja Mikroskop dan Fungsi Bagiannya – Materi Fisika Kelas 11

Ilustrasi mikroskop

Di materi Fisika Kelas 11 ini, kita bakal bahas apa yang dimaksud dengan mikroskop. Hal ini mencakup cara kerja mikroskop serta apa fungsi dari mikroskop. Simak penjelasan selengkapnya, ya!

Halo, Sobat Zenius! Apakah kalian pernah menggunakan mikroskop di lab biologi? Walaupun begitu, materi kita kali ini bukan pelajaran Biologi, ya, tapi Fisika. Karena kita bakal bahas mikroskop sebagai alat, bukan ngomongin tentang objek yang dilihat dengan mikroskop.

Sebelum kita mulai pembahasan materi mikroskop, kalian juga bisa mempelajari materi Fisika Kelas 11 yang lain, yaitu gelombang stasioner, lewat artikel di bawah ini.

Baca Juga: Gelombang Stasioner – Pengertian, Rumus, dan Contoh Soal – Materi Fisika Kelas 11

Oke, mari kita mulai pembahasan tentang mikroskop!

Apa Fungsi dari Mikroskop?

Apa fungsi mikroskop?
Apa fungsi mikroskop? (Arsip Zenius).

Mikroskop adalah salah satu alat optik yang fungsinya untuk mengamati objek-objek yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop punya dua buah lensa utama, yaitu lensa objektif dan lensa okuler.

Nah, untuk penjelasan fungsi bagian-bagian mikroskop, bakal dijelaskan nanti, ya. Sekarang kita lanjut dulu ke sejarah mikroskop. Hehe! 

Sejarah Mikroskop

Di akhir abad ke-16, tepatnya tahun 1590-an, Hans Janssen dan anaknya, Zacharias  Janssen, melakukan eksperimen dengan lensa. Nah, pada saat itu, uji coba yang mereka lakukan menghasilkan penemuan mikroskop versi awal. Percobaan mereka baru dapat melakukan perbesaran objek sebanyak 9 kali. 

Selanjutnya, pada akhir abad ke-17, Antonie van Leeuwenhoek menemukan lensa tunggal, yaitu mikroskop genggam yang dapat mencapai perbesaran objek hingga 270 kali. Nah, penemuan lensa ini membuatnya mengembangkan mikroskop pertama yang benar-benar dapat digunakan. Leeuwenhoek menemukan fakta bahwa dia dapat melihat struktur yang belum pernah dilihat siapapun sebelumnya, seperti sel darah dan bakteri.

Ilustrasi Antonie van Leeuwenhoek
Ilustrasi Antonie van Leeuwenhoek (Dok. Wikimedia Commons).

Nggak hanya berhenti di situ, di era yang sama dengan Leeuwenhoek, Robert Hooke diakui sebagai orang pertama yang menggunakan mikroskop dengan tiga lensa, ini adalah konfigurasi yang hingga saat ini masih digunakan pada mikroskop. Hooke juga diakui menemukan unit terkecil dari suatu organisme, yaitu sel.

Sip, bahas sejarahnya udah, sekarang kita langsung ke pembahasan tentang cara kerja mikroskop!

Cara Kerja Mikroskop

Bagaimana cara kerja mikroskop? Oke, untuk menjawab pertanyaan ini, coba deh perhatiin gambar mikroskop di bawah.

Ilustrasi cara kerja mikroskop.
Ilustrasi komponen-komponen mikroskop (Arsip Zenius).

Lensa okuler letaknya ada di bagian atas mikroskop, dan fungsinya adalah memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif, yaitu lensa yang letaknya berada dengan objek yang diamati dan fungsinya memperbesar bayangan objek pengamatan. Nah, mikroskop tersebut menggunakan sumber cahaya untuk dipantulkan kembali ke lensa objektif. Selain itu, meja preparat merupakan tempat objek diletakkan.

Cara kerja mikroskop ini berawal dari cahaya yang mengenai objek kemudian diteruskan oleh lensa objektif. Lensa objektif ini dapat mengetahui perbesaran yang dilakukan mikroskop. Selanjutnya, sinar yang sebelumnya diteruskan oleh lensa objektif, akan ditangkap oleh lensa okuler dan diteruskan pada mata.

Oh ya, kalau pengin tahu lebih banyak tentang materi ini, kalian bisa akses pembahasannya di bawah ini.

Klik gambar untuk memahami materi mikroskop lebih lanjut

Jenis lain dari mikroskop, sampai rumus mikroskop, bisa kalian temukan pembahasannya di situ. Selanjutnya, di bawah ini juga udah ada contoh-contoh soal yang kalian bisa langsung jawab. Selamat mengerjakan!

Baca Juga: Belajar Rumus Frekuensi Gelombang – Materi Fisika Kelas 11

Contoh Soal Mikroskop

  1. Lensa pada mikroskop yang letaknya dekat dengan mata pengamat disebut?

a. Lensa okuler

b. Lensa binokuler

c. Lensa objektif

d. Lensa pembalik

e. Lensa pemutar

2. Lensa pada mikroskop yang letaknya dekat dengan objek disebut?

a. Lensa okuler

b. Lensa binokuler

c. Lensa objektif

d. Lensa pembalik

e. Lensa pemutar

Pembahasan:

  1. Lensa pada mikroskop yang letaknya dekat dengan mata pengamat disebut lensa okuler.

Jawaban: a.

  1. Lensa pada mikroskop yang letaknya dekat dengan objek disebut lensa objektif.

Jawaban: c.

****

Sip, kita sudah selesai membahas materi mikroskop. Oh, ya, selain Fisika, ada banyak pelajaran lainnya di Zenius, seperti Matematika, Sejarah, Sosiologi, dan masih banyak lagi. Kalian dapat mengakses itu semua di sini secara GRATIS menggunakan akun yang sudah didaftarkan di website atau lewat aplikasi Zenius. Selamat belajar!

Baca Juga: Gelombang Transversal dan Longitudinal – Materi Fisika Kelas 11

Bagikan Artikel Ini!