Belajar Rumus Frekuensi

Artikel ini akan membahas tentang rumus frekuensi, termasuk pengertian dan contoh soalnya.

Seringkali kita mendengar kata frekuensi di mata pelajaran Fisika atau dalam kehidupan sehari-hari. Coba ingat-ingat lagi, kira-kira kata frekuensi biasanya muncul saat topik apa yang sedang dibahas? Yap, frekuensi erat kaitannya dengan gelombang, entah itu bunyi atau cahaya. Secara garis besar, frekuensi adalah jumlah, baik itu jumlah getaran, pemakaian, siklus, ataupun peristiwa. Namun, yang akan aku bahas kali ini akan berfokus pada frekuensi dalam Fisika.

Kira-kira frekuensi kalau di dalam Fisika itu apa sih? Lalu, bagaimana rumus frekuensi? Nah, di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai seluk beluk frekuensi. Jadi, keep reading ya, guys!

Apa Itu Frekuensi?

Sebelum jauh membahas tentang frekuensi, kita harus tau dulu pengertiannya nih. Secara Fisika, frekuensi adalah jumlah getaran yang terjadi atau dihasilkan setiap satu detik. Menurut sistem Satuan Internasional (S1), satuan frekuensi adalah Hz (Hertz). Hal itu merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Heinrich Rudolf Hertz atas kontribusinya dalam bidang elektromagnetisme.

Hertz menyebutkan bahwa frekuensi merupakan banyaknya gelombang yang dihasilkan setiap satu detik. Jadi, supaya lebih mudah, kamu bisa ingat ini ya: 1 Hertz = 1 gelombang per detik. Oh iya, simbol frekuensi adalah f. Frekuensi ini nantinya akan berhubungan erat dengan periode (T).

Rumus Frekuensi

Tahukah kamu kalau ternyata rumus frekuensi gak hanya satu lho. Yap, ada beberapa dan kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Kamu bisa mencari frekuensi dari panjang gelombang, jumlah getaran dan waktu, periode, cepat rambat gelombang, atau energi kuantum dan konstanta planck. Nah, penasaran β€˜kan seperti apa rumus masing-masingnya? Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

Frekuensi dari Jumlah Getaran dan Waktu

Rumus:

f = n/t

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

n : Jumlah getaran

t : Waktu yang dibutuhkan untuk melakukan getaran (s)

Frekuensi dari Kecepatan dan Panjang Gelombang

Rumus:

f = v/πœ†

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

v : kecepatan gelombang (m/s)

πœ† : panjang gelombang (m).

Frekuensi dari Periode

Rumus:

f = 1/T

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

T : Periode (s)

Frekuensi dari Cepat Rambat Gelombang

Rumus:

f = C/πœ†

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

C : Cepat rambat gelombang (m/s)

πœ† : Panjang gelombang (m)

Frekuensi dari Energi Kuantum

Rumus:

f = E/h

Keterangan:

f : Frekuensi (Hz)

E : Energi kuantum

h : Konstanta planck (6,626176 x 10-34 Js)

Alat Ukur Frekuensi

Sebelumnya kita udah mengetahui rumus frekuensi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nah, bagaimana kalau menghitung frekuensi yang lebih tinggi dan sulit untuk dihitung secara manual menggunakan rumus-rumus di atas?

alat rumus frekuensi
Frequency Counter alat ukur frekuensi (sumber gambar: en.wikipedia.org)

Caranya adalah dengan menggunakan alat yang bernama Frequency Counter atau Pencacah Frekuensi. Ini merupakan alat yang digunakan untuk mengukur frekuensi sinyal elektronik yang berlangsung secara berulang. Cara kerjanya bagaimana? Frequency Counter ini menggunakan logika digital untuk menghitung jumlah siklus selama interval waktu yang ditetapkan. Kemudian, hasilnya akan langsung ditampilkan pada layar digital alat tersebut.Β 

Contoh Soal dan Pembahasan

Supaya kamu makin paham tentang materi frekuensi, coba perhatikan contoh soal dan pahami pembahasannya di bawah ini yuk! Oh iya, siapkan juga alat tulis untuk kamu mencoba sendiri contoh soalnya ya, guys.

Contoh soal 1

Waktu yang dibutuhkan sebuah gelombang untuk menyelesaikan satu getaran adalah 0,32 detik. Berapakah frekuensi gelombang ini?

Pembahasan:

Diketahui: T = 0,32 detik.

Ditanya: f

Jawab:

f = 1/T = 1/0,32 = 3.125 Hz

Jadi, frekuensi gelombangnya adalah 3.125 Hz.

Contoh soal 2

Sebuah radiasi gelombang elektromagnetik tertentu memiliki panjang gelombang 573 nm saat melewati ruang hampa. Cepat rambat gelombang tersebut adalah 3,00 x 108 m/s. Berapa frekuensi gelombang elektromagnetik tersebut?

Pembahasan:

Diketahui: πœ† = 573 nm = 5,73 x 10-7 m atau 0,000000573; C = 3,00 x 108 m/s

Ditanya: f.

Jawab:

f = C/πœ† = 3,00 x 108 / 5,73 x 10-7 = 5,24 x 1014 Hz.

Nah, itu dia penjelasan mengenai rumus frekuensi. Sekarang udah paham β€˜kan, ternyata menghitung frekuensi mudah juga ya, guys. Semoga informasi di atas bermanfaat ya.

 

Baca Juga Artikel Lainnya

Gelombang Mekanik

Gelombang Bunyi

Gelombang Cahaya

Belajar Rumus Frekuensi 1

Dapatkan pengalaman belajar yang semakin seru dan bikin ketagihan dengan Zenius!

Download Zenius App di sini