akibat sering begadang

Akibat Sering Begadang, Bagaimana Dampaknya untuk Tubuh?

Siapa nih yang suka banget nugas tengah malam atau marathon nonton Jisoo BLACKPINK sama Jung Hae-In di drama Snowdrop (2021) sampai nggak sadar waktu? Yah… kalau ini gue juga ngerasain banget, sih. Apalagi kalau lagi nonton series/drama, rasanya nggak mau berhenti sampai benar-benar kelar.

Tapi kadang elo suka kepikiran nggak sih, apa yang bakal terjadi akibat sering begadang? Orang tua kita kan suka ngomel tuh kalau anaknya begadang terus. Katanya mah, jadi kayak kalong!

Terlepas dari larangan orang tua, sering begadang kayaknya memang jahat deh untuk tubuh kita. Pada tahun kemarin, ada film Thailand dengan judul Deep (2021). Film ini terinspirasi dari mahasiswa yang doyan begadang dan akhirnya kurang tidur.

Kalau elo pernah nonton film itu, plotnya sebenarnya simpel: dibayar mahal dengan syarat nggak boleh tidur. Buat yang suka begadang, mungkin bakalan ngerasa relate dan tertarik banget sama tawaran itu, ya nggak sih?

Tapi sayangnya, banyak banget dampak buruk yang terjadi akibat sering begadang sampai nggak tidur. Salah satunya yaitu adegan di mana teman si pemeran utama hampir kehilangan nyawa karena nggak tidur-tidur!

Wah, serem juga ya ….

Benar nggak sih akibat sering begadang bisa separah itu di kehidupan nyata? Terus, sebenarnya kenapa ya kita butuh tidur?

Nah, biar elo nggak penasaran lagi, kita ulik penjelasannya bareng-bareng, yuk!

Baca Juga: Mengenal Perbudakan Modern dan Dampaknya

Ini Alasan Kenapa Tubuh Butuh Tidur

Selama ini gue kalau tidur ya tahunya karena memang ngantuk.  Elo gitu juga nggak sih? Apalagi tidur tuh salah satu aktivitas yang paling gue suka, karena enak banget menghabiskan waktu dengan tidur!

Ternyata, tidur punya manfaat yang jauh lebih besar daripada sekadar menghilangkan capek, lho.

Melansir dari Healthline, The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan rata-rata waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa yaitu sekitar 7 jam. Kalau waktu tidurnya kurang, hal ini bisa memicu efek samping yang buruk, seperti menimbulkan penyakit di dalam tubuh seperti penyakit jantung.

Selama tidur, tubuh bakalan mempersiapkan otak dan energi supaya elo bisa beraktivitas dengan lancar esok hari. Jadi, bisa dibilang kalau tidur ini sama pentingnya kayak makan, minum, dan bernapas.Tidur juga merupakan waktu di mana sel tubuh kita memulihkan dirinya sendiri. Contohnya kayak melakukan perbaikan otot, pertumbuhan jaringan, dan pelepasan hormon.

Nggak cuma itu, tidur juga penting banget buat otak. Selama seharian melakukan aktivitas, otak elo pastinya penuh sama banyak hal, kan? Nah, tidur bakalan ngebantu otak mulai membersihkan zat-zat toxic yang sudah menumpuk selama seharian itu.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan kalau tidur berkontribusi pada fungsi memori dengan mengubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang. Jadinya daya ingat elo bakalan lebih baik lagi nantinya.

Selain meningkatkan daya ingat, tidur juga bisa membantu otak kita untuk menghapus atau melupakan informasi yang nggak dibutuhkan tubuh, yang mungkin malah bisa mengacaukan sistem saraf.

Oh iya, ada yang lebih penting lagi nih. Ternyata tidur juga diperlukan buat menjaga kesehatan emosional. Pas tidur, aktivitas otak di area yang bertugas buat mengatur emosi ini paling aktif, jadinya bisa mendukung fungsi otak yang lebih sehat dan menjaga stabilitas emosi ketika bangun.

Akibat Sering Begadang, Bagaimana Dampaknya untuk Tubuh? 25
Infografis beda cukup tidur dan kurang tidur. (Arsip Zenius)

Baca Juga: Quarter Life Crisis, Keresahan Tentang Masa Depan

Perbedaan Begadang dan Insomnia

Eits, tapi jangan salah mengira kebiasaan begadang itu berarti insomnia, ya! Insomnia juga belum tentu akibat sering begadang. Dua hal ini berbeda, lho. Sini deh, gue jelasin biar tahu bedanya.

Mungkin masih banyak dari kita yang ngira kebiasaan begadang itu insomnia, padahal insomnia ini nggak disengaja, sedangkan begadang merupakan aktivitas yang kita sengaja lakukan.

Melansir dari Land of Sleep, orang yang suka begadang disebut sebagai night owl. Nah biasanya mereka ini punya suatu sindrom yang dinamakan delayed sleep phase syndrome (DSPS).

Apa tuh DSPS? Ini merupakan keadaan di mana elo ngerasa susah tidur cepat, jadi siklus tidurnya berantakan gitu. Akhirnya, elo malah jadi kekurangan jam tidur karena baru bisa tidur di atas jam 12 malam.

Jadi, bisa dibilang kalau orang yang suka begadang memang punya jam tidur yang berbeda dengan jam tidur normal.

Untuk insomnia sendiri, durasinya memang berbeda setiap orang, tergantung dari seberapa parah gangguannya ini.

Kalau elo merasa punya gejala insomnia, ada baiknya buat segera diperiksakan ke dokter, ya! Ini juga penting supaya elo nggak self-diagnosed dan cepat dapat penanganan terbaik.

Melansir dari Psychology Today, ketika elo melakukan self-diagnosed, elo menanamkan pikiran kalau apa yang elo alami memang sesuai sama gejala dari sebuah disorder. Ini bisa berbahaya juga buat elo sendiri. Karena elo bisa saja jadi mengonsumsi obat yang seharusnya nggak perlu elo konsumsi.

Baca Juga: Menangis Malam Hari Bisa Menurunkan Berat Badan, Masa Iya?

Jadi, Akibat Sering Begadang tuh …

Nah, setelah kita sudah bahas kenapa tubuh butuh tidur dan apa bedanya begadang sama insomnia, sekarang gue mau ngasih tahu akibat sering begadang, nih.

Buat sebagian orang, mungkin begadang kayak hal yang biasa aja. Ya, buktinya sampai sekarang pasti masih banyak banget orang yang tidur di atas jam 12 dan nggak punya waktu tidur cukup dalam sehari.

Tapi, elo harus hati-hati juga nih. Karena kalau sampai elo kekurangan waktu tidur, efeknya bisa merugikan banget. Berikut beberapa bahaya akibat sering begadang bagi tubuh elo!

1. Memicu stres berkepanjangan

Melansir dari American Psychological Association (APA), mereka menerima laporan kalau banyak orang yang merasa semakin stres ketika kualitas tidurnya menurun. Bahkan, datanya menunjukkan 45% orang dewasa yang kurang tidur memiliki tingkat stres yang tinggi.

Akibat Sering Begadang, Bagaimana Dampaknya untuk Tubuh? 27
Dampak kurang tidur untuk remaja. (Arsip Zenius)

Dari sini saja sudah bisa kita lihat akibat sering begadang itu bisa bikin suasana hati semakin buruk pas bangun keesokan harinya. 

2. Elo jadi mudah lupa

Berdasarkan riset dari jurnal Penyakit dan Pengobatan Neuropsikiatri, bahwa bahaya begadang dapat mengganggu ingatan jangka panjang dan pengambilan keputusan. Seperti yang udah gue jelaskan sebelumnya kalo tidur itu berkontribusi pada fungsi memori kita dengan mengubah ingatan jangka pendek menjadi ingatan jangka panjang. Nah kalo porsi tidur elo berkurang akibat begadang konsekuensinya adalah elo akan jadi mudah lupa.

3. Menyebabkan mata perih dan merah

Mata menjadi salah satu area paling terpengaruh saat kita begadang. Jika keseringan begadang, mata kita akan mudah perih, kering, berair karena rasa kantuk. Keseringan menahan rasa kantuk dalam jangka panjang efeknya juga akan memicu adanya keriput, garis halus, dan kantung mata. Bukan hanya itu, bahaya begadang dapat menurunkan aliran oksigen ke mata kita. Ini akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan mata kita akan memerah.

4. Sistem imun jadi lemah

Bahaya sering begadang selanjutnya adalah sistem imun yang akan melemah. Saat elo tidur, sistem imun akan memproduksi sebuah senyawa antibodi dan sitokin yang mana senyawa tersebut bertugas untuk melawan bakteri dan virus. Bahkan ada beberapa sitokin yang berperan untuk membantu elo tertidur dan meningkatkan efisiensi sistem imun dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit. Jadi ga heran nih kalo begadang bisa menyebabkan imun tubuh melemah dan tubuh mudah terserang penyakit.

5. Sulit berkonsentrasi

Sebuah Perusahaan medis ResMed dalam situsnya menjelaskan mengenai bahaya begadang dan kaitanya terhadap kinerja otak. Dijelaskan bahwa otak menjadi salah satu bagian tubuh yang paling parah terdampak akibat begadang. Terlalu sering begadang menyebabkan kita sulit konsentrasi dan susah menerima informasi. Menurunnya kinerja otak ini merupakan salah satu bahaya begadang bagi remaja.

6. Peningkatan risiko terkena penyakit akibat begadang

Efek begadang yang terakhir adalah memicu resiko terkena penyakit tertentu. Bukan cuma penyakit masuk angin yang biasa kita alami, tapi bisa menimbulkan penyakit yang serius kayak diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, hingga stroke. Tentunya penyakit akibat keseringan begadang tersebut tidak bisa kita remehkan, karena akan merugikan kesehatan bahkan mengancam nyawa kita.

Sebagai informasi tambahan buat elo, yuk ketahui jam tidur yang baik dan ideal sesuai kebutuhan di setiap usianya.

Yuk Ketahui Jam Tidur yang Baik Sesuai Kebutuhan

Berdasarkan data dari healthline manusia itu punya kebutuhan jam tidur yang berbeda-beda di setiap usianya, berikut rangkumannya:

  • Jam tidur usia 0-3 bulan: 14-17 Jam
  • Jam tidur usia 4-12 bulan:12-16 Jam
  • Jam tidur usia 1-2 tahun: 11-14 Jam
  • Jam tidur usia 3-5 tahun: 10-13 Jam 
  • Jam tidur usia 6-12 tahun: 9-12 Jam
  • Jam tidur usia 13-18 tahun: 8-10 Jam
  • Jam tidur 18-60 tahun: 8-10 Jam
  • Jam tidur 60-64 tahun: 7-9 Jam
  • Jam tidur 64 tahun lebih: 8-9 Jam
jam tidur yang baik
Waktu tidur yang ideal dalam sehari. (Arsip Zenius)

Penutup

Nah, Sobat Zenius, setelah baca penjelasan tadi, mulai dari alasan kita butuh tidur, akibat sering begadang, hingga jam tidur yang baik, semoga nih elo semakin aware terutama sama bahaya yang mungkin terjadi akibat terlalu sering begadang, ya. Kalau memang mengalami susah tidur cepat, elo bisa kok coba pelan-pelan memperbaiki jam tidur supaya nanti tubuh elo jadi terbiasa ngantuk sebelum jam 12 malam.

Updated by: Adjie Sumantri

Referensi

Mahasiswa yang Begadang Jadi Inspirasi Film DEEP – CNN Indonesia (2021)

Why Do We Sleep? What Happens During Sleep? – Healthline (2020)

Why Do We Need Sleep? – Sleep Foundation (2021)

5 Reasons Why Our Body Needs Sleep – How much sleep do you need – Dr John Bennett (2017)

A Night Owl? Or an Insomniac – Mind Tribe

The Dangers of Self-Diagnosis – Psychology Today (2010)

Are You a Night Owl or Just Insomnia? How to Tell the Difference!) – Land of Sleep

Stress and sleep – American Psychological Association (2013)

10 Efek Begadang Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai – Sehatq (2022)

Ini Bahaya Begadang bagi Kesehatan Fisik dan Mental – Katadata (2022)

Bagikan Artikel Ini!