Pembahasan Soal SBMPTN 2015

Ujian SBMPTN memang telah berlalu beberapa bulan yang lalu. Namun sedikit banyak peristiwa itu masih meninggalkan "luka" yang mendalam bagi para korban. Bagaimana tidak, seleksi tertulis SBMPTN memang bak tragedi kemanusiaan bagi para siswa kelas 12 SMA/SMK sederajat dan para alumni dalam upaya bersaing untuk mendapatkan kursi di PTN impian mereka masing-masing. Bayangkan saja, dari 693.185 total peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2015, hanya 121.653 peserta yang dinyatakan lolos atau sekitar 17,55% yang bisa lolos dari "lubang jarum".

Artinya, ada 571.532 peserta SBMPTN yang gagal dalam jalur kesempatan ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya. Dari sekian banyak peserta yang gak lolos, ada sebagian masuk lewat ujian mandiri, ada yang masuk PTS, tapi ada juga sebagian yang diam-diam masih menyimpan rasa penasarannya dan mau bales dendam pada ujian SBMPTN tahun depan bersama dengan adik angkatan mereka yang kini menjalani kelas 12.

Okay, bagi lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 ataupun alumni yang masih menyimpan dendam pada SBMPTN 2015 lalu, mungkin banyak yang bertanya-tanya soal semacam apa sih yang menjadi indikator seleksi masuk perguruan tinggi negeri skala nasional yang telah berhasil dengan sukses membabat habis 570 ribu peserta?? Nah, di artikel zeniusBLOG kali ini, kita akan mengupas tuntas semua soal SBMPTN 2015 berikut dengan video pembahasan setiap nomornya. Buat lo yang punya niat dan tekad yang bulat untuk mengikuti seleksi SBMPTN, artikel zeniusBLOG kali ini hukumnya sakral banget! Pokoknya wajib hukumnya buat dibaca, di-bookmark atau minimal lo catet url-nya supaya nanti-nanti lo masih bisa balik ke artikel ini.

pembahasan sbmptn 2015

 

Sebelum masuk ke menu utama (pembahasan soal SBMPTN 2015), ada beberapa artikel zenius lama yang menurut gua penting banget buat lo baca terutama dalam mempersiapkan diri untuk ujian SBMPTN. Gua amat sangat menyarankan lo untuk baca artikel-artikel ini sebagai bahan renungan dan mengatur strategi sebelum mulai belajar.. karena dalam persaingan seketat level SBMPTN, rajin belajar aja menurut gua belum cukup - selain belajar, lo juga butuh strategi yang mateng! Nah, berikut adalah beberapa artikel yang gua maksud:

Okay kalo lo perhatiin salah satu tips langkah strategi belajar SBMPTN di artikel rekomendasi gua di atas, lo kemungkinan sadar bahwa artikel ini memfasilitasi langkah pertama belajar SBMPTN, yaitu dengan coba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Okay, langsung aja deh, buat lo semua yang penasaran sebetulnya gimana sih tingkat kesulitan soal SBMPTN 2015, yuk kita lihat selengkapnya soal + video pembahasannya di bawah ini:

TKPA SBMPTN

TKD SAINTEK SBMPTN

TKD SOSHUM SBMPTN

 

Dengan lo nyoba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, itu adalah langkah awal yang bagus banget buat dapetin gambaran dari tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN. Selain itu, lo juga jadi bisa ada gambaran udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo kalo seandainya lo akan menghadapi soal SBMPTN sekarang ini..

Nah, sedikit kabar baik aja untuk menyemangati lo yang mungkin udah ciut duluan nyalinya sama tingkat persaingan SBMPTN. Pada tahun-tahun sebelumnya memang bisa dikatakan tingkat persaingan jalur SBMPTN ini relatif tinggi (hanya 15-18% yang lolos), belum lagi untuk jurusan di PTN favorit biasanya peluangnya di bawah 5%. Terlepas dari tingkat persaingan yang cukup ketat itu, Zenius mencatat secara sampling untuk tahun ajaran lalu (2014/15) pengguna Zenius baik offline maupun online ternyata memiliki peluang yang lebih tinggi. Grafik selengkapnya bisa lo lihat di bawah ini.

user zenius

Lumayanlah ya... statistically gua bisa mengatakan kalo Zenius berhasil mendongkrak dari persentase skala nasional yang cuma sebesar 15-18%  menjadi sekitar 70-75%. Moga-moga tahun ajaran ini (dan tahun ajaran selanjutnya), Zenius bisa lebih sukses mendongkrak persentase kelulusan pengguna Zenius lebih besar lagi. Nah, supaya lo tambah semangat belajar dan mempersiapkan diri untuk SBMPTN, coba lo tengok deh beberapa catatan, cerita, dan pengalaman perjuangan dari kakak-kakak angkatan lo yang udah berhasil lolos SBMPTN tahun-tahun lalu, berikut tips dan cerita dari mereka:

Selain itu, gua juga sangat merekomendasikan beberapa artikel zenius blog lain terkait SBMPTN yang penting banget buat lo ketahui, berikut di antaranya:

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Glenn soal strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • R. Muhammad Naufal

    simak sekalian bahas dong bang, hehehe

    • kalo gak salah SIMAK itu sudah masuk ke agenda rekaman para tutor, jadi tunggu tanggal mainnya aja yak! 😉

  • AlbaihaqiOS

    bang glen Xpedia 2.0 untuk alumni udah ditambahin sama pembahasan soal sbmptn 2015 gk bang?

    • di paket Xpedia 2.0 kan udah termasuk akses premium ke zenius.net sampai Agustus 2016. Nah kamu bisa gunakan akses tersebut untuk lihat pembahasan soal sbmptn 2015 secara online.

  • Deny Arya Wiranata

    Bang rupanya pas gw jawab lagi soal2 ini di rumah gw bisa cepet dan langsung bisa, gak kayak pas SBM kemarin justru entah kenapa gw berkutat mulu dengan soal2 itu terutama yang aljabar, apa karena gw udah gugup banget ya saat itu jadinya malah banyak gak kepikiran dan alhasil gak kejawab atau yang lebih parah salah. Sumpah itu pengalaman banget bang 🙂

    • iya, bisa jadi karena gugup. Dalam ujian, ada banyak faktor yg menentukan kesuksesan/kegagalan kamu, termasuk faktor-faktor non-teknis seperti gugup, dlsb... Coba kamu baca ini deh >> https://www.zenius.net/blog/7504/persiapan-sebelum-ujian

      • Deny Arya Wiranata

        Wah makasih banyak bang. Gw baru nyadar waktu itu ternyata kelamaan di matematika, coba aja seharusnya gw atur waktu ya. Hehe.

        Oh ya bang Glenn gw mau nanya, kira2 menurut lo soal SBMPTN tahun depan apa bakal menyesuaikan ke kurikulum baru yakni yang 2013? Sedangkan di sekolah gw sendiri itu kurikulum dilepas tahun lalu, yang awalnya ada peminatan udah dilepas lagi, masak masih pake kurikulum baru sedangkan gak ada pemerataan kurikulum di sekolah-sekolah seluruh Indonesia.

  • Madelin Allbrith

    Bang,kalau soal UM UGM bakalan di bahas juga ga?

    • Untuk thn ajaran 2015/16 zenius akan mengusahakan utk mengejar pembahasan SIMAK dan USM STAN, kalo agenda itu bisa terpenuhi, kemungkinan UM UGM juga akan dibahas. Kita coba upayakan yak! 😉

      • Madelin Allbrith

        Ditunggu bang! 😀

      • Ditunggu USM STAN-nya bang,
        Kalo bisa USM STIS yang bagian matematikanya

  • Ilham Akbar Riyanda

    PDF nya kapan bisa didownload bang ?

    • dalam waktu dekat PDF-nya akan kita upload juga, paling beberapa minggu ke depan udah beres 🙂

    • alfinsa

      eh ternyata udah ada yang post ttg PDF... hehehe

    • udah diupload yak PDF-nya

      • Firma Yumna

        cara download modul PDF gimana sih?

  • Zakkiyah Azka

    Aku kebetulan ga bimbel nih kak. Kira2 cukup ngga belajar dari zenius aja? Sama mau minta tips2 buat sbmptn non bimbel dong kak hehe

    • wah, kalau dinilai cukup atau nggak belajar pakai zenius sih relatif yah... tapi kalo dari testimoni kakak2 angkatan kamu sih banyak yang lulus SBMPTN dan ngakunya gak bimbel alias cuma belajar pake zenius doang. Coba aja deh kamu klarifikasi sendiri ke mereka, mention aja twitter angkatan2 lama zenius di artikel ini :

      Catatan Perjuangan Murid Zenius Lolos SBMPTN 2015
      Catatan Perjuangan Murid Zenius Lolos SBMPTN 2014
      Catatan Perjuangan Murid Zenius Lolos SBMPTN 2013

  • Esabayu

    Bang PDF nya hehe..., biar lebih mantap SBMPTN ntar

    • iya, lagi dalam proses pengetikan nih. minggu2 ke depan akan diupload yak!

      • aldi

        yeay ditunggu!!

    • udah diupload yah PDF-nya

  • Danri

    Soal usm stis juga donggg bangg hehe

  • Vania

    Kak ada email gak? Kalo bisa sih langsung aja mau titip tanya buat bang sabda. Itu brewok numbuhinnya gmna? Kan seru tuh sbm 2016 udah cerdas trs brewokan. Hehehe

  • Adhia

    gua termasuk kedalam 24,15% itu, perih men. Nyesel juga baru make zenius pas smb wkwk. Semagat balas dendam!!!

  • Soal UTUL UGM sama SIMAK juga dong bang.. Kemarin gue gagal SIMAK, sedihh.. Eh iyaa sama USM STAN jugaa, tips-tipnya nih biar makin lancar ngerjainnya..

  • Divasari Larasati Ulhaq

    ditunggu soalnya bang biar bisa sekalian ngerjain baru dibahas.. buat ngukur kemampuan juga hehehe. untuk saat ini di bookmark dulu aja yah 🙂 sekalian nitip simak UI ya bang.. susah nih anak smk mau ikut sbmptn harus fokus dari awal xD

    • udah diupload yak!

      • Divasari Larasati Ulhaq

        yang tpa, b.indonesia, b.inggris belum ada ya bang?

  • Bonaventura naipospos

    semangat

  • Yudika

    Bang, ada ga alumni yg masuk FTTM ITB tahun ini? Saya pengen bgt nanya2 dia nih, sekalian saya ga bimbel cuma ngandalin nih zenius untuk tahun depan

  • aldi

    ditunggu USM STANnya bang 😀

  • Divasari Larasati Ulhaq

    bang soal bahasa indonesia, bahasa inggris sama tpa-nya dong bang 🙂 ditunggu yaah

  • Muhamad Alishandi

    selamat sore banglen, mau tanya kalo beli xpedia 2.0 nya sekarang, zenius.net nya berlaku ampe agustus aja ato sampe tgl pembelian ? terus zenius club itu berapa lama ya bang ? thanks

    • utk xpedia 2.0 yg beredar skrg, voucher zenius.net dan zenius club (keduanya) berlaku hingga 1 Agustus 2016

      • Muhamad Alishandi

        Mau tanya lagi bang, di zenius module itu kan pembahasannya masukin kode sekian ke zenius.net, nah di xpedia itu pembahasannya disertakan apa tetep onlen ? Thanks

        • pembahasannya sudah disediakan, tapi hanya terbatas pada jenjang kelas dari paket yg kamu beli.

  • AZRA AULIA

    Ka mau nanya dong, kalau soal2 yg keluar sbmptn atau test lainnya itu seputar kelas 1-3 SMA ya?

  • Anggrit Fatoni

    Bang mau nanya untuk zenius xpedia 2.0 udh diupdate gak untuk persiapan sbmptn 2016?? Soalnya mau nyoba lgi sbm..

    Lalu itu untuk ipa atau ips atau ipc bang??
    makasih

  • Astri

    bang glen gue pusing kadang2 patah semangat gitu, karena gue dari SMK gimanaa niih bang gue takut milih jurusan hamya sekedar, tp kalo gue pilih yang bagus otomatis gue berpacu sama anak SMA

  • Dewi Merita

    Bang,yang pembahasan sbmptn 2015 geografi sama ekonomi belum di post post ya 🙁

  • Dimas Rizki Setiadi

    Assalammuallaikum bang Glenn.. kalo mau join ke zenius khusus sbmptn gimana ya bang ketentuan umum sama persyaratannya?? masih bingung saya,, hihihihih

    • Ada beberapa pilihan belajar dengan zenius :
      1. Belajar dari video pembelajaran yang bisa kamu akses secara online di zenius.net
      2. Belajar dari video secara offline melalui sekumpulan set DVD

      Cara 1 bisa kamu lakukan dengan berlangganan akses video zenius dengan bergabung menjadi premium member. Untuk menjadi premium member, kamu perlu aktivasi kdoe voucher yang bisa kamu pesan di sini >> https://www.zenius.net/voucher-purchase-online

      Cara 2 kamu bisa memesan 1 set DVD zenius, nama produknya Xpedia 2.0 . bisa kamu pesan di sini >> https://www.zeniusmultimedia.com/paket-lengkap

      • Gigih Prayitno

        kayaknya beberapa materi pembahasan soal SBMPTN, simak ui, ataupun ujian mandiri di zenius.net masih perlu dirapiin dalam meng-indeks nya deh kak..
        akan lebih enak kalo dibuatin tab khusus pembahasan soal" sbmptn, simak, um yg tahun" lalu
        gue aja nemu link ini (https://www.zenius.net/c/4620/sbmptn-2015-matematika-dasar-kode-soal-616) yang entah dari mana asalnya tadi sampe gue bookmark biar ga susah nyarinya lagi wkwkwk

  • muhammad naufal halim

    utul UGM bahas dong bang hehehe

  • Rizkyta

    bang soal sbm ipc ga ada bang? makasii

  • Annisa Rahmawati

    well- aku baru liat tingkat kelulusan dari user zenius di pilihan pertama banyak. hopefully si tahun 2016 aku juga jadi one of them yang lulus pilihan pertama berkat zenius ^^

  • Nurul Iffah Magfirah

    Kak, materi SBMPTN di zenius ini sudah terupdate? Atau memang materinya masih sama saja dengan materi sebelumnya? Maksud saya, video pembalajaran kak.

    Lalu, apakah pembelajaran SBMPTN sama dengan kalau kita ingin mendaftar di STIS?

    • materi SBMPTN di zenius selalu diupdate setiap bulan, dari video pembelajaran hingga pembahasan soal. Pembelajaran SBMPTN pada prinsipnya sama saja dengan persiapan ujian saringan mandiri berbagai PTN, seperti SIMAK UI, UTUL, STIS, PKN STAN, dll.

  • Muhammad Dani

    Bang..untuk pembahasan soal sbm 2015 ada gak?klw ads bisa beri link nya bg...
    Trimakasoh

  • Riefky

    pa glen .. soal sama pembahasan soal sbm nya ada yg berbentuk doc txt ga ? boleh saya minta kalo ada buat bahan belajar dirumah

  • Lenny Agustin

    permisi... kak soal dan pembahasan ekonomi SBMPTN tahun 2014 dan 2015 kok enggak ada ya ?

  • renny

    kak,saya alumni tahun 2015 jurusan IPA, yang ingin saya tanyakan pembagian kelompok atau jurusan yang akan dipilih pada sbmptn 2016 apakah bisa saya mengambil 3 jurusan dari ips (soshum) atau salah satu jurusan yang diambil harus ada dari jurusan ipa ?

  • Indra Putra Gunawan Banjarnaho

    wow..Amazing thanks for information... #SuccesforZeniuslearning

  • Anggun Izzul Azmiyyah

    kak aku mau ambil jurusan akutansi, tapi sebenernya lebih minat ke management, dan di sisi lain matematikaku kurang bagus? tulong berikan saran ? apakah akutansi selalu tentang matematika?