Pembahasan Soal SBMPTN 2015

Berikut adalah kumpulan pembahasan soal SBMPTN 2015 lengkap untuk TKPA, Saintek, dan Soshum, beserta tips dan strategi untuk persiapan belajar SBMPTN.

Ujian SBMPTN memang telah berlalu beberapa bulan yang lalu. Namun sedikit banyak peristiwa itu masih meninggalkan “luka” yang mendalam bagi para korban. Bagaimana tidak, seleksi tertulis SBMPTN memang bak tragedi kemanusiaan bagi para siswa kelas 12 SMA/SMK sederajat dan para alumni dalam upaya bersaing untuk mendapatkan kursi di PTN impian mereka masing-masing. Bayangkan saja, dari 693.185 total peserta yang mengikuti seleksi SBMPTN 2015, hanya 121.653 peserta yang dinyatakan lolos atau sekitar 17,55% yang bisa lolos dari “lubang jarum”.

Artinya, ada 571.532 peserta SBMPTN yang gagal dalam jalur kesempatan ini untuk mendapatkan kursi di PTN pilihannya. Dari sekian banyak peserta yang gak lolos, ada sebagian masuk lewat ujian mandiri, ada yang masuk PTS, tapi ada juga sebagian yang diam-diam masih menyimpan rasa penasarannya dan mau bales dendam pada ujian SBMPTN tahun depan bersama dengan adik angkatan mereka yang kini menjalani kelas 12.

Okay, bagi lo yang sekarang duduk di bangku kelas 12 ataupun alumni yang masih menyimpan dendam pada SBMPTN 2015 lalu, mungkin banyak yang bertanya-tanya soal semacam apa sih yang menjadi indikator seleksi masuk perguruan tinggi negeri skala nasional yang telah berhasil dengan sukses membabat habis 570 ribu peserta?? Nah, di artikel Zenius Blog kali ini, kita akan mengupas tuntas semua soal SBMPTN 2015 berikut dengan video pembahasan setiap nomornya. Buat lo yang punya niat dan tekad yang bulat untuk mengikuti seleksi SBMPTN, artikel Zenius Blog kali ini hukumnya sakral banget! Pokoknya wajib hukumnya buat dibaca, di-bookmark atau minimal lo catet url-nya supaya nanti-nanti lo masih bisa balik ke artikel ini.

pembahasan sbmptn 2015

 

Sebelum masuk ke menu utama (pembahasan soal SBMPTN 2015), ada beberapa artikel zenius lama yang menurut gua penting banget buat lo baca terutama dalam mempersiapkan diri untuk ujian SBMPTN. Gua amat sangat menyarankan lo untuk baca artikel-artikel ini sebagai bahan renungan dan mengatur strategi sebelum mulai belajar.. karena dalam persaingan seketat level SBMPTN, rajin belajar aja menurut gua belum cukup – selain belajar, lo juga butuh strategi yang mateng! Nah, berikut adalah beberapa artikel yang gua maksud:

Okay kalo lo perhatiin salah satu tips langkah strategi belajar SBMPTN di artikel rekomendasi gua di atas, lo kemungkinan sadar bahwa artikel ini memfasilitasi langkah pertama belajar SBMPTN, yaitu dengan coba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun lalu. Okay, langsung aja deh, buat lo semua yang penasaran sebetulnya gimana sih tingkat kesulitan soal SBMPTN 2015, yuk kita lihat selengkapnya soal + video pembahasannya di bawah ini:

TKPA SBMPTN

TKD SAINTEK SBMPTN

TKD SOSHUM SBMPTN

 

Dengan lo nyoba ngerjain soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya, itu adalah langkah awal yang bagus banget buat dapetin gambaran dari tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN. Selain itu, lo juga jadi bisa ada gambaran udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo kalo seandainya lo akan menghadapi soal SBMPTN sekarang ini..

Nah, supaya lo tambah semangat belajar dan mempersiapkan diri untuk SBMPTN, coba lo tengok deh beberapa catatan, cerita, dan pengalaman perjuangan dari kakak-kakak angkatan lo yang udah berhasil lolos SBMPTN tahun-tahun lalu, berikut tips dan cerita dari mereka:

Selain itu, gua juga sangat merekomendasikan beberapa artikel zenius blog lain terkait SBMPTN yang penting banget buat lo ketahui, berikut di antaranya:

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Glenn soal strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.