Macam-Macam Cara Menyusun Laporan Survey dengan Benar

Cara Menyusun Laporan Survey dengan Rapi dan Tepat

Ada banyak cara menyusun laporan survey dengan rapi dan tepat yang bisa kamu gunakan. Hal ini akan sangat membantu dalam memberikan hasil maksimal dalam hasil akhirnya. Untuk itu perlu adanya pembelajaran-pembelajaran mengenai hak tersebut, supaya semuanya bisa dilakukan dengan benar.

Macam-Macam Cara Menyusun Laporan Survey dengan Benar
Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Macam-Macam Cara Menyusun Laporan Survey dengan Benar

Terdapat bermacam-macam cara menyusun laporan survey dengan benar dan lengkap. Semua hal itu memang harus dilakukan untuk mencapai tulisan yang bagus dan rapi. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

1. Membagi Laporan menjadi Beberapa Bagian Penting

Membagi Laporan menjadi Beberapa Bagian Penting
Image by Andreas Breitling from Pixabay

Cara pertama dalam menyusun laporan survey yakni melakukan pembagian laporan menjadi beberapa bagian penting. Biasanya, tiap bagian laporan penelitian akan diringkas menjadi beberapa bagian lagi. Namun, formatnya setiap laporan memiliki beberapa macam perbedaan.

Untuk pembagian format penulisannya diantaranya adalah bagian judul, daftar isi, abstrak dari penelitian, latar belakang penulisan serta tujuannya, metode yang digunakan, hasil dari kegiatan tersebut, simpulan dan juga rekomendasi dari pihak peneliti dan terakhir yakni lampiran jika perlu.

2. Menulis satu sampai dua Bagian Rangkuman

Menulis satu sampai dua Bagian Rangkuman
Image by Free-Photos from Pixabay

Langkah selanjutnya adalah menuliskan satu sampai dua bagian rangkuman dari hasil penelitian tersebut. kamu harus menuliskan beberapa ringkasan untuk dijadikan sebagai bagian abstrak dalam laporan survey yang akan dibuat nantinya.

Abstrak ini berisi tentang kata kunci yang dipakai dalam melakukan penyusunan laporan survey. Bagian tersebut biasanya hanya berisi beberapa paragraf saja. Letaknya yakni pada awal lembar penelitian yakni di halaman kedua setelah bagian judul penelitian.

3. Membuat Ringkasan yang Meliputi Semua Isi Survey

Membuat Ringkasan yang Meliputi Semua Isi Survey
Photo by Lukas from Pexels

Berikutnya dalam menyusun laporan survey yakni membuat ringkasan yang meliputi semua isi survey. Jadi, selain membuat ringkasan untuk bagian abstrak, kamu juga sebagai peneliti harus membuat rangkuman kembali sebagai tulisan yang memuat semua bagian halaman penelitian.

Biasanya ringkasan ini berada pada halaman akhir yang diletakkan dalam bab simpulan dan juga rekomendasi. Pada bagian tersebut semua rangkuman buatan penulis akan dicantumkan secara lengkap. Kemudian ditutup dengan poin kedua yang berisi rekomendasi penulisnya.

4. Rekomendasi yang Dibuat Penulis dari Hasil Survey yang Dilakukan

Rekomendasi yang Dibuat Penulis dari Hasil Survey yang Dilakukan
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Bagian berikutnya dalam menyusun laporan survey yakni rekomendasi dibuat penulis penelitian dari hasil survey yang telah dilakukan. Semua itu nantinya akan menjadi sebuah saran dari pihak peneliti mengenai hasil dari penelitian tersebut. Laporan itu akan digunakan sebagai bahan tambahan untuk penelitian lanjutan.

Setiap peneliti pasti akan melakukan pengembangan penelitian serupa yang telah dilakukan. Atau juga memutuskan untuk membuat jenis penelitian baru. Kedua kemungkinan tersebutlah yang akan terjadi dalam hal pembuatan laporan survey seseorang.

5. Latar Belakang Berisi Tujuan Penelitian

Latar Belakang Berisi Tujuan Penelitian
Image by Pexels from Pixabay

Cara selanjutnya yakni membuat bagian bab latar belakang yang isinya adalah tujuan penelitian tersebut. kamu harus mencantumkan beberapa macam penyebab melakukan pengangkatan pada topik tersebut. Ini akan membantu dalam membuat tujuan pada bagian ini.

Biasanya terdapat beberapa poin mengenai tujuan penelitian ini. Latar belakang ditulis dengan cara mendeskripsikan mengenai hal-hal umum terkait judul atau tema yang diangkat dalam survey tersebut. Kemudian setelah itu baru membuat tujuan penelitian dengan poin-poin.

6. Menyampaikan Target Populasi

Menyampaikan Target Populasi
Photo by RF._.studio from Pexels

Menyampaikan target populasi yang akan digunakan dalam laporan penelitian menjadi salah hal yang harus untuk ditentukan. Karena ini sangat penting untuk kamu atur sebaik mungkin. Hal tersebut akan menjadi bagian dari penjelasan-penjelasan dari pihak observasi lapangan.

Setelah membuat dan menyampaikannya, kamu bisa melakukan penentuan jumlah target populasi dengan baik. Sebaiknya gunakan jumlah data secukupnya saja. Hal ini akan lebih menghemat energi ketika dengan menjalankan proses survey.

7. Mencantumkan Variabel Penelitian yang Digunakan

Mencantumkan Variabel Penelitian yang Digunakan
Image by StockSnap from Pixabay

Melakukan pencantuman variabel penelitian yang digunakan dalam survey. Setelah menentukan pilihan yang sesuai dengan keinginan kamu, maka langkah selanjutnya adalah dengan membuat dna melakukan penelitiannya.

Lakukan penelitian dengan baik, supaya hasil survey nanti dapat sesuai dengan ekspektasi yang telah diperkirakan. Selain itu, menuliskan variabel penelitian akan bisa membuat kamu lebih mudah melaksanakan survey. Semuanya juga akan dapat berjalan dengan baik.

8. Menuliskan Latar Belakang Data dengan Mencantumkan Penelitian Serupa sebelumnya

Menuliskan Latar Belakang Data dengan Mencantumkan Penelitian Serupa sebelumnya
Image by Pixabay

Yang terpenting berikutnya saat menyusun laporan survey adalah menuliskan latar belakang data dengan mencantumkan penelitian serupa. Untuk dapat melakukan pengembangan terhadap survey yang telah dilakukan sebelumnya. Ini akan sangat membantu dalam memperbaiki kualitas laporan yang lalu.

Dengan melakukan penelitian baru yang merupakan hasil dari pengembangan observasi dan laporan sebelumnya, maka tulisan kamu akan semakin bagus. Bahkan semuanya akan bertambah lebih mudah dan tidak lagi mengalami sesuatu masalah apapun.

9. Memberikan Penjelasan mengenai Metode yang Digunakan dalam Survey

Memberikan Penjelasan mengenai Metode yang Digunakan dalam Survey
Image by Julián Amé from Pixabay

Berikutnya yakni memberikan penjelasan mengenai metode yang digunakan dalam survey dengan jelas dan tepat. Hal tersebut memang sangat perlu untuk dilakukan dengan tepat dan jelas. Dengan begitu, semua hasil tersebut akan semakin membantu kamu.

Selain itu, memberikan penjelasan tentang metode penelitian ini juga akan membantu pembaca. Terutama dalam memahami mengenai langkah atau cara yang digunakan oleh para peneliti. Khususnya untuk dapat melakukan penelitian yang serupa.

10. Menyampaikan Tujuan Penelitian pada Bab Latar Belakang

Menyampaikan Tujuan Penelitian pada Bab Latar Belakang
Photo by Keira Burton from Pexels

Terakhir yakni menyampaikan tujuan dari diadakannya survey pada bab latar belakang. Umumnya penjelasan tentang tujuan penelitian ini dilakukan dengan menuliskannya dengan format per poin. Jadi penjelasannya tidak ditulis dengan deskripsi tulisan.

Ini dilakukan untuk dapat memberikan penjelasan-penjelasan mengenai tujuan diadakannya survey tersebut. Dengan begitu akan diketahui apa saja manfaat bagi peneliti dan juga banyak orang tentang dilakukannya kegiatan tersebut.

Demikian pembahasan mengenai cara menyusun laporan survey. Hal ini akan sangat berguna untuk memberikan penjelasan-penjelasan kepada semua orang mengenai banyak hal. Termasuk langkah-langkah dalam melakukan penyusunan tulisan dalam penelitian tersebut.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Induksi Matematika dalam Membuktikan Rumus
Cara Memahami dan Mengerti Teknologi Digital
Cara Mengukur Keliling Bumi
Cara Mengetahui Pentingnya Membuktikan Rumus
Cara Meneliti Studi Kasus dengan Baik dan Benar

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini

Bagikan artikel ini: