Mau cerita perjuangan lo masuk kampus? Ikutan lomba blog zenius yuk!

Informasi kompetisi menulis artikel blog Zenius tentang perjuangan diterima kuliah, dari topik, cara menulis, cara daftar, dan hadiahnya dibahas.

Halo guys, gimana kabarnya nih hasil pengumuman SBMPTN 2015 tanggal 9 Juli kemarin? Buat lo yang akhirnya keterima masuk universitas baik melalui jalur SBMPTN maupun jalur Ujian Mandiri, gua ucapkan SELAMAT yaaa! Moga-moga akhirnya lo mendapatkan hasilnya yang pantas sesuai dengan perjuangan belajar lo selama ini. Selain itu, gua juga mau ngucapin makasih banget atas testimonial lo yang keren-keren tentang kesan belajar bareng zenius baik melalui twitter maupun social media lain. Buat lo yang ketinggalandan mau ikutan ngisi testimonial singkat, bisa langsung gabung dengan ngisi survey di sini >> Input Testimonial Pengguna Zenius Pasca Pengumuman SBMPTN 2015

Biasanya nih, kalo abis pengumuman SBMPTN gini nih, suka banyak nongol artikel blog pribadi dari kalangan murid zenius yang nulis tentang kisah seru perjuangan belajar mereka untuk lolos SBMPTN maupun UM. Tebakan gua kalo dari baca beberapa testimonial pengguna zenius yang masuk sejauh ini, kayaknya emang cukup banyak yang gatel banget pengen cerita panjang lebar tentang kisah perjuangannya dalam belajar pake produk zenius sepanjang tahun ajaran 2014/15 kemarin. Nah, berhubung form testimonial kemarin mungkin rada kagok kalo mau cerita panjang lebar, gua jadi kepikiran untuk menyemangati lo semua yang beneran serius serius cerita (sekaligus juga memicu yang tadinya gak kepikiran mau cerita, jadinya pengen cerita) dengan membuat Kompetisi nulis BLOG dengan tema: “Perjuangan gue masuk kampus bareng zenius!”

Yup! Zenius bikin kompetisi blog lagi nih! Gua pikir moment-nya lumayan enak juga nih kalo zenius bikin lomba kompetisi blog, sekalian buat ngisi waktu liburan menjelang (dan setelah lebaran). Daripada lo bingung ngabuburit mau ngapain, mending lo menyalurkan rasa kegembiraan lo dengan menuangkan cerita lo dalam bentuk tulisan di blog pribadi lo masing-masing. Okay, sekarang langsung aja deh gua bahas informasi, persyaratan, hadiahnya berupa apa, dsb. Kita mulai dengan konsep lombanya dulu yuk!

menulis blog

Konsep Kompetisi Blog Zenius

Mungkin sebagian dari lo ada yang inget kalo zenius juga sempet bikin kompetisi lomba blog bulan Desember 2014 lalu. Pada prinsipnya sih, konsep lomba kali ini mirip banget dengan sebelumnya, cuma tema-nya sekarang khusus untuk kisah perjuangan masuk kampus. Jadi konsepnya, lo tinggal nulis aja tentang kisah perjuangan lo belajar masuk kampus dari misalnya dapet SNMPTN, lolos SBMPTN atau Ujian Mandiri di blog pribadi lo masing-masing, tapi dalam cerita lo itu, pastikan juga lo ceritain tentang bagaimana zenius berperan dalam kisah perjuangan lo dan membantu lo buat lolos.

Zenius cuma ngasih 1 syarat aja untuk kompetisi ini : Lo wajib mencantumkan hyperlink ke domain zenius.net atau zenius.net/blog di dalam artikel yang lo tulis nanti. Hyperlink itu boleh mengarah pada laman salah satu video di zenius.net misalnya: halaman latihan soal TPA, atau misalnya ke salah satu artikel di blog zenius yang lo pikir udah banyak menginspirasi lo untuk bisa kuliah. Okay, gampang banget kan syaratnya?

Nah, mungkin sebagian dari lo masih ada yang bingung apa maksudnya “mencantumkan hyperlink ke domain zenius” atau gak tau gimana cara melakukannya. Okay, buat lo yang belum ngerti istilah hyperlink itu apa, berikut penjelasan gue: kalo lo perhatiin, pada hampir semua tulisan di blog zenius selalu ada kalimat yang berwarna biru, terus kalo diklik kamu akan diarahkan pada website lain yang merupakan sumber referensi dari kalimat tersebut – Nah, itulah yang namanya hyperlink! Sekarang bagi lo yang belum tau gimana caranya gunain hyperlink, nih gua kasih tau caranya dengan 4 tahap:

hyperlink

Okay, sekarang udah ngerti yah kira-kira maksudnya hyperlink itu apa? Udah kok syaratnya cuma satu itu doang, simpel banget kan? Gak perlu bikin pendaftaran segala macem, apalagi harus bayar lagi ini-itu. Nah, berikut ini adalah beberapa informasi penting terkait lomba ini:

Informasi terkait Kompetisi Blog Zenius

1. Apa tema tulisan artikel lomba blog zenius kali ini?

Temanya tentang : Perjuangan gue masuk kampus bareng zenius! Perlu ditekankan bahwa tema lomba ini bukan (tidak harus) menjadi judul artikel lo nantinya. Lo bebas bikin judul kayak gimanapun juga, karena emang tentu perjuangan masuk kampus tiap orang beda-beda. Ada yang masuk lewat jalur SNMPTN, jalur SBMPTN, UM/USM dan sebagainya –  yang penting isi ceritanya emang terkait dan relevan dengan tema lomba kali ini, yaitu “perjuangan masuk kampus bareng zenius”.

2. Gue gak biasa nulis di blog nih, indikator tulisan yang bagus itu kayak gimana sih?

Naah.. buat lo yang mungkin kurang pede sama kemampuan menulis lo, atau yang penasaran biasanya penilaian pemenang dari zenius itu berdasarkan hal apa saja, lo bisa coba baca 2 referensi tulisan ini.

3. Gimana caranya daftar jadi peserta lomba?

Okay, untuk pendaftaran peserta lomba akan digabung sekaligus dengan form penyerahan artikel dari blog pribadi lo masing-masing. Caranya tinggal ngisi data diri sekaligus kasih link ke artikel buatan lo di sini aja:

Kumpulin Hasil Tulisan Lo Di Sini

4. Kapan batas akhir waktu penyerahan artikelnya?

Batas akhir submit artikel untuk kompetisi blog zenius kali ini adalah SENIN, 27 JULI 2015. Satu orang peserta boleh ngirim lebih dari 1 artikel sebanyak apapun, tapi satu orang peserta hanya maksimal bisa menang satu kali doang.

5. Apa hadiah lombanya?

Hadiah kompetisi blog kali ini adalah 5 buku impor super keren yang berisi pesan tertulis dan tanda tangan langsung dari tutor favorit pilihan lo sendiri! Lima buku keren ini udah gua persiapkan khusus buat 5 orang pemenang lomba blog zenius. Apa aja sih bukunya?

  • Guns Germs and Steel by Jared Diamond
  • the Grand Design by Stephen Hawking & Leonard Mlodinow
  • the Origin of Species by Charles Darwin
  • What Evolution is by Ernst Mayr
  • the Diary of Young Girl by Anne Frank

Review Buku hadiah untuk 5 Pemenang Lomba Blog

Hadiah lomba blog zenius
5 buku special untuk 5 pemenang lomba blog zenius

Okay supaya lo lebih bersemangat untuk ikut serta dalam lomba blog kali ini, mungkin gua perlu sedikit kasih review tentang buku-buku ini. Emangnya sekeren apa sih 5 hadiah buku yang bisa lo dapetin kalo lo menjadi salah 1 dari 5 pemenang lomba blog ini? Okay langsung aja deh gua kupas 5 buku keren yang bisa lo dapetin + berisi pesan dan tanda tangan tutor zenius favorit pilihan lo.

1. Guns Germs and Steel by Jared Diamond

GGSSampai dengan hari ini, buku ini bisa disebut sebagai salah satu buku geo-antropologi paling revolusioner yang pernah ditulis. Buku ini merupakan hasil penelitian seorang professor geografi di Papua (baik Papua barat bagian Indonesia, maupun Papua Nugini) selama puluhan tahun! Emang apa sih penelitian prof J.Diamond? Sejak 13.000-10.000 tahun yang lalu, manusia yang tersebar di seluruh penjuru bumi mengalami transisi dari cara hidup berburu dan ngumpulin makanan menjadi mulai berani untuk memanfaatkan siklus alam seperti bercocok tanam dan beternak. Sejak proses transisi ini dimulai, umat manusia melewati fase perkembangan teknologi dan budaya yang luar biasa cepat. Herannya, perkembangan teknologi dan budaya ini tidak berjalan merata di setiap wilayah di dunia ini, ada peradaban yang berkembang pesat, ada yang berjalan lambat, ada yang mandek, dan ada juga yang bergerak ke arah yang lain. Puncaknya ketimpangan peradaban dan teknologi di dunia ini terasa ketika masa eksplorasi Eropa 1418-1957, dimana seluruh dunia merasakan shock-culture karena peradaban modern antar benua untuk pertama kali mulai terhubung dan saling bertemu satu sama lain.

Nah apa yang yang ditulis J.Diamond pada buku ini adalah penjelasan mengapa peradaban dunia modern saat ini mengalami ketimpangan budaya yang cukup jauh. Mengapa bangsa Eropa bisa mengalami proses perkembangan tekonologi yang begitu cepat? Buat lo yang penasaran, gua saranin lo bikin tulisan yang sekeren mungkin supaya lo bisa dapetin buku ini!

PS. Resensi buku ini sudah pernah dibahas di artikel zenius sebelumnya.

2. the Grand Design by S.Hawking & L.Mlodinow

GDPada masa kuliah, Stephen Hawking (21 tahun) didiagnosa terkena Amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang artinya dia akan lumpuh, bisu, dan kemungkinan besar meninggal dalam 2 tahun ke depan. Dua tahun setelah vonis kematian dari dokter, Hawking meraih gelar Doktoral S3 (Phd) di bidangTheoretical Physics dari Universitas Cambridge pada umur 24 tahun dengan hasil tesisnya yang sangat mencengangkan! Setelah tesisnya terbit mengenai penalaran tentang waktu, Hawking terus fokus memperdalam theoretical physics dalam mengungkap banyak pertanyaan terbesar manusia sepanjang masa tentang hakikat ruang, waktu, dan seluruh hukum fisika di jagat raya ini! Nah, kalo lo selama ini mungkin selalu diajarin fisika dengan cara yang rumit dan bikin pusing sama guru fisika lo… gua jamin lo akan takjum banget kalo diceritain tentang serunya hukum fisika sama MAHAGURU Fisika dalam buku ini. Berkolaborasi dengan rekannya L.Mlodinow yang juga Doktor Fisika, Hawking membuat buku yang merangkum seluruh hukum Fisika dari mulai astrofisika yang menjelaskan benda-benda langit yang begitu besar, hingga kuantum fisika yang menjelaskan pergerakan atom yang sangat kecil. Penasaran gimana rasanya diajarin sama Mahaguru Fisika itu sendiri tentang fakta-fakta penemuan paling update yang mungkin bahkan guru sekolah lo sendiri belum tau? Coba jadi 1 diantara 5 pemenang dan dapetin buku ini!

 

3. the Origin of Species by Charles Darwin

OFSBisa dibilang buku ini adalah salah satu buku jurnal sains paling legendaris sekaligus paling kontroversial sepanjang sejarah peradaban manusia modern. Dipublikasikan 24 November 1859, buku ini langsung bikin geger semua ilmuwan di seluruh dunia. Apanya sih yang bikin gempar? Pada intinya, buku ini berisi jurnal perjalanan C.Darwin untuk meneliti keanekaragaman seluruh spesies makhluk hidup yang ada di dunia. Sebagaimana setiap revolusi dalam ilmu pengetahuan (dari mulai galileo hingga einstein) hampir selalu penemuan yang revolusioner itu awalnya memicu banyak kontroversi, ada yang tidak percaya, mencemooh, bahkan menganggap Darwin orang sinting. Mirisnya, orang-orang yang bilang teori Darwin itu keliru, ngaco, dsb… sebetulnya malah gak ada yang pernah baca buku ini, apalagi sampai tau proses observasi yang dia lakukan. Terlepas dari segala kontroversi yang melekat pada buku ini, kita harus akui bahwa prinsip dasar yang ditemukan Darwin ini telah menjadi basis pemahaman ilmu biologi modern, dari mulai rekayasa genetika, penanaman bibit unggul di bidang pertanian, sampai menjadi asumsi dasar dunia medis dalam pembuatan obat untuk melawan bakteri ganas. Penasaran sama buku jurnal sains paling legendaris sekaligus kontroversial ini? Maka lo wajib baca buku sains klasik yang satu ini 🙂

 

4. What Evolution is by Ernst Mayr

9780465044269Okay, buku ini khusus buat lo semua yang suka banget sama pelajaran Biologi dan ngefans sama Kak Pras sang maestro Biologi zenius. Kalo dalam buku the Origin of Species karya Darwin lo akan diajak mengikuti proses observasi Darwin tentang seleksi alam. Maka buku ini merangkum secara komplit tentang konsep evolusi dari mulai seleksi alam dan juga mutasi genetik serta serangkaian bukti observasi dia yang kemudian menjelaskan kepada kita tentang keanekaragaman hayati seluruh makhluk hidup di dunia ini. Selain menjelaskan tentang diversifikasi makhluk hidup, Ernst Mayr juga menjelaskan bagaimana teori evolusi juga menjadi pedoman dalam pemahaman kita akan hal-hal yang esensial pada biologi seperti hakikat dari makhluk hidup, sampai pada kepentingan praktis di bidang lain seperti rekonstruksi sejarah peradaban manusia dari jaman pra-sejarah hingga peradaban modern. Ditulis oleh salah satu figur Biologi yang paling terkenal di abad 20, Ernst Mayr bisa dibilang sebagai seorang mahaguru Biologi yang telah mencurahkan seluruh hidupnya untuk disiplin ilmu Biologi selama 100 tahun hidupnya! Penasaran gimana rasanya baca tentang konsep paling hakiki dari Biologi dari tulisan seorang mahaguru biologi itu sendiri? Coba tulis pengalaman lo masuk kampus dan rebut hadiah buku ini! 😉

 

5. the Diary of Young Girl by Anne Frank

anne frankSetiap genre buku, biasanya punya icon tersendiri, katakanlah buku Sherlock Holmes untuk genre detektif, untuk genre science-fiction ada Star Wars, untuk genre young-adult fantasy ada buku Harry Potter. Nah untuk buku bergenre autobiografi buku apa nih yang jadi icon? Mungkin tebakan lo, kisah autobiografi yang paling populer berisi tentang kisah perjalanan hidup tokoh-tokoh besar abad 20 seperti Einstein, Gandhi, atau Nelson Mandela. Suprisingly, buku yang menjadi icon genre autobiografi dan menjadi buku autobiografi yang paling banyak dibaca orang-orang di seluruh dunia justru ditulis oleh seorang bocah berumur 14 tahun! Wah, emang apanya yang spesial dari anak berumur 14 tahun bernama Anne Frank ini? Sebetulnya yang menarik dari autobiografi ini bukan karena diambil dari tokoh dunia yang terkenal, tapi justru karena ditulis oleh anak biasa-biasa saja yang menjadi korban perang dunia II dan harus hidup dalam pelarian bertahun-tahun di bawah kejaran tentara NAZI Jerman. Sejak buku ini dipublikasikan tahun 1947, jutaan orang di dunia membaca buku ini ibarat sebuah cermin yang menyadarkan tentang kondisi horor-nya perang yang sesungguhnya – dimana horor bernama perang itu seringnya bukan cuma konfrontasi militer antar tentara, tapi seringnya justru mengorbankan pihak-pihak yang sebetulnya tidak patut menderita, seperti Anne Frank yang masih banyak berharap dan bermimpi akan masa depan. Dalam buku ini, lo bisa mengintip buku harian sebenarnya tentang horor perang dunia 2 yang tidak dibuat-buat dan benar-benar nyata seolah-olah lo yang mengalami sendiri kejar-kejaran dengan tentara NAZI. Buat lo yang demen tentang sejarah perang dunia, politik, atau penasaran dengan curhatan seorang anak dari masa lalu yang berada di tengah kondisi perang yang paling mengerikan di abad 20, coba lo dapetin buku ini yak! 😉

****

Okay, barusan adalah review singkat 5 buku keren untuk hadiah pemenang lomba blog kali ini, moga-moga bisa jadi penambah semangat lo buat nulis kisah perjuangan lo buat masuk kuliah, sekaligus dapetin salah satu diantara 5 buku tersebut.  Sekali lagi, selamat buat lo yang udah keterima masuk universitas, jangan lupa semua prinsip belajar dan pengetahuan yang lo dapetin di zenius. Semoga tetap berguna di masa perkuliahan nanti, bahkan sampai kapanpun selama lo masih punya ambisi dalam belajar! Salam dari Zenius Education, take care yah guys! 🙂

==========CATATAN EDITOR===========

Okay, buat lo yang mungkin masih belum ngerti atau mau nanya-nanya tentang persyaratan lomba, langsung aja tinggalin komen di bawah artikel ini, nanti akan coba dijawab langsung sama Glenn. Buat lo yang udah bikin artikelnya dan mau langsung submit, bisa langsung ke link di bawah ini :

KUMPULIN HASIL TULISAN LO DI SINI

Lomba Blog zenius Juli 2015-4

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan membership zenius.net di sini.