Perbedaan molaritas dan molalitas

Perbedaan Rumus Molaritas dan Molalitas

Artikel ini akan membahas perbedaan rumus molaritas dan molalitas dan contoh soalnya

Halo, Sobat Zenius! Kalian ada yang masih suka ketuker ga, antara molaritas dan molalitas? Kedua rumus ini emang dari segi kata, pengertian, dan rumusnya emang sebelas-duabelas banget yang bikin banyak siswa yang suka ketuker antara molaritas dan molalitas.

Disini gua bakal kasih tips biar kalian ga ketuker dan gak cepet lupa antara molaritas dan juga molalitas sehingga kalian ga bakal pusing lagi buat bedain keduanya

Perbedaan molaritas dan molalitas

Perbedaan Rumus Molaritas dan Molalitas

Sebelum kita membahas lebih lanjut antara keduanya, kita harus mengetahui secara definisi, apa sih itu molaritas dan molalitas? by definition, Molaritas menyatakan jumlah mol suatu zat per liter. Molaritas ini dilambangkan dengan huruf “M” dengan satuannya molar atau M yang setara dengan mol/liter. Simplenya, Misalnya ada 1.0 liter larutan yang mengandung 0.5 mol senyawa X, maka larutan ini disebut larutan 0.5 molar (0.5 M). Pengertian ini dapat diformulasikan sebagai rumus seperti ini…

Rumus molaritas

Keterangan
M = Konsentrasi Molar
n = mol larutan
v = Liter larutan


Nah terus apa bedanya dengan molalitas?
Nah, molalitas ini memiliki pengertian/definisi yang serupa namun tak sama, molalitas menyatakan ukuran konsentrasi dari suatu zat terlarut di dalam suatu larutan dalam hal jumlah zat dalam sejumlah massa tertentu dari pelarut. Simplenya, Molaritas itu satuan mol zat per volume, sedangkan Molalitas itu satuan mol zat per berat. Jika dibikin jadi rumus, maka rumus molalitas adalah seperti ini…

Molalitas

Keterangan
m = Konsentrasi Molal
n = mol larutan
kg = berat larutan

Buat kalian yang masih bingung sama definisi di atas, kalian bisa simak video penjelasan dari zenius disini ya!

Contoh Soal Rumus Molaritas dan Molalitas

Biar kalian lebih paham lagi mengenai rumus Molaritas dan Molalitas serta perbedaannya, gua bakal kasih salah satu contoh soal…

Berapa besar Massa glukosa (C6H12O6) yang terdapat dalam 500 mL larutan glukosa 0,1 M? (Ar C = 12, H = 1, dan O = 16)
A. 1.8 g
B. 3.6 g
C. 9,0 g
D. 18 g
E. 90 g

Nah buat jawab soal ini lumayan tricky karena dalam soal tidak langsung diberi tahu besaran mol-nya, sehingga kalian harus mencari dulu mol dari glukosa dengan menggunakan massa atom relatif yang pernah gua jelasin di sini.

Mr C6H12O= (Ar C×6) + (Ar H×12) + (Ar O×6)
= (12×6) + (1×12) + (16×6)
= (72) + (12) + (96)
180

Nah, setelah lu dapetin rumus Mr dari glukosa, tinggal kalian masukin deh ke persamaan di bawah.

Rumus molaritas
Perbedaan Rumus Molaritas dan Molalitas 9

gr = 9 gram

Nah, akhirnya kalian dapet deh berat molekul glukosa dengan menggunakan molaritas, yaitu sebesar 9 gram!

Mungkin itu aja yang bisa gua sampein mengenai perbedaan rumus molaritas dan molaritas, buat kalian yang mau belajar lebih dalam mengenai molaritas dan molalitas, kalian bisa simak video penjelasan dari zenius di sini ya!

Baca Artikel lainnya

Hukum Lavoisier: Bunyi dan Contoh Soal

Hukum Boyle: Rumus, Contoh Soal, dan Penerapan

Tata Nama Senyawa Hidrokarbon beserta Contoh Soalnya

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Molaritas

https://id.wikipedia.org/wiki/Molalitas

Bagikan artikel ini: