Bahri Testimonial: Zenius Changed My Life

Hello Guys. Zenius Blog mau nampilin lagi nih curhatan perjuangan salah satu alumnus Zenius. Tahun lalu, kita udah angkat cerita Kinan yang bisa kuliah sampe ke Jepang. Kali ini kita mau angkat cerita Bahri. Btw, kalo lo juga bisa  liat testimonial anak-anak zenius 2014 lain yang buanyak banget. Lengkap sampe kita upload file pdf testimonialnya.

Oke, kenapa sekarang kita mau angkat cerita doi ke blog kali ini? Karena banyak staf dan tutor-tutor Zenius yang ngeliat progress si Bahri ini gila banget selama dia belajar di Zenius. Dan gw yakin, banyak banget lo yang di luar sana yang mungkin punya starting point kayak Bahri. Lo bakal bisa liat sendiri bahwa bakat bukanlah segalanya. Perjuangan atau yang sering kita paparin tentang deliberate practice, itu harga mati buat meraih impian lo! Dan, ngga ada kata terlambat untuk mengubah keadaan seberapa absurdnya kondisi lo saat ini.

So, langsung cekidot aja yuk ceritanya doi di bawah ini...

=====================================================================

Pada tahun 2012, hiduplah seorang anak SMA yang berasal dari Bandung bernama Muhamad Syamsul Bahri biasa dipanggil Bahri. Saat itu, dia sedang sibuk-sibuknya main game online dan sedikit belajar. Dalam kesehariannya, Bahri nikmatin hidupnya seenak lemper aje. Ga mikirin apa yang akan terjadi di tahun depan. Apa itu?? Ya, apalagi kalo bukan Tes masuk Perguruan Tinggi.

Bahri berpikir (atau mungkin dia bahkan ngga mikir sama sekali) apa bedanya tes masuk PTN sama ujian-ujian sekolah yang biasa. Karena dia ngerasa selama ini kehidupan akademisnya lancar jaya terus… SD lulus rata-rata 8, SMP lulus rata-rata 8 ++, SMA juga 8++. So, dengan kesibukan main game yang luar biasa, kehidupan akademis Bahri pun mulus dan sangat lancar seperti orang lagi kena diare.

Sampai akhirnya, tibalah waktunya saat dia akan menghadapi tes masuk Perguruan Tinggi. Jeng-jeng‼

Nah, di sini mulai dari sini ganti “DIA”-nya jadi “GW” ya…

Gw waktu SMA nyangkut ke jurusan IPA. Kenapa nyangkut? Soalnya sebenarnya nih, gw ngga bisa masuk IPA karena waktu itu jelas-jelas nilai gw kurang. Tapi mungkin entah karena guru SMA gw emang baik sih. Jadi, gw dikasih tugas nggak jelas gitu buat nambah nilai, eh akhirnya bisa masuk IPA deh 😛

Dari dulu gw pengennya masuk FIKOM (Ilmu Komunikasi). Kemungkinan besar karena terinspirasi dari keluarga sih. Abang gw Jurnalis dan beberapa sodara gw ada yang jadi Jurnalis juga. Tapi kan gw IPA, dan ternyata FIKOM itu ranah IPS. Mati dah gw. (Ckckckck, kenapa sih guru gua baik, jadi nilai gua bisa masuk IPA!)

Karena gw anak IPA, gw mikir, ”Ah udah cari yang sesuai jurusan ajalah yah.. Biar lancar jaya -seperti orang lagi diare.

 

CHAPTER 1 – KENAL ZENIUS PERTAMA KALI

Dari tahun ajaran 2012, gw kebanyakan main game aja. Baru pas 2013, gw deh mulai ada niat belajar dikit.

Gw mulai ikut bimbel deket rumah, bimbelnya IPA. Walaupun menurut gw tempat bimbelnya boleh dibilang bagus, tapi ga ada peningkatan seperti yang gw harepin. Di sini, gw masih pengen milih ITB Pertambangan karena biar sesuai jurusan. Memang tipikal banget ngga sih, anak SMA culun-culun gitu kaya gw pengen pertambangan?? 😀 Padahal gw nggak kepikiran sama sekali gimana dunia pertambangan itu.

Terus, pas bulan Oktober 2013, gw tiba-tiba mulai concern sama keadaan lingkungan kita, isu-isu global warming muncul di kepala gw. Timbullah keinginan gw buat masuk FTSL (Fakultas Teknik Sipil dan lingkungan) ITB juga. Jadi antara Pertambangan atau FTSL ITB.

Nah, justru ketika gw berada diantara 2 pilihan antara Tambang dan FTSL ITB itulah, gw ketemu Zenius di akhir-akhir Oktober 2013.

Jadi ceritanya, gw kan lagi nyari-nyari soal, ke ziddu lah, kaskus lah, 4shared, semua pdf gw download-in. Terus waktu itu gw pernah bikin pake spidol warna-warni di kertas gitu, bikin istilahnya “simbol” bahwa gw akan belajar dengan bener, isinya...

TARGET BULAN OKTOBER :

  • Ngapalin 10 rumus FISIKA
  • Ngapalin 5 rumus MATEMATIKA
  • Ngapalin BIOLOGI 5 BAB
  • Dan bla.. blaa..blaa….”

 

Kecapai nggak sih target gw?? Tentu tidak.. Wkwkwk.

Gw ini orangnya malesan. Walaupun dengan bikin target-targetan kaya gitu udah merupakan suatu “hal yang boleh dibilang rajin”, tapi ya, cuma sekadar simbol aja. Nggak dijalanin juga karena gw masih belum kebayang sama "apaan sih yang bakal gw dapetin dari semua yang gw siapin sekarang ini."

Lalu, gw kan masih suka download-in soal, kali ini salah satunya dari Zenius. Ketika gw ngerjain soal dari Zenius, gw masuk tuh kan ke website zenius, liat video-video Sabda. Dan….

“Gila ini yang gua cari cari!‼!‼”

“Nah bener bener bener, Iya gituh gituh…”

“Ah Emang Pendidikan Indonesia Kacau”

“Yess Ternyata Males Bukan Hal yang Negatiff‼!”

“Wohh Kuliah tuh harus sesuai MINAT toh!‼!

“Gilak Corat-Coretan Target Bulanan gw Ternyata Sampah”

 

Kira-kira itu beberapa ekspresi gw pertama tau zenius!

Wah langsung aja, gw beli voucher yang 6 bulan. Terus, gw pake kan tuh, nilai-nilai sekolah gw meningkat dengan signifikan! Tau nggak sih lo?! Gw pernah dapet 100 ulangan Matematika sampe 4x! Dan baru kali itu juga, nilai Fisika gw lebih bagus dari bahasa Sunda! Hahaha.

Tapi, gw masih bermasalah di pelajaran Biologi atau Kimia. Mungkin karena orangnya malesan, gw nonton zenius emang istilahnya rada “ngasal” banget. Gw buka videonya loncat-loncat. Semau gw aja, yang lagi gw mau tonton aja. Dan waktu itu gw nggak terlalu musingin.

Baru deh setelah beberapa bulan pas kelas 12, gw udah bisa ngerasain feel-nya integral, udah bisa ngotak-ngatik persamaan gelombang, gw juga udah bisa ngerjain matriks sambil lepas tangan. Hehehe, ga deng :p

Pas bulan April deket-deket UN, karena udah ketemu zenius jadi gw pikir, “Ah, udahlah gampang UN mah.” Ciat!! Lulus..

Karena gw udah mulai bisa mikir lagi bahwa kuliah harus sesuai minat, gw jadi keinget lagi niat dulu buat masuk FIKOM. Akhirnya gw murtad, yaitu ambil jurusan ilmu komunikasi. Cuma 2 minggu nih belajar, sempet nggak, ya? Ternyata kagak!

 


TERNYATA GW GA LULUS SBMPTN 2013 MEN!! WKWKWK..

 

Pas awal pengumuman, gw masih berasa biasa aja. Mungkin karena kebetulan setelah pengumuman PTN itu kan bulan puasa, jadi deket banget sama suasana lebaran. Tapi lama-lama, nyesek gw karena kepikiran Mamah gw 🙁

 

CHAPTER 2 – 3 BULAN PERTAMA BIMBEL DI ZENIUS

Karena masih pengen kuliah dan kalo masuk swasta mahal, jadinya gw putuskan ikut semedi dulu di Zenius setahun. Selain karena gw udah rada bosen hidup di rumah, gw juga pengen cari suasana baru, tinggal di kota baru, cari temen baru. Dan gw pengen kenal sama tutor-tutor yang ngisi video di zenius.net.

Berangkat nih, gw‼! Ciaatt‼

Sampe di Zenius, gw daftar kelas Alumni. Trus cari kosan, udah mulai kenalan tuh sama staf-staf Zenius. Di kosan, gw ketemu banyak teman baru. Ketemu Irsyad, Arifin, trus dikenalin juga sama teman-teman yang lain.

Pas pertama masuk kelas, gw udah bisa liat cara ngajar tutor-tutor yang udah satu ide sama Sabda. Yah mantap dah! Tiga bulan pertama di Zenius mungkin udah nggak asing buat gw. Gw udah rada nebak-nebak di awal karena gw sempet mantau-mantau twitter Sabda, Pras, semua tentang zenius gw google deh.

Nah, kan ada Try Out (TO) tuh. Gw cupu banget pas TO awal-awal sampe ditanyain sama Mamah. Alibi gw, “Kan 3 bulan awal masi belom masuk materi mah..” Hehehe.

Untuk kelas Alumni, 3 bulan awal kita emang belum masuk materi. Tapi ada kelas Fundamental Skills. Kita diajarin tentang Logika, Filosofi, pokoknya ilmu pengetahuan mendasar ( kalo di zenius istilahnya sering disebut basic skills) untuk ngerapihin pola pikir dan merunutkan cara pengambilan keputusan kita. Jadi dalam 3 bulan awal, kita seringnya dikasih banyak wejangan deh sama para tutor. Ini mind-opener banget. Mirip kayak yang pernah Wisnu tulis tentang kenapa kita mesti mikir layaknya ilmuwan.

3 bulan pertama, gw pengennya maen-maen dulu aja sesuai dengan program zenius di 3 bulan pertama. Ya emang maen-maen sih, maennya lingkaran yang bersinggungan sama segitiga, cartesius sama cosines, limit sama garis singgung. Walaupun keliatanya horror, tapi gw rasa seru loh

Gw di zenius ngambil kelas IPS, tapi ya sering masuk juga ke kelas-kelas IPA, kelas Yoki (Kimia) atau Pras (Biologi). Nyari-nyari insight kalo kata Sabda. Terus, selain masuk kelas untuk bahas materi, terutama kelas Pras nih, biasanya kita nonton film. Filmnya gokil-gokil, ahhh pokoknya gw nikmatin banget dah, tiga bulan pertama di sana.

Terus ketemu tutor-tutor kaya Faisal (Sejarah) atau Pio (Sosiologi) atau Dion. Sama mereka, ilmu tuh bukan sekadar materi sekolahan. Lo pernah belajar bab “Emosi” nggak di SMA? Mereka ini expert banget soal ini. llmu cinta juga diajarin di sini. Tentu nggak di kelas, kita sering diskusi gitu di luar kelas.

Ada Pak Kosim juga (Bahasa Indonesia). Kalo biasanya kelas Bahasa Indonesia itu boring, tapi belajar sama beliau bikin lo jadi pengen belajar bahasa Indonesia deh. Terus, belajar bareng sama Wilona (TPA) bikin pengen gw tambah belajar lagi. Nyenengin banget deh semua tutor-tutornya.

Mungkin semua materi yang diajarin di tiga bulan awal nggak masuk materi SBMPTN. Tapi nggak tau kenapa hal itu bikin gw jadi penasaran dan pengen belajar banyak hal. Entah itu materi SBMPTN, entah materi kimia, psikologi, programming, gambar, sepak bola, filsafat, sejarah, sampe game. Pokoknya Zenius berhasil menggali curiosity gw untuk pengen tau tentang semuaanyaaalaah‼!!

 

CHAPTER 3 – TRANFORMASI DI ZENIUS

Pas masuk ke bulan-bulan materi, awalnya gw rencana untuk belajar semuanya dulu sama bahasa Inggris dikit-dikit. Ternyata otak gw masih ngambang. Hasilnya, nilai TO awal tetep cupu.

Karena nilai TO kecil mulu, akhirnya gw mulai mempraktikan dan meresapi konsep deliberate practice yang diajarin Sabda dan tulisan Glenn tentang cara manfaatin waktu dengan optimal.

Dari situ, gw mulai nyoba namatin buku grammar yang dikasi Donna (tutor bahasa Inggris). Gw juga tamatin sebagian Persiapan SAT I, sambil dikit-dikit ngelatih soal bahasa Inggris.

Setelah beberapa bulan, gw mulai ngerasa, “Kayaknya gw udah bisa ngontrol apa yang gw pelajarin deh”, “Ah, ini mah bisa dihandle-lah.” Di sini, gw ngerasa udah nggak perlu belajar di kelas lagi. Gw ngerasa lebih enakan belajar mandiri. Kalo di kelas mah yaaa istilahnya Sabda “nyari insight doang.”

Karena sekarang belajar udah jadi candu, gw sering begadang belajar sama temen-temen kosan. Kita begadang tuh mecahin soal. Ada Bayu dari Batam, Eka dari Tegal, Made dari Bali, Arfin dari Bogor, Andi dari Bekasi, ada yang dari Depok dan Tangerang. Udah kayak miniatur Indonesia yee. Mereka adalah teman-teman yang seru. Gw sayang mereka (mungkin rada geli bacanya). Soalnya mereka bisa nerima gw apa adanya. Heuheuheu... Berkat kalian, gw ga ngerasa kesepian lagi. Mengingat gw dulunya gamer sejati banget. Gw itu juga orangnya nggak terlalu bisa nyampein perasaan secara langsung. Jadi kalo gw nggak bisa ngomong sayang ke kalian, gw tulis disini aja yah.. XD

Terus, kita juga sering diskusi tentang semua hal, dari diskusi tentang bola, agama, matematika, sejarah, pokoknya semuanya deh. Gw rasa diskusi adalah salah satu faktor yang paling penting dalam belajar. Selain lo bisa mengemukakan pendapat lo, lo juga bisa terbuka sama pendapat orang lain.

...dan, lo tau ga sih, sepanjang hidup gw, pertama kali gw deketin cewe secara sengaja itu di Zenius. Dan boleh dibilang gagal. Wkwkwk.

Di Zenius juga, gw belajar gitar. Thanks banget buat Wisnu (tutor Fisika) yang sering banget minjemin gitarnya. Gitar itu udah setia banget nemanin gw selama setahun. Gw jadi bisa beberapa lagu The Beatles. Mimpi gw pas kecil buat “rada” bisa maen gitar tergapai di Zenius juga dong!

Akhirnya gua malah jadi kesering nginap di Zenius - sampai banyak yang bilang gw ngekost di zenius dan jadi hantu penunggu ruang kelas alumni, heuheu... Mungkin karena udah keasikan belajar sampe lupa waktu, biar sekalian bisa ngorek-ngorek ilmu dari para tutor. Gw bisa merasakan cinta kalian kok tutor-tutor! Gw tau kalian mungkin sama kaya gw yang ga bisa ngungkapin cintanya pake kata-kata atau langsung, tapi gw rasa kontribusi kalian dalam membantu gw belajar adalah ungkapan cinta kalian. Huhuhu.

 

CHAPTER 4 – MENGHADAPI SBMPTN

Kekeluargaannya dapet, asiknya dapet, belajarnya hampir tiap hari, ngefek nggak?

Weits, nilai TO-TO terakhir gw cukup memuaskan. Kalo nggak percaya, liat aja nih perbandingan nilai TO gw pas awal masuk sama pas akhir-akhir.

Berikut pilihan gw untuk SBMPTN. Pilihan 1: FIKOM UNPAD, Pilihan 2: Sastra Inggris UNPAD, Pilihan 3: Antropologi UNPAD.

Gw milih ketiga jurusan ini karena emang itu minat gw. Gw suka banget ngulik-ngulik ketiga ranah ilmu ini. Dan ketiganya di UNPAD. Kenapa? Pas SMA, gw tuh kan gamers parah. Gw maen di rumah mulu, jarang keluar rumah. Gw sebagai orang Bandung ngerasa gagal gitu, nggak ngerti tempat-tempat di Bandung. Makanya, gw mau manfaatin banget masa kuliah gw ntar untuk explore Bandung. Makanya, gw pengennya emang kuliah di Bandung aja.

Tiap kali pengumuman hasil TO akhir2, ada aja yang komen ke gw, “Dengan nilai TO segitu, lo bisa aja ngebidik jurusan yang lebih tinggi, kayak Akuntansi UI. Lo ga tertarik ambil, Bahri?” Gw selalu menolak. Karena gw udah yakin banget dengan pilihan minat gw, bahwa kita harus kuliah sesuai dengan rasa penasaran kita, apa yang membuat kita tertantang, dan apa yang jadi ambisi kita. Buat lo yang masih bingung bisa baca tulisan Faisal tentang cara milih jurusan yang tepat.

Oiya, selain SBMPTN, gw juga ambil SIMAK UI lho buat cadangan. Jurusannya sama, Ilmu Komunikasi. Tapi beneran ini buat cadangan doang hehehe..

Hasilnya gimana?

GW LULUS SBMPTN PILIHAN PERTAMA! GW JUGA LULUS SIMAK UI!

 

Sesuai dengan rencana awal, gw lebih milih untuk kuliah di Ilmu Komunikasi Unpad yang udah gw pengenin dari sejak SMA. Akhirnyaaa…

Gedung-Pasca-1-960x350

(sumber : http://fikom.unpad.ac.id/)
 

Thanks banget Zenius. Pengalaman yang gw dapet setahun di Zenius, gw sukurin banget‼ Gw rasa ini adalah tahun terbaik dalam sejarah masa ABG gw 😀

Untuk yang tertarik lebih lanjut dan udah join di Zenius, feel free to ask me via email samsulalbahri@gmail.com atau di twitter @samsulalbahri

 

 BahriMuhamad Syamsul Bahri
Fakultas Ilmu Komunikasi
Universitas Padjajaran 2014
Zenius Alumni 2014
Email samsulalbahri@gmail.com
twitter @samsulalbahri

===================================================================

Gimana, gokil kan ceritanya!? Selamat sekali lagi deh buat Bahri yang berhasil mengejar mimpinya. Buat lo di luar sana yang mungkin merasa punya starting point yang sama kayak Bahri, entah itu pernah gagal masuk PTN atau sekarang lo merasa nilai atau isi otak lo pas-pasan, jangan pesimis dulu. Lo masih bisa memutarbalikkan nasib lo. It's not the end of the world. Tapi tentunya, mimpi itu ga jadi nyata blek, jatuh dari langit. Tapi semuanya adalah resultan dari usaha dan semangat lo. Sekali lagi, di Zenius, kita hanya sebagai fasilitator dan nyediain resource apa yang lo butuhkan dengan cara yang kita lihat efektif. Ujung-ujungnya, lo sendiri yang mesti initiate action lo.

If you really want to do something, you’ll find a way. If you don’t, you’ll find an excuse. - Jim Rohn

==========Catatan Editor===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut sama Bahri, bisa langsung tinggalin comment di bawah. Lo juga bisa share pengalaman lo dalam menghadapi tes masuk PTN, siapa tau kita bisa dapet insights lebih banyak.

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

  • farisa

    Kak, gw tertarik bgt buat ikutan kelas alumni zenius!! gw emang niat buat ngulang sbmptn tahun depan dan gak kuliah tahun ini. untuk info kelas alumni zenius, biaya, registrasi, dll, gw bisa liat dimana ya kak?

    • Fisal

      udah full

      • sophian hakim

        woii menn. mulai belaajarnyy kpan nihh? program alumni

        • Gidion Saputra

          tanggal 1 broo

    • samsulalbahri

      yoiii gw suka gaya lo!! coba kontak dulu aja zeniusnya di http://www.zenius-x.com,

      • sophian hakim

        itu progrram alumni berapa orang sekelas ?? kmarin baru daftar

    • Arif Jatmiko

      Udah Full kalo ga salah buat prog.Alumni waktu itu liat twitnya zenius

    • Guriel AMP

      info buat kelas alumni lo bisa liat disini nih http://www.zenius-x.com/siswa/alumni.php btw kalo kelas alumni buat IPA nya udah full, tapi kalo IPS masih ada

  • Willy Abdul Ghany

    Wah, Kerenn banget nih Kak.
    Kak, kalo misalnya Kuliah sambil belajar pake Xpedia buat SBMPTN taun depan, itu efektif ga ka? minta saran dong. masih penasaran buat ikutan SBMPTN taun depan nih, soalnya kemaren ga keterima -,- .

    • samsulalbahri

      daripada kuliah istilahnya "setengah-setengah" ga sepenuh hati...mending lo lakuin hal-hal yang lebih "maknyos" + nyiapin sbmptn taun depan!!!
      gw aja nyiapin sbmptn sambil belajar gitar bro!!! kwkwkwkw lumayan kan :)))

  • Trisyana Kurnia

    Gilaaaa gokil banget kak ceritanya keren! Sama nih gue juga anak ipa pengen komunikasi, akhirnya masuk di komunikasi yang dari ranah ipa deh gue

    • samsulalbahri

      wkwkwk, emang dasar kita murtadawan dan murtadawati jurusan!!! wkwkwk

      • Trisyana Kurnia

        Hahaha iya padahal gue udah ngejar materi ips di zenius buat sbmptn kemarin, tapi alhamdulillah keterima di snmptnnya hehe sukses buat kuliahnya!

  • Arif Jatmiko

    Gw Alumni nih mau berjuang buat SBMPTN 2015. Awalnya niat mau ikutan zenius-x tapi karena diluar kota dan gw punya rencana dan target kalo gw harus belajar hal baru selain target utama lulus PTN jadi gw mutusin buat bimbel dikota gw,di Bandung.

    Cuma plissss pengen banget dapet hal2 lain yg dikasih tutor2 di situ. kalo bisa dishare dong tentang ilmu yg ga dikasih di xpedia/zenius.net tapi kadang suka diselipin sama tutor di zenius-x ke murid2 di situ. Bukan cuma ilmu sih, tapi quote, kata penyemangat, referensi film,artikel,buku,dll yg menarik dan emang penting buat perkembangan. Gw pengen banget belajar ilmu2 lain yg kadang suka diselipin sama zenius. kalo bisa bikin rekaman deh tentang apa kek yg positif. kayanya asik juga belajar tentang emosi,cinta sama tutor2 zenius wkwkwkwk 🙂
    Gw pengen nih ya setelah 1 tahun ini gw ibarat keluar dari Goa tempat semedi gw dan jadi orang baru, orang yg lebih baik, lebih bijak.

    Hopefully you guys can teach me more about this world 🙂

    • samsulalbahri

      hahaha yoii!! lo coba baca beberapa blog zenius sebelum ini tentang motivasi sama buat refensi film juga ada di blog ini, yaa sebenernya lo bisa tanya-tanya aja sama tutor-tutor via twitter...bisa juga tuh nyelipin insight" atau materi" yang kaga ada di xpedia.... tinggal lo serada aktif di "google" aje sihh...hehe

      • Arif Jatmiko

        Kalo itu sih udah abis gw baca lah 🙂
        Maksudnya yg kadang suka diselipin sama tutor yg ngajar langsung kemuridnya. Entah itu quote,cerita yg bermanfaat, dll. Kan di zenius.net ga di ajarin soal cinta2an & emosi kaya yg diatas toh? Atau takut jgn2 nanti pelajar indonesia malah jadi ahli cinta lagi haha 🙂

        • samsulalbahri

          ahahaha.... yang gw tangkep gini.. quote", cerita" itu kan sebenernya buat motivasi diri lo..kalo lo belajar bareng sama tutor zenius sebenernya kita saling belajar aja sih.... lo jangan bayangin tutor-tutor di zenius kaya motivator-motivator macam mario teguh yaaa :))) (tapi kadang mereka bisa aja jadi motivator macam MT, haha),

          yang pasti mereka agak jarang untuk cerita" atau ngasih quote" kece membahana secara langsung, tapi tutor-tutor itu cuma ngasih trigger buat gw supaya bisa motivasi diri sendiri....yaa jadi temen sharing lah,

          kaya lo baru diceritain sama temen lo misalnya tentang liverpool bakal belanja besar-besaran musim ini!!!! nah misalnya lo sebagai fans liverpool,

          lo pasti excited banget kan buat nyari mo beli sapa aja sihh??budgett liverpool berapa sih??strategi apa sihh yang direncanain livepool dengan belanja besar-besaran???

          nahh gw rasa tutor disini adalah temen lo yang ngasi berita tentang liverpool itu...

          nah mungkin materi emosi sama cinta itu istilahnya
          "adalah sebuah berita liverpool untuk fans liverpool"

          • Arif Jatmiko

            Iya kak gw ga ngebayangin tutor2 tuh kaya motivator2 gitu kok haha 🙂
            Cuma gw jadi greget aja pengen ikutan diskusi atau sekedar sharing2 disitu. Cuma jarak memisahkan 🙁
            Nah berhubung gw diluar kota jadi penasaran aja, apa sih yg kalian obrolin kalo lagi kosong, apa sih yg jadi topik diskusi pasti macem2 kan dan bakal seru berhubung suasana dan lingkungan ditempat kalian yg asik, apalagi tutor2nya kece2 dah Wawasannya pada luas 🙂
            Kalo menurut gw sih pasti bakal ada lebihnya kalo langsung belajar disitu dan langsung diskusi dgn tutor yg sering ngasih pemicu buat kita ngebuka wawasan baru. Nah pastilah dari diskusi dan topik umum yg diobrolin bakal buka wawasan baru

          • samsulalbahri

            yoiiilahhh!!!! yoi banyakin diskusi aja, tutor-tutor pasti seneng banget kalo ada yang semangat buat diskusi...

          • Arif Jatmiko

            Gw baru nemu aja wahana belajar yg asik kaya gini. Dari SD-SMA gw anggap "ohhh belajar tuh gini doang ya?" Di bimbel jg sama aja nothing special. Dan waktu pake zenius ini sering bikin gw kaya "ohhhhh gini toh" ,"jir, bener juga", "ehhh kenapa bisa gini", "wuihhh gileee"
            Ah coba tutor2 zenius bisa dikloning wkwkwkw 🙂

  • umar

    K-E-R-E-N B-A-N-G-E-T

  • Abdurrahman Faiq

    gilaaa keren banget lo! gw juga ngulang tahun ini dan udah ketemu wisnu kemaren hehehehehehe, semoga bisa punya konsep belajar yang sama jugaa amin!

    • samsulalbahri

      haha makasih, lo pasti bisa lebih kerenlah!!!!

      • Meliana Rizqiyah

        Keren kereeen ini nih catetan yang gue cari2 aaaaak akhirnya nemu juga. Gue juga termasuk sosok yang gagal sbmptn tahun ini dan gue memutuskan untuk ikut alumni zenius x yeay! Jauh2 dari Sragen, Jawa tengah cuman buat ikutan zenius x!!!! Semoga gue bisa kayak lo ya bahri 😀 aamiin..
        Mau tanya2 lebih banyak nih, cek email ya ntar huehehehe

  • samsulalbahri

    selain lo pada bisa nanya/diskusi/ngobrol/nge-gaje gw lewat email.. lo juga bisa lewat twitter: @samsulalbahri atau ask.fm/samsulalbahri atau pesbuk gw juga gpp disini https://www.facebook.com/m.s.bahri.7...

  • Gidion Saputra

    semoga kisah alumni gw setahun ini sukses kaya lo ya bro,congrats

  • Hilmy Adam Jieta Pradana

    penasaran bgt pengen ke zenius wkwk

  • ~A M N~

    Nyesel banget nggak les di Zenius-X udah terlanjur les di tempat lainT.T

    • Haha.. kan tetep bisa belajar di zenius.net

      • Ria Mlau

        iya ya kak 🙂
        untung udah tau zenius hehehe

  • nadira aisyah

    Ceritanya kereeeeeeeeen banget, gw jadi mau ikutan kelas zenius-x, yaaaaah tapi kelasnya udah penuh. Kak gak bisa buka kelas baru ya ?

    • udah fully-booked nih.. kasian tutor2nya nanti gak pada bisa rekaman 😛

  • Muhammad Vickry

    Kak minta email or id line dong ? Pgen tnya tnya lebih jauh penasaran sm cerita kk

  • res

    kak, gue alumni yang rencananya bakal ngikutin SBMPTN 2015. kalo gue belajarnya cuma dari video2 zenius disini, efektif ga? bisa ngaruh kayak ngikutin kelas alumni gitu ga?

  • samsulalbahri

    oh iya lupaaa... gw ngerekomendasiin banget buat lo pade nonton film "3 Idiots" (yang bikin gw nangis, walaupun di foto itu gw keliatan laki banget, tapi gw tetep nangis kok, kwkwkwk) sama filmnya yang ada Robin Williams "Dead Poet Society" (jujur ini juga berkaca-kaca gw nontonya, wkwkwkw)

  • Redha Hari

    hweh, jadi inget jaman-jaman belajar bersama zenius, tapi memang sih gaya ngajar zenius itu "to be like a scientiest" or "what is", filosofi rumus, dsb
    setelah masuk engineering, banyak asumsi atau lumped model yg dipakai untuk menyederhanakan banyak variabel fisis terus nanti di modelkan ke sesuatu yang berguna untuk dipake, jadinya gw banyak lupa persamaan maxwell dkk yg rebek itu haha

  • lyla

    Gue udah ngambil premium member setaun dan kadang atau bahkan seringkali malesnya kumat buat sekedar liat video. Sarannnya dong kak, apalagi gue udah ngambil PTS .-.

    • samsulalbahri

      jangan males dong...banyak juga tips-tips gokil di blog ini kok, kalo dari gw sendiri apa ya.. (masalahnya gw juga pemales,wkkwkw), do what you wanna do aja lah.. wekwkewkekw..

  • Nurhayati Lubis

    kak itu tahun nya gak salah yah, pas si bahri ketemu zeniusnya di oktober 2013 ? padahal sebelum UN dia udah beli voucher, kan UN nya di bulan april 2013? kalau gak silap hehe-,-

    • samsulalbahri

      wkwkwkw, hooh salah, berarti akhir" oktober 2012 gw belinya...
      thanks ya :))))

  • Nabilla Ghina Zavitri

    Cie Bahri. 😀 Tipsnya dong kakak biar bisa semangat ngulik soal matematika, terutama integral dan sebangsanya :"

    • samsulalbahri

      ah kamu ini nab... :))))
      maenin aja soal-soal math simak, gw ngerjain simak biasanya kalo sendirian 12 jam cuma keisi 11 soal itu juga matdas, kalo rame-rame suka lebih cepet, walaupun kalo ada yang ga ke isi gw suka mikir *ah ini mah salah soal*, jangan mikir kalo lo ga bisa ngerjain ya... :)))

      terus gw ngerasa maenan math keren kali ya.. jadinya suka semangat aja kalo ngelakuin hal keren... (gitu kali ya??kwkwkw)

  • Aditya Irawan

    hoi,gue juga alumni zenius seangkatan sama si bahri,sekarang gue kuliah di elektro undip hehe
    mau share dikit aja ya,di zenius camp itu lo harus lebih banyak belajar sendiri tapi lo juga bakal dapet fasilitas belajar yang buaaanyyaaakk banget dan gampang diakses kayak buku grammar,SAT dll
    di zenius ini juga lo bakal dapat ilmu yang lo gk pernah kepikiran sama sekali kayak critical thinking,filsafat dan yang menurut gua paling asik,belajar evolusi dan mtk dengan cara yang bener
    percaya sama gua saat lo udh pelajarin semua ilmu itu,cara pandang lo tentang dunia bakal berubah,begitu juga dengan pola pikir lo
    udah segini aja ya hehe

  • Bani Ulyses

    wiss jurusan ilmu komunikasi adalah jurusan mipian gue minat bangat sama jurusan itu

  • Smara Sanindya

    Weeew kating di fikom unpad wkkwkwk
    Gue juga dari IPA murtad ke IPS, belajar IPS nya kebanyakan dari zenius juga walaupun pake yang langganan 3 bulan hahahaha
    Ikut bimbel tapi ga ngerasa ngaruh2 banget, malah zeniusnya yg kerasa ngebantu bgt:'

    • samsulalbahri

      ggwp...

  • imammuhajir

    kak gmna nih, gua siih emang pngen kalo misalkan gk keterima ngulang lagi , tpi gmna yaah biar bisa ngeyakinin orang tua gua, biar di izinin buat itu

    • samsulalbahri

      email aja sini

  • Sri Murdiani

    Bang your journey is so cool.. perjalanan lo keren gila bang

  • Sarah Evangelista

    Gokil!!! Tentang menyatakan perasaan ... gue suka bet 💟💕