Rumus Energi Listrik

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu!

Artikel ini mempelajari rumus energi listrik disertai dengan contoh soal dan pembahasannya.

Temen-temen Zenius, kalian baca artikel ini pakai gadget apa deh? Kemungkinan besar pada pakai komputer, laptop atau smartphone kan ya? Nah pernah kepikiran ga kalau gadget yang kita semua pakai setiap hari itu sebenernya menggunakan energi listrik loh. Emang kalau udah kebiasaan hidup dengan listrik, kita sampai lupa kalau mungkin 50 tahun yang lalu listrik itu masih jarang digunakan.

Kali ini kita bakalan ngebahas tentang rumus energi listrik! Energi listrik dan daya listrik sebenarnya berhubungan guys, tetapi kali ini kita akan fokus untuk belajarin yang energi dulu. Kalau udah kelar, bisa deh kalian langsung lompat belajar daya listrik! Kalau gitu dibaca dengan penuh perhatian ya sampai akhir artikel!

Apa Itu Energi Listrik?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi dalam bidang fisika adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika). Lalu Energi Listrik itu apa dong? Energi listrik ini adalah energi yang sumbernya berasal dari muatan listrik yang bergerak (arus listrik). Energi listrik ini kemudian diubah bentuknya menjadi berbagai macam energi lain, seperti dalam bentuk cahaya, kalor, gerak dan masih banyak lainnya. Contoh-contohnya itu bakalan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Rumus Energi Listrik
Dok: Unsplash

Energi Listrik Gunanya Apa Sih?

Seperti yang gua udah sebutin tadi, energi listrik itu diubah ke dalam bentuk lain. Ini tuh dilakukan untuk memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bentuk cahaya di lampu, bentuk kalor seperti di setrika, dan bentuk gerak kaya di kipas angin. Energi listrik ini gunanya banyak banget di dalam kehidupan modern guys, apalagi di kota-kota besar. Buktinya sekarang kalau kita lihat bumi dari luar angkasa pada saat malam, kita bisa lihat banyaknya kemerlap lampu di permukaan bumi.

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 73
Dok: Unsplash

Sumber energi listrik itu juga bermacam-macam banget tau. Jelas kalau di Indonesia kita semua kenal PLN yang ngidupin listrik rumah kita. Tapi sumber listrik tuh bisa dari batubara yang bisa kita pegang dan paling-paling tangan kita kotor, sampai dari uranium yang gua yakin kita semua mau jaga jarak sejauuuh jauhnya. Bahkan baterai yang kecil pun juga bisa menjadi sumber listrik.

Rumus Energi Listrik

Ngomong-ngomong rumus energi listrik, sebenernya ada banyak variasi yang bisa kita bikin dari rumus-rumus yang tersedia. Tapi untuk rumus energi listrik secara umum itu bentuknya adalah sebagai berikut:

E = V . Q

Keterangan: 

W = Energi listrik ( Joule) 

Q = Muatan listrik ( Coulomb) 

V = Beda potensial ( Volt )

Untuk mendapatkan rumus energi listrik dalam bentuk lain, pertama-tama kita perlu mengetahui rumus arus listrik dan hukum ohm yang dapat dilihat sebagai berikut:

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 74

dan

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 75

Keterangan:

I = kuat arus listrik (Ampere) 

R = hambatan (Ω atau Ohm)

V = tegangan listrik (Volt) 

Q = muatan listrik (Coulomb) 

t = waktu (sekon)

Setelah mengetahui dua rumus tersebut kita dapat mendapatkan rumus energi listrik seperti berikut

E = V . Q

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 76

Q = I . t

  • E = V . I . t

E = V . Q

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 77

V = I . R

E = I . R . I .

  • E = I² . R . t

E = V . Q

Q = I . t

4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 77 4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 79 4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 80
  • 4 Rumus Energi Listrik Yang Bisa Bantu Fisika Kamu! 81

Jadi itu deh guys, beberapa rumus energi listrik yang bisa kita dapetin. Tentu kita gaperlu hafalin semuanya karena bisa-bisa ada banyak banget variasinya ya! Tetapi temen-temen mungkin mau keep in mind rumus-rumus utamanya, jadi nanti tinggal disesuaikan dengan soal ketika mencari energi listriknya.

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Sebuah alat memasak listrik memiliki tegangan listrik sebesar 12 volt dan arus yang mengalir adalah 2 ampere. Berapakah besar energi listrik yang dibutuhkan dengan jangka waktu 10 menit ?

Pembahasan:

Diketahui:

V = 12 Volt

I = 2 ampere

T = 10 menit = 6000 s

Ditanya: E

Jawab:

E = V . I . T

E = 12 . 2 . 600

E = 14400 J

Jadi energi listrik yang dibutuhkan dengan jangka waktu 10 menit adalah 14400 J

Contoh Soal 2

Sebuah lampu memiliki hambatan kurang lebih sekitar 4 ohm. Bila lampu tersebut dialiri oleh arus listrik sebesar 2 ampere selama 3 menit, maka berapakah energi listrik yang dihasilkan?

Pembahasan:

Diketahui:

R = 4 Ω 

I =  2  A 

t = 3 menit = 180 s 

Ditanya : E

Jawab:

E = I² . R . t

E = 2² . 4 . 180

E = 4 . 4 . 180

E = 16 . 180

E = 2880 J

Jadi energi listrik yang dihasilkan selama 3 menit adalah 2880 J

Gitu deh cara mencari energi listrik! Rumusnya ada lumayan sih, tapi asal kita paham beberapa aja itu udah cukup banget buat cari jawabannya. Kalau temen-temen punya pertanyaan atau mau berdiskusi, bisa disampaikan lewat kolom komentar. Selain itu jangan lupa untuk cek materi-materi berikut yang masih berhubungan dengan fisika dan energi listrik.

Materi Fisika SMA: Usaha dan Energi

Rumus Energi Potensial dalam Fisika

Energi dan Daya Listrik

Bagikan Artikel Ini!