Rumus energi listrik (Arsip Zenius)

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap!

Apa kabar Sobat Zenius, di artikel kali ini elo akan belajar tentang rumus energi listrik dan cara menghitungnya. Cek juga soal dan pembahasannya di sini!

Gue pengen nanya deh, elo baca artikel ini pakai gadget apa deh? Kemungkinan besar pada pakai komputer, laptop atau smartphone kan ya? Nah pernah kepikiran nggak kalau gadget yang kita semua pakai setiap hari itu sebenernya menggunakan energi listrik loh

Emang kalau udah kebiasaan hidup dengan listrik, kita sampai lupa kalau mungkin 50 tahun yang lalu listrik itu masih jarang digunakan. Energi listrik dan daya listrik sebenarnya berhubungan, tetapi kali ini kita akan fokus untuk belajarin yang energi dulu. 

Kalau udah kelar, bisa deh elo langsung lompat belajar daya listrik! Kalau gitu dibaca dengan penuh perhatian ya sampai akhir artikel!

Apa Itu Energi Listrik?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, energi dalam bidang fisika adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika). Lalu Energi Listrik itu apa dong? Energi listrik ini adalah energi yang sumbernya berasal dari muatan listrik yang bergerak (arus listrik).

 Energi listrik ini kemudian diubah bentuknya menjadi berbagai macam energi lain, seperti dalam bentuk cahaya, kalor, gerak dan masih banyak lainnya. Contoh-contohnya itu bakalan kita bahas pada bagian selanjutnya.

Rumus Energi Listrik
Sumber energi listrik Dok: Unsplash

Energi Listrik Gunanya Apa Sih?

Seperti yang gue udah sebutin tadi, energi listrik itu diubah ke dalam bentuk lain. Ini tuh dilakukan untuk memanfaatkan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Dalam bentuk cahaya di lampu, bentuk kalor seperti di setrika, dan bentuk gerak kaya di kipas angin. 

Energi listrik ini gunanya banyak banget di dalam kehidupan modern, apalagi di kota-kota besar. Buktinya sekarang kalau kita lihat bumi dari luar angkasa pada saat malam, kita bisa lihat banyaknya kemerlap lampu di permukaan bumi.

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 73
Kemerlap lampu di permukaan bumi Dok: Unsplash

Sumber energi listrik itu juga bermacam-macam banget tau. Jelas kalau di Indonesia kita semua kenal PLN yang ngidupin listrik rumah kita. Tapi sumber listrik tuh bisa dari batubara yang bisa kita pegang dan paling-paling tangan kita kotor, sampai dari uranium yang gue yakin kita semua mau jaga jarak sejauh jauhnya. Bahkan baterai yang kecil pun juga bisa menjadi sumber listrik.

Sudah ada bayangan tentang energi listrik di kehidupan sehari-hari kan, lanjut ke rumus mencari energi listrik yuk. Tapi biar enggak bingung gue saranin elo sekalian download aplikasi Zenius di gadget elo. Dengan penjelasannya yang seru dan asyik dijamin bikin soal itungan nggak kerasa berat. Download sekarang juga!

cta banner donwload apps zenius

Download Aplikasi Zenius

Tingkatin hasil belajar lewat kumpulan video materi dan ribuan contoh soal di Zenius. Maksimaln persiapanmu sekarang juga!

icon download playstore
icon download appstore
download aplikasi zenius app gallery

Rumus Energi Listrik

Ngomong-ngomong rumus energi listrik, sebenernya ada banyak variasi yang bisa kita bikin dari rumus-rumus yang tersedia. Tapi untuk rumus energi listrik secara umum itu bentuknya adalah sebagai berikut:

W = V . Q

Keterangan: 

W = Energi listrik ( Joule) 

Q = Muatan listrik ( Coulomb) 

V = Beda potensial ( Volt )

Elemen di atas yang mempengaruhi besaran energi listrik. Untuk mendapatkan rumus energi listrik dalam bentuk lain, pertama-tama kita perlu mengetahui rumus arus listrik dan hukum Ohm yang dapat dilihat sebagai berikut:

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 74

dan

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 75

Keterangan:

I = kuat arus listrik (Ampere) 

R = hambatan (Ω atau Ohm)

V = tegangan listrik (Volt) 

Q = muatan listrik (Coulomb) 

t = waktu (sekon)

Setelah mengetahui dua rumus tersebut kita dapat mendapatkan rumus besar energi listrik seperti berikut

W = V . Q

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 76

Q = I . t

  • W = V . I . t

W = V . Q

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 77

V = I . R

W = I . R . I .

  • W = I² . R . t

W = V . Q

Q = I . t

Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 77 Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 79
Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 80
Rumus Energi Listrik, Cara Menghitung & Pembahasan Lengkap! 81

Jadi itu deh guys, beberapa rumus energi listrik yang bisa kita dapetin. Tentu kita nggak perlu hafalin semuanya karena bisa-bisa ada banyak banget variasinya ya! Tetapi elo mungkin mau keep in mind rumus-rumus utamanya, jadi nanti tinggal disesuaikan dengan soal ketika membutuhkan rumus mencari joule energi listrik.

Contoh Soal dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Sebuah alat memasak listrik memiliki tegangan listrik sebesar 12 volt dan arus yang mengalir adalah 2 ampere. Berapakah besar energi listrik yang dibutuhkan dengan jangka waktu 10 menit ?

Pembahasan:

Diketahui:

V = 12 Volt

I = 2 ampere

T = 10 menit = 6000 s

Ditanya: E

Jawab:

W = V . I . T

W = 12 . 2 . 600

W = 14400 J

Jadi energi listrik yang dibutuhkan dengan jangka waktu 10 menit adalah 14400 J

Contoh Soal 2

Sebuah lampu memiliki hambatan kurang lebih sekitar 4 ohm. Bila lampu tersebut dialiri oleh arus listrik sebesar 2 ampere selama 3 menit, maka berapakah energi listrik yang dihasilkan?

Pembahasan:

Diketahui:

R = 4 Ω 

I =  2  A 

t = 3 menit = 180 s 

Ditanya : W

Jawab:

W = I² . R . t

W = 2² . 4 . 180

W = 4 . 4 . 180

W = 16 . 180

W = 2880 J

Jadi energi listrik yang dihasilkan selama 3 menit adalah 2880 J

Gitu deh cara mencari energi listrik! Rumusnya ada lumayan sih, tapi asal elo paham beberapa aja itu udah cukup banget buat cari jawabannya. Untuk makin paham elo bisa langganan paket Zenius biar bisa langsung nonton video pembelajarannya dan coba latihan soalnya. Klik banner di bawah ini untuk langganan ya!

Langganan Zenius
Langsung beli aja!

Sobat Zenius yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang materi energi listrik fisika kelas 12, bisa cek materi pembelajaran yang dibawakan oleh tutor Zenius. Elo bakal lebih ngerti deh, klik banner di bawah ini ya untuk lanjut belajar!

rumus daya listrik
Yuk, lanjut belajar!

Materi Fisika SMA: Usaha dan Energi

Rumus Energi Potensial dalam Fisika

Energi dan Daya Listrik

Originally published: September 9, 2021 
Updated by: Silvia Dwi

Bagikan Artikel Ini!