SBMPTN Alumni

SBMPTN Alumni

"Ngulang atau Nggak Ngulang?"

Biasanya kita bikin tulisan untuk lo yang masih akan ber-SNMPTN atau cerita tentang mereka-mereka yang udah lulus SNMPTN. Nah, kali ini gue mau nulis khusus buat mereka yang gagal SNMPTN di tahun pertama/kedua. Jadi, kalo lo adalah salah satu yang nggak tembus dan merasa gagal, terus bingung apakah mesti ngulang atau nggak, tulisan ini exactly what you need to read 🙂

Gue di sini nggak akan mencoba menghibur lo supaya keluar dari kegalauan lo, karena gimana pun hal itu berat dan gue akan berusaha sok tahu dengan cara ngasih kata-kata semangat yang sebenernya rada klise dan mungkin lo udah muak dengernya! Hehe... Gue percaya so far cuma waktu yang biasanya ngobatin (ini emang scientific fact kok). So, yang akan gue lakuin di sini adalah ngebantu lo supaya punya informasi, yang semoga berguna untuk ngebantu merencanakan what's next.

Pertama-tama, gue coba jabarin beberapa alesan yang ngebuat anak-anak biasanya males ngulang:

  • Sayang buang-buang waktu 1 tahun lagi untuk nyoba, belom tentu juga tahun depan lulus
  • Males belajar lagi hal yang sama kayak tahun kemaren, kemaren aja udah muak 1 tahun masa mesti ngulang lagi
  • Dilarang ortu untuk ngulang, mereka bilang sayang waktunya, mending kuliah aja di swasta juga udah bagus kok
  • Malu sama temen-temen yang lain kalo ketawan belajar SNMPTN lagi, soalnya tahun kemaren lo udah cukup terkenal kalo belajar SNMPTN-nya termasuk serius
  • Jangan-jangan gue emang dodol jadi ngga pantes masuk PTN. Hmmmm...

Ngulang SNMPTN emang berat, gue pribadi emang nggak ngerasain beratnya, tapi gue punya ratusan murid yang gagal dan akhirnya ngulang di zenius. Jadi cerita, masalah, dan pengalaman mereka bisa ngebantu gue untuk ngerti bener-bener segala faktor penting dalam ngulang atau nggak-nya.Coba kita bahas:

Pertama, masalah "sayang nggak sih waktunya ngulang setahun...”.

Menurut gue pribadi, nope! sama sekali nggak sayang! setahun itu bener-bener nggak kerasa nantinya, karena sebenernya banyak orang yang butuh 5--10 tahun sampe akhirnya bisa dapet jalan hidup yang bener-bener dia pengen. Nah, 1 tahun itu mending dipake untuk kontemplasi dan belajar lagi tapi ujung-ujungnya (semoga) diterima di tempat yang lo pengen dibanding sekarang kuliah di tempat yang bukan bener-bener pilihan lo. Bahkan banyak yang udah diterima PTN, eh dalam beberapa tahun pindah kuliah ke tempat lain, atau bahkan ada juga orang-orang yang seumur hidup nggak pernah bener-bener tahu sebenernya mereka mau jalan hidup kayak apa sih. Gimana tuh?

Top universities di Amerika kayak Harvard and Princeton bahkan nyaranin nganggur setahun sebelum mulai kuliah, karena berdasarkan pengalaman mereka, yang nganggur setahun ternyata prestasinya lebih oke, karena 1 tahun bisa ngebantu anak-anak ini untuk belajar jauh lebih banyak, travelling, baca/ nonton macem-macem sesuai yang mereka mau (kalo kuliah/ sekolah biasanya kan bacaannya udah ditentuin). Intinya kalo menurut mereka, dan menurut gue juga, 1 tahun itu kesempatan lo investasi bisa belajar hal yang jauh lebih penting dari apa yang diajarin di sekolah/ kuliah sambil nyiapin buat SNMPTN. Buat lo yang belom baca tulisan gue yang The Virtue of Liberating Education, silakan baca dulu di blog ini juga.

Kedua, soal males belajar hal yang sama lagi,

Sebenernya masalah ini nggak begitu banyak, yang banyak ternyata merasa pengen belajar lagi karena masih seru belajar SNMPTN-nya hehe. Oke, kalo lo belajar hal yang lain-lain seperti gue bilang di atas, semoga lo akhirnya justru dapet pencerahan yang seru, yang malah ngebuat lo melihat pelajaran di SNMPTN dari kacamata yang baru, yang bikin ini semua jadi seru.

Ketiga, dilarang ortu.

Waduh kalo ini sih kita nggak bisa bantu banyak, tapi mungkin kalo ortu lo baca tulisan ini siapa tahu pikirannya jadi berubah.

Keempat, malu sama temen-temen

well…boys/ girls, hidup lo gimana pun punya lo, jangan sampe pendapat mereka nentuin jalan hidup lo sendiri, siapa tahu setelah 2/3 tahun juga nggak jadi temen lagi J. Tapi sebenernya banyak yang lulus SNMPTN dan posisi mereka sebagai temennya si yang gagal justru ngerasa pengen bantu juga temennya yg nggak lulus, mereka pengen nyemangatin. Beneran deh menurut mereka yg lulus dan punya temen nggak lulus ngomongnya kira-kira, "Sama sekali ngga nganggep rendah sahabat gue, paling dia lagi sial doang atau emang panik pas ujian". Kalo ternyata emang temen lo bikin lo ngerasa malu, probably they're not really the friends you want to hang-out with for the rest of your life anyway.

Kelima, ngerasa bahwa kita emang nggak sanggup sampe kapan juga untuk lulus PTN.

Beeuhh…ini nih yang bahaya banget, jangan sampe banget deh, gagal dan bikin confidence lo jadi ancur. Banyak yang udah bilang bahwa gagal dalam hidup tuh penting, supaya kita bisa belajar dari kegagalan, dan akhirnya (with the right attitude) be a better/wiser person. Kegagalan yang bener-bener berasa gagal gue tuh yang pertama kali gue rasain sekitar umur 21, dari situ gue ngerasa gue tumbuh jauh banget, kalo lo gagal earlier in life, mungkin banget justru lo lebih cepet tumbuh dibanding mereka-mereka yg belom pernah gagal.

Satu lagi nih soal kecerdasan, mungkin lo bisa baca dulu artikel Deliberate Practice yang udah pernah gue tulis sebelumnya, dan gue ulang lagi di sini, Kecerdasan itu bisa ditingkatin banget, karena IQ tuh bisa ningkat, banyak researches udah buktiin ini, masalahnya banyak yang belom tau caranya, nah siapa tau lo emang belom tau aja cara ningkatin kecerdasan (untuk bagian ini nanti bakal gue bahas khusus) atau belom tau namanya belajar yang bener atau belajar yang efektif.

Oiya, lo gagal SNMPTN bisa aja score SNMPTN elo 50% tapi passing grade 55%, kalo cuma 5% mah bisa banget dikejar dalam satu tahun, iya nggak sih? :p

Nah sekarang, bagian solusi praktisnya, sejujurnya zenius.net tuh bisa banget dipake buat lo untuk ngulang kalo mau sambil kuliah juga, apalagi kalo lo pake Xpedia 2.0. Kan ada zeniusclub juga yang bisa lo gunain buat tempat diskusi sama tutor/siswa lainnya, jadi nggak ngerasa sendirian. Tahun ini, gue janji di zeniusclub bakal gue masukin diskusi-diskusi seru supaya lo nggak cuma belajar SNMPTN doang, tapi hal-hal lain yang insightful yang sering gue sebut di artikel Three kinds of knowledge.

Sejujurnya, gue berharap lo mau untuk ngulang khusus tanpa kuliah, dan kita sangat welcome kalo lo mau belajar langsung di zenius. Bukannya promosi atau apa, tapi serius deh, pengalaman kita ngajar alumni tuh biasanya paling seru, karena bisa belajar buanyak banget hal. Tahun kemaren, kita dapet murid dari ujung barat (Medan) sampe ujung timur (Papua) dan mereka ngekos di sini.

If I may, gue mau jabarin dikit tentang program alumni di zenius...

Menurut zenius, ilmu itu kan ada tiga domain utama seperti gue jabarin di Three kinds of knowledge. Nah, biasanya di sekolah/ kuliah di indonesia itu, bagian fundamental skills sama insightful knowledge-nya kurang banget. Program 1 tahun di zenius itu, ditujukan untuk lo justru nguasain fundamental skills dan dapet banyak insightful knowledge. Dengan fundamental skills yang lebih oke, diharapkan pola pikir elo jadi gokil dan justru jadi lebih gampang untuk belajar SNMPTN.

Banyak yang ngerasa kalo ngulang takut ketinggalan sama mereka-mereka yang belajar di kuliah. Kalo soal ini, kita bisa guarantee justru lo bakal lebih oke dibanding mayoritas mereka yang langsung kuliah, karena tutor-tutor disini kan alumni ITB/ UI/ UNPAD, jadi tahu kayak apa sih yang didapet di tingkat satu. Kalo nggak percaya, nanti bisa tanya langsung alumni-alumni yang ngerasain belajar di program alumni zenius.

Menurut kita, belajar hal-hal lain selain SNMPTN tuh penting banget, inilah kesempatan lo untuk benerin fundamental thinking skills, dapet insights tentang banyak pengetahuan baru, significantly improve your english skills, selain belajar math & science (termasuk social sciences) dengan konsep dan paradigma yang bener, karena sebenernya kalo udah kuliah atau kerja nanti, hampir nggak ada waktu banyak untuk hal ini semua.

In short tujuan zenius dengan program alumni tuh kira-kira begini:

  • Make sure bahwa lo belajar fundamental skills (thinking skills, basic mathematics, and basic scientific thinking) dengan mantep sebagai dasar yang lebih pasti untuk lulus SNMPTN
  • Make sure your english skills drastically improving, because english is the window to world-class knowledge
  • Make sure pembelajaran SNMPTN didasari pada penguasaan konsep yang mantep, Deliberate Practice yang efektif dan membangun creative problem solving (sejujurnya bagian ini lo bakal capek banget sih, karena kita juga akan ngasih buanyak tugas, tapi semua itu supaya kemungkinan lo lulus lebih tinggi)
  • Make sure bahwa lo ter-exposed sama important insights supaya berasa bahwa lo dapet jauh lebih banyak dibanding yang didapetin di kuliah tingkat satu. Bagian ini sih udah terbukti seru lah, banyak yang ngakuin bahwa ini keunggulan utama zenius, yang mereka bener-bener ngerasa berguna dan nggak nyangka bakal dapet hal kayak gini hehe. Intinya di bagian ini lo akan bisa ngeliat dunia dengan kacamata baru yang berlandaskan solid thinking platform and scientific knowledge.

Hal itu semua akan diajarkan dalam bentuk pengajaran langsung, online di zenius.net, buku-buku, diskusi-diskusi ramean, nonton dvd (film and documentaries) dan dibahas supaya nyambung sama apa yang lo pelajarin, dan tentunya internet 24 jam di zenius. Banyak anak-anak nongkrong 24 jam di zenius untuk ngelakuin itu semua.... Oiya buat yg suka sports and musics, pastinya di sini ada penyalurannya juga.

OK, kira-kira kayak gitu menurut zenius soal ngulang apa nggak di SNMPTN, mau ngulang sendiri boleh, bisa coba pake Xpedia 2.0, mau bareng-bareng di sini juga boleh supaya dapet temen baru seperjuangan (yang biasanya jadi temen deket hehe). Untuk info Xpedia 2.0 silakan ke zeniusmultimedia.com dan untuk yang mau ikutan bimbelnya langsung di zenius bisa liat info di zenius-x.com (kita terima murid dari seluruh indonesia kok karena banyak kosan di sini). Oiya buat para alumni zenius-x, coba tolong kasih testinya di komen, biar pada tahu rasanya belajar di program alumni zenius :)).

 Sabda PS (@sabdaps)

Founder & Teacher of zenius education 

==========CATATAN EDITOR===========

Kalo ada yang mau ngobrol lebih lanjut dengan Sabda terkait strategi belajar SBMPTN, jangan malu-malu langsung aja tinggalin comment di bawah artikel ini. Buat lo yang lagi kebingungan belajar persiapan SBMPTN, zenius sangat menyarankan lo untuk baca beberapa artikel di bawah ini:

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Sabda PS adalah Founder dari Zenius Education dan salah satu contributor konten di zenius.net untuk pelajaran Matematika, Fisika, Bahasa Inggris, dan juga Ekonomi. Sabda mengambil kuliah di Informatika ITB dan merupakan alumni SMPN 115 Jakarta & SMAN 8 Jakarta.
 
Follow Twitter Sabda at @sabdaps

  • Azizikhez

    halloo min klo pengajar d dvd zenius peljran matematika nama nya siapa yahh atw akun fb sama twitternnya ap ???

    • Sabdaps

      Sama kayak yg nulis artikel ini juga 🙂

      • Srahmadhina

        bang,di lombok ada kagak ni bimbel?

      • nitagnes

        gue angkatan tahun ini pingin banget masuk fk dari kecil gue pingin jadi dokter tapi gue salah langkah terlalu fokus un dah bli zenius makenya sekali2 aja 🙁 gue berusaha di snmptn ngambilnya tinggi banget gak keterima gue coba simak gak keterima juga mandiri unibraw undip gak keterima juga (untung juga gak keterima abis biayanya mahal banget emank dasar tuh mandiri -,-) terus gue ikut um unair pas sebelum nungguin pengumuman dah baca ttg zenius-x dan jd terinspirasi ada niat juga buat nganggur setahun dan bimbel di zenius tp ternyata gue keterima farmasi unair gue mutusin buat nerima krn yang dipelajarin gak jauh2 dr kedokteran tp gue masih mau nyoba tahun depan kira2 kalo pake zenius xpedia alumni 2.0 aja sama sering buka zenius.net dan konsul di zenius club dah cukup belum ya? apa gue juga harus bimbel disana ada saran? krn gue juga gak mau kuliah gue terbengkalai

        • uni

           tetep mau ngambil farmasi unair..aku ada kakak kelas disana dan di ceritain banyak hal tentang farmasi..dan kalo bener'' mau ambil fk lebih baik fokus.karena disana berat banget kamu bakal bikin jurnal tiap hari belum laporan.belum lainya.
          praktikum..
          waduh..
          kalau mau lebih jelas coba cari aku di twitter ya @unsiah
           mungkin kita bisa saling share.kalo aku lebih baik ngulang..
          btw mungkin aku boleh tau twittermu..
          sorry ini cuma info.untuk jadi pertimbangan

      • Ichsandwip

        kalau snmptn tulis 2013 gaada gmn? soalnya ada kabar cuma ada undangannya aja, kan rapot gw jelekk,nah klw itb cuma nerima lewat snmptn kaya taun ini brrti gaada jalan bwt gw masuk ITB dong? mohon bgt pencerahannya kak

  • Nyimas Laula

    Halo, anak anak yang desperate abis gagal SNMPTN lalu membaca blog ini untuk mendapat pencerahan, well, lo berhenti di tempat yang benar. Sebelumnya, gw Nyimas Laula, biasa di panggil Lola, murid alumninya Sabda taun 2009, gw mau share dikit soal pengalaman gw 2 tahun lalu. Brace yourself —because this will gonna be a long long post heheFirst thing first, gw mau nanya, udah berapa kali gagal tes sampe lo harus menyerah dan mengubur keinginan lo masuk satu fakultas impian? Sekali? 2 kali?Well I failed 7 tests.Taun 2009 dulu waktu awal awal kelas 3 gw pengen banget masuk FKUI, wih, mainstream. Biasa, impian semua anak (rajin) SMA kali ya kedokteran, impian semua orang tua tepatnya, iya ga? Itu plan A gw, plan B gw pengen masuk FTSL ITB, jurusan sipil.SIMAK UI 2009 (FKUI SIPIL ARSI) : failed USM ITB Daerah 2009 (FTTM FTSL SAPPK) : failed USM ITB Terpusat 2009 (FTSL SAPPK FITB) : failed UMB UNPAD 2009 (Hukum) : failed —-UNPAD loh, yang tesnya katanya gampang. Dulu temen2 SMA gw yang pada males2an aja masuk. Bahkan gw failed. SNMPTN 2009 (FTSL FITB ITB) : failed SIMAK UI 2010 (SIPIL BIOLOGI) : still failed USM ITB 2010 (FTSL SAPPK FSRD) : still failed USM 2 ITB 2010 : FSRD ITB! For finally —gw akan cerita kenapa tiba2 gw nyasar ke FSRDMungkin gw emang punya chance lebih banyak karena banyak tes UMB dan USM, toh sama aja kan kalo gagal juga. Sebelumnya emang gw udah kenal Sabda dan pertimbangan buat ngulang dan ikut les di Zenius Alumni (waktu itu namanya itu, iya ga sih Da?) udah diambil dari lama.Kenapa?- secara personal gw orangnya keras kepala, gw gamau gitu aja nyerah dan akhirnya masuk swasta, tempat yang ga gue pengen, temen temen gw, bayangan soal pride yang akan lo dapet waktu mengenakan jaket almamater. Hell yeah! Gw ga mau melewatkan itu. —walaupun itu jaket almamater pada akhirnya cuma gue pake sekali hehe. :p- Gw udah pernah ke zenius sebelumnya, tempatnya asik, apalagi buanyak banget buku, dvd, diskusi yang bener bener bikin lo cerdas, banyak insights, cara pikir. Bahkan fisika matematik biologi sampe fisika kuantum jadi percakapan lo sehari hari. Imagine how clever you will be! Dvd BBC knowledge dan dvd2 lain yang bejibun punya Sabda akan jadi tontonan lo sehari hari. - LOGIC! lebih spesifiknya Critical Thinking, masalah terbesar Indonesia adalah kesalahan berpikir logis. You’ll gonna learn a lot. Ini super penting buanget. Menurunkan kegalauan sekitar 80% because life is a comedy to those whothink and a tragedy to those who feel :)- kecerdasan meningkat itu bener banget. Waktu tes sebelum SIMAK UI IQ gue sekitar 118, dan setelah keterima ITB gue cek hasil psikotesnya itu 142. Nah.. Ngiler ga?- setahun ga kuliah bikin lo sit back and think. Dengan semua pengetahuan yang udah lo punya, lo bener bener tercerahkan akan minat lo mau kemana. Apa yang lo suka. Karena keputusan kuliah apa itu adalah keputusan untuk 33 tahun kedepan. Lo bukan lagi ngambil kuliah karena pertimbangan kerja mau jadi apaan, gaji berapa, that’s lame! Lo akan punya alasan yang lebih mendalam lagi akan itu.Dan makanya pada akhirnya gw mengambil FSRD, karena itu minat yang selama ini gw kubur kubur, gw mungkir dan bertanya bakal jadi apa gue kalo gw masuk sana? Gue bakal kerja dimana?gw suka banget gambar, gw juga pernah gambarin karikatur gambar muka Sabda tuh hahahaha suka art, suka craft, gue ngefans banget sama Van Gogh. Keliatannya gaada hubungannya sama sekali sama les di Zenius ya? Emang, pada seminggu sebelum usm gw struggle sendiri belajar gambar, tapi pola berpikir dan insights yang lo dapet bakal terus kebawa sama lo. And support you on everything you’re really passioned at. Waktu kuliahnya gimana? Gw disini survive2 aja, sangat menyenangkan melakukan hal yang bener2 passion gw bahkan menjadi daily life, gw ga perlu sebutkan angka IP gw berapa, hehe soalnya termasuk SARA :p —but for the sake of curiousity, you could ask SabdaYou’ll not gonna waste a single thing. Trust me. Nyimas Laula Li-An Amie17510006Desain Produk ITB 2010

    • wah keren mbak Laula, jadi cepetan mau mulai blajar les di zenius deh cman teman seangkatan saya ada ga ya?
      🙂
      maklum udah gagal 4 kali

      • Arif S Gexione Adja

        OOH IYA KLO GAK SLAH BACA SEMPET MASUK PTS YAA

        • Muhammad Shaufi Imanulhaq

          sorry baru bales
          iya, dan gw kuliah skrng juga PTS bandung Sistem Informasi 2013, ya ga masalah sih, soalnya karena zenius mindset gw dulu yg terlalu ngebet ke PTN jadi biasanya aja, gw gagal sbmptn juga ga stress banget, gw awalnya kul di jurusan PTS Informatika asal gw, terus sekrng agak berubah di SI ya karena mau nyari tantangan aja hehehe

          pokoknya ga nyesel deh gw bimbel di zenius, karena banyak ilmu yang gw dapat yang ga ada di kuliah gw skrng :v

    • Nana Apriana

      Aku juga mau FSRD ITB

  • Umaadheey

    ini tempat lesnya dmna min?
    g di jakut ada gak?

  • Jalu_ayam_man

    Halo min di palembang ada nggk zenius?

  • coba terus sampai berhasil masuk PTN 

  • bimbelnya setau ane adanya di tebet deh
    pada mau ikut bimbel juga ya?

  • Garudan

    kalo udah keterima di PTN walopun cuman d3 nya aja gmn bang sabda ?

  • Timothy Stevano

    buset mah kalo begini,gw minat jadi alumni aja kalo begitu,tertarik banget ama fasilitas di bimbel zenius,rencana mudah2an sih kalo bisa bakalan ngekos disana soalny ane tinggal di banjarmasin,btw bisa diperjelas lagi maksud "banyak anak-anak nongkrong 24 jam",berarti itu makan tidurnya di bimbel zenius??,kalo beneran begitu bakalan asik tuh.

    •  wah dari banjarmasin juga ya gan ?

    • Nyimas Laula

      dulu sih jaman gue biaasanya bahas soal ampe pagi, terutama math. terus lanjut ngobrol ngalor ngidul tapi bermanfaat 🙂

  • Mfawzul

    kapan bimbelnya dimulai?? 

  • Dedi_yh

    (kita terima murid dari seluruh indonesia kok karena banyak kosan di sini).
    mksudny kosan apa ni min ? ni bimbel ada asrama ny ato dskitar bimbel ada kos2an ?

  • P3_bungsu94

    min, aku udah dapet kuliah . tapi gak sesuai dgn keinginan, aku mau ngulang .
    menurut admin gmn ?

  • ilma

    iya gimana kalo keterima di ptn tp d3 dan gak sesuai minat-.- banyak yg bilang ambil dan jalanin aja, tp kan gak segampang itu :''''

  • wah ada yg dari banjarmasin juga nih?

  • Zikri Habibi

    merasa tertinggal klo harus ngulang ? mereka yang uda lulus lebih duluan berkembang, sementara kita yang ngulang dstu2 aja gaberkembang . mereka dapatkan duluan pelajaran di kuliah. lebih duluan dapat pengalaman dan wawasan. kita yang seharusnya sama seperti mereka malah kita tertinggal . pasti malu. gmn biar kita bangkit lagi sementara kita bakal selalu belakangan dari mereka.?

    • eeh malah temen2 saya pada iri sama saya ngulang setahun stlh saya share ke mereka, knp? saya belajar macem2 byk banget, belajar memperbaiki kegagalan, yg berharga bgt belajar sains dll sama sabda hehehe.. kalo kuliah mah disitu2 aja haha (baca komen saya diatas)

      • @twitter-89122245:disqus di bimbel zenius ada buku sama film yg sangat di rekomendasikan sabda ga?

    • Edward Simarmata

      trust me boy , lo dapet hal yg (mungkin) ga bakalan lo dapet dari 4 tahun selama lo kuliah 🙂
      gue sih rekomen kalo semua lulusan SMA ambil kelas alumni dulu setahun di zenius

  • Nah pas banget nih gue mau share gue belajar di zenius langsung sama Sabda dan tutor2 yg oke bgtttt, (Da numpang comment yak hehe)

    Halo gue Esa, tahun 2011 masuk kelas alumni, soalnya snmptn 2011 gue gak lolos. Karena gue tau zenius(xpedia) sebelumnya, gue tertarik buat datengin Sabda buat nanya gue harus gmn, soalnya gue galau parah gak lolos 2011, gue pengen bgt kuliah di ITB, gue mikir kalo ngulang trs nganggur apa kata orang? hahaha 
    Dulu awal2 nganggur gue kecewa bgt ngulang, ngerasa ketinggalan sm temen2, malu gilak gue dari SMAN 1 Depok hampir semua temen gue masuk UI dan ITB, tp gue gagal, kebetulan berdua sama temen gue namanya Febri, sama2 pengen masuk ITB di snmptn 2011 tp gagal.

    Gue ikutlah blajar di zenius tebet, pulang pergi dari depok naik KRL! cape tiap hari gue bolak balik sebenernya. Senin-jumat masuk kelas belajar2 buat snmptn (tapi seru), sehari sekitar 2-4 jam.. Di zenius stlh bulan ke 2 gue mulai deket sama anak2 dan tutor2, mulai ngobrol2 bnyk, diluar jam belajar kt tetep bisa kumpul, nginep2, diskusi, nonton di studio 14 zenius(hehehe), jalan2, futsal, bultang, maen gitar bareng, dan gak kerasa udah selesai sampe juni 2012 kemaren.

    Eh, gak ada lagi yang namanya nyesel ngulang setaun, ga ada kata cape ternyata udah kebayar bgtt, ga sama sekali bosen setaun ngapain aja. Bahkan gue pikir setahun itu setahun yg berharga bgt buat hidup gue, gue tau rasanya gagal dan ttp berusaha lagi, gue cari kesalahan gue, gue perbaiki paradigma gue dll.

    Apa yang paling berharga buat gue? Gue dapet ilmu buanyak bgttttt di setahun ini, dari belajar fundamental thinking skills, diskusi segala macem ttg sains, teknologi, dlll yg akhirnya bnr2 ngubah worldview sama paradigma gue, akhirnya gue sampe tercengang, ilmu tuh dahsyat bgt!!! 

    Eeeeh pas tes snmptn 2012 gue dapet FTMD ITB, Febri juga temen gue dapet STEI ITB.

    eh kalo buat yang gak memungkinkan les di zenius, pake zenius.net atau zenius xpedia 2.0      tuh udah oke bangettttt. Sabda nya sama, asiknya sama cuma gak bisa ngelawak bareng aja hehehehee

    • Uty Hana Syafitri

      Tapi kalo belajarnya di zenius.net ga bisa dapet obrolan knowledge nya kak, hehe.
      Wah kebetulan nih kak, saya angkatan 2013 sbmptn ambil FTMD ga dapet, malah dapetnya di teknik mesin univ lain yg sebenernya saya kurang sreg belajar di situ. Tdnya ga mau saya ambil tp ortu bersikeras utk menguliahkan saya disitu, pdhl mau nganggur dan masuk kelas alumni zeniusx. Pengen bangeet bljr di kelas alumni, tp apa boleh buat, berarti bljrnya cm bs di zenius.net doang kan. Tapii, ini udh bln januari, kayanya kurang deh kalo cm bljr di zenius.net (kalo bljr di kls alumni kn bs lbh mantep bljrnya) terlebih lagi saya sambil kuliah. Hadeh gimana ya ._.
      Sbmptn thn 2014 ini saya mau ambil FTMD lagi..

  • jule

    bang sabdaaa, kpn pendaftaran program alumninya mulai yaa ? udah ga sabar pengen ikut nih, hehe.

  • Monika Iryanti

    aaaahh gila parah, bikin galau tulisannya :((
    gue udah bayar lunas swastanya dan gak mungkin kan ditarik lagi (bisa sih tp kepotong 5jt) dan kasian org tua juga,dan gadibolehin sm ortu buat ngulang.  pengen nangis baca artikel ini di satu sisi pengen ngejar apa yg gue pengen tapi gue udh dapet jg univ swasta dgn jurusan yg menjanjikan :'(
    help please.....

    • Nyimas Laula

      wah jangan nangis dong. Semangat 🙂

  • Nyimas Laula

    wah maafyak sebelumnya komen gue error jadi bikin jereng, tapi semoga dapet inspirasi ya 🙂

  • wahahahaa anjir baru tau gw ada blog beginian Da, hahaa :D. Well, gw jg mau ikutan ngeshare pengalaman gw deh hehe.
    Halo nama gw Okky Intan, hmm gw pertama kali masuk kelas alumni di
    zenius thn 2010. as usual gw g ketrima dimana-mana stelah gw lulus SMA
    thn 2010 hehe.

    and Yes!!, Awalnya gw ngerasa kesel dan malu karena gw sekolah di SMA favorite di Kota tempat tinggal gw which is Depok (SMAN 1 Depok). Nah, kebanyakan temen2 SMA gw tuh hampir semuanya dapet PTN bahkan orang2 si sekeliling gw bilang kalo murid2 sekolah gw itu klo masuk PTN udh kaya pindah kursi aja dan pada kenyataannya gw g masuk diantara mereka. hmmm Depresi, fucking hell Yess hehe :P. tp gw sangatlah beruntung punya ortu yg sangat support gw apa adanya dan punya temen atau soib gw yg g ada obatnya ini dan sama2 g lulus dimana2 sekaligus satu SMA sm gw namanya Effata Else haha. Ohh iya, pertama kali gw tau zenius tuh dr CD BAJAKAN temen2 trus gw penasaran sama yg asli jd gw nyari deh itu CD yg asli sampai bego haha, eh tau2nya temen gw yg pertama kali gw kenal di salah satu bimbel terkemuka di daerah Tebet except Zenius dan katanya bimbel itu hampir stengah murid disana dapet PTN tp kenyataannya stelah gw masuk program SNMPTN thn 2010 di bimbel itu ternyata dikelas gw yg k trima PTN bisa di hitung dgn jari,It sounds like bullshit right hehe 😛 oke forget itu bimbel ye btw nama temen gw tuh namanya Lia Amanda dia g se-SMA sm gw sih trus gw lupa dia SMAnya dmn, btw maap ya li 😛 trus dia  udh punya yg asli dan dia ngajakin gw sm Effata untuk bimbel di Zenius dan kita ambil deh program Alumni pd saat itu.

    Nah, berhubung rumah gw di Depok walaupun kedengerannya deket dr Tebet nih tp itu capek loh klo PP jd gw memutuskan utk ngekos bareng effata. trus hal2 apa aja yg gw dapet stelah gw belajar disana tuh buanyaaakkk baangeett, yg pd awalnya gw mikir mungkin krn gw kurang hoki aja krn g masuk PTN secara gw pas kls 3 SMA kerjaannya belajar mulu, abis pulang sekolah pasti gw bimbel trus abis bimbel gw privat di rmh bahkan gw g pernah tuh yg namanya hang out sm temen2 k tempat2 yg asik2 paling klo mau hura2 sm temen2 ya lg2 di sekolah atau di tempat bimbel, eh stelah gw bimbel disana dan belajar di zenius.net ternyata pola belajar gw salah besar bahkan gw banyak banget waktu buat main plus hura2 sm temen2 kelas alumni zenius and yess bener banget tuh apa kata yg Sabda bilang, kebanyakan org2 yg bimbel di kelas alumni trus kenal temen2 seperjuangan yg baru, eh malah jd deket bahkan gw menganggap mereka seperti sodara gw sendiri karena saking deket buangett hehe 😛

    trus disana elo g cm bljr di kelas trus dengerin tutor zenius yg oke2 plus kece2 ini tp disana elo bisa diskusi kapan aja dan dimana aja trus nonton film apa aja bahkan gw suka karokean bareng di kelas hahaa. terus baca buku2 yg Wow banget yg ada di ruangan 496 haha. trus effek samping dari belajar di zenius, gw keterima di Teknik Metalurgi & Material UI trus Temen gw effata dapet Farmasi UI, si Lia dapet FK UI ya pokoknya g bisa gw sebutin atu2 disini jd angkatan gw alhamdulilah msk PTN semuanyaa hehee 😀

    Oiya saking gw suka banget sm metode pembelajaran di Zenius dan beneran membuat elo2 semua Zenius jd stelah lulus dr sini gw bertekat pengen banget warga sekitar rmh gw which is Depok harus tau apa itu zenius soalnya yaa, gw g mau aja anak2 sekolah disini punya pola belajar yg salah dan gw g mau jg sukses sendirian kan klo sukses rame2 kan lebih seru dan bagus pula, Jd cara gw mempromosikan ini dg cara jd resseller resmi kota depok hahahaa (sampah abis ye gw) hahahahahaha :D.hmmm sepertinya cukup sekian curhatan gw semoga bermanfaat hahaa 😀

    Okky Intan Teknik Metalurgi & Material UI

      

  • min, katanya taun ini snmptn kan dihapus tuh. berarti kesempatan anak kls XII taun ini berkurang dong?  bagi saran + tips dong, min. Makasih.

    • klau maslah itu ak jga krng tahu bahkan sabda ada aja masih belum tahu
      cman lebih baik persiapan aja dulu 🙂

    • Fiqhi

      klo yg snmptn buat alumni sma 2013 aja klo buat alumni 2011 dn 2012 namanya SBMPTN soalnya kyknya sama yg beda hanya gratisnya dan jumlah yg diterima..klo snmptn gratis dan 60% yg diterima di ptn klo SBMPTN dibayar dan kuota yg diterima 40%

  • Edward Simarmata

    halo semua gagalers 🙂 , kenalin gue Edo kelas alumni 2011 seangkatan sama Esa .
    first thing first , gue bukan motivator jadi jangan harap gue ngasih motivasi yg bikin lo terbang ke langit ya hehe 

    tahun pertama gue snmptn gatot , malu pasti adalah karena SMA gue bisa dibilang salah satu SMA favorit di kota gue .
    ortu gue juga ngotot supaya gue kuliah di swasta tapi gue nolak , karena menurut gue thinking capability-swasta dan negeri itu lumayan berbeda deh gue bujuk nyokap gue supaya ngizinin gue ambil kelas alumni di zenius , gue tiap hari bolak-balik tangerang-jakarta via bus ppekspektasi gue tinggi pada awalnya , gue ngebayangin kayak apa sih sistem belajar di zenius yg menggembar-gemborkan "thinking skills" nya ituwaktu berlalu , gue cepet akrab sama temen-gagal-seangkatan yg segera berasa bagnet brotherhood nya .
    gue akrab sama tutor gokil macam Sabda , Wisnu , Pras , Yoki , Ncen , Pa Kosim dll(sampe detik gue nulis ini , tutor di Zenius itu adalah guru tergokil dan tercerdas yg gue punya)ps : @14c2b5159bb6d42d41ab04b1c714bd1b:disqus  da traktir kenanga ga mau tau

    setahun cepet berlalu , 3 level of knowledges gue bener-bener meledak gila-gilaan .
    world-view gue akan dunia ini bener-bener berubah , ga ada lagi yg namanya keputusan tergesa-gesa karena sempitnya pemahaman
    dan satu hal lagi yg gue amat bersyukur , gue jadi tau ada disiplin ilmu baru yg sumpah keren parah yaitu Evolutionary Psychology (thanks to zenius)

    segera setelah gue mesmerized oleh EP itu dan waktu menunjukkan udah hari akhir pendaftaran snmptn 2012 , gue pun dengan yakin milih Fakultas Psikologi UNPAD sebagai tempat untuk semakin memperluas pola pikir gue for the next years .

    and here i am , dengan beribu terima kasih untuk Zenius dan segala isinya .
    oh iya terakhir , lo boleh bilang gue sombong , tapi setelah lo satu tahun ngeles di alumni zenius pasti lo pede deh ngadepin dunia perkuliahan
    lo tahu lo lebih "cerdas" daripada temen-temen lo karena lo udah punya upgraded thinking skills , even probably lebih cerdas daripada senior lo di kuliah nanti .
    gue udah ngalamin sendiri hehe :))

  • tika dwi

    apakah zenius cuma online doang?
    gaada belajar face to face gitu? ya kaya bimbel biasa gituuuuu..?

  • uty hana

    wah artikelnya membangun semangat banget ini ^_^
    saya mau tanya boleh? saya baru mau lulus SMA, kalo udah kuliah nanti mau ikut kelas alumni di zenius bisa ga?
    Di zenius bisa belajar langsung (face to face) ya? Di daerah mana tempatnya?

    • anis

      Di tebet

  • radea

    bang, pinjam akunnya abang lah :/

  • Mokhamad Arif Saifullah

    Assalamu'alaikum.. minta sarannya dong kakak'' alumni.. saya bingung nih -_-" saya kebetulan lulusan tahun ini dari bandung, sebenernya saya pingin bgt ikutan kelas alumni di jakarta, tapi sangat jauh.. -_- belum nanti biaya untuk nge kost -_-... tapi dari sekarang saya sudah rencanakan, seandainya saya tidak lulus SBMPTN tahun ini, insyaallah saya akan ambil zenius Xpedia.2 untuk alumni.. saya pingin belajar bener2 setahun ini buat mempersiapkan buat tahun depan.. tapi saya bingung nih, kalau kata kakak'' harus gak kita ikutan kelas intensifnya..? atau udah beli paketnya asalkan kita laksanakan dengan baik itu aja udah cukuppp ? mohon sarannya yaa.. hatur nuhun ^-^

  • Mita

    Tahun ini tahu ke2 gue ikut ujian begituan, belum banyak sih kegagalan gue cuma 4kali. Tahun ini ada satu UM yang lolos, tapi gue agak nyesel jurusannya bukan jurusan prioritas gue, gue suka sih tapi masih ada yang lebih disukai. Gue pingin nyoba tahun depan, saking penasaran sama jurusan idaman gue itu, tapi ortu gue pingin gue masukin itu yang lolos, oke gue nurut, kaga mau punya masalah sama ortu, karena mungkin mereka gamau gue nganggur (lagi) setahun.. tapi karena gue keras kepala banget, gue mau nyoba tahun depan, tahun terakhir kemungkinan gue masuk ptn nergeri lewat jalur begituan. Demi hidup gue selanjutnya..
    Ada saran?
    Gue yakin banget itu soal gak susah2 amat (sok jago gue), penasaran banget gue, kenapa gue gak pernah lolos.

    • anis

      Jadi lo udah nganggur setahun? Kalo iya berarti sama kayak gue 🙁

    • putri

      jadi kamu mau ngkut snmptn 2015 ya?

  • Firas Andanawarih

    Tertarik bgt nih ikut belajar di zenius, boleh minta saran ga? Saya udah dpt kuliah di negri tp d3, saya maunya yg s1, dan saya berminat untuk ikut kelas alumni di zenius tp orang tua tidak mengizinkan saya. Gimana ya? Makasih

    • anis

      Ikutin kata orang tua. Setelah itu kejar passion lo! 🙂

  • vera

    Tapi emang bener kalo nganggur setahun itu cv kita jadi jelek?

    • rizky

      Wah ga kepikiran, tolong direply dong siapapun yg tau 😀 bener ga ini. Soalnya ane kuliah di salah satu ptn dan kurang betah ada rencana pgn resign semester 2 gimana ya

  • Irwan sianturi

    ka saya dari SUMUT tepatnya Medan,, saya mau tanya ka, uang Bimbelnya berapaan ya ka? itu bayar perbulan, per Paket, atau per tahun ya ka?

  • Giva

    assalamu'alaikum kakak2...
    kebetulan saya lulusan taun ini, pgn cerita dikit nih. saya termasuk org yg pernah gagal sebelumnya, seperti SNMPTN, SBMPTN, SIMAK UI, UM UNDIP dan UGM.
    Tp alhamdulillah saya diterima di ITS dan UNDIP. tp saya berniat utk mencoba SBMPTN lg taun depan, ortu saya mengizinkan tetapi saya dianjurkan utk ttp kuliah di UNDIP dulu, jd kayak nyambi gt
    menurut kakak2 semua gimana ya? apa tidak apa2 jika kuliah sambil belajar jg buat taun dpn? makasih 🙂

    • Almira Nuringtyas

      wah sama bgt kayak gue nih, gue juga masih kepengen nyoba lagi tahun depan, tapi gaboleh nganggur dan hrs diambil dulu yg udh didapetnya.. padahal ngiler pengen ikut kelas alumni zenius juga :'' kalo lo sendiri gimana?

      • Dion Teddy Sebastian

        sama,gue juga belajar di zenius.net sambil kuliah demi target tahun depan

  • M. Isa

    Wah setelah baca ini kok jadi ngiler pengen ngikut bimbel di zeniusx ya padahal gua alhamdulillah udah dapet ptn dikota depok, tapi rencananya mau iseng nyoba taun depan buat ngejar jurusan impian di univ yang sama hehe, yang mau gue tanyain apa bisa gue ikut zenius x sambil kuliah gitu? gimana saran dan manajemen waktunya? kalo mulai semester 2 masih bisa ga ya? makasih

    • Dion Teddy Sebastian

      sama broh,gue juga udah kuliah di PTN haha,tapi gue ikutan yang zenius.net jadi bisa belajar kapan aja

  • Guest

    GILA! GUA KEPENGEN BANGET GILA! :'''(
    Cuman gimana... nih bang gua salah satu manusia yg gagal sbmptn kemarin, terus gua masih niat terus berjibaku untuk perang taun depan.. asli sinetron abis haha masalahnya disini adalah gua udah bimbel di nurulfikri! ikut program namanya "ronin" sebelum gua baca blog ini, gua udah anggep itu program terjuara dunia yg paling pas bgt buat gua, tapi tapi tapi... hahelah... gua kepengen belajar di zenius jugaa... ngikut yg program alumninya juga... pegimana dong bang?? :'( btw gua udah terdaftar sebagai premium member di zenius.net cuma gua tertarik banget pengen ikutan gabung2 di zeniusclub. Tolong dibantu bang. Terimakasih.. :')

  • devi nanda

    Kalo saya udh kuliah di swasta, tapi pengen ikut lagi sbmptn gimana? Bisa dibilang saya nyesel udh ngambil keputusan buat kuliah diswasta setelah baca artikel ini. Saya pengen berhenti di semester 1 saja karena gak sreg dihati

  • Mia Aprilia

    saya alumni angkatan 2013,saya kemarin berhasil msk ptn tp ga masuk ke jurusan dan ptn yang diprioritaskan.. sbnrnya waktu kemarin pas pengumumn saya brncn mau ngulang lagi 1 thn untk nmbk univ dan jurusan yg diinginkan tp org tua saya blg jalanin aja dulu,tp tetap aja hati ngga disitu... jd bulan februari ini saya mau stop kuliah disitu dan masuk kls alumni,mnrt admin apa saya trlmbt untuk bljr mmprsiapkan tes sbmptn thn 2014 ini??

    mohon sarannya admin:)

  • Hannah

    Mau ikut share pengalaman boleh kan ya? Bolehin aja ya kakak kakak zenius!

    "Tuhan selalu ngasih apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan."

    Sebagai anak lulusan 2013 yang (alhamdulilah) lulus di jurusan yang bener bener dipengen itu bisa dibilang keberuntungan. Aku itu bener bener pengen masuk ke Sastra Indonesia, entah dimana universitasnya (asal negri sih). Tapi, saat itu mungkin aku ngga beruntung masuk lewat snmptn atau sbmptn (karna aku lulusan ipa so pas jalur ini aku ambil jurusan ipa), dan karena aku udah cukup frustasi, aku tiba-tiba kepengen banget pindah ke jalur ips (karna ngga ngerasa udah ngga sanggup lagi di ipa) di umbptn. Dengan tekad bissmillah dan materi seadanya (baru banget kenal zenius, ini serius) akhirnya aku lolos di ptn jurusan Sastra Indonesia yaaaang dari jaman aku sma kelas 1 itu pengen banget masuk kesana. Akhirnya masuklah aku ke ptn itu layaknya anak anak mahasiswa baru angkatan 2013 dan akupun udah ngerasa bahwa inilah yang aku mau dan udah aku dapetin.

    Ngga sampai situ ceritanya, niat kamu salah kalo kamu cuma 'pengen' dan ketika kamu udah dapetin, kamu ngerasa semuanya udah sampai situ padahal ngga. Kamu salah besar kalo cuma mau gengsi masuk ke jurusan/universitas yang kamu/orang banggain. Jadi, setelah itu kamu ngga ada semangat lagi buat belajar. Di tengah jalan aku mulai kaya anak yang ngerasa salah jurusan, karna ini bukan passion aku. (well, kalian semua mungkin punya passion yang beda beda, who knows? :D) Di tengah jalanpun keluarga mulai ngga dalam kondisi 'baik', pokoknya aku ngerasa hancur banget saat itu. Dan terburuknya adalah... keluar. (ini keluarnya baik baik ya)

    Akhirnya di saat genting itu, mama kasih nasihat aku dan bilang "Tuhan selalu ngasih apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan." Tepat! Aku salah kalo aku ngerasa aku pengen banget kesana, aku harus cari apa yang aku butuhin. Tahun 2014, akhirnya aku balik lagi dengan beli paketan zenius, belajar dengan konsisten dan siap hajar sbmptn! yoohoo.. tapi.. gagal. -__- sebagai anak yang pernah gagal tahun sebelumnya, gagal sbmptn bukan apa apa dong? masih ada yang lainnya. Akhirnya aku ikut simak ui, smup unpad, dan lastly spmk ub. simak gagal, smup gagal, and guess what? Yes! Lulus di spmk ub! Aku nangis dan bahagia banget saat itu. Lulus di adm.bisnis ub itu rasanya......hahasdfghjkl. Bahkan jurusan ini itu bukan jurusan yang apa ya? Ngga terlintas sama sekali di kepala wkwk~ Mungkin ini jodohnya? Who knows? Tapi, however, aku bakalan belajar lebih baik saat ini. Tujuannya bukan mau gengsi gengsian. Mau bahagiain mama sama papa. Soalnya mereka udah aku buat kecewa :')

    intinya? JANGAN NYERAH. Ini serius banget harus di terapin sama kalian yang mau sukses dan tekadkan niat yang lurus. But, it's still up to you guys. just sharing, semoga bermanfaat! semangat semuanya 😀

  • Meliana Rizqiyah

    Halo halo ada yang udah booking atau udah bayar zenius x alumni buat tahun ajaran 2014/2015? Lagi nyari temen yg ikutan zenius alumni nih, kasih komen ya!!

    • Gidion Saputra

      wew sama nih ,selamat berjuang ya haha

      • Meliana Rizqiyah

        Selamat berjuang juga! 😀

  • Arif S Gexione Adja

    kak gue kan udah gagal t2 lwat sbmptn jadi gua masuk pts yaa hampir sama lah kayak ngangur setahun nahh kira2 mending gak sihh ikut sbmptn lagii dan kalaupun iya kan sbmptn sama pts hampir sama aja biaya kuliah(klo gak salah) ALASAN KUAT BIAR GUE MILIH PTN LAGI KLO LULUS APA YAAA

  • CA

    BANG SABDA... idk your email. aku cuma mau minta rekomendasi film2 dvd yg bagus buat dionton. cuma itu doang kok yg pgn ditanya. sempetin jawab ya 🙂 mksh bg

  • nurhayana dadel

    kak, kelas alumni tahun 2016/2017 buka ngga ya?

  • Raisa

    kakkkkk kenapa gabuka les zenius buat tahun ini aku mau ikutt padahal aku gagal trs test dimana2 🙁

  • Selvia Andreyani

    Kak Sabda minta daftar Rekomendasi Film yg inspiratif untuk nambah vocab dong kak,, klo sempet emailin yaa : Selvandryn@gmail.com ^_^ makasih kak^^