Apa itu UTBK SBMPTN - Informasi Lengkap UTBK SBMPTN 2022

Informasi Lengkap UTBK SBMPTN 2022, Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif

Apa itu UTBK SBMPTN? – Informasi Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif

Halo Sobat Zenius, apa kabarnya nih? Buat elo yang lagi ngambis masuk PTN impian, pasti sudah pada tahu dong apa itu UTBK SBMPTN? Yap, betul sekali UTBK alias Ujian Tulis Berbasis Komputer ini menjadi salah satu jalur favorit buat lolos PTN. 

Siapa nih yang sudah punya persiapan buat lolos UTBK tahun ini? Sudah mulai cari tahu UTBK 2022 tanggal berapa?

Eitts, sebelum lebih jauh, ada baiknya kalau elo paham dulu informasi dasar tentang apa itu UTBK SBMPTN.

Nah, khusus buat Sobat Zenius tercinta, gue udah ngerangkum informasi lengkap UTBK SBMPTN yang bisa elo jadiin referensi nih, yuk baca artikel ini sampai selesai!

Info dan Kuota UTBK 2022

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, elo sudah mulai paham kan apa itu UTBK SBMPTN? Intinya, UTBK “saja” adalah ujian yang dilakukan berbasis komputer. Bahkan UN (Ujian Nasional) juga sudah menggunakan sistem berbasis komputer jadi bisa disebut sebagai UTBK juga.

Tapi khusus UTBK SBMPTN adalah ujian yang dilakukan berbasis komputer dan ujian ini digelar untuk menyaring siswa-siswa SMA sederajat dan alumni yang memenuhi syarat untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Di Indonesia cuma ada satu lembaga resmi yang berhak menyelenggarakan UTBK SBMPTN ini, yaitu LTMPT. Kalo lo kepo sama website resminya bisa kunjungi link ini ltmpt.ac.id, ya. 

Jadi, kalo suatu hari elo nemuin lembaga di luar LTMPT yang membuka pendaftaran UTBK SBMPTN, artinya itu hoax ya.

Apa itu UTBK SBMPTN? - Informasi UTBK 2022 Terbaru dan Terlengkap

Tujuan diadakannya ujian dengan sistem UTBK ini sebenarnya adalah agar elo sebagai calon mahasiswa bisa mengikuti seleksi secara fleksibel, mulai dari tempat tes hingga waktu tes. 

Terus dari sisi PTN, ujian bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang mampu menyelesaikan studi berdasarkan hasil nilai UTBK.

Sebagai info tambahan, gue juga bakal memberikan data singkat mengenai syarat pendaftaran UTBK SBMPTN 2022, cara mendaftar hingga informasi kuota UTBK terbaru. 

Syarat SBMPTN 2022

Jika diperhatikan dari tahun-tahun sebelumnya, persyaratan SBMPTN 2022 tidak akan terlalu banyak berubah. Persyaratan ini meliputi:

  • Memiliki AKUN LTMPT, dengan mendaftar di https://portal.ltmpt.ac.id
  • Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2022 atau Peserta didik Paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  • Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2020 dan 2021 atau Lulusan Paket C tahun 2020 dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2022).
  • Persyaratan Peserta:

Peserta yang akan memilih prodi Saintek, maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek;

Peserta yang akan memilih prodi Soshum, maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Soshum;

Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, Bahasa Inggris, TKA Saintek dan TKA Soshum.

  • Hasil UTBK 2022 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2022.
  • Membayar biaya UTBK.

Kemudian, terdapat juga beberapa syarat khusus bagi pendaftar UTBK SBMPTN 2022 di jurusan tertentu, antara lain:

  • Khusus Program Studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA saja.
  • Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. 
  • Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.

Cara Daftar SBMPTN 2022

Sistem UTBK SBMPTN 2022, tidak mengalami perubahan yang signifikan dengan pendaftaran tahun 2021. Namun ada catatan nih untuk para alumni yang gap year. Berikut ini udah gue rangkum tahapan dan cara mendaftar SBMPTN secara singkat: 

  • Login menggunakan akun LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id
  • Melengkapi Biodata
  • Memilih Program Studi
  • Mengunggah Portfolio (untuk jurusan/fakultas tertentu)
  • Memilih Pusat UTBK
  • Melihat Nomor Pendaftaran
  • Konfirmasi Kartu Peserta
  • Unduh Kartu Peserta (wajib)
  • Membayar biaya UTBK SBMPTN melalui bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI

Kuota UTBK SBMPTN 2022

Terkait informasi daya tampung atau kuota UTBK SBMPTN 2022 yang ditentukan secara resmi oleh LTMPT adalah minimum 40% dari jumlah total kuota masing-masing program studi.

Untuk melihat daya tampung per universitas, per fakultas hingga per jurusan tahun 2021 kemarin, elo bisa cek secara detail lewat website resmi LTMPT pada laman Daya tampung dan syarat per PTN, PTKIN dan Politeknik Negeri tahun 2021. 

Kelompok dan Jenis Soal UTBK SBMPTN 2022

Hal penting lain setelah mengetahui apa itu UTBK SBMPTN adalah mengetahui kelompok dan jenis soal yang muncul dalam ujian ini. 

Khusus tahun 2022 ada sedikit perubahan nih dalam sistem SBMPTN dengan penambahan soal Bahasa Inggris ke dalam kelompok ujian.

Kelompok soal Bahasa Inggris dalam UTBK 2022 juga akan memiliki penilaian tersendiri.

Berikut ini udah gue rangkum, data terbaru mengenai kelompok soal UTBK 2022, di antaranya: 

  • Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
    Kalo elo memilih kelompok ujian yang ini artinya elo akan mengerjakan soal TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi) dan Bahasa Inggris. 
  • Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)
    Terus kalo elo memilih kelompok soal yang ini artinya elo akan mengerjakan soal TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi) dan Bahasa Inggris. 
  • Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)
    Sedangkan kalau elo memilih kelompok soal yang ini artinya elo akan mengerjakan soal TPS, TKA Saintek, TKA Soshum dan Bahasa Inggris sekaligus. 

Terus, selain informasi mengenai kelompok soal, elo juga harus paham mengenai jumlah soal UTBK 2022 dan lama waktu pengerjaan UTBK 2022. 

Ini berguna supaya sebelum ujian, elo sudah bisa memperhitungkan jumlah soal UTBK yang bisa elo jawab dengan memaksimalkan waktu yang tersedia. 

Untuk informasi jumlah soal dan lama pengerjaan, ini udah gue rangkum berdasarkan info terbaru UTBK SBMPTN 2022: 

Apa itu UTBK SBMPTN? - Jumlah Soal UTBK 2022 Terbaru dan Terlengkap
Jumlah Soal UTBK 2022 Terbaru

Gimana? Sekarang udah paham kan apa itu UTBK dan kelompok soal dalam UTBK. 

Sistem UTBK 2022 ini harus elo ingat baik-baik, sebab ini akan sangat berguna saat elo melakukan pendaftaran UTBK dan memilih kelompok soal. 

Selain itu, yang harus elo pahami selanjutnya adalah tingkat keketatan dalam UTBK. Ini berguna supaya elo dapat memperhitungkan berapa jumlah orang yang akan bersaing dengan elo dalam memperebutkan jurusan yang sama.

Nah, biar elo punya bayangan tentang keketatan persaingan UTBK, gue kasih data keketatan SBMPTN tahun 2021 kemarin. 

Jadi, elo bisa nih memperkirakan apa yang harus elo persiapkan menghadapi UTBK 2022, sebagai berikut:

Persentase Penerimaan UTBK SBMPTN - Apa Itu UTBK SBMPTN
Persentase Penerimaan UTBK SBMPTN 2021

Dari data di atas, bisa kita lihat bahwa pendaftar SBMPTN 2021 ada 777 ribu lebih peserta. Dari jumlah tersebut, 336.834 orang memilih kelompok program studi saintek dan yang lolos hanya 85.149 orang. Artinya hanya 25,28 persen saja yang diterima di pilihan mereka.

Sedangkan 378.556 orang memilih kelompok program studi soshum. Jumlah ini lebih banyak dari yang memilih saintek. Namun hanya 83.836 orang yang diterima di universitas pilihan mereka atau hanya sekitar 22,15 persen saja.

Kemudian, di kelompok campuran ada ada 62.468 orang yang mengikuti tes namun hanya 15.957 yang lolos atau hanya sekitar 25,54 persen saja. 

Dari data di atas, elo bisa lihat bahwa UTBK SBMPTN adalah ujian yang memang punya tingkat kesulitan berbeda dari soal-soal di sekolah pada umumnya. 

Tentunya elo sudah bisa ngebayangin dong, betapa ketatnya tingkat persaingan UTBK SBMPTN? Itulah kenapa, elo sudah harus ngerancang persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, Sobat Zenius.

Strategi Belajar UTBK SBMPTN 2022 Efektif dan Efisien

Pada bagian sebelumnya, sudah terjawabapa itu UTBK SBMPTN. Nah, di bagian ini kita akan mengupas strategi efektif dan efisien dalam memahami setiap materi yang akan keluar. Jangan semua dibabat habis, tapi elo gak yakin apakah yang elo pelajari itu akan keluar di ujian. 

Sayang banget kan kalo udah mati-matian belajar, dari pagi sampe pagi lagi tapi ternyata materi yang elo pelajari gak muncul. 

Elo harus ingat untuk selalu menerapkan sistem belajar yang tepat sasaran. Jadi elo gak harus buang-buang waktu dan energi terlalu banyak. Waktu yang tersisa masih bisa dipake buat hangout sama temen atau nonton Netflix haha. 

Membuat Jadwal Belajar

Apa itu UTBK SBMPTN? - Informasi Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif

Pertama yang bisa elo lakukan adalah membuat jadwal belajar UTBK. Jadwal belajar ini bisa elo buat berdasarkan waktu dilaksanakannya ujian yang sesungguhnya. 

Jadwal pelaksanaan UTBK 2022 akan dibagi menjadi 2 gelombang dengan pelaksanaan per gelombang 7 hari, sebagai berikut yaitu:

  1. Gelombang pertama: tanggal 17 Mei – 23 Mei 2022 (setiap hari dilakukan dua sesi yaitu pagi dan siang).
  2. Gelombang kedua: tanggal 28 Mei – 3 Juni 2022 (setiap hari dilakukan dua sesi yaitu pagi dan siang).

Dengan membuat jadwal belajar UTBK dari jauh hari, elo akan lebih siap menghadapi ujian ini. Ingat kata Abraham Lincoln: “Beri saya waktu enam jam untuk menebang sebatang pohon maka saya akan menghabiskan empat jam untuk menajamkan kapaknya.”

Dan jangan lupa, pastikan elo mendisiplinkan diri dalam mengikuti dan mentaati semua jadwal belajar UTBK yang telah elo buat itu. 

Belajar Mulai dari Basic Skills

Setelah mengetahui apa itu UTBK SBMPTN, strategi menaklukkan ujian ini selanjutnya adalah mulai belajar dari basic skills

Seperti namanya, kemampuan ini adalah fondasi yang harus elo pahami dalam belajar materi apapun. Ini berhubungan dengan aturan-aturan berpikir dasar dan logika dasar yang elo gunakan. 

TPS dan TPA adalah bagian dari basic skills, jadi belajar basic skills berarti sekaligus belajar buat TPS dan TPA juga.  

Lewat basic skill elo juga dapat melihat seberapa baik elo bisa menyelesaikan masalah atau menemukan solusi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari secara efektif. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang basic skill apa aja yang harus dikuasai untuk menghadapi SBMPTN, gue sangat merekomendasikan elo melahap habis daftar materi basic skills berikut ini:

Prioritas Belajar di Materi yang Sering Keluar

Karena UTBK SBMPTN adalah soal khusus, elo bisa menggunakan strategi ini jika elo ngerasa memiliki waktu yang terbatas tetapi masih memiliki pemahaman yang minim terhadap soal-soal UTBK.

Elo bisa mengejar ketertinggalan ini dengan cara membuat daftar prioritas belajar berdasarkan materi UTBK yang sering keluar. 

Misalnya di tahun-tahun sebelumnya, pada kelompok soal TPS (Tes Potensi Skolastik) soal yang berkaitan dengan materi pola gambar selalu muncul. Ini artinya, elo bisa lebih fokus di materi yang berkaitan dengan pola gambar.

Daftar materi yang sering keluar di UTBK dalam beberapa tahun terakhir bisa elo baca lebih lengkap di artikel ini Materi apa aja yang paling sering keluar di UTBK?

Sering-Sering Latihan Soal UTBK

Strategi yang keempat adalah sering-sering latihan soal. Karena UTBK SBMPTN adalah soal yang akan semakin mudah elo pahami kalo elo udah banyak melakukan uji coba. 

Cranya adalah dengan mengikuti try out. Ini akan sangat berguna supaya elo bisa beradaptasi dan lebih familiar dengan soal-soal yang sering muncul dalam UTBK. 

Dengan mengikuti try out UTBK akan mempermudah elo memahami definisi apa itu UTBK SBMPTN, dan melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. 

Misalnya, di try out pertama skor UTBK elo masih rendah, kemudian di try ke-2 elo mengalami peningkatan tapi belum signifikan, terus di TO ke-3 ternyata skor elo turun lagi. 

Lalu, dari nilai-nilai try out yang sudah elo kumpulkan tadi, elo bisa melihat, kira-kira kelompok soal mana yang membuat skor elo jatuh dan artinya perlu perhatian dan belajar ekstra dalam menjawab soal tersebut. 

Kalo elo mau tau soal dan materi UTBK SBMPTN yang paling sering keluar, elo bisa coba berbagai fitur try out dari bimbel online Zenius. Keuntungan yang bisa elo dapet dari mengikuti try out bareng Zenius, antara lain:

  • Soal Try Out Mudah Diakses
  • Soal Try Out Berkualitas (Bukan Hasil Daur Ulang Soal)
  • Soal Try Out Punya Format yang Mirip dengan Soal UTBK Asli
  • Sistem penilaian Try Out sama dengan Sistem Penilaian UTB
  • Zenius Memberikan Rangkuman Materi untuk Setiap Soal 
  • Zenius Memberikan Penjelasan Try Out dalam Bentuk Video Sehingga Lebih Mudah Dipahami

Untuk informasi lebih jelas tentang pentingnya mengikuti try out dan cara ikut try out online Zenius, elo intip lebih jauh di sini ya Yuk Try Out Online di Zenius, Makin Siap Kejar UTBK!

Ajak Teman Buat Kelompok Belajar

Strategi yang kelima menaklukkan UTBK SBMPTN adalah dengan buat kelompok belajar. 

Ini bisa diterapkan kalo elo adalah tipe orang yang gampang bosenan. Bahkan walaupun elo merasa nyaman belajar sendiri, belajar sama temen punya kesenangan yang gak bisa didapatkan saat belajar sendir lho

Elo juga bisa diskusi dan tukar pikiran, bukan hanya ngomongin soal apa itu UTBK SBMPTN tapi juga hal-hal lain. Misalnya saling berbagi tips dan trik dalam mengelola stres selama belajar. 

Belajar Kelompok Membantu Memahami Apa Itu UTBK dan Soal-Soal UTBK
Ilustrasi: Para siswa yang belajar kelompok untuk persiapan UTBK SBMPTN

Dan lewat kelompok belajar, elo juga bisa membangun support sistem yang bisa membangkitkan semangat. Jadi elo dan temen-temen bisa saling berkompetisi secara sehat. 

Nah, itu tadi informasi mengenai apa itu UTBK SBMPTN, mulai dari pengertiannya, kelompok jenis soal, strategi belajar yang efektif dan efisien hingga cara serta syarat mendaftar SBMPTN 2022 mendatang.

Jangan panik, karena masih ada waktu buatmu untuk belajar UTBK, dan masih ada waktu buat ngulang materi kelas X sampai dengan XII. Intinya persiapan elo harus dibarengi dengan komitmen dan konsistensi belajar.

Di luar itu semua, jangan lupa untuk terus semangat dan disiplin pada diri sendiri ya Sobat Zenius. Ingat, tidak ada hasil yang mengkhianati proses. Apa yang elo perjuangkan dan elo harapkan akan segera datang. Semangat terus! 

Kalo elo mau ngobrol atau diskusi sama Ari tentang apa itu UTBK SBMPTN, proses pendaftaran, dll, langsung aja tinggalin komentar di bawah artikel ini ya. 

Dan buat elo yang mau daftar UTBK dan SBMPTN, berikut ini artikel keren lain dari Zenius Blog yang wajib banget buat elo baca supaya punya persiapan yang matang.

Untuk menambah pemahaman lo tentang apa itu UTBK SBMPTN dan soal-soal SBMPTN. Lo bisa download lewat link di atas dalam bentuk pdf, GRATIS! 

Kalo lo ngerasa udah mentok, ada juga video pembahasannya. Zenius udah punya ribuan paket soal lengkap yang bisa lo download. Pembahasan total mengenai seluk-beluk apa itu UTBK SBMPTN dan soal-soalnya ini telah dibuat sama tutor Zenius dengan referensi yang berkualitas.

Soal-soal HOTS juga udah ada di sana. Zenius juga udah punya mobile app, jadi lo bisa belajar dari hape. Tinggal download aplikasi bimbel online Zenius dari Play Store atau App Store.

Informasi Lengkap UTBK SBMPTN 2022, Cara Daftar dan Jadwal Belajar UTBK yang Efektif 9

Originally published: January 23, 2019
Updated by: Sabrina Mulia Rhamadanty

Bagikan Artikel Ini!