Gimana sih caranya manfaatin waktu secara optimal ?

Gimana sih caranya manfaatin waktu secara optimal ?

Pernah gak sih lu punya temen yang serba bisa dalam segala hal ? Dulu waktu gua masih kuliah, gua punya temen yang pinter banget, IPKnya nyaris sempurna, aktif jadi ketua organisasi kampus, jago maen bola, maen game-nya susah dikalahin, punya banyak gebetan, dan bisa jadi dia juga rajin menabung dan tidak sombong. Pokoknya tipikal dambaan setiap calon ibu mertua deh !

Nah biasanya seenggaknya kita bakal nemuin orang ajaib kayak gini dalam hidup kita. Tapi sebenernya, apa sih yang bikin orang-orang kayak gitu bisa mengerjakan begitu banyak hal ? Sementara kita buat bikin PR Matematika aja males buanget, uring-uringan dan ujung-ujungnya malah nyalin jawaban temen pas istirahat.

Nah di blog kita kali ini, gua mau sharing sedikit pengetahuan gua tentang gimana sih caranya manfaatin waktu secara optimal. Moga-moga bisa bermanfaat buat kalian, this gonna take quite long, so brace yourself !

Oke, kalo kita bicara soal waktu, bisa jadi itu adalah hal yang paling mewah dan paling mahal yang kita punya selama hidup. Dengan waktu yg kita punya kita bisa gunain buat ngelakuin semua hal dlm hidup seperti maen, pacaran, baca buku, nonton film, belajar,  kerja, cari duit, dlsb.. Nah untungnya, selama kita semua masih tinggal di planet bumi ini,  kita semua punya waktu 24 jam sehari dan 7 hari seminggu buat melakukan aktivitas kita - gak kurang dan gak lebih buat semua orang.. Nah, tapi sialnya nih waktu kita tuh terbatas sementara hal-hal yang kita pengen lakuin gak terbatas. Jadi kita gak akan pernah punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen. Nah lho gimana tuh.. !

Tapi terlepas dari keterbatasan waktu yang kita punya, ada aja nih orang-orang yang jago banget manfaatin waktu yang mereka punya sehingga bisa meraih begitu banyak prestasi di usia yang sangat muda, sementara ada orang yang terlalu banyak ngabisin waktu buat hal-hal gak penting.. Nah, sejauh ini lu termasuk yang mana hayo ??

Oke, sekarang gua akan coba bahas hal ini dengan ambil contoh yang familiar dlm kehidupan pelajar kayak kalian deh, coba  sekarang apa sih yang bikin sebagian besar dari kita males buat belajar ?? Dari sekian banyak masalah, gua ambil dua aja yang bisa jadi paling sering alami :

1. Kebiasaan Nunda

Nah ini dia nih penyakit kronis yang sering banget muncul dan menghantui umat manusia sepanjang jaman.. Kebiasaan nunda ! Nunda belajar lah, nunda ngerjain tugas lah, nunda bikin PR lah.. Bahkan yang lebih parah, diantara kita bahkan memilih untuk bersikap pasif dan nunggu buat disuruh, baik sama orang laen, maupun nunggu disuruh sama keadaan. TAPI anehnya kok kalo maen game, baca komik, pacaran, gak pernah ditunda-tunda dan gak pernah nunggu disuruh yah ?? Hahaha..

2. Ga fokus Waktu Ngejalaninnya

Nah, masalah berikutnya yang biasa kita temui setelah kita udah bisa niatin diri kita buat belajar  adalah gak fokus / gak konsen dalam ngejalaninnya. Jaman sekarang buanyak banget yang bisa ngalihin fokus kita dalam ngerjain segala sesuatu, dari mulai facebook, twitter, bbm, whatsapp, youtube, game, komik, dlsb.. Jadinya, waktu yang kita udah luangkan buat hal-hal bermanfaat, terkikis juga buat hal-hal yang gak terlalu penting dan cenderung keterusan. Hal ini juga nih yang biasanya bikin kita gak bisa manfaatin waktu secara optimal.

=============================================================================

Nah kok bisa sih 2 penyakit ini muncul terus dan gimana cara ngatasinnya? Now, if I may.. gua mau share dikit pengetahuan gua dan juga trick-trick yang gua pikir mungkin bisa lu lakuin yang bisa jadi bermanfaat buat lu.

Ok pertama, apa sih yang sebenernya bikin kita males, gak niat, suka nunda, nunggu disuruh, dan gak fokus ? Basically dari pengamatan gua, yang nyebabin semua itu karena sebenernya kita gak tau apa manfaat yang akan kita dapetin kalo kita ngerjain semua itu.. Kita gak bikin goal atau tujuan yang sebenernya kita pengen capai. Jadinya ibarat maju tanpa arah dan cuma ngikutin arus doank. Jadinya ya kita gak bakal termotivasi buat ngelakuin itu.

Coba bayangin deh 15 tahun lagi kira-kira kalo ada wartawan yang bakal nulis ttg kisah sukses lu, lu kepengen mereka nulis tentang apa ? Apakah lu sebagai seorang pemaen bola? artis dangdut? ato scientists ? Ini keliatannya sepele tapi sbenernya penting banget menurut gua. Karena selama kita gak tau apa yang pengen kita lakuin ke depannya, gimana kita bisa ngerti seberapa penting yang kita lakuin sekarang buat mencapai itu semua.

Nah sekarang kalo lu belum ngerti apa yang lu pengen lakuin ke depannya, berarti tugas lu adalah buat nyari tau tentang hal itu. Kalo lu udah tau, berarti tugas berikutnya adalah membuat perencanaan step by step gimana supaya hal itu tercapai ! Untuk bikin perencanaan yang efektif, kita harus balik lagi ke statement gua di atas, bahwa gak mungkin kita punya cukup waktu buat ngelakuin semua hal yang kita pengen. Makanya kita perlu tau yang namanya prioritas ! Nah, dalam pengambilan keputusan sehari-hari biasanya kita dihadapkan pada 4 kategori situasi :

PENTING - MENDESAKNah sebelum kita dalemin satu per satu kuadran di atas, ada baiknya kita menyepakati definisi dari "penting" dan "mendesak", Oke? Definisi yang gua rumuskan untuk pembahasan kita kali ini adalah :

Penting : Semua kegiatan yang relevan / sejalan dengan visi hidup, obsesi, cita-cita, atau apapun yang jadi tujuan jangka panjang lu.

Mendesak : Semua kegiatan yang kalo gak lu lakukan dengan segera, lu ga akan dapet kesempatan lain untuk melakukan hal itu lagi.

1. Penting dan Mendesak, sesuatu yang tidak terduga terjadi di luar perencanaan. Contohnya : rumah dan segala harta benda lu kebakaran, lu ngejar deadline penting mendadak yang relevan dgn cita-cita lu, dll.

2. Penting dan Tidak Mendesak, Nah ini dia hal-hal penting jadi ngedukung cita-cita, visi hidup, dan obsesi lu. Contohnya : Baca buku-buku berkualitas, olahraga teratur, belajar banyak hal, bangun koneksi, dll.

3. Tidak penting dan Mendesak, contohnya : angkat telepon, angkat jemuran waktu ujan, buka pintu kalo ada yang ngetok, ngintip rok cewek, dll.

4. Tidak penting dan tidak mendesak, contohnya : mandi, gosok gigi, nyabutin rumput tetangga, nimba sumur, dll.

Please ignore kuadran 3 dan 4 dan coba kita fokus pada nomer 1 dan 2. Nah, sebisa mungkin segala hal yang penting itu kita arahkan jadi situasi kuadran 2, sehingga segala sesuatu yang penting jadi tidak mendesak. Artinya, segala sesuatu yang penting akan terjadi sesuai dengan perencanaan dan persiapan kita.

Nah dalam membuat perencanaan, lu gak perlu bikin semuanya strict terhadap waktu, jadi seolah-olah rencana tahunan, bulanan, mingguan, bahkan harian kalian... itu semua strict demi mencapai cita-cita luhur kalian itu. Gak perlu sampe gitu juga kali.. 😀

Yang penting dalam membuat rencana itu lu buat aja dengan porsi yang wajar dan realistis, bikin step by step contohnya misalnya lu mau jadi ahli fisika teori seperti Michio Kaku atau Brian Greene yang mencoba mengungkap misteri hukum fisika dasar yang menggerakan seluruh alam semesta. Ya berarti misi step by step yang harus dijalanin itu fokus gimana caranya jadi ahli fisika teori. Belajar fisika yang rajin, sering baca-baca jurnal sains, diskusi sama guru fisika kamu,  kejar jurusan fisika murni di universitas keren, kejar beasiswa buat S2 & S3 di bidang theoretical physics, dst.. Hal yang sama juga berlaku kalo kamu mau jadi pemaen bola atau penyanyi dangdut !

Nah kuncinya yang nomer satu selama lu jalanin rencana step by step ini adalah KEDISIPLINAN. Disiplin itu penting banget ! Menurut Jim Collins dalam Great by Choice, kunci kenapa perusahaan-perusahaan raksasa itu bisa tetap bertahan dan berkembang bukan karena mereka lebih kreatif, bukan karena lebih inovatif, bukan juga karena lebih termotivasi, tapi karena DISIPLIN !

Disiplin yang gua maksud itu bukan berarti segalanya harus tepat waktu, tapi inti dari kedisiplinan itu : Lu konsisten dalam ngerjain segala sesuatu sesuai dengan goal atau obsesi yang mau lu capai. Dengan kita konsisten sama diri kita sendiri, maka dengan sendirinya lu lebih rela untuk mensiasati dan mengorbankan semua distraction, gangguan, dan hal-hal gak penting dalam mencapai tujuan lu. Dan itulah sebenernya prinsip dari time management, kunci gimana kita bisa manfaatin waktu yang terbatas secara optimal.

Nah berikut ini beberapa trick dari gua  share gimana langkah-langkah realistis yang kalian bisa ambil dalam waktu dekat supaya lu bisa gunain waktu lu dengan optimal :

  1. Berani Proaktif ! Artinya lu harus bisa menentukan setiap tindakan lu secara independen, jangan mau disetir sama lingkungan, sama temen, atau siapapun. Berani katakan tidak untuk hal-hal yang menurut lu gak penting sementara lu punya hal penting lain yang lebih relevan dengan goal dan obsesi lu.
  2. Siasati distraction / gangguan yang emang berpotensi buat lu ilang fokus. Contohnya dulu gua pernah bertekad ngabisin 2 buku yang selama ini pengen gua baca dalam 3 hari doank, dan untuk merealisasikan itu gua bener-bener matiin hape dan internet dalam 3 hari ! Hal yang sama juga bisa berlaku kalo lu namatin game 😛
  3. Bantu stimulus otak lu buat selalu in the mood, ini bisa lu siasati dengan merubah posisi kamar, pasang tulisan-tulisan penyemangat di desktop atau hp, dan bisa juga dengan atur musik yang lu denger.. Jangan dengerin lagu-lagu patah hati yang selalu bikin lu inget mantan ! Contohnya kalo gua dulu skripsi atau lagi ngerjain sesuatu yang butuh fokus tinggi. Gua selalu muter soundtrack Final Battle Game Mass Effect 2 yang super dramatis dan membangkitkan semangat.. and it works for me !
  4. Buat schedule plan ! Nih sekarang tuh buanyaak banget aplikasi yang bisa lu pake di handphone, tablet, laptop, atau PC buat bantu lu mendisiplinkan diri terhadap jadwal. Ada yang namanya google calendar, evernote, trello, asana, whatever.. Gua pribadi gunain evernote buat bantu gua buat produktif dan disiplin dalam kerja, berorganisasi, maupun bisnis pribadi gue.
  5. Tentuin mana prioritas dalam schedule ! Jangan harap 100% yang lu tulis dalam schedule itu akan jadi kenyataan. Pasti ada-ada aja deh dari sekian banyak hal yang udah kita rencanain itu yang ga akan berjalan sesuai rencana semula.. dan itu emang wajar kok ! unpredictable things can be happens anytime, anywhere ! Terus gimana dnk ? Nah ini dia saatnya buat lu tentuin kegiatan apa yang perlu lu prioritaskan dan penting untuk mencapai apa yang bener-bener lu inginkan. Misalnya dari sekian banyak hal yang lu kerjakan, lu bisa bikin kategori mana yang penting (sejalan sama obsesi lu) dan mana yang gak sejalan. Udah gitu lu bisa eliminasi kegiatan yang udah gak sejalan sama visi jangka panjang lu. Jadinya, apapun yang terjadi, buatlah keputusan yang didasarkan pada kepentingan jangka panjang lu.

So gua coba rangkum dikit yah dari apa yang gua tulis tentang cara manfaatin waktu secara optimal, pertama lu harus tentuin dulu apa yang sebenernya jadi obsesi dan visi hidup lu ke depan. Baru setelah itu, lu buat perencanaan misi-misi step by step yang realistis supaya lu mencapai itu. Disiplin dan konsisten sama apa yang lu percaya dan yang jadi obsesi lu sendiri. Buat jadwal dan tentukan prioritas !

Naah.. dengan lu coba ngelakuin semua itu, moga-moga lu bisa ngegunain waktu lu yang terbatas ini secara lebih optimal, Okeeeii ??

Btw kalo ada yang mau ngobrol, komentar, kasih masukan, dlsb gak usah malu-malu langsung posting di kolom bawah blog ini yeee ~

=============================================================================

[ PS. Buat kalian semua yang baca tulisan ini, gua saranin banget buat nonton video Sabda di Xpedia Guide tentang :

1. Masalah dalam Belajar dan Solusinya

2. Learning How to Learn

3. Time Management

Disana Sabda udah ngejabarin jauh lebih lengkap, detail, dan bagus banget buat ngembangin diri lu jadi lebih baik ]

Tertarik belajar dengan zenius.net? Kamu bisa pesan vouchernya di sini.

About 

Glenn Ardi adalah Online Marketing Manager Zenius Education dan Editor Zenius Blog. Glenn mengambil gelar Sarjana di Fakultas Ekonomi, Jurusan Business Management Universitas Parahyangan Bandung.
 
Follow Twitter Glenn at @GlennArdi

  • Moza

    overall setuju bgt, tapi kadang suka sedih kalau rencana yg udah kita buat harus rusak karena kita sakit -_- share aja kalau aku lagu yang bikin semangat itu lagu-lagu dari two steps from hell, seperti all the king's horses, strength of thousand men, dan archangel >…<

    • Glenn Ardi

      Yes, rencana yang udah kita bikin emang seringkali gak berjalan mulus karena byk kendala, termasuk juga sakit.. Tapi yang jelas, dengan membuat rencana kita punya arahan yang jelas ttg apa yang mau kita tuju. Ya gak ? 😉

  • Fitry

    kak saya mau tanya saya kan aumni tahun ini rencananya sih mau ngulang tahun depan tapi masih yakin gak yakin saya juga mau es di zenius x tapi masih takut apa bener zenius beda dari bimbel yang lain? soalnya saya dulu les tapi nilai try out nggak ada perkembangan. makasih kak 🙂 oh iya padaha saya sudah baca yang masalah ngulang atau nggak ngulang.

    • Glenn Ardi

      Haha.. kalo soal beda ato sama dgn les bimbel lain. Sebenernya gak etis juga kalo gua jawab karena ya gua kan kerja di zenius jadi pastinya belain zenius.

      So mendingan kamu coba tanyain aja sama temen-temen kamu yang udah pernah nyobain bimbel di zenius atau udah pernah pake zenius deh 🙂

      Kamu bisa liat testimoni temen-temen kamu di tulisan ini nih, coba kamu ikut comment atau tanya di twitter, siapa tau ada yang bisa cerita

      http://www.zenius.net/blog/1558/catatan-perjuangan-murid-zenius-menghadapi-sbmptn-2013

    • dimas kiwing

      kalo menurut pribadi gua di zenius x lo bukan cuma dapet ilmu pelajaran doang, tapi lo bakal dapet ilmu2 atau pengetahuan yang jarang banget lo dapetin di kehidupan sehari - hari lo. selama pengamatan gua selama 3 tahun les disana, banyak banget tutor2 yang menurut gua "ajaib" itu ngasih ilmu mulai dari hal lagu, sejarah2, sampe hal apa yang terjadi di tahun 2030. sebagai buktinya, bisa lo liat di blog2 zenius yang artikelnya "ajaib" semua yang secara ga langsung memberi lo motivasi sendiri.

      untuk cara ngajarnya pun lo bukan disuruh untuk menghafal rumus dll. tapi lo bakal diajarin kenapa rumus itu bisa ada terjadi. tutor2nya pun juga enak banget yang ga bakal bikin lo ngerasa beban buat belajar kayak di sekolah.

      jadi menurut gua lo gabakal nyesel deh masuk di zenius x 🙂

  • Meisyal

    Wah, artikel blog kali ini penting banget ini buat manajemen waktu dan sebagainya, hehe 😀 Terima kasih Zenius, ditunggu lagi post yang lain untuk perkembangan..
    *yang mahasiswa ditunggu juga, Bang..

    • Glenn Ardi

      Thanks Meisyal !

  • Egy Adhitama

    targetnya juga harus realistis (menurut ane)

    ---------------

    • Glenn Ardi

      Yes exactly Egy !

  • niesa hanum

    masih belajar untuk focus dan menghindari distraction, maaf mau tanya
    apa ada rekomendasi buku untuk melatih fokus dan time management?
    terimakasih sebelumnya 🙂

    • Glenn Ardi

      Hi Niesa,

      untuk pelajar sih gua saranin lu baca The Seven Habits of Highly Effective People karangan Stephen R.Covey

      Buku itu juga sempet dibuat khusus buat teenager sih, judulnya The 7 Habits of Highly Effective Teens, karangan Sean Covey (anaknya Stephen Covey)

      di Gramedia sih harusnya masih banyak yah 🙂

      • niesa hanum

        sudaaaaaaah baca yang teen juga 😀

        sesuai dengan sarannya di blog ini juga:

        http://www.zenius.net/blog/54/referensibukugw

        tapi emang baru baca kebiasaan 1 sih kemudian dipinjem temen sekarang, jadi belum sampai yang time management mungkin, okedeh :/

        nah! kalau yang talent is overrated nya geoff colvin sedang mencari tapi belum ketemu dimana2, ebook juga adanya yg english ga nemu yang indonesia 🙁

        pihak zenius ada link ebook yg indonesia? :3

        oiyaaa terimakasih atas artikel2nya, rekomendasi bukunya, dan rekomendasi DVD nya juga, memperluas pengetahuan banget! 😀

        • Prasdianto

          Talent is overrated nya Colvin biasa ada di toko buku Periplus. 🙂 Ini ada link artikel dari penulis Jurnal aslinya, Om Ericsson tentang Deliberate Practice http://www.skillteam.se/wp-content/uploads/2011/12/Ericsson_delib_pract.pdf Salam.. 😀

          • niesa hanum

            terimakasihterimakasih 😀

            tentor biologinya zenius ya bang? 😀

            mau bilang "terimakasih banget" udah diajarin caranya belajar biologi yang bisa paham banget nget! terimakasih 😀

          • Prasdianto

            Iya "same-same" (klo kata Kasino) ,sama-sama. Seneng banyak orang yg jadi suka sains. 😀

          • niesa hanum

            bang follback twitterku dong! @niesahanum mau minta tlg sama tanya banyak nih! 😀 makasiiiiiiiiiiiih

          • iskandar

            Kak pras gmna caranya biar materi yg bnyak dibiologi sedikit sedikit bisa di mngerti.
            Terima kasih

  • pesjay

    mood belajar gue naik turun mulu nih bang, gimana ya caranya biar itu mood naik terus(stabil)?

    • Glenn Ardi

      Halo Pesjay.. Kalo soal mood emang agak susah tapi biasanya bisa disiasati. Biasanya sih kalo gua bayangin apa manfaat yang bisa gua dapetin kalo gua belajar (misalnya masuk universitas impian gua) dan juga bayangin konsekuensi kalo gua gak sampe dapet itu

      Kalo lu sekarang kelas 12, dan udah ada rencana buat kuliah di Universitas tertentu.. Saran gua lu datengin / kunjungin universitas itu. Serius deh, dengan lu coba datengin langsung tempat calon kuliah lu, biasanya lu termotivasi buat belajar supaya bisa kuliah disana

  • LALA

    gue sekarang kelas XII gue bingung banget wat ngatur waktu w,serasa waktu itu kurang banget.gue bingung kapan waktu wat belajar materi sekolah,wat persiapan smptn sama waktu wat persiapan sbmptn wat ngulang pelajaran kelas x ama XII nya jga,,tolong kasih saran dong,,

  • maya

    sip zenius! management waktu ini bgt yg saya butuhin kak. bingung bgt bagi waktu antara sekolah dan organisasi sebenernya mau fokus belajar aja buat ke PTN idaman tapi ada organisasi yg kadang saya gak bisa bagi waktunya. ujung2nya malah fokus belajar tapi ninggalin amanah dan giliran fokus jalanin amanah malah belajarnya lewat 🙁

    • Glenn Ardi

      Halo Maya,

      nah ini dia nih saat yang tepat buat kamu coba untuk mulai belajar management waktu dengan baik.

      nanti waktu kamu kuliah, hal yang kamu hadapi bukan cuma "sesederhana" bagi waktu antara ngejar nilai akademis dan organisasi doank..

      Bisa jadi kamu akan dihadapkan dengan tugas yang lebih banyak dr jaman SMA, persiapan ujian semester, praktikum, kerja praktek lapangan, kegiatan organisasi kampus, jadi asisten dosen, ikut jadi panitia acara kampus, atau mungkin mulai bisnis kecil-kecilan dengan temen kampus, dan masih banyak lagi..

      • Haris Setyawan

        Iya kak ini yg terjadi pada saat ini, ini saya baru kelas X di slaah satu SMA negeri di SOLO, saya jga ikut organisasi juga, setelah saya pikir slama 1 smstr ini kok rasanya gak seimbang antara bljr dgn organisasi, trus di pikiran saya tahun depan saya mau fokus ke belajar dan gak mau ikut2 organisasi, itu gimana kak? tindakanku benar gak?

  • Raf

    Super sekali kak ! thank you seketika gua terbangun lagi dari kemalasan gua, tolong tulis hal-hal yang dapat memotivasi diri dong kak, terima kasih

    • Glenn Ardi

      Halo Raf

      Sebenernya kalo boleh gua kasih masukan ke kamu nih.. sebisa mungkin kita jangan pernah tergantung sama motivasi dari orang lain. Soalnya motivasi itu bukan hal yang bisa dipaksain, tapi dilahirkan karena memang kita menyukai apa yang sedang kita kerjakan. 🙂

  • Lala

    Kak, saya murid akselerasi yang taun depan mau lulus. Saya ngerasa perlu ngulang semua pelajaran yg udah lewat, sedangkan sekolah pulang sore & selalu banyak tugas. Tiap minggu juga ulangan. Ada saran? Terimakasiiih

    • q

      maen pes yok

      • Glenn Ardi

        Ah gua sih kaga demen PES, maen FIFA donk !
        Hehe..

        • Naufal Fawwaz

          emang apa bedanya kak ? kan sama aja main bola '<'

    • Glenn Ardi

      Sebenarnya waktu itu bisa disiasati selama kita bisa membedah kegiatan apa yang sebenarnya kita lakukan seharian. Dari sekian banyak kegiatan, masa sih gak ada kegiatan yang bisa kita korbankan buat sesuatu yang lebih bermanfaat.. ya misalnya ngulang semua mata pelajaran.

      Dengan zenius sih gua pikir harusnya ngulang pelajaran bakalan jadi jauh lebih gampang sekaligus menyenangkan ya ! 🙂

  • hesti

    keren banget kak motivasinya! gue jadi semangat. oya gue mau nanya kak, kan cita2 gue banyak ya kak, pengen jadi direktur, dosen, motivator dan penulis kak, sedangkan gue biasa aja. gimana ya kak biar bisa wujutin itu semua?thanks before:')

    • Glenn Ardi

      Halo Hesti,

      Well, sebenernya tulisan gua bukan buat motivasi sih.. tapi thanks atas pujiannya lho.

      Hmm.. kalo kamu masih punya terlalu banyak cita-cita, kayaknya sih berarti kamu belum nemuin apa yang bener-bener kamu pengen lakuin. Supaya bisa fokus buat ngejalanin impian kamu, ya ada baiknya kamu pilih dulu salah satu yang jadi bener-bener ambisi kamu. Baru dari situ kamu buat strategi buat ngembangin keunggulan kamu dan mensiasati kekurangan kamu.

  • Rony Dame

    Masalahnya, saya takut gagal ke depan walaupun udah melakukan banyak.., dan akhirnya jdi kebawaan yg kayak gituan sampai skrg kak.., 🙁
    kasi solusi dong kak...

    • Glenn Ardi

      Halo Rony

      Kenapa harus takut sama hal yang sudah pasti? Sekarang siapa sih yang gak pernah gagal dalam hidupnya? Kegagalan itu bisa gua bilang sebuah kepastian yang pasti dijalanin sama semua orang, jadi gak usah takut gagal. Yang harus ditakutin itu kalo kamu gak pernah berani untuk mencoba sesuatu 🙂

  • Fitria marta

    Kak saya lulusan tahun lalu, baru kemaren ikut SBMPTN tapi belum lolos, rencana mau nyoba lagi di tahun depan, gimana ya kak caranya mengatur waktu buat belajar yang optimal, soalnya kalo rame saya gak bisa masuk yang dibelajarin 🙂 terus gimana caranya biar gak gagal hehheh ....

    • Glenn Ardi

      Wah kalo supaya gak gagal sih terus terang gua gak tau, hehe.. Soalnya kegagalan itu bukan suatu hal yang buruk kok. Yang penting kita belajar gak nih sama kegagalan kita.

      Kalo di SBMPTN kemaren kamu belum lolos, coba dipikirin lagi apa yang menyebabkan kamu kok bisa sampe gak lolos. Siasati kelemahan kamu itu, minimalisir resiko-resiko lain, upayakan spy di hari H kamu tuh bener2 do your best !

  • Uway Cantik

    Kak Gimana Cara ngatur waktu belajar kita ? Klo siang Banyak Distraction .. Klo malem Bawaan nya Ngatuk , Gimana ya Kak ??

    • Glenn Ardi

      Nah berarti kamu harus mensiasati supaya kalo siang :
      1. Hindari distraction
      2. Buat kamu bisa mentoleransi distraction tsb

      Kalo Malem :
      1. Buat supaya gak ngantuk (bisa dengan minum kopi, tidur siang, dsb)

      Sebenernya buat ngelakuin segala hal itu bisa aja disiasati kalo emang ada niat kok. Gua aja dulu lumayan sering banget bangun subuh buat belajar karena subuh-subuh itu suasana rumah udah tenang. So emang gak ada yg mudah buat dapetin apa yang kita pengen, butuh perjuangan, butuh pengorbanan juga 🙂

      • Uway Cantik

        Ok Kak .. Thanks Bwt Nasehat nya 🙂

  • Larassati

    ikut share yah kaka. aku lulusan sma tahun ini. kmrn daftr ptn tp blm bs lolos snmptn atau sbmptn. nah krn obsesiku it pgn buaaaaangeeetttt jadi mahasiswa ITB jurusan SBM akhrnya ak putuskan untuk tdk kuliah dulu tahun ini. Buat fokus ke sbmptn tahun depan biar bs lolos tuh. Tapi kak.. nunggu waktu setahun it kan ga cepet. pasti ada aja masa jenuh krn tdk kuliah. Bagaimana cara mengatasi nya? rencana saya pgn hijrah les di bandung. d bimbel deket itb itu looh d sana skalian blajar pake zenius. tapi kbtln rumah tinggal saya di pemalang jawa tengah. apakah cara itu efektif? terlebih untuk keselamatan saya krn saya perempuan d sana tdk ada saudara hanya ada sahabat akrab. bagaimana yah kak?

    • Glenn Ardi

      Wah kalo masalah keselamatan sama efektif/nggaknya bimbel lain sih terus terang gua susah komentar yah..

      Emang rasa jenuh itu pasti dateng dan kadang kita perlu "temen seperjuangan" supaya bisa keep us on fire.

      btw kalo mau bimbel sih, kenapa gak coba bimbel di zenius aja? Disini ada banyak banget nih alumni yang belajar tiap hari sambil seru-seruan ngobrol, becanda, diskusi, dll.. sama tutor2 zenius.

      Kalo lu mau tau ttg bimbel zenius, bisa cek disini

      http://www.zenius.net/blog/1726/bimbel-apa-enggak-ya

  • Fauzhan

    copas ya 😀

    • Glenn Ardi

      Boleh, tapi jangan lupa cantumin sumber yah

  • Mila

    oh iya kak, tahun kemaren dapet nilai yang super jelek banget, rasanya jadi down dan nggak percaya banget. nggak rela, dan sekarang jadi bingung kalau mau ngelakuin sesuatu kadang minder, malu bingung, takut kalau mau ngerjain sesuatu. banyak yang bikin pesimis. ada solusi enggak?

    • Glenn Ardi

      Hei Mila, yang namanya kegagalan itu PASTI akan menimpa siapapun - baik orang yg biasa2 aja sampe yg paling jenius sekalipun. Jadi kamu gak perlu minder, malu, dan terus berlarut-larut sama kegagalan itu. Percaya ato nggak, yg ngebedain orang berhasil sama nggak itu cuma gimana cara dia menanggapi kegagalannya itu.

      Sekarang gimana caranya numbuhin rasa pede dlm diri kamu nih.. Kalo gua sih yakin, kepercayaan diri itu tumbuh melalui PROSES. Gak akan mungkin kita bisa tiba2 pede tanpa sebab karena keyakinan buta sama diri sendiri.

      Nah cara paling masuk akal buat numbuhan rasa pede itu menurut gua ya dengan berusaha mencapai keberhasilan-keberhasilan kecil yang sepele, dari mulai bangun pagi, coba belajar konsisten sm jadwal, coba ngejar target2 yang gampang, terus makin lama makin sulit, sampe akhirnya lu bisa mencapai hal yg tadinya lu pikir gak mungkin.

      keep fighting yah !

  • della

    kak aku mau belajran tapi kadang bingung mau mulai darimana, gimana ya ka cara ngatasinnya

    • Glenn Ardi

      Mulai dari hal yang bikin mood kamu naek aja dulu..

  • sarah

    Kak saya lulusan taun kemaren. Kira-kira program zenius apa ya yg cocok buat saya? Terus saya sampai sekarang ga nguasain pelajaran SMA. Apalagi fisika :') apa bisa diulang dari awal banget kalau ikut zenius? Ga selintas selintas atau umumnya aja gitu. Apa nerima mirid bebeul kaya saya gini? Harus sabar banget ngajar dari yg paling dasar. Kadang saya tuh ga nerima gitu aja ilmu yg dikasih, harus tau detailnya banget. Aduh maaf ya saya banyak nanya

    • Glenn Ardi

      Hi Sarah, kalo kamu mau bingung mau bimbel ato nggak, mungkin coba deh baca artikel ini http://www.zenius.net/blog/1726/bimbel-apa-enggak-ya

      Kalo soal nerima murid "bebeul" sih kamu gak usah khawatir, tutor2 kita udah pengalaman bertahun-tahun buat ngajar dari anak yang paling jenius sampe paling 'bebeul' kok! 😉

      Kalo kamu mau ngulang dari awal kan bisa belajar juga di zenius.net
      Disitu kamu bisa mulai belajar sendiri materi dari yang paling dasar jadi bisa cepet ngejarnya

  • Kartini

    kalo tentang prioritas, gue masih bingung nih kak. kan cita-cita gue sejak kecil tuh pengen jadi penulis novel, tapi kata mama jadi penulis itu bisa dijadiin kerja sambilan, guru gue di sekolah juga saranin, katanya kalau mau jadi penulis, sebaiknya punya kerjaan tetap juga, karena bergelut dengan sastra/seni tuh gak bisa menjamin kesejahteraan hidup kita nantinya (ceileh).
    jadinyaa, gue mulai nyari cita-cita baru yang kali ini bisa menjamin kesejahteraan gue di masa depan. nah, setelah mencari-cari hal-hal lain apa yang gue suka selain menulis, gue sadar kalo gue suka main komputer, blogging, gue juga tertarik belajar coding. jadilah gue memutuskan untuk menjadi programmer. pas gue bilang sama mama (minta restu gitu), mama masih nggak ngedukung. akhirnya gue tahu, kalau ternyata mama pengen gue jadi guru! padahal gue gak bakat jadi guru, dan gak minat juga. gue bahkan gak pernah berhasil ngejelasin sesuatu kalau temen nanya ke gue tentang pelajaran, meskipun gue udah ngerti sama pelajaran itu. berpikir buat ngejar jadi programmer, tapi kan yang ngebiayain gue kuliah nanti kan juga mama, sendirian pula (single parent). sementara buat kuliah di teknik informatika yang kualitasnya bagus kan butuh biaya yang nggak sedikit..
    gue galau kak, padahal ini masih tahap awal (masih tahap nentuin prioritas). butuh saran dan pencerahan nih :))

    • Glenn Ardi

      Hi Kartini, kalo udah melibatkan keinginan orangtua dan kondisi keuangan emang dilematis sih.. Cuma kalo menurut gue, kita jangan sampe deh disetir arah hidupnya oleh siapapun, termasuk orangtua. Kenapa? karena toh yang akhirnya ngejalanin itu kan kamu, bukan mama kamu yang ngejalanin.

      Oya, buat jadi blogger dan penulis yang keren, sebenernya kamu gak perlu banget sih ambil IT buat belajar ngoding ampe jadi programmer. Hal-hal teknis seputar blogging bisa kamu pelajari secara singkat kok.

      Yang penting kalo mau jadi penulis yang keren itu kamu harus banyak baca, banyak diskusi, sama punya pemikiran terbuka.

      Coba deh kamu kasih pengertian ke mama, tapi bilang baik-baik yang sopan yah !

      PS. Besok kebetulan banget kita mau launching artikel tentang pentingnya baca buku. Baca yah

      • Kartini

        setelah gue pikir-pikir, dan setelah baca saran kakak, gue jadi mantep buat milih kuliah di jurusan TI kak. karena, dengan kuliah di jurusan itu (dimana gue juga suka pelajarannya), gue lebih besar kemungkinannya buat jadi programmer. nanti juga sambil kuliah gue bisa nyelesaiin proyek novel gue, dan tentunya ilmu yang gue dapet bisa gue share sebagai tutorial di blog. akhirnya ngena semua deh, jadi programmer iya, jadi penulis iya, jadi pengajar juga iya hehe, muantep 😀

        kalo soal mama, sepertinya beliau bakal bangga deh kalau sudah ngeliat bukti nyatanya dari gue. beliau cuma butuh satu: bukti. bukti kalau cita-cita gue tuh bukan hal sepele 🙂

        sip kak, pasti gue baca artikelnya. thanks ya kak ^^

  • frendy

    gmana dapter nye om???

    • Glenn Ardi

      dapter apaan dulu nih om?

  • nurul ezkanandyta

    kak @prasdianto:disqus gue mau nanya nih kak, gue mau kuliah di Unpad dan ngambil FK, gue udah tau zenius sejak kelas 10.. tapi baru mulai kelas 11 sekarang.. gue masih bingung kak ttg motivasiin diri sendiri.. kadang, kalo lagi mendapatkan yg gue inginkan ya bisa dibilang "menang/berhasil" membahas soal, gue pasti seneng.. tapi, kalo lagi ga beruntung, gue malah merasa diri gue tuh rendah bgt.. padahal, ortu gue minta gue untuk usaha keras untuk masuk FK.. terus, gue kan ikut kelompok persiapan olimpiade biologi, gue tuh tau kak konsepnya, tapi masih takut untuk mencoba... dan memunculkan yang akhirnya "stress dan ketakutan" akan gagal kak... mohon sarannya kak untuk masuk FK

  • Rizal

    Kak, saya lulusan 2013 mau coba lagi buat SBMPTN 2014. Dan target saya "harga mati" nih. Soalnya udah komitmen sama diri sendiri dan orang tua. Apalagi skrg saya kuliah di swasta yang emang ga nyaman banget. Sehingga saya udah berusaha curi2 waktu pas jam istirahat di perpus kampus. Tapi kadang masih ga disiplin. Bukan krn maless tapi kepikiran tugas kampus juga -_-
    Terus ktmu temen2 yang ga sejalan juga cukup mengganggu.
    Dipikir2 sih dari dulu mending nganggur. Tapi ya gimana lagi....
    Saya mau masuk FSRD ITB nih kak.
    Siasatinnya gimana yah? saya tertarik nih sama zenius. Cuma ngadat terus internetnya wkwkwk

    • Glenn Ardi

      mumpung masih bulan Desember, menurut gua lo pikirin lagi baik-baik arah hidup lo mau kemana, jangan setengah-setengah.

      Kalo emg lo mau coba SBMPTN 2014 dan emg udah gak sreg sm kuliah lo yg sekarang. Ya udah, fokus aja buat hal itu, jadi energi dan waktu lo bisa tersalurkan secara optimal.

      Terkecuali ada beberapa hal yg memberatkan lo buat ngulang dan blm lo sampaikan yah, misalnya masalah biaya, persetujuan orangtua, dll..

      Tapi saran gua sih, kalo emg udah gak sreg - ngapain juga dipaksain? Nantinya malah lo memutuskan gak ngelanjutin kuliah setelah 2-3 tahun kuliah, apa gak sayang tuh..

      • Rizal

        Jadi apa sebaiknya saya harus mundur dari kuliah yg skrg nih kak?
        Ataukah membiarkan tugas2 dan memfokuskan pada belajar?

      • Rizal

        Dan karena emg ternyata sbmptn mepet sama UAS semester genap (akhir). Jadinya kalo emg masih kuliah smpe nanti, bakalan ngorbanin UAS.
        Jd apa sebaiknya saya mundur dr kuliah yg skrg atau membiarkan tugas2 kuliah buat fokus belajar?

        • Glenn Ardi

          Wah Riz, sorry nih yaa.. kalo pertanyaan seperti itu, gua gak bisa jawab. Soalnya disini gua liat, lo ingin agar gua membuat keputusan buat diri lo.

          don't let other people choose your destiny Riz..

          so gua gak bisa bikin keputusan buat lo, paling gua cuma bisa bantu lo supaya lo bisa bikin keputusan yang tepat buat diri lo sendiri, karena toh yang jalanin lo sendiri, bukan gue.

          tips dari gua cuma satu, lo gak boleh setengah2 menjalani kuliah. So, apapun keputusan lo.. jangan sampe membuat lo menyesal seumur hidup. Mending lo buat keputusan besar sekarang daripada nanti nyeselnya belakangan. Okei 🙂

          • Rizal

            Okedeh sip thanks ya kak maaf klo ngerepotin dan kepanjangan hehehe

    • Fajar

      Hampir mirip ni kaya gue...

  • diah

    Kak gimana sih cara mengulang pelajaran tapi efektif dalam kurun waktu yg bisa dibilang singkat? Mohon bantuannya

    • Glenn Ardi

      Learning is a journey, not a race.. Menurut gue, yang namanya belajar, jangan mikirin jalan pintas deh.. Kalo pemahaman lo gak tuntas dan cuma ngerti kulitnya doang. Nanti ke depannya lo bakal kerepotan.

  • Lukman

    Kak saya mau tanya, mustahul gk kalau kita bisa belajar materi SBMPTN yang ada diatas tadi ?
    Kebetulan saya program IPA juga . Klu menurut saya 3 bulan bisa, gk mustahil kan ? 🙂 makasih banyak 🙂

    • Lukman

      Dan juga paham semua materinya 🙂

    • Glenn Ardi

      Coba lo baca artikel berikut ini, moga-moga ngebantu

      langkah strategis belajar sbmptn

      • Lukman

        Makasih buat semuanya Kak Glen 🙂
        InsyaAllah bermanfaat 🙂

  • Rafi

    cara saya juga sama kayak gitu, tapi setelah berjalan seminggu timbul lagi masa males nya alias udah jenuh.. terus itu gimana solusinya ?

  • Vero

    Kak gue mau curhat.. gue tu bisa belajar optimal.. tp kadang gue cepat lupa apa yang gue pelajari.. intinya gue susah ngafal sesuatu.. dan tau sendiri kalau belajar konsep butuh waktu yg ga sebentar.. sedangkan pra un udh di depan mata dan tugas" terus membayangi.. belom lagi gue kepikiran sama sbmptn yg harus gue prepare.. help me!

    • Glenn Ardi

      Kalo lo belajar dengan berusaha ngehafal dan cepet lupa. Berarti lo belum menikmati apa yang lo pelajari. Coba deh lo baca tulisan ini moga-moga ngebantu

      tips belajar yang bener

  • Ardi Holmes

    bang gimana cara nya melahap semua materi SBMPTN mau ambil IPC dengan waktu yang amat sempit kurang lebih 4 bulan dari sekarang,gue alumni tapi baru persiapan dari sekarang,mana banyak materi SMA yang lupa,gimana ya bang ???

  • Brian

    itu kuadrannya dapet dari 7 habits ya, bagus buku-bukunya mau baca yang lain tapi lagi serius belajar buat un & sbm. Kak saya udah agak berniat mau les di zenius x buat intensif, tapi kendalanya masih mikir jarak yg jauh sama rumah, itu jam pelajarannya gak ada yang pagi-siang ya? biar gakena macet sore2 hehe

    • Glenn Ardi

      Sebenernya kalo lo niatin, disini anak-anak alumni banyak banget yang nginep dan belajar ampe tengah malem bahkan sampe subuh kok. Hehehe..

  • Ahmad Heri

    permisi mas numpang baca-baca, saya datang sini dari HT Kaskus http://m.kaskus.co.id/thread/5315cfb21f0bc3606d8b45a2

  • Tio Nichlany Galiamova Shahab

    gw dari kecil, gak bisa ngatur waktu dengan baik. -____-

  • hany

    Ka aku mau tanya ka. Ka aku tuh susah banget ngabangun mood buat belajar kalau dirumah. Bawaannya tuh mau main hape lah mau nonton tv lah main laptop lah dll deh ka. Nah berarti cuma punya kesempatan buat serius belajar di sekolah doang kan ya? Sedangkan di sekolah waktu kepotong buat istirahat. Ngobrol sama temen dll deh. Sedangkan ini udh mau menjelang UN.. aku bingung kaaa harus gimanaa~ help mee~! 🙁

  • Mas Teguh

    kak, gue uda sering buat konsep belajar yg efektiflah, uda buat jadwl jadwal menurut gue uda cocok dgn keseharian gue, tapi yg sering jadi kendala, tidur siang ane kak, sering banget gue kalau uda belajar fokus sampai 3 bab full (review materi), setelah itu gue ngantuk berat dan al hasil tidur siang gue jadi larut banget -_- kira kira ada gak tips untuk bisa menyeimbangkan antara belajar dan istirahat ? oia gue alumni yg pengen ngulang kak hehe *ngasih gambaran aje*

  • Marcellina Anggreani Leksono

    ad g ya kak cara maksimalin otak biar g ad kendalanya :v

  • ila

    kalo dpt perintah dari org tua, misalnya disuruh ngerjain ini lah itulah, pergi kesana sini situ, itu termasuk katagori situasi yg mana? kan kalo gk diturutin kadang agak nyesel kasian gitu.

  • Batsa Nadria

    Bg, yakin tuh ngintipin rok cewek gk penting mendesak ?? -,-

  • Dewangga Prasetya Praja

    Ngintip rok cewek=gak penting tp MENDESAK. XD

  • Azzam Oky

    makasih bnyak kak glen..benner2 insight

  • Indah Kartika Azka Sefi

    bang mau link materi modul zenius dalam bentuk pdf makasih 🙂

  • Fariz Ramadhan1

    Ok banget artikelnya, glenn. Oh iya gua mau nanya dong klo cara nyiasati saat gua pengen belajar biar ga cepet ngantuk, nah terus. Kan gua alumni smk kesehatan 2014, insyaallah gua bakal ngulang lagi taun ini coz tahun lalu gua gagal sma pilihan PTN yg gua idamin masuk fakultas teknik yg berhubungan dibidang kesehatan,, apa masih ada harapan bro? sekarang gua belajar sambil kerja tapi kadang-kadang susah buat fokus ato konsisten

  • RRin

    Keren banget kak :g
    Termasuk orang yang menyianyiakan waktu :')
    Tapi kak, btw aku dah dengerin musik buat menstimulus mood :'v kacaunya pfft.. :'v konsennya malah ke musik. Kan anjir ToT) trus gimana tuh? :')

  • Yugi Hasan Alnawan

    Walaupun artikel sudah lama, tapi ini sering banget dicari.Ini bukan untuk belajar saja, bisa digunain berbagai kegiatan ya kan? Tapi kebanyakan melakukannya bukan untuk belajar, tapi nge game. Nge game disiplin, proaktif, gak nunda dan lain lain deh. Pelajar kayak aku ini mungkin juga seperti itu, ya soalnya nge game memang lebih ena dari belajar. tapi belajar sebenernya prioritas utama

    Sama saja jkayak nge blog. Gak fokus trafik sedikit. Rejeki seret. 🙁

  • yoga

    terima kasih... sangat membantu..

  • Jenny Amalia Panjaitan

    Kak saya bisa nggak ntn video dri zenius tntng pljrn ipa. N klu bsa drimna yh??

  • Malik Karim

    Bang Kalau Aku Boleh Bertannya Gini,,, Jujur bang aku malas bgt kalau Mau Belakar truss kalau belajar biasa Ga msk di Otak Gw -_- Mohon Di bantu bang 🙁

  • Rezki Alfa Ridho

    ass mas,kasih motivasi dong mas untuk tetap konsisten ngejalanin time management kita.. 😀

  • Tiar Salsabila F

    I'm a professional procrastinator. yes. Apakah Youtube juga termasuk keperluan penting yang mendesak? selama ini saya berpikir jika menonton Youtube dengan bahasa inggris maka waktu saya tidak akan terbuang, yey. Dan akhirnya nilai saya turun drastis semestre ini, gimana? apakah lebih baik dilanjutkan atau berhenti. Tapi youtube sudah menjadi bagian dari diri saya, mulai dari Dan, Phil, SciSchow, Hank Green, CrashCourse, dsb. Sebagus- bagusnya konten sains di Youtube itu, beda banget sama yang ada di sekolah. Jadinya malah fokus ke sains Youtube itu daripada kewajiban saya.

    whtshuldiduthen ?

  • walidin din

    Deadline tugas penting dan mendesak kadang sangat menguras otak dan menyita waktu hingga kurang tidur, akhirnya sakit

  • selvia

    Kepada glen ardi gue pusing niihhh ngatur waktu gua di SMA kali ini . di sma banyak pr terus pulangnya lama, terus belajarnya sampai jam 11 san gitu deh utk kerjain pr. Pas tiba disekolah guru menerangkan aku malah gak konsen karena kewalahan ngantuk banget..

  • selvia

    Tolong sarannya doni kepada glen ardi

  • Faisal Malik

    Mirip Videonya Sabda

  • diki sumosastro

    beda k13 ama ktsp apaansi om, ada tambahan gitu juga gak? bingung mo ngulang pake yg mana, wa tamatan sma taun ini 2015 😀

  • Ouww Binggo

    ijin share bang bermanfaat bangeet

  • Refri A. Srigama

    Kak, sebenernya di SMA aja gua ngerasa jurusan gua udh salah, sebenernya nih waktu itu gua mau ambil jurusan IPS soalnya gue suka membaca,mamahami,menghafal dan hal2 yg berbau sosial gitu tapi ortu maunya ke IPA .dengan berat hati gua lingkarin tuh buat ambil jurusan IPA. Akhirnya selama belajar di SMA gua males2san aja. Katanya sih gua pinter, kalo masalah Ranking Alhamdulillah dari SD sampe SMA selalu dapet peringkat 3 besar terus , (tapi ya, sekolah gua sekolah yg standar2 aja) kemampuan gua berasa kaya ga ada apa2nya sama org laen ... #berasabutirandebu

    Tapi nih, bingungnya waktu mau kuliah pilihan ortu malah nyaranin ke ilmu sosial semua???aneh kan aneh banget (kenapa ga ngizinin gua jurusan IPS coba??)

    Kalo minat gua sih udh mantepin setelah SMA ini mau ambil Fakultas Ilmu Sosial dan Politik aja,nah loh gua kan anak IPA ?? Lucu yaaa ........
    Tapi ni nilai gua untuk saat ini tergantung sama pelajaran mtk,kimia,fisika yg bener2 gua ga ngerti dan ga mau ngerti jga.

    Tapi nih setelah gua nonton vidio di Zenius , gua jdi semangat banget buat belajar ke 3 mata pelajaran itu , supaya nilai UN gua bagus dan di terima di jurusan dan univ pilihan gua.

  • Ilham Wahyudin Romadhoni

    Abis ini, gue langsung matiin paket internet, facebook, twitter and all of the distraction i ha.. Thankyu..

  • Ika Wahyuni

    bang bedanya apa kalau beli voucher saja sama paket xpedianya?kalau buat sendri bagusan yg mana bang ? mohon pencerahannya

  • ria risdianti

    kak gua juga lagikejar target nih mau FK UNPAD. duh masuk gak ya? emang harus pinter banget ya? tapi gua curi start belajar dari sekarang, tapi gua tipenya pelupa jadi gua takut finally gua malah lupa yang gua pelajari. oh ya thanks juga artikelnya!

  • A Brellian Pratama

    ini sangat ngebantu gue banget, tapi gimana ya, gue pinter banget nyeramahin org tapi kadang buat gue ngelakuin itu aja susahnya setengah mati. itu gimana ya solusinya?

  • Elfan Islam

    Kak, saya pngen jd ilmuan ekonom kaya Gossen, Adam Smith, dsb.. tapi ambil s1 pend. Ekonomi dulu, tar s2 s3 ilmu ekonomi .. bisa gak?

  • Famowi Damira

    hallo, kak.
    saya sebenarnya sudah tau zenius udah lumayan lama (kira-kira SMP), tapi baru beli voucher zenius dikelas 11 sekarang.
    sebaiknya apa yang saya lakukan dulu dan juga gimana menejemen waktunya? apa belajar buat UN dulu atau buat tes universitas (SNM atau SBM)?

    dibalas ya kak :))

  • Al.

    thanks bang gilak berguna bgt buat gw haha yang patah hati sm snm sbm mandiri dan insha Allah gw mau ngulang tahun dpn. doain ya bang hehe

  • Zahra Silmi

    Ka siswi SMK ,pasti tau kalo smk itu lebih banyak kerjakeras nya buuat kejar sbmptn karna emang di sekolah smk pelajaran nya hanya dasar nya ssaja , nahh kan aku mau kejar SBMPTN tapi aku juga mau sambil merintis bisnis olshop ku dan aku juga mau belajar autocad min aku bisa 3D/2D untuk nanti nya menambah biaya kuliah ku . menurut kaka bagaimana apa aku bisa fokus ketiga hal itu?