zat_plasma_zenius_education

Zat Plasma – Wujud Zat Selain Padat, Cair, dan Gas

Selain padat, cair, dan gas, ada lho satu lagi wujud zat, zat plasma, yang bisa ditemui secara alami di kehidupan sehari-hari. Kira-kira, seperti apa ya?

Di sekolah dan kehidupan sehari-hari, ada tiga wujud zat yang biasanya kita kenal: padat, cair, dan gas.

Yap, tiga wujud zat ini bisa kita temui dengan mudah di dalam kegiatan sehari-hari. Di sekolah pun, kita juga mempelajari tiga wujud zat ini serta perubahannya.

Sebenarnya, ada satu lagi wujud zat yang sangat mudah kita temui di sekitar kita yaitu .…

ZAT PLASMA!

Zat Plasma - Wujud Zat Selain Padat, Cair, dan Gas 17
Minion What GIF (Arsip Tenor 2017)

Seperti zat padat, cair, dan gas, zat plasma ini ada di alam secara alami lho, dan berada di mana-mana. 

Gue yakin deh, sebenarnya kita semua familiar dengan benda-benda yang sebenarnya merupakan zat plasma.

Penasaran? Kebetulan banget nih, Zenius punya video menarik tentang plasma.

Yuk, log in akun Zenius elo dan akses videonya melalui tautan di bawah ini. Jangan lupa refresh halamannya ya.

VIDEO: WUJUD ZAT SELAIN PADAT, CAIR, DAN GAS

video_zat_plasma_zenius_education
Video Zenius Education

Gimana Sobat Zenius, apakah elo sudah dapat gambaran soal zat plasma? Sekarang, kita bahas lebih lanjut yuk apa sih zat plasma itu dan contohnya.

Apa Itu Zat Plasma

Ketika Sobat Zenius melihat petir atau aurora, kira-kira dua hal tersebut merupakan zat padat, cair, atau gas?

petir_aurora_contoh_zat_plasma_zenius_education
Aurora dan petir. (Arsip Zenius)

Kalau gue disodori tiga pilihan wujud zat tersebut sebelum mengenal zat plasma, gue pribadi akan menjawab zat gas. Elo juga nggak?

Sebenarnya, petir dan aurora itu merupakan contoh zat plasma, lho!

Zat plasma memang cenderung terlihat seperti zat gas, karena nggak terlihat padat seperti batu, dan nggak terlihat cair seperti air.

Namun, bila dilihat lebih dekat lagi, zat plasma sebenarnya punya perbedaan dasar sama zat gas!

Jadi, apa itu zat plasma?

Zat plasma, yang seringkali disebut sebagai the fourth state of matter (perwujudan zat ke-4), merupakan wujud yang terjadi akibat gas yang dipanaskan dengan temperatur yang sangat tinggi.

Untuk memahami bagaimana zat plasma terbentuk, Sobat Zenius kita harus tahu bahwa molekul gas biasa itu terbuat oleh atom-atom individu.

Atom secara umum memiliki nukleus bermuatan positif yang dikelilingi oleh elektron bermuatan negatif.

Nah, ketika gas mendapatkan energi atau panas yang tinggi, elektron-elektron tersebut ini terlepas dari nukleus.

Ketika elektron terlepas dan menjadi elektron bebas, atom tersebut akan mengalami ionisasi, di mana atom dapat menjadi ion positif atau negatif ketika menerima atau melepaskan elektron. 

Lalu, campuran dari partikel yang bermuatan positif dan negatif tersebut, itu yang disebut dengan plasma.

atom_plasma_zenius_education
Partikel Plasma (Arsip ResearchGate 2013)

Seperti zat gas, zat plasma juga nggak punya bentuk atau volume tetap. 

Namun, di dalam wadah seperti bola kaca dengan pengaruh listrik medan elektromagnetik, plasma bisa terlihat seperti pancaran atau filamen seperti di bawah ini.

Zat Plasma - Wujud Zat Selain Padat, Cair, dan Gas 18
Bola Plasma (Arsip Gifer n.d.)

Kira-kira, begitulah pembahasan singkat tentang plasma. 

Perbedaan Zat Padat, Cair, Gas, dan Plasma

Coba lihat gambar di bawah ini.

Perbedaan Wujud Zat
Bentuk Partikel Zat | Dok. Live Science

Gambar di atas menunjukkan perbedaan pergerakkan molekul pada zat padat, cair, dan gas. Sungguh berbeda, bukan?

Kita tahu bahwa partikel di dalam zat padat rapat, partikel pada zat cair cenderung sedikit renggang, sedangkan partikel gas benar-benar tersebar.

Pertanyaannya, bagaimana dengan zat plasma? Mari kita tambahkan plasma di jejeran perbandingan tiga wujud zat tadi.

partikel_zat_plasma_zenius_education
Partikel Zat (Arsip Zenius)

Agaknya mirip dengan partikel zat gas ya? Partikelnya sama-sama terlihat tersebar. 

Namun kita harus ingat, bahwa partikel di dalam zat plasma memiliki aktivitas yang jauh berbeda dengan zat gas, karena adanya proses ionisasi.

Gas perlu mendapat energi dan panas yang besar untuk mengalami ionisasi hingga berubah wujud menjadi plasma.

Selanjutnya, berikut ini perubahan wujud zat padat, cair, gas, dan plasma.

perubahan_wujud_zat_plasma_zenius_education
Perubahan wujud zat. (Arsip Zenius)

Contoh Zat Plasma di Kehidupan

Apakah Sobat Zenius bisa tebak apa wujud zat plasma dalam kehidupan sehari-hari?

Zat plasma secara alami ada di mana-mana, sangat banyak di seluruh alam semesta. Bahkan, ilmuwan memperkirakan lebih dari 99% materi di alam semesta merupakan plasma.

Coba elo lihat ke atas langit di siang hari. Matahari yang menyinari hari-hari kita itu terbentuk dari gas super panas, alias plasma.

Bagaimana dengan plasma di dalam kehidupan rumah tangga? Karena memiliki banyak elektron bebas, plasma bisa menjadi konduktor yang sangat baik.

Seringkali kita nggak menyadari keberadaan plasma ini, padahal berada sangat dekat dengan kita.

Beberapa contoh umum penggunaan zat plasma dalam kehidupan sehari-hari bisa dilihat pada lampu neon, layar komputer, dan pelapis ubin atau genteng.

Di dalam dunia industri manufaktur, plasma digunakan untuk pembuatan peralatan elektronik seperti televisi dan komputer, pembuatan plastik, sterilisasi peralatan medis, dan lain sebagainya.

Penutup

Bagaimana Sobat Zenius, apakah elo ada pertanyaan seputar topik kita kali ini? Atau mungkin elo punya ide untuk artikel selanjutnya? 

Kalo elo punya pertanyaan maupun pernyataan, jangan ragu buat komen di kolom komentar, oke? Sampai sini dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya, ciao!

Referensi

Apa itu Sumber Energi Plasma? – Indonesia Environment & Energy Center (2015)

How many states of matter are there? – Sara Rigby via Science Focus (2022)

Learn How to Identify Plasma With These Examples – Anne Marie Helmenstine, Ph.D. via AThoughtCo (2019)

plasma – Britannica (updated 2021)

States of Matter: Plasma – Jesse Emspak via Live Science (2016)

Bagikan Artikel Ini!