Tips Belajar Seleksi Masuk PTN 2023 untuk Kelas 11

TIPS PERSIAPAN SNBT KELAS 11

Jadi gimana guys, sebagai anak kelas 11, apakah elo sudah menentukan ingin kuliah di PTN mana? Kalau udah, good job! Artinya elo sudah tahu apa yang elo mau dalam hidup dan sudah mempersiapkannya dengan baik. Kalau belum mempersiapkan, tenang aja, ini adalah saat yang paling baik buat elo mempersiapkannya.

Kenapa masa paling baik? Karena elo sudah separuh jalan menuju kelulusan SMA. Elo nggak terlalu cepat dan juga nggak terlambat untuk memulai. Pokoknya pas banget deh!

Jangan berpikir bahwa cara elo mempersiapkan SNBT sama dengan kakak kelas lo ya! Beda dong. Elo masih punya waktu untuk mempersiapkannya dengan cara lebih santai. 

Langsung aja, are you ready? Ini dia tips mempersiapkan SNBT untuk kelas 11. 

1. Mengenal potensi diri 

Pernah nggak elo bertanya sama diri sendiri, sebenarnya potensi diri elo apa sih? Mungkin elo masih bertanya-tanya dan belum tahu jawabannya. Nggak apa-apa sob. Ada banyak cara untuk mengenali potensi diri.

Cara pertama adalah cari hal yang elo suka. Pasti ada satu atau dua hal yang paling elo sukai. Entah hitungan matematika, sejarah, seni, olahraga, dan lain-lain. Kalau sudah tahu suka apa, carilah bidang itu di sekolah dan diperdalam.

“Gue suka banget fisika, tapi gue gak jago!” 

Nggak masalah sob. Semua hal kalau diusahakan maksimal, pasti ada hasilnya kok, kan usaha nggak akan mengkhianati hasil. Lagipula, ketika elo sudah suka dengan satu hal, elo pasti akan lebih mudah untuk mengulik lebih dalam tentang hal itu. Ketidak-jagoan elo itu justru jadi pembangkit semangat paling besar untuk bikin elo jadi jago. Usahakan di kelas 11 ini elo sudah menemukan potensi lo ya, jadi PR-nya tinggal mengembangkannya aja deh. 

Ketika potensi diri sudah ketemu, mudah-mudahan elo juga langsung bisa menemukan semangat masuk ke PTN favorit elo ya!

2. Membuat target dan timeline

Pertama-tama, elo harus menentukan tujuan utama dulu nih. Elo mau masuk ke Perguruan Tinggi Negeri mana, dengan jurusan apa. Jangan lupa buat juga plan B dan plan C ya. 

Kalau sudah ada target utama, elo bisa membuat timeline besar untuk bisa mencapai tujuan itu. Elo bisa mulai membuat daftar rencana belajar dan juga target di setiap pelajaran.

Misalnya nih, elo adalah siswa dari jurusan Bahasa. Elo ingin menjadi wartawan. Maka, elo bisa membuat rencana belajar sebagai berikut:

  1. Mendalami mata pelajaran Bahasa Indonesia
  2. Mendalami mata pelajaran Bahasa Inggris
  3. Mendalami mata pelajaran bahasa asing selain bahasa Inggris.

Dari sini sudah kelihatan nih, ada empat mata pelajaran yang harus elo dalami dengan baik. Elo bisa membuat target nilai dari tiap mata pelajaran itu. Misal, targetnya tiap mata pelajaran minimal dapat nilai 99 (Wow, ya boleh dong, namanya juga target). Elo jadi akan termotivasi untuk mengejar nilai itu. Tapi ingat ya, nilai bukan segalanya, yang penting itu pemahaman elo dengan materi yang dipelajari. 

Kalau elo gagal di target-target kecil, elo bikin timeline untuk mengejar ketertinggalan lo. Misal, kalau sekarang elo gagal dapat nilai bagus, maka elo harus segera mengejar nilai supaya hasilnya memuaskan saat pengambilan rapor nanti. 

3. Mengikuti kelas tambahan atau les

Target yang udah elo buat sendiri dan elo perjuangkan, mungkin hasilnya belum memuaskan. Ya walaupun mengejar PTN masih satu tahun lagi, tapi ada baiknya elo mengejar ketertinggalan elo sedini mungkin sob. 

“Kan nanti ngejar materi yang gue nggak ngerti masih bisa di kelas 12.”

Tidak seperti itu ya, Ferguso.

Kelas 12 adalah saat di mana elo lagi sibuk-sibuknya. Bisa jadi nggak ada waktu untuk mengejar ketertinggalan elo di kelas-kelas sebelumnya. Daripada masalah elo ditumpuk di belakang semua, mendingan segera diselesaikan, kan?

Maka, caranya adalah, ketika tertinggal pelajaran, langsung elo kejar. Kalau elo nggak sanggup mengejar secara mandiri, barulah elo mencari bantuan. Bantuan bisa didapatkan dengan nanya ke temen, nanya ke guru, atau mengikuti bimbingan belajar.

Jangan malu ya untuk bertanya. Semakin elo malu, semakin sulit juga elo memecahkan masalah yang ada di kepala elo, dan semakin jauh juga cita-cita elo mendapatkan PTN yang elo damba-dambakan. 

4. Mengikuti ekstrakurikuler

Jangan dikira kalau ingin masuk PTN, elo harus mengurung diri di kamar sambil belajar berjam-jam ya! 

Bersosialisasi lah sama temen-temen, salah satu caranya ya lewat ikut ekstrakurikuler. Manfaatnya banyak banget. Pertama, elo bisa membangun relasi dengan temen-temen yang punya kegemaran yang sama kayak lo. Relasi yang elo bangun, bisa membuat wawasan elo jadi makin luas. Bisa jadi setelah ngobrol sama temen-temen elo, elo justru menemukan pandangan baru untuk PTN atau potensi baru yang ingin elo kembangkan. 

Keuntungan dua, elo juga bisa menyalurkan hobi di ekstrakurikuler yang elo ikuti. Siapa tahu bakat elo ternyata justru terasah di situ. Hobi yang terasah bisa jadi cita-cita. Perfect!

5. Minta masukan pada guru dan orangtua

Ini juga penting nih! Kalau elo masih ragu ingin melanjutkan ke PTN mana, jurusan apa, mending elo tanya sama guru dan orangtua.

Para pendidik punya record nilai-nilai elo, memperhatikan elo di sekolah, tahu bakat mana yang baiknya dikembangkan, dan juga tahu kelemahan elo di mana. Jadi, tentu ada baiknya untuk minta saran ke guru-guru yang elo percaya.

Elo bisa bertanya soal jurusan yang mau elo ambil, di mana PTN yang paling cocok sesuai dengan bakat elo, dan juga mencari plan A serta B. 

Nah, orangtua bisa jadi justru yang paling paham tentang nilai-nilai elo di sekolah. Dari lahir elo dipantau nilai-nilainya, bakatnya, kekurangannya. Bertanya pada orangtua tentang PTN yang mau dituju bisa jadi alternatif buat elo.

6. Cari gaya belajar yang paling efektif

Sudah setahun lebih kan jadi anak SMA? Selama ini elo sudah menerapkan cara belajar paling efektif buat elo atau belum?

Cara belajar ini penting banget sob. Kalau elo belajar dengan cara yang sama dengan kebanyakan orang tapi malah gak efektif, usaha elo bakal sia-sia. Ada gaya belajar visual, auditori, kinestetik, global, dan analitik.

Baca juga: https://www.zenius.net/blog/cara-agar-tidak-malas-belajar 

Baca juga: https://www.zenius.net/blog/cara-belajar-efektif-dan-efisien 

Dari sekian banyak gaya belajar, tentukan yang mana yang paling efektif buat elo. Kalau sudah, elo tinggal belajar dengan baik deh!

7. Berlatih sejak dini

Ingat sob, prestasi di sini nggak cuma prestasi akademik. Elo sudah baca kan aturan baru seleksi masuk PTN?

Baca juga: https://www.zenius.net/blog/aturan-baru-seleksi-masuk-ptn

Sesuai dengan perintah dari Mas Menteri, SNBT nanti menggunakan Tes Potensial Sakolastik (TPS) untuk menguji penalaran dan logika dalam memahami konsep dasar. Elo bakal ketemu dengan soal potensi kognitif, penalaran matematika, dan literasi bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Dari judulnya sih kayaknya mudah saja ya mempelajari itu semua. Tapi jangan salah sob, ternyata soal-soal yang diberikan nggak mudah-mudah amat.

Elo nggak perlu nunggu sampai kelas 12 untuk mulai menjawab latihan soal. Elo bisa mulai baca-baca dan ikutan jawab latihan soal. Kalau ada yang elo nggak  ngerti, elo masih bisa nanya sama guru elo, dan belajar lebih giat lagi deh.

Tenang aja, Zenius juga punya kok contoh soal SNBT (UTBK) dari tahun-tahun sebelumnya yang berhubungan dengan Tes Potensial Skolastik ini. Elo juga bisa belajar dari situ dan dapat penjelasannya juga.

Oke, elo sudah baca tips belajar untuk mengerjakan soal SNBT 2023. Kalau sudah baca semua, sudah tahu dong ya langkah selanjutnya apa? Yak betul, saatnya elo memulai tips-tips yang sudah gue sebutin di atas. 

Ayo siapkan SNBT bareng Zenius dengan cara berlangganan paket belajar. Untuk tahu harga langganannya, klik banner di bawah ini ya!

Tips Belajar Seleksi Masuk PTN 2023 untuk Kelas 11 9
Bagikan Artikel Ini!