Penalaran Sejarah: Asal-Usul Konsep Uang

Uang memang memiliki peran yang sangat besar dalam hampir semua aspek kehidupan manusia, terutama pada peradaban dunia modern. Rasanya tidak terlalu berlebihan kalo gua bilang, uang memiliki kekuatan lebih dari sekedar alat tukar nilai. Dalam bermasyarakat, uang seringkali menjadi indikator status sosial, kekuasaan, dan juga simbol dari kekayaan. Itulah sebabnya manusia berlomba-lomba mencari uang sebanyak-banyaknya dan bermimpi untuk mencapai kebebasan finansial. Uang menjadi sedemikian besar kekuatannya, hingga merasuk menjadi sebuah tujuan hidup manusia yang tidak …

Kenapa Emas dan Perak Dihargai Lebih Mahal Daripada Logam Lain?

Hey, Guys.. Ketemu lagi nih sama gue, si ganteng Ivan! 😛 Kalo sebelumnya, kita udah pernah cerita tentang Matematika yang dikawinin sama Biologi, sekarang gue akan ceritain satu hal yang umum di kehidupan sehari-hari, tapi bisa dipandang dari segi Kimia, Ekonomi, sampe Sejarah. Wah, apaan tuh? Penasaran kan.. Btw sebelum masuk ke topik bahasan, gue mau tanya dulu nih, di antara lo (terutama yang cewek) ada yang hobi koleksi aksesoris ngga? Atau …