teknik menghafal oleh otak dan apa makanannya

Teknik Menghafal Serta Makanan Pendukungnya

Seperti yang diketahui, teknik menghafal merupakan salah satu cara agar bisa mengingat materi pelajaran dengan baik. Itulah mengapa, Kamu harus memahami berbagai macam metode supaya hapal secara cepat. Namun, jangan lupa untuk didukung oleh makanan sehat.

Beberapa Teknik Menghafal yang Dapat Membantu Kamu

teknik menghafal oleh otak dan apa makanannya

Setiap orang pasti mempunyai caranya masing-masing untuk bisa menghafal. Baik menggunakan metode yang sudah populer ataupun menciptakannya sendiri. Tentu hal tersebut bertujuan agar prosesnya berjalan lancar. Berikut beberapa teknik menghafal.

1. Konsentarsi Penuh

Terlepas dari apapun tekniknya, tentu salah satu hal yang sangat penting dalam proses menghafal adalah konsentrasi. Tentu ini cukup berpengaruh atas daya serap otak terhadap semua materi. Untuk menjaganya, ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan tentunya.

Supaya bisa berkonsentrasi secara penuh dan fokus terhadap materi, pastikan Kamu berada disituasi yang tenang. Jangan sampai ada hal apapun yang bisa mengganggu atau mendistraksi pikiran seperti suara bising. Selain itu, pastikan juga tidur dengan cukup.

2. Pahami dan Mengerti Akan Materinya

Sebelum Kamu memutuskan untuk memulai proses menghafal, ada baiknya agar pahami materinya terlebih dahulu. Sebab, jika belum bisa mengerti maka hafalan akan berlangsung lebih sulit dari yang dibayangkan. Jadi, baca seluruh materinya sampai benar-benar paham.

Selain itu, hal ini bertujuan agar Kamu tidak membuang-buang waktu pada saat memulai proses menghafal. Apabila materi sudah dipakai secara keseluruhan, maka hafalan dapat berjalan menjadi lebih mudah pastinya. Itulah mengapa, wajib memahami terlebih dahulu.

3. Cari Gaya Belajar dan Menghafal Sendiri

Cara terbaik untuk bisa menghafal dengan cepat adalah dengan menggunakan metode ciptaan sendiri. Tentu hal ini mendorong sesuatu yang Kamu inginkan dalam proses belajar ataupun hafalan. Jangan ragu berinovasi dan mencari teknik sesuai keinginan diri.

Jika memang menginginkan proses menghafal yang menyenangkan, maka cobalah untuk membuatnya. Selama hal tersebut dapat membantu Kamu menjadi lebih mudah dalam menghafal, bukanlah masalah. Kalaupun ingin bekerja kelompok, segera hubungi kerabat.

4. Bacakan Secara Ulang

Membacakan ulang materi yang ingin dihafal adalah salah satu metode paling sering digunakan. Cara ini dianggap sangat ampuh dalam membantu proses hafalan karena cukup efektif. Pasalnya, dengan begitu, otak bisa menyerapnya secara cepat dan maksimal.

Ketika Kamu membaca ulang materi, usahakan agar tidak dalam jumlah banyak. Mulailah dari beberapa kalimat atau poin pentingnya terlebih dahulu. Jika sudah merasa hafal dan ingat diluar kepala, maka lanjut ke bacaan berikutnya. Kemudian kombinasikan seluruh materinya.

5. Tulis Materi Hafalan

Sama halnya seperti membaca ulang, metode menulis materi hafalan ke atas kertas juga paling sering diterapkan. Cara ini dianggap sangat efektif dan dapat membantu Kamu mengingat. Sebab, dengan tulis tangan bisa membuat otak menjadi lebih cepat menyerap.

Pasalnya, otak secara otomatis akan merangsang dan menyerap apapun yang Kamu tulis. Metode ini bisa dikatakan sangat ampuh karena menulis sudah pasti sambil membaca. Dengan begitu teknik tersebut terdapat dua metode dalam satu cara.

Makanan yang Dapat Membantu Kamu Dalam Menghafal

Makanan yang dapat membatu Kamu dalam menghafal maksudnya adalah berbagai macam asupan guna meningkatkan daya ingat. Pasalnya, semua teknik akan percuma apabila pola hidup tidak sehat sehingga otak tak mampu menyerap materi. Berikut beberapa daftarnya.

1. Ikan

Salah satu makanan yang dapat mendukung teknik menghafal Kamu adalah ikan. Sebab didalamnya terkandung berbagai macam zat yang sangat bagus guna otak dan menajamkan daya ingat. Hal ini sudah teruji dan di semua para ahli menjamin keampuhannya.

Para ahli mengklaim, mengonsumsi jenis ikan berminyak dengan kandungan asam lemak berupa omega 3. Kamu dapat menemukannya pada ikan salmon atau sejenisnya. Pasalnya, kandungan tersebut bisa meningkatkan ingatan serta menghindari berbagai penyakit otak.

2. Sayur Hijau

Selain ikan salmon, makanan berikutnya yang bagus untuk mendukung daya ingat adalah sayur-sayuran hijau. Didalamnya terkandung zat yang sangat bagus untuk perkembangan otak serta meningkatkan kinerjanha. Mulai dari vitamin C, Asam folat, antioksidan dan lainnya.

Kamu bisa menemukan semua kandungan tersebut didalam sayuran berdaun hijau seperti brokoli, bayam dan sebagainya. Zat-zat seperti beta karoten, asam folat, vitamin C hingga antioksidan bagus untuk meningkatkan kemampuan memori serta mendukung daya ingat.

3. Kuning Telur

Tidak hanya sayur berdaun hijau dan ikan salmon saja yang bagus untuk daya ingat, tapi juga kuning telur. Sebab didalamnya terkandung zat besi serta berbagai macam mineral lainnya. Semuanya mampu membantu meningkatkan produksi akan sel darah marah guna oksigen.

Sel darah merah tersebut memiliki peran penting dalam menyuplai oksigen ke dalam otak. Dengan begitu, otak akan berfungsi sebagai mana mestinya bahkan kemampuannya lebih meningkat. Selain itu, kuning telur juga mengandung B12 guna mencegah penyakit.

4. Air Putih dan Teh Hijau

Untuk yang satu ini mungkin lebih masuk ke dalam kategori minuman dan bermanfaat guna membantu daya ingat Kamu. Mengingat bahwa 70% kandungan diotak adalah berupa air. Itulah sebabnya, penting dalam menjaga kondisinya agar terus terhidrasi.

Baca Juga Artikel Zenius Lainnya

Cara Mengetahui Resensi Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Membedakan Unsur Buku Fiksi dan Non Fiksi
Cara Mengerti Bahasa Panda
Cara Menulis Puisi yang Baik
Cara Membuat Teks Laporan Hasil Observasi

Air putih memang dipercaya untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk otak. Itulah mengapa Kamu harus mengonsumsinya secara rutin. Selain itu, minuman lainnya yang mampu mendukung daya ingat adalah teh hijau. Terlebih fungsinya mencegah penyakit pada otak.

Itulah tadi pembahasan mengenai teknik menghafal serta makanan pendukungnya. Kedua hal tersebut tentu harus saling bekerja sama, pola hidup sehat dan kemauan belajar. Jika hanya salah satunya saja, maka proses menghafal akan terasa lebih sulit dan lama.

Lihat Juga Proses Belajar Ala Zenius di Video Ini