About Ivan Waskita

Find more about me on:

Here are my most recent posts

Penalaran Sejarah: Kenapa manusia memilih Berdemokrasi?

Artikel ini mengupas sejarah perkembangan sistem politik demokrasi. Dimulai dari era Yunani Klasik, Romawi, hingga era Indonesia modern saat ini. Halo guys, ketemu lagi sama gue si ganteng Ivan! Buat lo yang belakangan ngikutin berita luar negeri, mungkin sempet denger kehebohan tentang hasil pemilu presiden di Amerika beberapa minggu yang lalu. Kehebohan pemilu ini bisa kita lihat dari banyak sisi, dari mulai banyak kalangan yang tidak menduga bahwa capres dari partai …

Apa sih bahayanya Narkoba bagi kita?

Artikel ini mengupas tuntas topik narkoba, dari penjelasan narkoba dari segi kimia, efek biologis narkoba pada tubuh, statistik dan hukumnya di Indonesia. Hola, setelah sekian bulan vakum akhirnya si ganteng Ivan bisa nulis lagi buat Zenius Blog! Maklum, banyak 'order' tahun ini, hehehe. Nah, karena gue udah kelamaan vakum, gue mau bahas topik spesial yang seru banget buat lo. Yak, bisa lo tebak dari judul artikelnya, topik yang mau gua bahas …

Pengaruh Konflik Perang Terhadap Perkembangan Sains & Teknologi

Apakah konflik peperangan menghambat perkembangan sains & teknologi atau justru mempercepat perkembangannya? Semua dijelaskan tuntas di artikel ini. “War. War never changes. The Romans waged war to gather slaves and wealth. Spain built an empire from its lust for gold and territory. Hitler shaped a battered Germany into an economic superpower. But war never changes.” - Fallout Hai Guys, Ivan is back! Di kesempatan ini, gue mau bahas topik favorit gue, yaitu …

Gimana sih caranya ilmuwan tahu umur fosil yang ditemukan?

Kok bisa para ilmuwan tahu seberapa tua umur fosil yang ditemukan? Semua itu bukan asal tebak apalagi ngarang-ngarang, tapi dihitung secara ilmiah! Berikut penjelasannya. Hi guys, the handsome chemist is back! Kali ini, gue mau ngobrol tentang dua topik favorit gue nih, sejarah dan kimia. Tepatnya, gimana suatu ilmu ‘alam’ kimia bisa ngasih kita pengetahuan lebih dalam tentang ilmu ‘sosial’ yaitu sejarah. Sebagai orang yang berpendidikan, sedikit banyak kita telah …

Kupas Tuntas Produk Minuman yang (katanya) Berkhasiat

Apakah betul air beroksigen, air alkali, dan air elektron yang dijual di pasaran lebih bermanfaat daripada air biasa? Semua itu akan dibedah dengan penjelasan ilmiah, khususnya Ilmu Kimia. Hey semua, the handsome chemist is back, Ivan. Masih ingat ga dengan tulisan ZeniusBlog tempo lalu tentang 10 mitos sains yang masih banyak dipercaya orang? Melihat artikel itu cukup jadi pembicaraan hangat, gue juga jadi ikutan tertarik nih untuk meluruskan beberapa salah pengertian tentang …

Cara membuat kode, sandi, dan rahasia untuk memecahkannya!

Artikel ini mengupas tuntas ilmu kriptografi alias kode/sandi rahasia, lengkap berbagai teknik sederhana membuat kode/sandi yang bisa dicoba. Hei semua, udah lama banget ngga muncul di sini. Untuk para fans, maafkan jadwal nulis gue yang kurang tetap yah. Walaupun gue hiatus ngajar di Zenius sekarang, gue tetep kepengen bagi pengetahuan gue buat kalian semua. Kali ini gue mau bahas tentang sesuatu yang berdekatan sama kerjaan gue di luar dunia pendidikan …

Kenapa Emas dan Perak Dihargai Lebih Mahal Daripada Logam Lain?

Emas dan perak dianggap sangat berharga. Apakah penyebabnya? Pertanyaan ini dijawab lengkap dengan penjelasan dari segi Sejarah, Ekonomi, dan Kimia. Hey, Guys.. Ketemu lagi nih sama gue, si ganteng Ivan! 😛 Kalo sebelumnya, kita udah pernah cerita tentang Matematika yang dikawinin sama Biologi, sekarang gue akan ceritain satu hal yang umum di kehidupan sehari-hari, tapi bisa dipandang dari segi Kimia, Ekonomi, sampe Sejarah. Wah, apaan tuh? Penasaran kan.. Btw sebelum …

Bahan Kimia Buatan Bisa Lebih Sehat Daripada Bahan Alami

Banyak orang berpikir bahan kimia itu pasti berbahaya, sedangkan bahan alami itu aman dikonsumsi. Padahal kenyataannya tidak sesederhana itu. Berikut adalah penjelasan ilmiahnya. Lagi belanja ke supermarket, liat cemilan. Duh kayanya enak deh buat temen nonton TV series ntar di rumah. Baru aja mau ambil, nyokap langsung bereaksi. "Kamu jangan sering-sering makan gituan deh, itu kan banyak bahan kimianya!" atau pas lagi mau beli obat ke toko obat, tiba-tiba tukang obatnya nyeletuk... …