7 Strategi Lulus dan Cara Memilih Jurusan SBMPTN

jurusan sbmptn

Hi Sobat Zenius, masih semangat kan mempersiapkan diri untuk SBMPTN 2022? Siapa nih yang sudah nentuin jurusan impian? Kali ini, gue mau sharing strategi lulus sekaligus cara memilih jurusan SBMPTN, yang bisa dimanfaatin biar peluang lolos lo makin besar. Yuk, baca artikel ini sampai selesai ya!

Sebelum lebih jauh, lo tentu sudah tahu dong apa perbedaan SNMPTN dan SBMPTN? Kalau mau info yang lebih jelas, lo bisa baca artikel ini. Nah, khusus di artikel ini, gue mau kasih simulasi lengkap tentang cara memilih jurusan SBMPTN yang efektif. Karena, ada beberapa cara yang bisa lo ikutin saat memilih jurusan di ujian yang satu ini.

Tentunya bukan sembarangan memilih, ya. Penentuan jurusan kuliah harus melalui pertimbangan yang matang, salah satu caranya yaitu menyesuaikan jurusan dengan minat dan bakat lo. Yuk lah, tanpa berlama-lama lagi, langsung aja simak penjelasannya di artikel ini.

Cara Memilih Jurusan SBMPTN

Seperti yang gue singgung di paragraf sebelumnya, satu di antara cara memilih jurusan SBMPTN yang efektif yaitu dengan mengetahui minat dan bakat lo. Karena, berbeda dengan SNMPTN, yang mengharuskan lo memilih PTN berdasarkan provinsi yang sama dengan sekolah, di SBMPTN, lo bebas nentuin jurusan dan PTN di seluruh Indonesia, lho. Tapi, ada beberapa kriteria yang harus lo ikutin saat memilih jurusan SBMPTN, antara lain:

Pilihan Pertama

Perlu diingat, Sobat Zenius, jurusan pertama di SBMPTN adalah pilihan prioritas. Jadi, lo harus nentuin jurusan di pilihan pertama sesuai dengan minat dan bakat lo. Maka, persiapan lo bakal lebih maksimal untuk merancang strategi lulus SBMPTN demi jurusan tersebut. Misalnya, lo tertarik sama jurusan Saintek. Akan lebih baik, kalau lo pilih jurusan saintek SBMPTN sebagai pilihan pertama.

Pilih juga berdasarkan dengan prospek kerja yang lo pengenin banget hingga nanti saat lo lulus bisa bekerja dengan hati riang gembira dan jadi scientist yang andal! Atau boleh juga lo pilih berdasarkan dengan tingkat persaingannya lebih ketat dari pilihan kedua. Cara mengetahui tingkat persaingannya, lo bisa lihat dari jumlah pendaftar dan daya tampung jurusannya. Semakin banyak jumlah pendaftar dan semakin sedikit daya tampung jurusannya, maka persaingan akan semakin ketat. Choose wisely, Sobat Zenius!

Pilihan Kedua

Pertimbangan memilih jurusan kedua tetap perlu didasari dengan peminatan lo, hanya saja lo belum memiliki bakat yang maksimal di jurusan SBMPTN kedua tersebut. Lo dapat memilih jurusan kedua ini dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan lo. Semacam, take life challenge gitu deh. Misalnya, lo suka sama Logika Matematika dan memiliki keingintahuan yang besar dengannya, lo bisa banget nih pilih Jurusan Matematika Terapan.

Pertimbangan lainnya untuk pilihan jurusan kedua adalah memilih jurusan yang tingkat persaingan dan nilai masuknya lebih luang atau sedikit lebih mudah dibandingkan pilihan jurusan pertama. Kenapa pertimbangannya seperti itu? Tujuannya agar memaksimalkan peluang diterima pada pilihan kedua kalau lo gagal di pilihan pertama.

Gimana Sobat Zenius apakah sejauh ini lo udah mulai tau cara memilih jurusan kuliah? Oh iya, selain lewat pertimbangan di atas, lo bisa juga lho menentukan kedua pilihan jurusan SBMPTN dengan mendiskusikan dengan orang tua atau guru BK di sekolah. Gue selalu ingetin, jangan memilih jurusan berdasarkan ikut-ikutan sahabat lo di sekolah ya.

Jurusan apapun yang lo pilih, gue yakin lo sudah pikir matang, rencanain jauh-jauh hari, bahkan gue yakin lo sudah proyeksikan masa depan lo sedari sekarang. Kalau jurusan yang lo pilih sesuai dengan pilihan hati lo, niscaya lo akan nyaman, suka, dan semangat menjalani perkuliahan.

Strategi Lulus SBMPTN

Sebenarnya ada gak sih strategi lulus SBMPTN yang tepat? Sejujurnya gue cuma punya satu cara, yaitu: Belajar. Akan tetapi Zenius mau coba untuk jadi support system lo untuk belajar kan? Makanya, gue akan coba nih jabarin beberapa cara pendukung lo lulus SBMPTN. 

Sebelum masuk ke cara atau strategi, gue mau jawab dulu pertanyaan dari salah satu teman gue, dia tanya: apakah soal setiap jurusan SBMPTN sama? Menurut LTMPT sebagai satu-satunya penyelenggara UTBK: Tidak ada perbedaan soal antara IPA dan IPS. Materi ujian hanya TPS yang terbagi dalam 4 sub tes dan digunakan untuk pembobotan pemilihan PTN. Untuk mengetahui bentuk sub tes dari TPS lo bisa klik di sini. Tapi kalau lo mau tau kelompok dan jenis soal UTBK SBMPTN lo bisa baca di sini. Baiklah mari lanjutkan ke strategi lulus SBMPTN, yaitu:

Fisik yang baik adalah kunci

Sobat Zenius, penting sekali untuk lo jaga fisik dengan baik. Karena kalau lo sehat, ini sangat menunjang kelancaran dalam mengerjakan soal UTBK. Coba olahraga yang rutin dan tidur cukup. Apalagi malam sebelum tes UTBK, agar lo tetap fokus dan lancar mengerjakan soal-soal ujian.

Belajar

Keluar lagi deh kata itu. Belajar tuh kayanya menjadi kata kunci deh! Pastiin lo udah pelajari materi-materi UTBK. Udah banyak mengerjakan Try Out Online di Zenius. Perdalam Fundamental Skill, agar lo semakin mudah memetakan materi yang harus dikuasai.

Daftar UTBK

Ini memang teknis banget Sobat Zenius, tapi penting juga lho! Karena tahap pendaftaran itu cukup memakan waktu. Jadi lo perlu meluangkan waktu khusus untuk persiapkan persyaratan dari awal sampai akhir. Sebaiknya lo sering buka websitenya LTMPT untuk update jadwal, lalu buat catatan agar lo ingat dan tau deadline-nya.

Simulasi UTBK SBMPTN

Uji pemahaman dan kemampuan lo dengan ikut simulasi UTBK SBMPTN di Zenius. Buat kondisi yang mirip banget dengan ujian. Cek artikel ini deh, di sana temen gue kasih tau bagaimana mensimulasikan ujian sebenarnya. Ini Materi UTBK SBMPTN untuk latihan soal lo:

Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)

Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum)

Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum)

Time Management Pengerjaan Soal UTBK SBMPTN

Setelah memilih jurusan SBMPTN yang sesuai dengan hati lo, selanjutnya lo perlu tau kalau cepat dan tepat dalam mengerjakan soal UTBK juga menjadi penentu nilai nantinya. Tanpa try out berulang-ulang dan fundamental skill yang cukup, waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu soal aja bisa berasa lama banget, cenderung akan membuang waktu lo. Khawatirnya lo gak bisa kerjakan seluruh soalnya. Jadi gue coba kasih gambaran Time Management di bawah ini:

jurusan SBMPTN
Zenius Image

Passing Grade Prodi PTN impian

Tidak hanya belajar, try out, dan simulasi ujian. Lo perlu juga untuk mengetahui dan mengenal seluk beluk PTN impian lo. Cari tahu juga peluang masuk ke PTN tersebut, cari tahu kuota dan passing gradenya. Misalnya PTN impian lo Prodi Desain Komunikasi Visualnya adalah prodi paling diminati dan dengan passing grade tinggi, artinya lo harus belajar lebih giat lagi.

Positive Thinking

Tetap tenang Sobat Zenius. Lo hebat tuh hebat, udah sejauh ini berjuang melewati banyak ujian, belajar giat. Gue juga tau di luar sana pasti banyak rumor yang beredar dan lo banyak sekali menerima informasi yang tidak semuanya baik, sehingga membuat jam overthinking lo bertambah. Kalau lo negative thinking, usaha yang udah lo lakuin akan terasa percuma. 

Bayangin deh, misalnya lo dan sahabat akan ujian dan dengan pedenya dia bilang: gue udah siap banget, belajar sampai begadang. Lalu lo merasa minder dan kehilangan kepercayaan diri, karena semalam lu gak begadang. Padahal sebelumnya lo udah yakin jurusan SBMPTN-nya lo banget nih! 

Percayalah, lo pasti sudah terapkan time management yang baik. Jangan minder karena itu dapat mempengaruhi kecepatan dan ketepatan lo dalam mengerjakan soal. 

Sobat Zenius yang hebat, kita sudah sampai di penghujung artikel tentang 7 Strategi Lulus dan Cara Memilih Jurusan SBMPTN. Selamat belajar untuk dapatkan nilai UTBK yang baik sehingga lo dapat kuliah di PTN impian. Stay positive thinking dan optimis serta jaga kesehatan! See you!

Bagikan Artikel Ini!