Ibu Kota Baru: Nusantara, Kenapa Harus Pindah ke Kalimantan?

ibu kota baru indonesia nusantara

Hai, Sobat Zenius! Siapa nih yang ngikutin berita tentang pergantian ibu kota baru Indonesia? Belum lama ini, tepatnya Jumat (14/01/2022), Presiden Joko Widodo mengumumkan kalau nama calon ibu kota Indonesia yang baru bakal ganti nih jadi Nusantara!

Biasanya kan, nusantara identiknya disandingin sama kuliner, ya. Elo pasti sering banget dengar istilah ‘kuliner nusantara’, ‘santapan nusantara’, atau ‘hidangan nusantara’. Nah sekarang, ini yang bakal jadi nama calon ibu kota kita.

Usut punya usut, ternyata istilah nusantara ini sudah ada dari lama banget lho. Kira-kira… sejak abad ke-13, deh. Waktu kerajaan Majapahit masih berjaya di Indonesia. Istilah ini bahkan sudah tertulis dalam literatur berbahasa Jawa pada abad ke-12 sampai abad ke-16.

Di zaman Majapahit itu, istilah nusantara dipakai buat menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut sama kerajaan Majapahit. Nggak cuma itu aja, nusantara juga diartikan sebagai pulau-pulau yang ada di kawasan luar pulau Jawa.

Ibu Kota Baru: Nusantara, Kenapa Harus Pindah ke Kalimantan? 33
Ilustrasi Peta Indonesia (Arsip Zenius)

Dalam bahasa Jawa Kuno, nusantara terdiri dari dua kata nusa dan antara. Nusa itu artinya pulau, sedangkan antara punya makna luar atau seberang.

Ternyata pemilihan nama nusantara itu menarik banget, ya? Tapi sebelum kita lanjut nih, elo penasaran nggak sih kenapa ibu kota mau dipindahkan? Apalagi yang kita tahu, ibu kota baru Indonesia bakal bertempat di Kalimantan.

Nah, daripada bertanya-tanya, kita bahas bareng yuk, geng!

Baca Juga: Mengenal Gempa Megathrust, Gempa Bumi Terkuat di Dunia

Ibu Kota Baru Indonesia Pindah ke Kalimantan

Banyak nih yang penasaran kenapa ibu kota kita dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan. Kan pusat dari segala pusat adanya di Jakarta, kok dipindah, ya?

Yup, betul banget. Kalau dipikir-pikir, pusat pemerintahan Indonesia letaknya memang di Jakarta. Sebagai ibu kota provinsi, Jakarta juga disebut kota metropolitan karena banyaknya perusahaan besar baik itu perusahaan nasional maupun multinasional yang pusatnya di sana.

Eits, tapi apa pun yang dilakukan sama pemerintah pasti ada alasannya, lho. Tentu ini juga sudah dilakukan dengan pemikiran yang matang. Soalnya kalau yang setengah matang nggak enak, kecuali kue cubit atau telur mata sapi aja.

Ternyata, ini juga bukan pertama kalinya Indonesia berganti ibu kota, lho, sejak tahun 1946.

Melansir Kata Data, Presiden Jokowi ngasih beberapa alasan mengapa ibu kota pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, tepatnya di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

Alasan yang pertama itu karena letak geografisnya, guys. Jadi, kalau elo buka peta Indonesia, letak Kalimantan Timur ini ada di tengah-tengah, lho. Selain karena letaknya, alasan kedua karena minimnya kemungkinan bencana alam yang bakal melanda ibu kota baru tersebut.

Kayak yang kita tahu, Jakarta nih semakin ramai dengan kemacetan di mana-mana. Nggak cuma macet aja, Jakarta juga sering diterpa banjir.

Lanjut ke alasan lainnya, ternyata alasan pemindahan ibu kota juga untuk mengurangi adanya kesenjangan Jawa dan luar Jawa, di mana kesenjangan ekonomi Jawa dan luar Jawa masih terus meningkat.

Pembangunan di Indonesia juga masih terfokus di pulau Jawa, atau yang biasa disebut Jawasentris. Nah, Presiden Jokowi mau mengubah paradigma itu dan meratakan pembangunan di Indonesia jadi Indonesiasentris.

Oh iya, Kalimantan Timur juga sudah punya infrastruktur yang lengkap, lho! Ini juga jadi salah satu alasan pemindahan ibu kota ke sana, karena infrastrukturnya yang nggak kalah sama Jakarta.

Baca Juga: Kuah Rawon Hitam atau Kuning? Yuk, Ulik Sejarah Kuliner Indonesia yang Satu Ini

Pusat Pemerintahan dan Perekonomian Terpisah

Selain alasan kenapa ibu kota baru Indonesia dipindahkan dari Jakarta ke Kalimantan, ternyata ada yang menarik lagi nih buat dibahas. Yaitu Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia bakal terbagi jadi dua, satu di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan satu lagi di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kok gitu, sih?!

Melansir Tempo, pada tahun 2019 lalu, Presiden Jokowi mengumumkan kalau pemindahan IKN dari Jakarta ke Kalimantan akan ditempatkan sebagian di Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Jadi, nanti pusat pemerintahan dan pusat perekonomian bakalan dipisah nih, geng. Buat lokasi ibu kotanya sendiri, akan berlokasi di Kabupaten Penajam Paser Utara. Lokasi ini dipilih karena ada di tengah-tengah Kabupaten Pasir, Kabupaten Kutai Barat, Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kota Balikpapan.

Ternyata, bukan cuma Indonesia aja lho negara yang punya dua pusat ibu kota kayak gitu. Berikut ini ada daftar negara-negara yang punya lebih dari satu pusat ibu kota di dunia.

Ibu Kota Baru: Nusantara, Kenapa Harus Pindah ke Kalimantan? 35
Infografis negara dengan lebih dari satu ibu kota di dunia (Arsip Zenius)

Kira-kira, apa ya alasannya?

Sebenarnya alasannya sangat beragam, tergantung dari masing-masing kebijakan di negaranya sendiri. Contohnya kayak di Amerika yang punya Washington D.C sebagai pusat pemerintahan. Sedangkan New York yang jadi kota pusat perekonomian dan budaya dengan penduduk terpadat di sana.

Karena Amerika Serikat dibentuk dari wilayah yang berbeda, kemudian negara ini melakukan pemisahan tersebut buat mengatasi konflik terkait persaingan politik dan adanya persaingan regional untuk mendapatkan kekuasaan di sana. 

Bahkan, di tahun 1948, Indonesia pernah punya tiga ibu kota, lho! Yaitu di Yogyakarta, Bukittinggi di Sumatera Barat, dan Bireuen di Aceh. Alasannya untuk faktor keamanan dan usaha melepaskan diri sepenuhnya dari penjajah.

Konsep Menarik Ibu Kota Baru

Ibu Kota Baru: Nusantara, Kenapa Harus Pindah ke Kalimantan? 36
Ilustrasi Elon Musk (Arsip Zenius, dok. CNBC)

Nantinya, ibu kota baru Indonesia kita ini bakal mengusung visi “Smart, Green, Beautiful, dan Sustainable”. Melansir dari Kompas, IKN akan dikembangkan untuk menjadi kota modern dan juga inklusif. Tentunya dengan tetap menjaga dan melestarikan kelestarian lingkungan yang ada.

Selain itu, pembangunan Istana Negara di ibu kota baru juga unik banget! Istananya dikasih nama Istana Garuda, karena desainnya yang memang dibuat menyerupai bentuk burung garuda, yaitu burung yang menjadi icon Pancasila Negara Republik Indonesia.

Nah, itu dia tadi pembahasan mengenai perpindahan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur. Gimana nih, elo excited nggak buat menyambut rencana ini?

Referensi

Sejarah Istilah Nusantara, Nama Calon Ibu Kota Negara – Detikcom

Mencari ibu kota baru di Kalimantan: Apa saja risikonya? – BBC News Indonesia

Jokowi Beberkan Lima Alasan Ibu Kota Pindah ke Kaltim – Nasional Katadata.co.id

Sebelum Akan ke Kalimantan Timur, Indonesia Beberapa Kali Pindah Ibu Kota Negara – Nasional Tempo

Dibangun 2022, Yuk Intip Lagi Konsep Unik Ibu Kota Baru – CNBC Indonesia

Negara-negara Ini Punya Lebih dari Satu Ibu Kota – Travel Tempo

SpaceX Elon Musk Incar Bangun Bandara di IKN Baru, Jarak Tempuh Indonesia-AS Cuma 2 Jam

Bagikan Artikel Ini!